YAKIN, Mau Pinjam Uang Karena Biaya Nikah Kurang?

Biaya nikah bisa dibilang merupakan salah satu hal yang membutuhkan banyak biaya. Kadang kala, biaya yang sudah dipersiapkan pun masih jauh di bawah biaya yang dibutuhkan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika biaya nikah kurang? Mari simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mau Menikah? Siapkan dari Sekarang!

Menikah adalah salah satu momen penting dan sakral bagi banyak pasangan. Tak heran jika banyak orang menginginkan acara pernikahannya bisa berlangsung dengan meriah dan berkesan.

Dan untuk bisa mewujudkan pesta pernikahan sesuai yang diharapkan, seringkali biaya yang harus dikeluarkan juga akan cukup mahal.

Namun, perlu diketahui bahwa pesta pernikahan hanyalah sebuah awal untuk memulai hal yang baru. Karena itu, jangan sampai Anda terlalu boros mengeluarkan dana untuk pesta pernikahan yang hanya berlangsung satu hari saja.

YAKIN, Mau Pinjam Uang Karena Biaya Nikah Kurang 02 Pernikahan - Finansialku

[Baca juga: Apa Saja Persyaratan Nikah di KUA dan Berapa Biaya Nikah di KUA?]

 

Ada beberapa cara agar dapat menyiapkan biaya pernikahan supaya lebih terukur. Salah satunya adalah dengan membuat anggaran.

Jika Anda berencana untuk menikah di tahun depan, ada baiknya Anda mulai menyiapkannya sejak sekarang. Menggunakan aplikasi Finansialku dapat membantu Anda menyederhanakan rencana anggaran Anda.

 

Merencanakan Biaya Nikah dengan Aplikasi Finansialku

Di aplikasi Finansialku, Anda bisa memanfaatkan fitur dana rencana pernikahan untuk membantu Anda.

Melalui aplikasi ini, Anda akan mengetahui berapa dana pernikahan yang harus Anda siapkan agar target dana Anda bisa tercapai di hari H.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Namun sebelum itu, Anda perlu mengisi beberapa kolom yang dibutuhkan mulai dari nama anda dan calon pasangan, biaya-biaya yang diperlukan, lama persiapan, hingga estimasi inflasi dan hasil investasi.

Jika Anda berencana menggunakan WO, Anda bisa hanya mengisi biaya sewa gedung, katering, dan biaya WO saja.

Namun jika Anda berencana mengatur pernikahan Anda tanpa WO, Anda juga bisa merinci apa saja biaya yang nantinya perlu Anda keluarkan.

Mulai dari biaya lamaran dan acara pranikah, undangan, souvenir, mempelai wanita, mempelai pria, pendamping mempelai pria dan wanita, transportasi , administrasi pernikahan, sewa gedung, dekorasi, pencahayaan dan audio, MC, juru foto dan cetak, video, pengisi acara (musik), Kue Pengantin hingga biaya tiket liburan dan biaya liburan.

Kemudian Anda juga perlu mengisi berapa bulan lagi kira-kira Anda akan melangsungkan pernikahan juga dana yang saat ini sudah Anda miliki.

Setelah Anda memasukkan data tersebut berikut perkiraan kenaikan dana dan estimasi hasil investasi setiap tahun, aplikasi ini akan membantu Anda mengetahui berapa besar dana yang harus Anda siapkan setiap bulannya untuk mencapai jumlah yang Anda butuhkan tersebut.

 

Pro Kontra Meminjam Uang

Kadang kala, meskipun Anda sudah menyiapkan sejumlah dana untuk pesta pernikahan, ada saja kebutuhan-kebutuhan lain yang membuat perkiraan Anda meleset sehingga biaya nikah kurang menjadi hal yang sulit dielakkan.

Lalu bagaimana jika biaya nikah Anda tetap kurang?

Sebenarnya, Anda bisa mengajukan pinjaman uang untuk memenuhi biaya nikah yang Anda perlukan. Misalnya dengan mengajukan KTA sebagai modal nikah.

Tapi selanjutnya, apakah keputusan untuk meminjam uang sebagai modal nikah ini adalah keputusan yang tepat?

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Berutang untuk membiayai pernikahan memang bisa membantu Anda meraih pesta pernikahan impian Anda. Apalagi kebanyakan perempuan pasti memiliki pesta pernikahan yang luar biasa sejak ia kecil.

Mampu mewujudkan mimpi tersebut tentu saja akan menjadi suatu hal yang sangat membahagiakan.

Tapi selain itu, apakah ada manfaat lain yang bisa diperoleh? Dan apakah kebahagiaan tersebut sebanding dengan utang yang nantinya harus Anda bayarkan dalam jangka waktu yang tidak sebentar?

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Perlu diingat bahwa pernikahan bukanlah akhir, tapi awal dari suatu kehidupan yang baru bersama pasangan. Ada banyak kebutuhan yang perlu Anda siapkan setelah pernikahan tersebut.

Mulai dari perabot rumah, kendaraan untuk mobilisasi, tempat tinggal, atau jika Anda berencana punya anak dalam waktu dekat, tentu saja Anda juga harus menyiapkan biayanya.

Selain itu, jika Anda memulai rumah tangga dengan berutang, ada banyak risiko yang akan Anda hadapi.

YAKIN, Mau Pinjam Uang Karena Biaya Nikah Kurang 03 Kebutuhan Rumah Tangga - Finansialku

[Baca juga: Cara Menyiapkan Biaya Pernikahan Dalam Waktu 1 Tahun]

 

Misalnya, risiko pertengkaran rumah tangga karena adanya masalah keuangan, mengurangi rasio utang yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga lainnya setelah pernikahan, dan jika Anda mengalami kredit macet atau sulit bayar, hal ini juga akan mempengaruhi riwayat kredit Anda.

Dampaknya adalah Anda jadi kesulitan jika ingin mengajukan pinjaman lagi di masa yang akan datang.

 

Alternatif Lain Selain Berutang

Mengajukan pinjaman memang sebaiknya tidak dijadikan alternatif jika biaya nikah kurang.

Tapi selain mengajukan pinjaman, sebenarnya ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk bisa memenuhi biaya pernikahan yang kurang.

 

#1 Memperpanjang Masa Tunangan

Jika menurut Anda biaya nikah yang Anda kumpulkan masih kurang, maka memperpanjang masa tunangan. Dengan begitu, Anda bisa memiliki waktu lebih panjang untuk menabung dan mempersiapkan pernikahan Anda lebih matang.

Sampaikan hal ini kepada pasangan, sehingga pasangan Anda tidak salah paham.

Selain itu, karena Anda dan pasangan sudah bertunangan, ini menunjukkan bahwa Anda serius dengan pasangan Anda dan tidak hanya sekedar memberikan harapan palsu.

 

#2 Membuat Daftar Kebutuhan Menurut Prioritas

Salah satu langkah penting dalam mempersiapkan pernikahan adalah dengan menentukan daftar kebutuhan yang menurut Anda paling penting. Ada banyak vendor yang bisa Anda pilih.

Seringkali, harga vendor yang tersedia cukup beragam, sehingga Anda perlu cermat menentukan vendor mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Anda bisa mengkategorikan kebutuhan pernikahan Anda sesuai dengan prioritas tinggi dan rendah. Untuk kebutuhan dengan prioritas tinggi, pilih vendor yang berkualitas dan memiliki portofolio yang baik.

Tentu saja dana yang dikeluarkan akan lebih mahal. Sedangkan untuk kebutuhan prioritas rendah, Anda bisa memilih vendor yang bagus dengan harga yang cukup murah.

 

#3 Memangkas atau Menghemat Biaya Pernikahan

Setelah menentukan apa saja kebutuhan pernikahan yang prioritas, selanjutnya Anda bisa melakukan penghematan agar biaya pernikahan Anda tidak meledak.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar biaya yang Anda keluarkan jadi tidak terlalu besar, misalnya dengan meminjam beberapa aksesoris pernikahan seperti ring bearer, hiasan kepala, dan sebagainya dari keluarga atau kerabat yang sudah menikah.

Atau jika Anda memiliki kenalan yang memiliki kemampuan tertentu seperti MC atau fotografi, Anda juga bisa meminta tolong mereka membantu menyukseskan acara Anda.

Dengan begitu, Anda dapat menekan biaya pernikahan Anda. Selain itu, meminta potongan harga atau menyebarkan undangan secara online juga akan membantu Anda menekan pengeluaran Anda.

 

#4 Mencari Pemasukan Lebih

Jika Anda ingin melangsungkan pernikahan sesuai impian, berhemat mungkin tidak bisa menjadi pilihan Anda. Karena itu, Anda harus pintar-pintar mencari sumber pemasukan lain selain dari pemasukan utama Anda.

Dengan begitu, dana yang bisa Anda tabung akan lebih banyak dan anggaran Anda bisa terkumpul lebih cepat.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Biaya Nikah Kurang? Solusinya?

Seperti yang sudah dijelaskan, merencanakan pernikahan perlu dilakukan dengan matang. Kendala mengenai biaya pernikahan yang tidak kecil merupakan hal yang perlu diperhatikan sejak awal.

Keputusan untuk meminjam uang ataupun dengan alteratif lain dalam menyelesaikan masalah biaya ini perlu dibicarakan dengan calon pasangan Anda kelak. Agar segala keputusan menjadi keputusan bersama yang tidak akan menimbulkan masalah baru kedepannya.

 

Apakah Anda berencana melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat?

Bagaimana pernikahan impian Anda dan bagaimana Anda mewujudkannya? Anda bisa berbagi pengalaman Anda di kolom komentar di bawah.

 

Sumber Referensi:

  • Denise Hill. 14 Februari 2018. 3 Reasons Taking a Loan For Your Wedding Is a Bad Idea. Wisebread.com – https://goo.gl/8Kd5ee
  • Dustin Clendenen. 16 Oktober 2018. The Pros and Cons of a Wedding Loan. Supermoney.com – https://goo.gl/1Qe6Ew

 

Sumber Gambar:

  • Cincin Nikah – https://goo.gl/mHc8Pm
  • Pernikahan – https://goo.gl/CFFVK7
  • Kebutuhan Rumah Tangga – https://goo.gl/gCGXj4
Summary
YAKIN, Mau Pinjam Uang Karena Biaya Nikah Kurang?
Article Name
YAKIN, Mau Pinjam Uang Karena Biaya Nikah Kurang?
Description
Biaya nikah bisa dibilang merupakan salah satu hal yang membutuhkan banyak biaya. Kadang kala, biaya yang sudah dipersiapkan pun masih jauh di bawah biaya yang dibutuhkan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-11-09T09:25:56+00:00November 9th, 2018|Categories: Dana Pernikahan, Keluarga|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment