Anda tertarik untuk kuliah di jurusan biologi? Kira-kira, nanti kerjanya jadi apa, ya?

Inilah referensi pekerjaan yang relevan dengan jurusan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kuliah Jurusan Biologi, Cocok Untuk Para Pecinta Alam

Ketika Anda memutuskan untuk kuliah di jurusan biologi, maka Anda harus mengetahui pula peluang kerja kuliah jurusan biologi.

Dengan mengetahui peluang kerja yang tersedia, Anda bisa lebih fokus mempersiapkan diri agar tujuan tercapai. Peluang kerja ini juga akan membantu Anda menentukan karir apa yang Anda kejar nantinya.

 

Rekomendasi Pekerjaan Linear dengan Jurusan Biologi

Memutuskan kuliah berarti Anda juga harus berkomitmen pada diri sendiri untuk memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang Anda miliki tersebut akan menggiring karir dalam bidang yang Anda inginkan.

Lalu apa saja karir yang bisa dicapai dengan jurusan biologi? Berikut beberapa di antaranya. 

 

#1 Ilmuwan

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup yang ada di dunia. Anda bisa menjadi seorang ilmuwan dengan ilmu yang Anda miliki.

Tak perlu khawatir bagaimana bekerja sebagai seorang ilmuwan karena ada banyak lowongan pekerjaan yang mencari ilmuwan setiap saat.

Anda bisa mendaftarkan diri untuk bekerja menjadi ilmuwan di lembaga milik pemerintah maupun perusahaan swasta.

Dengan bekerja di laboratorium atau terjun langsung di lapangan, Anda akan merasakan bagaimana sensasinya menjadi seorang biologist.

Untuk urusan gaji tak perlu khawatir. Biasanya seorang ilmuwan akan menerima upah yang besar berdasarkan tugas yang dikerjakan.

Pendapatan yang diterima oleh seorang ilmuwan bisa diandalkan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Gimana Prospek Kerja Kuliah Jurusan Biologi, Sih 01 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Langkah Memilih Karier yang Sesuai Dengan Anda]

 

#2 Ilmuwan Medis

Apa bedanya ilmuwan biasa dengan ilmuwan medis? Jika ilmuwan biasa fokus pada hal-hal umum yang menyangkut makhluk hidup, maka ilmuwan medis fokus pada analisis kesehatan pada makhluk hidup.

Profesi ini biasa disebut dengan istilah biomedis. Anda harus bisa meneliti mengenai berbagai masalah medis yang biasanya muncul dan sering dialami.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi ahli kelompok hewan tertentu yang bisa digunakan untuk memetakan penyakit yang timbul dari hewan. Profesi ini banyak dicari untuk pengembangan obat-obatan.

 

#3 Ilmuwan Internasional

Bagaimana caranya agar Anda bisa menjadi ilmuwan internasional? Caranya adalah dengan menerbitkan jurnal ilmiah berdasarkan penelitian yang Anda lakukan.

Apa yang Anda temukan akan sangat dihargai oleh dunia. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti program pertukaran pelajar untuk mencari celah karir dalam bidang biologi di dunia internasional.

Gimana Prospek Kerja Kuliah Jurusan Biologi, Sih 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kado Si Kecil, Ini Rekomendasi Pembukaan Tabungan Pendidikan!]

 

#4 Analisis Laboratorium

Profesi yang satu ini selalu banyak dicari oleh perusahaan makanan, obat-obatan, kosmetik dan lainnya. Pekerjaan yang harus dilakukan biasanya adalah menguji sebuah produk apakah sudah layak dikonsumsi atau belum.

Anda pun bisa bekerja di BPOM, laboratorium uji bahan dan masih banyak lagi. Dengan gaji yang tinggi, Anda pasti akan mencintai pekerjaan ini.

 

#5 Teknisi Laboratorium

Dalam laboratorium pasti dibutuhkan teknisi laboratorium. Anda bisa mendapatkan pekerjaan ini di laboratorium yang terdapat di lembaga pemerintah atau perusahaan tertentu.

Jika mendapatkan profesi ini, Anda harus mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam penelitian dan mengecek alat-alat laboratorium dalam waktu yang sudah dijadwalkan.

Memang kelihatannya sangat mudah. Namun pekerjaan ini membutuhkan keahlian tertentu agar alat yang diperlukan tidak salah dan tidak rusak.

Gimana Prospek Kerja Kuliah Jurusan Biologi, Sih 03 - Finansialku

[Baca Juga: Lulus S1, Pilih Kerja atau Kuliah S2? Berapa Dana Yang Harus Disiapkan?]

 

Karier Dalam Bidang Biologi Memiliki Prospek yang Cerah

Memilih kuliah jurusan biologi bukanlah suatu hal yang salah. Jika Anda sangat menyukai ilmu tentang makhluk hidup, maka Anda sangat cocok kuliah di jurusan ini.

Anda akan mengetahui setiap struktur makhluk hidup dan bisa menemukan apa yang dibutuhkan masyarakat.

Adanya peluang kerja kuliah jurusan biologi yang cerah, maka Anda sebaiknya mempersiapkan diri dengan matang saat akan masuk ke jurusan ini.

Nantinya saat sudah bekerja, semua kerja keras Anda selama kuliah akan terbayarkan. Anda akan memperoleh posisi keren sekaligus gaji yang mentereng.

 

Ternyata, peluang kerja di jurusan ini sangat menarik bukan? Share artikel bermanfaat ini pada teman-teman di jurusan biologi ya, terima kasih.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 April 2019. 10 Peluang Atau Prospek Kerja Biologi Dan Gajinya. Renesia.com – https://bit.ly/3fFPhpQ

 

Sumber Gambar:

  • Peluang Kerja 1 – https://bit.ly/2Z4ICyT
  • Peluang Kerja 2 – https://bit.ly/2V0PVX0
  • Peluang Kerja 3 – https://bit.ly/3hTbfrk