Kali ini Finansialku akan membahas tentang biaya kuret di klinik dan rumah sakit, serta kuretase dengan BPJS Kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Untuk informasi selengkapnya, yuk, simak artikel berikut ini sampai habis, ya.

 

Summary:

  • Tindakan kuret terdiri dari beberapa tahapan. Meski tergolong prosesnya singkat, namun pemulihannya bisa memakan waktu berbeda sesuai kondisi pasien.
  • Biaya untuk tindakan ini berbeda tergantung tempat dan masing-masing daerah. Tapi semua ini bisa terkover oleh BPJS Kesehatan selama pasien memenuhi syarat dan ketentuannya.

 

Apa Itu Kuret?

Proses kuret mungkin menjadi hal yang menakutkan dan paling menyedihkan bagi setiap wanita. Sebab, tindakan ini terjadi ketika mereka mengalami masalah pada kandungan dan harus kehilangan buah hatinya.

Setelah mengalami keguguran atau ketika janin tidak lagi berkembang, dokter kandungan akan menyarankan proses kuretase atau kuret.

Kuretase adalah prosedur medis berupa pembedahan yang bertujuan untuk mengikis lapisan rahim (endometrium) atau mengeluarkan jaringan dalam rahim.

Tindakan ini biasanya dokter lakukan untuk mencegah infeksi atau pendarahan yang mungkin terjadi jika jaringan yang tersisa dalam rahim tidak segera dikeluarkan.

 

Tahapan Proses Kuret

Selain untuk mengeluarkan janin yang keguguran, proses kuretase juga dokter lakukan untuk memeriksa adanya kelainan atau pendarahan pada vagina diluar dari siklus menstruasi.

Jadi, Sobat Finansialku harus memilih tempat kuretase yang memiliki dokter kompeten dan berpengalaman, karena penanganannya harus sebaik mungkin.

Proses kuret sendiri hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit. Namun, proses pemulihannya membutuhkan waktu sekitar 5 jam atau bahkan seharian, tergantung dari kondisi tubuh dan jenis anestesi yang dokter berikan.

Proses kuret juga hanya terdiri dari 2 tahapan saja, yaitu dilatasi dan kuretase. Itulah kenapa prosedurnya memiliki istilah dilatasi dan kuretase (dilation and curettage). Berikut adalah tahapan proses kuret:

  1. Dilatasi atau pelebaran (dilation), dengan cara melebarkan bagian bawah uterus atau serviks untuk memasukkan alat medis.
  1. Kuret atau kuretase (curettage), dengan mengikis lapisan uterus dan mengangkat bagian tersebut dengan alat medis yang berbentuk panjang menyerupai sendok.

Pada beberapa kondisi, dokter juga bisa menggunakan kanula untuk menghisap bagian yang tersisa dari uterus, yang nantinya bisa diperiksakan ke laboratorium.

 

Setelah melakukan kuret, pasien biasanya akan merasakan efek seperti kram hebat hingga pendarahan ringan. Namun, beberapa pasien juga akan merasakan efek demam, nyeri, sakit perut, pendarahan hebat, hingga bau tak sedap pada vagina.

[Baca Juga: Catat! Biaya Operasi Katarak Berdasarkan Jenis dan Penyebabnya]

 

Kisaran Biaya Kuret di Klinik dan Rumah Sakit

Biaya operasi kuret di klinik, puskesmas, hingga rumah sakit bisa bervariasi. Hal ini tergantung pada obat bius yang pasien gunakan, keperluan rawat inap, dan lokasi dari tempat kuret itu sendiri.

Kisaran biaya kuret mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Namun, ada biaya tambahan yang harus kamu siapkan seperti biaya konsultasi, obat-obatan, laboratorium, administrasi, dan sebagainya.

Melansir dari Alodokter, berikut adalah kisaran biaya kuret dari berbagai klinik atau rumah sakit di Jakarta dan kota besar lainnya.

 

#1 Biaya Kuret Jakarta

Berikut adalah kisaran biaya kuret di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat:

biaya kuret_jakarta

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

[Baca Juga: Realita Biaya Rumah Sakit yang Selangit, Duit Mana Duit?]

 

#2 Biaya Kuret Bekasi

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa daerah Bekasi:

biaya kuret_Bekasi

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

 

#3 Biaya Kuret Bogor

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa daerah Bogor:

biaya kuret_Bogor

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

 

#4 Biaya Kuret Cikarang

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa daerah Cikarang:

biaya kuret_Cikarang

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

 

#5 Biaya Kuret Bandung

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa daerah Kota Bandung:

biaya kuret_Bandung

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

[Baca Juga: Cara Mudah Cek Rumah Sakit BPJS Kesehatan]

 

#6 Biaya Kuret Surabaya

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa daerah Kota Surabaya:

biaya kuret_Surabaya

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

 

#7 Biaya Kuret Medan

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa daerah Kota Medan:

biaya kuret_Medan

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

 

#8 Biaya Kuret Bandar Lampung

Berikut adalah kisaran biaya di beberapa daerah Kota Bandar Lampung:

biaya kuret_Lampung

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

 

#9 Biaya Kuret Makassar

Berikut adalah kisaran biaya di beberapa daerah Kota Makassar:

biaya kuret_Makassar

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

[Baca Juga: Tiru dan Lakukan Cara Berikut untuk Hemat Biaya Rumah Sakit]

 

#10 Biaya Kuret Semarang

Berikut adalah kisaran biaya di beberapa daerah Kota Semarang:

biaya kuret_Semarang

*) Harga mulai dari nominal yang tercantum

 

Menggunakan BPJS Kesehatan

Perlu kamu ketahui bahwa BPJS Kesehatan bisa menanggung biaya penanganan prosedur ini, sehingga Sobat Finansialku tidak perlu khawatir dengan biaya yang besar.

Namun, kamu harus mendapatkan surat rujukan dari dokter mengenai diagnosis yang memastikan kondisi keguguran atau surat rujukan dari faskes satu terlebih dahulu.

Surat rujukan dari faskes satu seperti puskesmas atau klinik ini nantinya bisa kamu berikan kepada dokter spesialis kandungan di faskes dua.

Sebelum itu, pastikan kamu sudah terdaftar menjadi peserta BPJS dan menyiapkan dokumen pendukung, seperti:

  • KTP
  • Kartu BPJS
  • Surat rujukan dan USG dari dokter kandungan
  • Surat rujukan dari Puskesmas atau klinik terdaftar sesuai dengan kartu BPJS

 

Harus Punya Dana Darurat

Itulah kisaran biaya curettage di klinik dan rumah sakit di beberapa kota besar Indonesia.

Meski BPJS Kesehatan bisa menanggung biaya tindakan ini, sebaiknya kamu tetap perlu menyiapkan dana darurat sebagai proteksi bila ada biaya tambahan yang muncul.

Dana darurat juga penting untuk melindungi diri kamu dan keluarga serta menjamin biaya-biaya yang tidak terduga. Lalu, bagaimana cara merencanakan dana darurat yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan?

Panduan lengkapnya sebagai referensi bisa kamu baca melalui ebook gratis dari Finansialku Cara Selamatkan Keuangan Dari Pengeluaran Dadakan.

Selain itu, jika kamu memerlukan advice seputar perencanaan dana darurat atau rencana keuangan lainnya, yuk, diskusikan langsung bersama Perencana Keuangan Finansialku.

Hubungi melalui Aplikasi Finansialku atau buat janji via WhatsApp dengan cara klik banner di bawah ini.

Banner Konsultasi WA - DM NEW

 

Punya pertanyaan terkait topik ini? Tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke orang terdekatmu yang sedang membutuhkan informasinya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cari Rumah Sakit. Alodokter.com – https://bit.ly/3OBhTmz
  • Titin Hatma. Catat Parents! Biaya Kure t di Rumah Sakit di Kota-kota Besar Indonesia. Theasianparents.com – https://bit.ly/3VrJ9pQ
  • Devi Agustina. Apakah Kure t Menakutkan? Seperti Ini Prosesnya yang Perlu Anda Ketahui. Theasianparents.com – https://bit.ly/3U6wffV
  • Lancar. 29 Juli 2022. Kisaran Biaya Kure t dengan BPJS atau RS & Begini Proses Kuretase. Lancar.id – https://bit.ly/3gxjPjt
  • Ela Aprilia Putriningtyas. 30 Agustus 2020. Kisaran Biaya Kure t di Rumah Sakit, Ketahui Ciri Rahim Belum Bersih Agar Segera Dapat Penanganan. Nakita.grid.id – https://bit.ly/3tV9hOm
  • Raditya Wardana. 27 September 2022. Biaya Kure t di Rumah Sakit Plus Solusi dari Asuransi. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3V7PsiC