Saat banjir tiba, mobil terendam banjir harus diperbaiki. Kira-kira berapa ya biaya perbaikan mobil yang dibutuhkan?

Inilah informasi lengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perbaikan Mobil Terendam Banjir

Memasuki musim penghujan, salah satu hal yang harus dihadapi adalah banjir. Seperti banjir yang ada di Jakarta yang merendam berbagai wilayah termasuk di perumahan. Hal tersebut tidak hanya mengakibatkan mobil terendam banjir namun juga rumah yang rusak.

 

Poin Penting Estimasi Biaya Perbaikan Mobil

Mobil yang terendam banjir tersebut tidak hanya membuat Anda harus bersiap mengeluarkan biaya perbaikan mobil yang cukup besar, namun juga harga jual yang turun drastis.

Tidak tanggung-tanggung, harga perbaikan mobil bisa mencapai ratusan juta rupiah. Saat perbaikan, terdapat bagian mobil berikut yang harus Anda perhatikan.

 

#1 Jenis Mobil

Tidak semua jenis mobil memiliki spare part yang mudah untuk dicari untuk mengganti bagian yang rusak dari mobil. Tidak jarang, spare part atau komponen cadangan tersebut harus diimpor terlebih dahulu dari luar negeri.

Sehingga, harga perbaikan dari kendaraan tersebut jauh lebih tinggi. Tentunya jika dibandingkan dengan kendaraan yang cadangannya komponen mudah diperoleh.

 

#2 Ketinggian Air

Ketinggian air sangat berpengaruh pada kerusakan. Ada banjir yang hanya semata kaki namun ada juga yang bahkan bisa menenggelamkan mobil. Jika hanya sebatas mata kaki atau hanya sampai masuk ke bagian mobil dan membasahi karpet, harga perbaikan akan jauh lebih murah.

Ini Dia Estimasi Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir 02

[Baca Juga: Tenggelam, Gimana Klaim Asuransi Mobil Akibat Banjir Jakarta?]

 

Namun, tidak berlaku jika banjir menenggelamkan mobil atau setidaknya sampai pertengahan tinggi mobil. Jika hal tersebut terjadi perbaikan dapat mencapai ratusan juta rupiah.

 

#3 Kerusakan Bagian Eksterior dan Interior

Bagian yang paling sering rusak saat banjir adalah bagian interior dan eksterior. Biaya perbaikan mobil ini bisa mencapai puluhan juta. Itupun tergantung dari tingkat kerusakan dan bahan dari interior atau pun eksterior yang dipergunakan.

Ada kerusakan yang hanya sebatas baret namun ada juga yang hingga menjamur, lumpur yang menggerak hingga bau tidak sedap. Jika hanya perbaikan kecil, harganya tidak akan terlalu mahal. Namun jika perbaikan secara menyeluruh, maka harga perbaikan akan melambung tinggi.

 

#4 Sistem Kelistrikan

Salah satu bagian dari mobil yang rentan ketika banjir adalah di ECU atau electronic control unit. Bagian ini memungkinkan mobil terkena konslet yang disebabkan karena mobil yang terendam air dalam angka waktu yang lama.

Masalahnya, tidak hanya menyebabkan mobil rusak namun juga dapat mencelakai orang jika aliran listrik terkena ke air dan ada orang di sekitarnya.

Ini Dia Estimasi Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir 03

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit]

 

Bila bagian dari ‘otak’ mobil ini rusak, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Estimasinya minimal dapat mencapai Rp12 juta rupiah.

 

#5 Kerusakan Mesin dan Water Hammer

Jika terjadi kerusakan karena water hammer, Anda harus siap-siap merogoh kantong yang dalam. Perbaikan karena masuknya air ke bagian ruang pembakaran dalam mesin bisa mencapai Rp30-80 juta rupiah.

Mahalnya perbaikan ini karena mesin mobil harus diganti karena jika tidak, mobil tidak bisa berfungsi.

Salah satu kerusakan karena water hammer adalah setang piston yang bengkok yang dapat menyebabkan kerusakan di bagian yang lain.

Selain mahal, Anda juga harus bersabar karena terkadang suku cadang tidak selalu tersedia di Indonesia. Butuh waktu pengiriman bahkan mungkin pembuatannya. Selain itu, jika mesin diganti, maka Anda juga harus laporan ke polisi untuk pencatatan nomor mesin yang baru.

 

Anggarkan Dana Darurat untuk Mengantisipasi Akibat Banjir

Estimasi biaya perbaikan mobil karena terendam banjir tentunya harus ditekankan pada poin-poin di atas. Sehingga jika mobil terendam banjir, Anda harus segera memperbaikinya atau efek jangka panjangnya akan lebih merugikan.

Misalnya biaya perbaikan yang semakin membesar dan kerusakan yang semakin meluas. Jika ke depannya Anda bisa memiliki uang dalam jumlah lebih, maka tidak ada salahnya untuk menganggarkan dana darurat khusus sebagai langkah preventif.

Anda juga bisa mengasuransikan kendaraan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diharapkan seperti banjir. Anda bisa berkonsultasi mengenai masalah asuransi dengan Perencana Keuangan Finansialku yang telah tersertifikasi melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung dan mengaggarkan dana darurat Anda. Gunakan fitur Rencana Keuangan dan pilih Dana Darurat, lalu isi form-nya dan Anda sudah bisa mendapatkan besaran dana yang harus Anda simpan tiap bulannya.

 

Apakah Anda mendapatkan ide untuk menganggarkan sejumlah tabungan dana darurat untuk mobil? Yuk ajak juga orang terdekat untuk mengetahui informasi penting ini dengan share artikel melalui sosial media, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Aditya Maulana. 05 Januari 2020. Estimasi Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir | Mobil Terendam Banjir Bisa Normal Lagi?. Otomotif.kompas.com – https://bit.ly/2tHo57z

 

Sumber Gambar:

  • Biaya Perbaikan Mobil 1 – https://bit.ly/2uigVH4
  • Biaya Perbaikan Mobil 2 – https://bit.ly/3azh1dJ
  • Biaya Perbaikan Mobil 3 ­- https://bit.ly/2Rz83EQ