Bagaimana cara cek rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS?

Kini, Anda dapat mengecek sendiri rumah sakit yang terdaftar untuk rujukan BPJS Kesehatan. Akan tetapi, masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mengeceknya.

Nah, bagaimana cara mengeceknya? Yuk, cari tahu dalam artikel berikut ini!

 

Kenapa Harus Mengecek Rumah Sakit BPJS Kesehatan?

BPJS sangat membantu kebutuhan masyarakat akan pengobatan. Dengan BPJS, masyarakat dapat memperoleh keringanan biaya dalam pengobatan dan perawatan medis.

Bagi yang ingin berobat menggunakan BPJS, Anda harus berobat melalui fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerja sama dengan BPJS. Faskes berfungsi untuk memberikan layanan kesehatan kepada peserta BPJS yang sakit sesuai dengan prosedur sistem rujukan berjenjang yang berlaku.

Sebelum ke rumah sakit, peserta BPJS yang sakit harus berobat dulu ke faskes tingkat 1, yakni Puskesmas, Praktek Dokter, Klinik Pertama dan Rumah Sakit Kelas D. Jika mendapat rujukan dari faskes tingkat 1 tersebut, Anda akan dirujuk untuk berobat ke faskes lanjutan yaitu Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Khusus.

Masalahnya, tidak semua rumah sakit dapat menerima pasien rujukan BPJS Kesehatan. Hanya rumah sakit yang terdaftar sebagai faskes BPJS saja yang menerima. Jadi, Anda harus mengeceknya terlebih dahulu apakah rumah sakit tujuan Anda merupakan rumah sakit yang terdaftar untuk rujukan BPJS.

[Baca Juga: Cara MUDAH Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP] 

Cara Cek Rumah Sakit BPJS Kesehatan 02-Finansialku

Sumber: jawapos.com – https://bit.ly/3izdouz

 

Tipe Rumah Sakit BPJS Kesehatan

Ketika Anda mengecek daftar rumah sakit rujukan BPJS Kesehatan, pasti ada beberapa tipe rumah sakit. Anda perlu mengetahui perbedaannya terlebih dahulu supaya tidak salah memilih.

Rumah sakit rujukan BPJS dibagi ke dalam beberapa tipe sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

 

Rumah Sakit BPJS Tipe A

Rumah sakit tipe A adalah rumah sakit rujukan BPJS yang tertinggi dan termasuk faskes tingkat III. Pelayanan rumah sakit tipe A biasanya sangat lengkap, mulai dari umum, subspesialis, sampai dokter spesialis.

 

Rumah Sakit BPJS Tipe B

Rumah sakit tipe ini menyediakan layanan medis spesialis secara meluas dan subspesialistik terbatas. Rumah sakit tipe B biasanya ada di Ibu Kota provinsi dan menjadi rujukan rumah sakit dari tingkat kabupaten.

 

Rumah Sakit BPJS Tipe C

Rumah sakit ini biasanya yang ditunjuk sebagai rumah sakit faskes II. Rumah sakit ini juga menyediakan pelayanan kesehatan umum, medik spesialis dan subspesialis penunjang, gigi mulut, keperawatan dan kebidanan, klinik dan nonklinik.

 

Rumah Sakit BPJS Tipe D

Rumah sakit tipe D sering disebut sebagai rumah sakit transisi atau sementara. Artinya jika pasien yang dirujuk dari puskesmas membutuhkan penanganan lebih lanjut, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit yang masuk daftar faskes lebih tinggi.

 

Rumah Sakit BPJS Tipe E

Rumah sakit tipe ini merupakan rumah sakit yang yang hanya memberikan satu jenis pelayanan kesehatan saja. Misalnya layanan medis khusus untuk penyakit jantung, mata, paru, ibu dan anak, sampai kanker.

[Baca Juga: Program Perisai BPJS, Apa Manfaat dan Tujuannya?]

 

Cara Cek Rumah Sakit BPJS Kesehatan

Kini saatnya Anda mengecek daftar rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Ada dua cara mengecek rumah sakit BPJS Kesehatan, yaitu:

 

Secara Offline

Mengecek rumah sakit BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor BPJS. Akan tetapi, cara ini disarankan hanya untuk Anda yang ingin mengganti faskes. Berikut ini caranya:

  1. Datang ke kantor BPJS terdekat.
  2. Ambil nomor antrian. Tunggu sampai giliran nomor antrian Anda dipanggil.
  3. Setelah mendapat giliran, Anda dapat mengatakan kepada petugas maksud dan tujuan Anda datang ke kantor BPJS Kesehatan.
  4. Biasanya, Anda akan diminta keterangan alamat tempat tinggal Anda.
  5. Anda akan langsung diberitahu oleh petugas BPJS Kesehatan mengenai rumah sakit rujukan BPJS yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

 

Secara Online

Apabila Anda tidak memiliki waktu banyak untuk datang langsung, mengecek sendiri secara online merupakan cara yang praktis. Anda bisa hemat waktu dan tenaga dengan cara ini. Apalagi, di masa pandemic COVID-19 seperti ini, segala kegiatan di luar rumah dibatasi.

Berikut ini cara untuk mengecek rumah sakit rujuakn BPJS Kesehatan secara online:

  1. Kunjungi laman Faskes BPJS Kesehatan dengan klik https://faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares/#/app/pnama/bylocation
  2. Pada kotak pencarian ‘Nama Provinsi’, pilih provinsi yang mau Anda cari faskesnya
  3. Pada kotak ‘Nama DATI 2’, pilih kabupaten/kota yang akan Anda cari
  4. Pada kotak selanjutnya pilih ‘Rumah Sakit’ untuk mencari daftar rumah sakit
  5. Klik ‘Cari Faskes’
  6. Daftar rujukan rumah sakit yang menerima pasien BPJS akan ditampilkan di halaman tersebut. Anda pun dapat melihat berapa banyak kuota untuk pasien Kelas I, Kelas II, dan Kelas III BPJS Kesehatan.

Praktisnya, di laman tersebut, Anda dapat mencari daftar Apotek, Puskesmas, Dokter Praktik Perorangan, Dokter Gigi, Klinik Utama, dan Klinik Pratama yang terdaftar menerima pasien BPJS Kesehatan juga, lho!

[Baca Juga: Kenali Program BPJS Ketenagakerjaan dan Manfaatnya]

 

Cek Kesehatan Keuanganmu Juga, Yuk!

Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati. Pasalnya, biaya berobat itu tidak murah. Dengan adanya BPJS, setidaknya biaya berobat dapat menjadi lebih ringan.

Jangan lupa, cek kesehatan keuangan Anda ya. Seperti halnya tubuh, kondisi keuangan pun perlu dicek. Bagaimana caranya? Mudah sekali kalau Anda menggunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku memiliki beberapa fitur yang dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan. Salah satunya mengecek apakah kondisi keuangan Anda sudah sehat atau belum. Caranya, cukup dengan mengisi bagian yang diminta. Jadi, Anda tak perlu repot-repot menghitung. Penasaran dengan fitur ini? Yuk, segera unduh aplikasinya di Google Playstore dan App Store.

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

 

Itu dia cara cek rumah sakit BPJS Kesehatan. Mudah, kan? Semoga informasinya bermanfaat. Jangan lupa bagikan juga artikel ini di media sosial, ya. Siapa tahu ada yang sedang membutuhkan informasi ini juga. Terima kasih.

 

Editor: Julius Fallen

Sumber Referensi:

  • Rizky Perdana. 3 Agustus 2021. Cara Cek Rumah Sakit yang Menerima Pasien BPJS. Prfmnews.pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3yD0gdB
  • Admin. 6 Cara Cek Faskes BPJS Untuk Semua Daerah 2021. Kodebpjs.com – https://bit.ly/3AurxiK

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3jPrzey