Banyak orang yang senang memanfaatkan promo kartu kredit. Apakah hal ini bertentangan dengan konsep perencana keuangan? Finansialku akan membahas seputar promo kartu kredit.

promo kartu kredit bigstock-d-rendering-of-a-credit-cards-17085230-e1356043900570

 

Terpaksa Menggunakan Kartu Kredit

Berikut ini alasan-alasan mengapa seseorang terpaksa menggunakan kartu kredit. Salah satunya adalah promo kartu kredit.

 

Memperbaiki Kredit

Beberapa orang berusaha untuk meningkatkan level kartu kreditnya menjadi ke Gold atau ke Platinum untuk mendapatkan keistimewaan (privilege), contoh exclusive lounge di bandara, diskon khusus untuk di rumah makan tertentu, diskon khusus untuk pembelian mobil, rumah, progam keanggotaan klub golf, diving dan lainnya.

 

Mendapatkan Point Reward

Salah satu alasan orang menggunakan kartu kredit adalah untuk mendapatkan promo kartu kredit. Bentuk dari promo kartu kredit adalah point reward, potongan langsung di merchant atau lainnya. Point reward dapat ditukarkan untuk kupon hotel, pesawat atau alat-alat elektronik.

Untung Ruginya Program Cash Back Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Melek Keuangan Sekarang Juga]

 

Melakukan Pembelian Online

Berbelanja buku di Amazon, atau baju di Zalor, elektronik di Lazada atau toko online apapun, biasanya bekerja sama dengan penyedia kartu kredit: VISA, MASTERCARD. Di negara-negara maju cara pembayaran yang paling digemari oleh para pembeli adalah pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

 

Memesan Tiket Online

Bagi yang mau jalan-jalan tidak ada salahnya lihat tiket pesawat atau tiket hotel di toko online. Terkadang Anda mendapatkan penawaran yang bagus, seperti diskon atau gratis sesuatu. Nah pembayaran tiket pesawat atau hotel seringkali menggunakan kartu kredit.

 

Cicilan 0%

Nah yang diatas perlu hati-hati. Ada yang bilang cicilan 0% itu palsu, karena toko sudah menaikkan harga (sebesar nilai bunga) apabila Kita menggunakan kartu kredit. Biasanya harga yang tertera di rak pajangan (showcase) adalah harga dengan cicilan. Nah ada baiknya Kita tanyakan terlebih dahulu, berapa harga cash?  Setelah tau harga cash, coba bandingkan harga cash dengan harga cicilan. Jika lebih untung menggunakan cicilan 0% tidak ada salahnya menggunakan progam cicilan 0%. Tapi ingat cicilan utang, kartu kredit maksimum adalah 35% dari pendapatan Kita.

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuApa itu Program Jaminan Sosial BPJS?Baca
finansialkuMelek Keuangan Sekarang JugaBaca
finansialkuCara Berinvestasi Emas dengan Berkebun Emas, Ya atau Tidak?Baca
finansialkuMengatur Keuangan Keluarga: BOCOR HALUSBaca
finansialkuCara Pembayaran Online ketika Belanja di Toko OnlineBaca