Apakah seorang fresh graduate boleh memiliki dan menggunakan kartu kredit? Bagaimana cara mengelolanya secara bijak?

Yuk ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran non tunai dengan menggunakan kartu. Kartu kredit ini biasanya diterbitkan oleh bank. Dengan menggunakan kartu kredit, maka kamu bisa melakukan transaksi dan dibayarkan oleh bank terlebih dahulu.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa limit kartu kredit itu bukan uang kamu ya, dan tentunya bukan saldo tabungan tambahan juga. Ketika kamu menggunakan kartu kredit, ada pokok dan bunga yang harus kamu bayarkan.

Jika kamu sudah cukup percaya diri dengan kemampuan manajemen keuangan dan kontrol diri, maka kamu boleh saja untuk memiliki kartu kredit. Apalagi sebenarnya kartu kredit juga memiliki banyak manfaat.

Nah bagi Sobat Finansialku yang membutuhkan panduan untuk membuat kartu kredit, kamu bisa mempelajarinya melalui audiobook di bawah ini.

banner -milenial membuat kartu kredit mudah

 

Fresh graduate yang bekerja di luar negeri mungkin memiliki kondisi yang berbeda dari negara asal, Indonesia.

Misalnya, di beberapa negara ada yang tidak menyediakan ATM dalam 24 jam. Pada saat seperti itu, kamu bisa memanfaatkan penggunaan kartu kredit ya.

Terkait bijak atau tidaknya fresh graduate menggunakan kartu kredit, tergantung ke diri kamu sendiri ya. Namun, penggunaan kartu kredit secara bijak tentunya tetap harus diterapkan ya.

Kamu perlu ingat bahwa kartu kredit ini bukan merupakan celah untuk membeli barang-barang konsumtif secara instan ya.

 

Manfaat Kartu Kredit

Ada berbagai manfaat kartu kredit yang bisa kamu rasakan jika kamu memiliki kartu kredit. Berikut beberapa manfaat kartu kredit.

 

#1 Sebagai Alat Pembayaran Non Tunai

Dengan memiliki kartu kredit maka memungkinkan kamu untuk bertransaksi tanpa harus membawa banyak uang cash. Apalagi jika kamu bekerja di luar negeri, tentunya akan sangat memudahkan kamu.

Hal ini dikarenakan di beberapa negara, ATM tidak selalu tersedia selama 24 jam.

Bahkan, terkadang transaksi yang dilakukan di luar jam kerja maka bisa kena biaya extra.

Jadi, daripada kamu harus mencari ATM setelah pulang kerja dan ditambah kena biaya admin, maka di saat seperti ini maka kamu bisa merasakan manfaat kartu kredit sebagai alat pembayaran non tunai.

Kartu kredit ini hanya sebagai alat pembayaran saja ya. Jadi, setelah kamu bertransaksi dengan kartu kredit maka kamu perlu mencatat, dan langsung membayarkan sebesar nominal penuh dari transaksi yang menggunakan kartu kredit tadi.

 

#2 Fasilitas Diskon dan Reward Point

Selain sebagai alat pembayaran non tunai, kamu juga bisa menikmati fasilitas diskon dari kartu kredit yang kamu gunakan. Tentunya dengan adanya diskon maka dapat membantu kamu untuk menghemat.

Selain itu, seiring dengan penggunaan kartu kredit maka kamu juga bisa mendapatkan reward point. Reward point ini nantinya bisa kamu tukarkan dengan sesuatu seperti voucher belanja, merchandise, dan lain-lain.

 

#3 Memudahkan Traveler  

Jika kamu sering menggunakan fasilitas penerbangan, misalnya sering pulang pergi (PP) ke Indonesia atau sering traveling ke negara lain maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit travel.

Biasanya, kartu kredit travel ini bekerja sama dengan maskapai penerbangan tertentu dalam hal sistem penukaran poin dan mileage. Dengan begitu maka kamu bisa mendapatkan diskon untuk membeli tiket penerbangan.

Tentunya hal ini juga dapat membantu kamu untuk menghemat pengeluaran kamu.

[Baca Juga: Banyak Untungnya Lho! Ini 5+ Kartu Kredit yang Cocok Buat Traveling]

 

#4 Lebih Praktis dan Aman

Tentunya ketika kamu membawa kartu kredit akan lebih praktis dari pada harus membawa uang tunai. Selain itu, membawa kartu kredit juga lebih aman karena bisa mengurangi risiko kehilangan uang tunai.

Apabila kartu kredit kamu hilang atau dicuri maka kamu hanya perlu menghubungi bank penerbit untuk membekukan kartu kredit kamu serta membatalkan seluruh transaksi yang tidak kamu lakukan.

 

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit yang bijak akan memberikan manfaat bagi kamu. Berikut beberapa cara bijak dalam menggunakan kartu kredit.

 

#1 Membatasi Jumlah Kartu Kredit

Dari sekian banyak pilihan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank, kamu tidak perlu memiliki semuanya. Kamu bisa gunakan satu atau maksimal 2 kartu kredit saja.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengetahui kebutuhan kartu kredit kamu terlebih dahulu ya. Dengan begitu, kamu bisa memilih jenis kartu kredit yang cocok untuk kamu.

 

#2 Membatasi Nilai Limit Kartu Kredit

Sebelum kamu membuat kartu kredit, kamu perlu menentukan limit kartu kredit kamu. Sebaiknya kamu menentukan limit kartu kredit sesuai dengan kebutuhan kamu saja ya.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BCA? Ini Caranya!]

 

#3 Minimalkan Tarik Tunai dari Kartu Kredit

Sekarang ini sudah banyak kartu kredit yang bisa melakukan tarik tunai. Namun, tanpa disadari ternyata masih ada orang yang memanfaatkan fitur ini secara berlebihan.

Padahal, ketika kamu melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit maka akan dikenakan biaya bunga sebesar 3,5% – 4% pada setiap transaksi tarik tunai yang kamu lakukan.

Walaupun setiap bank bisa saja memiliki peraturan bunga yang berbeda, namun akan lebih baik jika kamu meminimalkan tarik tunai dari kartu kredit untuk menghindari biaya-biaya yang kurang perlu.

 

#4 Menggunakan Kartu Kredit Hanya Ketika Butuh

Sebaiknya kamu menggunakan kartu kredit pada saat yang memang benar-benar kamu butuhkan saja ya. Tujuannya adalah agar menghindari banyaknya cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya kepada pihak bank.

[Baca Juga: Finansialku Podcast Eps 82 – Cara Bijak Mengelola Kartu Kredit]

Bijakkah Fresh Graduate Memiliki Kartu Kredit - 02 - Finansialku

Kartu Kredit

 

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Jadi, boleh saja seorang fresh graduate menggunakan kartu kredit jika memang kamu sudah memiliki manajemen keuangan dan kontrol diri yang baik. Namun tetap harus bijak dalam menggunakannya.

Manfaatkan kartu kredit sebagai alat pembayaran non tunai, namun bukan uang tambahan ya.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai diskon dan reward point dari penggunaan kartu kredit yang bisa membantu kamu berhemat. Jika kartu kredit digunakan dengan baik dan bijak maka dapat memberikan banyak manfaat untuk kamu.

 

Jadi, apakah kamu berminat menggunakan kartu kredit? Silahkan berikan komentar dan pendapat di kolom yang telah tersedia.

Kamu juga bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Editor: Maria Christianti

 

Sumber Referensi:

  • CIMB Niaga. Apa Itu Kartu Kredit? Seperti Apa Memanfaatkannya?. Cimbniaga.co.id – https://bit.ly/3z62UsY
  • Tokopedia. 15 Juli 2019. 10 Manfaat Kartu Kredit yang Memudahkan Urusan Finansial. Tokopedia.com – https://bit.ly/2Sh0S8x

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit 01 – https://bit.ly/3fZ5fyi