Bagaimanca cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan? Kamu bisa melakukannya hanya dengan NIK KTP saja lho!

Yuk cek selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Selama menjadi peserta BPJS, kamu akan mendapatkan kartu BPJS sebagai bukti kepesertaan BPJS dan sebagai kartu identitas peserta BPJS.

Kartu BPJS tersebut harus kamu simpan baik-baik jangan sampai hilang, karena untuk dapat menggunakan layanan kesehatan dari BPJS, peserta harus menunjukkan kartu kepesertaan BPJS terlebih dahulu. Baca juga cara cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

 

Pada kartu BPJS terdapat nomor BPJS atau nomor Virtual Account dari masing-masing peserta yang fungsinya untuk melakukan pembayaran iuran BPJS setiap bulannya. Nomor BPJS juga dapat kamu gunakan untuk mengecek tagihan BPJS dan juga untuk mengetahui informasi seputar BPJS.

Apabila kamu lupa nomor BPJSnya, kamu hanya perlu melihat kembali kartu BPJS yang kamu miliki. Namun jika kartunya hilang atau rusak, bagaimana cara mengetahui nomor BPJSnya?

[Baca Juga: Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Faskes BPJS Kesehatan]

 

Cek Melalui NIK atau NIP

Kamu tidak perlu khawatir tentang hal itu, karena ada kami di sini yang akan memberi tahu cara cek nomor BPJS yang kamu miliki. Cara ini dapat kamu lakukan apabila kamu lupa nomor BPJS yang kamu miliki. Baca juga cara mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang.

Untuk mengatasi lupa nomor BPJS, kamu hanya memerlukan Nomor Induk Kependudukan atau yang sering kita sebut dengan NIK. Pastinya kamu tidak asing lagi dengan hal ini, karena NIK terdapat di KTP.

Lalu apakah hanya dengan NIK saja atau ada nomor lainnya? sebenarnya kamu dapat menggunakan Nomor Induk Pegawai dan yang lainnya, namun cara mengetahui nomor BPJS menggunakan NIK adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Karena jika kamu menggunakan Nomor Induk Pegawai atau NIP pastinya kamu harus berprofesi menjadi pegawai. Baru kamu dapat mengetahui nomor BPJS dengan NIP.

BPJS Ketenagakerjaan menurut UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL, adalah sebagai berikut:

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang selanjutnya disingkat BPJS adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial, yang merupakan bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak.

 

Sebagai pekerja, BPJS Ketenagakerjaan wajib kamu miliki. Sebab, dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, kita memiliki tabungan jaminan hari tua atau pensiun dengan memotong gaji kita setiap bulannya.

BPJS Ketenagakerjaan sangat penting kamu miliki dan nomornya wajib kamu simpan untuk keperluanmu suatu hari nanti. Tapi, bagaimana kalau kamu lupa dengan nomor BPJS kamu?  Jangan cemas.

Berikut cara mudah mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan.

[Baca juga: 4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2022, Lengkap!]

 

Bertanya Langsung pada HRD Perusahaan Tempatmu Bekerja

Pertama, cara mudah mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan bertanya langsung kepada HRD perusahaan tempatmu bekerja.

Biasanya HRD perusahaan tentu memiliki database karyawan yang berisikan informasi pribadi, termasuk nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Tanyakan ke pihak yang biasa mengurus BPJS Ketenagakerjaan di kantormu. Jangan lupa untuk memberikan alasan mengapa kamu membutuhkan nomor tersebut.

 

Cek Mandiri

Kita bisa melakukan cek nomor BPJS Ketenagakerjaan sendiri dari rumah dengan dengan cara berikut ini:

Website

Kita bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui website resmi BPJS, ini langkahnya:

  • Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Masukkan alamat email dan password yang sudah terdaftar
  • klik “Saya bukan robot” atau recaptcha.
  • Klik login.
  • Pilih cek kartu digital.
  • Selanjutnya, akan tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.

 

Aplikasi BPJSTKU

Aplikasi BPJSKTKU bisa dijadikan alternatif selanjutnya untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan, dan juga untuk mengetahui saldo yang dimiliki. Namun, sebelumnya Anda harus sudah memiliki aplikasi ini dan sudah terdaftar terlebih dahulu di sana.

Selanjutnya, kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU. Namun, cara ini hanya berlaku untuk kamu yang sudah pernah mendaftar di aplikasi BPJSTKU, ya.

Jika belum, kamu tidak bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi. Sebab, untuk mendaftar dibutuhkan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) yang merujuk pada nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kamu miliki. Baca juga penyebab nomor KPJ tidak terdaftar.

 

Jika kamu pernah mendaftar di aplikasi ini, kamu hanya butuh login ke dalam aplikasi tersebut menggunakan email dan password yang pernah kamu daftarkan juga.

Langkah cek nomor BPSJ Ketenagakerjaan dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU:

  • Buka aplikasi BPJSTKU.
  • Klik Login.
  • Masukkan alamat email dan kata sandi yang sebelumnya digunakan untuk mendaftar BPJSTKU.
  • Setelah login berhasil, pilih menu kartu digital.
  • Tunggu hingga muncul kartu digital peserta berupa 11 digit angka.
  • Informasi kartu muncul beserta nomor BPJSTKU dan juga nomor referensi.

Demikian cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilakukan.

[Baca juga, 3 Cara Mudah Temukan Kantor BPJS Kesehatan Terdekat]

Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Jika kamu enggan mengunduh aplikasi BPJSTKU, kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan via situs resmi mereka.

Caranya, kamu hanya tinggal membuka situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Selanjutnya, login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Kemudian, klik cek kartu digital untuk melihat nomor BPJS Ketenagakerjaanmu.

 

Call center BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan. Kamu dapat menghubungi call center pada jam kerja via telepon di nomor kontak 175.

Kamu bisa juga bertanya melalui media sosial BPJS Ketenagakerjaan. Jika kamu bekerja di luar negeri, kamu bisa menghubungi via aplikasi WhatsApp di nomor 0811-9115910 dan 0855-1500910.

 

banner -cara memilih dan alasan penting asuransi kesehatan

 

Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan

Jika seluruh cara di atas tidak dapat kamu lakukan, kamu bisa mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan tempat kamu mendaftar.

Biasanya, untuk prosedurnya, kamu akan diminta membawa kartu keluarga (KK), KTP, serta paklaring. Bawa dokumen asli dan fotokopi sebagai syarat pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Jika sudah mendapatkannya, jangan lupa untuk menyimpannya baik-baik agar mudah dicari jika suatu hari dibutuhkan lagi.

 

Perlu diingat, bahwa No KPJ, nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, no referensi BPJS Ketenagakerjaan, nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan, nomor kartu BPJAMSOSTEK, nomer kepersertaan BPJSTK, itu maksudnya sama semua. Hanya sekedar berbeda penyebutan saja. Jadi teman-teman jangan bingung.

Memang ada sedikit perbedaan nomor referensi antara kartu Jamsostek dan kartu BPJS ketenagakerjaan. Hal ini karena, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, yang saat ini sudah berganti nama lagi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJamsostek), dulunya bernama Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Maka dari itu, untuk peserta lama sewaktu asuransi ketenagakerjaan milik pemerintah ini masih bernama Jamsostek, kartunya disebut KPJ.

[Baca Juga: Ini jenis-jenis Program BPJS Ketenagakerjaan! Udah Tahu?]

 

Apa Itu KPJ?

KPJ adalah kependekan dari Kartu Peserta Jamsostek. Mungkin biar gampang menyebutnya. Sedangkan untuk peserta-peserta yang sekarang, kartunya sudah berupa kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan model dan logo yang baru, dengan dominasi warna hijau muda. Sementara kartu Jamsostek, warna hijaunya lebih tua.

 

Nomor referensi baik di KPJ maupun kartu BPJS Ketenagakerjaan sama-sama berisi 11 digit. Tetapi bedanya, jika di kartu Jamsostek model lama sebelas digit tersebut selain berisi angka-angka, terkadang terselip huruf. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Namun kartu Jamsostek versi lama tersebut, saat kamu mendaftar akun BPJSTKU, kamu otomatis akan mendapat kartu digital BPJS Ketenagakerjaan dengan model terbaru yang sekarang ini.

Jadi, tampilan kartu digital kamu di aplikasi BPJSTKU tidak sama dengan kartu fisik atau kartu Jamsostek yang kamu miliki. Tapi meskipun tampilannya beda, fungsi dan manfaatnya tetap sama.

Nah, semoga penjelasan di atas dapat membantu kamu ya.

Jika Sobat Finansialku ingin memiliki perencanaan keuangan yang baik dan butuh strategi untuk mencapai tujuan keuangan, yuk berkonsultasi dengan Financial Planner terbaik di Finansialku.

Caranya mudah, download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store sekarang! Nikmati konsultasi dan cek kesehatan keuangan dengan akses premium gratis selama 30 hari. 

Jika Anda merasa terbantu dengan aplikasi Finansialku premium, silakan gunakan kode voucher WEBTAHUNAN saat melakukan upgrade aplikasi premium dan dapatkan diskon langsung Rp 50 ribu.

 

Ternyata, untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan cukup mudah dilakukan bukan? Yuk bagikan artikel ini kepada kawan atau saudaramu, siapa tahu ada yang membutuhkan informasinya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rosmha Widiyani. 1 Desember 2020. Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, Begini Caranya. Health.detik.com – https://bit.ly/3dWMUjg
  • Admin. 24 Februari 2021. Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan, Mudah dan Cepat. Kumparan.com – https://bit.ly/3d4LGmE
  • Romi Subhan. 5 Februari 2021. Wajib Tahu, Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan. Popbela.com – https://bit.ly/32438S6

 

Sumber Gambar:

  •  01 – https://bit.ly/3eatwiE
  •  02 – https://bit.ly/3eatJSY
  •  03 – https://bit.ly/3x0qaaN
  •  04 – https://bit.ly/3mYmodp