Tahukah Anda? Kini banyak pebisnis yang merintis bisnis startupnya di coworking space, bisa jadi ide bisnis yang mantap nih!

Yuk cari tahu mengapa bisnis coworking space ini menguntungkan. Jika Anda juga sedang kebingungan mau bisnis startup di bidang apa, ide ini boleh dicoba:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Apa itu Coworking Space (Ruang Kerja Bersama)?

Seiring perkembangan teknologi informasi, semakin banyak saja bisnis startup yang tumbuh di Indonesia.

Dengan kata lain, mayoritas perusahaan-perusahaan merupakan perusahaan yang baru saja didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Artinya, mereka membutuhkan sebuah ruang kerja dengan biaya yang terbatas. Apa solusinya?

Mau Terjun Di Bisnis Coworking Space Cek 5 Tips Berikut Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Mau Rintis Bisnis Startup di Mana? Ini Keuntungan Pakai Coworking Space!]

 

Ternyata adanya kebutuhan ini segera diatasi dengan adanya coworking space atau ruang kerja bersama. Tren ruang kerja bersama alias coworking space akhirnya juga semakin menjamur & dikenal oleh banyak orang.

Karena banyaknya coworking space dewasa ini, muncul pertanyaan, “Apa itu coworking space?”

Pengertian coworking space (ruang kerja bersama) adalah sebuah tempat dimana para individu-individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam sebuah tempat.

Asal muasal definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata ‘coworking yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi.

Sejarah coworking space di dunia diawali dengan ruang kerja bersama pertama yang berdiri adalah Schraubenfabrik, Wina, Austria.

Coworking space yang didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll pada tahun 2002 itu disebut juga Mother of Coworking Space.

Menurut beberapa sumber, coworking space di Indonesia pertama kali hadir di Kota Bandung sekitar tahun 2010. Setelahnya, ruang kerja berkonsep kerja bersama ini menjamur di berbagai kota besar Indonesia lainnya.

Desain coworking space mengusung konsep open space atau transparancy, sehingga setiap individu di dalamnya dapat lebih aktif berinteraksi.

Sebuah coworking space juga umumnya memiliki suasana yang mendukung semangat & produktivitas kerja.

Karena suasananya yang kondusif dan biayanya yang tergolong murah, banyak sekali founder startup yang merupakan pebisnis pemula memanfaatkannya sebagai tempat kerja.

Coworking space memang sesuai bagi perusahaan startup yang biasanya beranggotakan masih sedikit. Selain itu, suasananya membuat semangat karena

tidak berasa bekerja di kantor.

Nah, Apakah Anda mulai tertarik untuk memulai bisnis coworking space? Jika belum, Finansialku akan menjabarkan beberapa keuntungan dari coworking space berikut ini:

 

Keuntungan Coworking Space

Tentunya ada alasan mengapa coworking space menjadi pilihan menarik sebagai lokasi memulai bisnis startup. Adapun beberapa alasan tersebut adalah berupa keuntungan bekerja di coworking space, yakni sebagai berikut:

 

#1 Biaya Sewanya Lebih Murah

Istilah startup kerap kali dihubung-hubungkan dengan perusahaan baru di bidang teknologi dan informasi. Mengapa demikian?

Ternyata alasannya adalah karena istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa bubble dot-com (tahun 1998 hingga 2000), karena banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan pada periode tersebut.

Dengan demikian, banyak perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai sarana mengembangkan bisnisnya hingga lahirlah bisnis startup itu.

Keuntungan Pakai Coworking Space Finansialku 6

[Baca Juga: Coworking Space, Solusi Tempat Kerja untuk Pebisnis Pemula [Update]]

 

Adapun karakteristik dari startup antara lain adalah sebagai berikut:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari US$100.000/tahun
  • Masih dalam tahap berkembang
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui website

 

Nah, mengingat beberapa karakteristik dari startup yang saya tekankan di atas merujuk pada terbatasnya modal, maka ideal jika bisnis ini dirintis di coworking space.

Harga sewa kantor bersama tentunya bisa lebih murah karena bisa dibayar bersama-sama.

Meski antara satu usaha dan lain tak saling bergantung, Anda tak perlu khawatir ditendang bila ada pemilik usaha penyewa kantor yang tak mampu membayar sewa.

 

#2 Nyaman dan Suasananya Kondusif

Umumnya, desain interior coworking space dibuat nyaman dengan meja-kursi tanpa sekat dan berdesain dinamis. Semua ini dilakukan untuk membuat suasana kerja yang nyaman dan kondusif.

Jadi coworking space memang ditujukan sebagai sebuah tempat kerja.

Meski awalnya diperuntukkan bagi pekerja freelance dimana suatu kantor atau tempat khusus memiliki program member sehingga pekerja freelance bisa jadi member kantor tersebut untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia, namun kini tidak terbatas demikian.

Anda para pebisnis startup pun kini bisa memanfaatkan ruang kerja bersama ini sebagai tempat kerja dengan lingkungan kerja yang jauh dari konvensional.

 

#3 Adanya Fasilitas yang Memadai

Pernahkah Anda melihat papan nama Warunk Upnormal, sebuah coworking space pelopor warung indomie kekinian?

Jika pernah, Anda pasti pernah melihat tulisan berikut:

  • Working space
  • Private room
  • Fasilitas (stop kontak, free internet, dan sebagainya)

 

Nah, pemilik coworking space yang satu ini tahu betul pangsa pasar yang dituju. Untuk perusahaan teknologi, fasilitas digital yang tersedia haruslah lengkap.

Sebagai contohnya disini diberikan jaringan internet gratis dengan koneksi kencang. Hal ini yang tak didapati jika menyewa kantor sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh fasilitas lainnya, misalnya saja stop kontak sangat banyak dan jam buka yang fleksibel.

Semua ini merupakan kelebihan yang tidak bisa Anda peroleh dengan menyewa ruang kantor. Enaknya lagi, biasanya coworking space menyatu dengan café atau restoran sehingga Anda lebih mudah memperoleh konsumsi.

 

#4 Peluang Berkolaborasi dan Berbagi Ide

Dalam ruang kerja bersama, Anda bisa berbagi ide dengan penyewa lain. Anda bisa memperluas networking juga karena ruang tersebut tak terbatas dengan karyawan Anda saja.

Keuntungan Pakai Coworking Space Finansialku 5

[Baca Juga: AWAS BAHAYA, Jika Anda Melakukan 7+ Kesalahan Membangun Bisnis Startup Ini]

 

Umumnya, bidang bisnis yang digeluti antara satu penyewa dan penyewa lain berbeda sehingga bisa dengan mudah bertemu dan bertukar ide demi kemajuan bisnis masing-masing.

Tentunya kesempatan untuk memperluas relasi bisnis jadi lebih banyak.

Selain itu, dengan menjadi anggota sebuah coworking space, biasanya Anda tak perlu lagi membayar seminar atau training yang mahal karena sudah termasuk dalam fasilitas yang diberikan terkait pengembangan komunitas.

Acara-acara yang diselenggarakan, tak jarang berupa acara pitching bisnis yang memungkinkan Anda untuk menemui pihak-pihak investor atau mendapat pendanaan bisnis.

 

Tips Berbisnis Coworking Space

Karena tergolong baru, tentunya kita harus cerdas dalam berbisnis coworking space ini. Nah, agar bisnis Anda lebih lancar dan meraup untung simak dahulu yuk 5 tips berbisnis coworking space berikut ini:

 

#1 Kenali Konsep Coworking Space dengan Baik

Tahukah Anda? Masih banyak yang salah kaprah dan menganggap bahwa coworking space hanyalah tempat nongkrong bagi beberapa anak muda.

Tapi tahukah Anda bahwa coworking space sebenarnya jauh lebih kaya maknanya dibanding tempat nongkrong semacam kedai kopi.

Coworking space hadir sebagai tempat yang memungkinkan para penyewanya untuk bekerja dan bertukar ide, berkolaborasi, dan menghasilkan ide-ide brilian.

Jadi, sebelum terjun ke bisnis ini Anda harus mengenal konsepnya dengan baik. Jadi Anda harus tahu bahwa coworking space bukan sekedar tempat nongkrong yang perlu internet kencang atau suasananya nyaman.

Anda justru harus menciptakan sebuah tempat dimana komunitas dapat bertumbuh dan berkembang.

 

#2 Memilih Lokasi dan Bangunan yang Tepat

Setelah kita mengenal dan memahami konsep bisnis coworking space ini dengan baik, maka langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi dan bangunan yang tepat.

Menurut Aditya, pemilik coworking space Conclave, pilihan usaha ini akan memiliki prospek besar jika berlokasi mendekati daerah bisnis.

Sedangkan untuk bangunannya sendiri, Anda bisa memilih ruko atau bangunan kantor serta rumah dengan izin untuk bisnis.

Keuntungan Pakai Coworking Space Finansialku 2

[Baca Juga: 4 Tanda Bisnis Startup Sukses dan Berhasil, Anda Sudah Punya Tanda Itu?]

 

#3 Tentukan Desain Interior yang Tepat

Meski tampak seperti kantor biasa, dimana pebisnis bisa mengaktifkan laptopnya dan bekerja, namun sudah banyak sekali coworking space yang mengutamakan aspek desain interior ruangannya.

Hal ini pastinya diusahakan atas pertimbangan bahwa ruang kerja seharusnya bisa memacu kreativitas dan produktivitas para pekerja di dalamnya.

Bahkan, beberapa workspace mengusung tema “green” atau ramah lingkungan bagi workspace-nya.

Anda juga bisa melihat fasilitas lainnya yang tadi sudah disebutkan, sehingga membedakan coworking space dengan kantor biasa.

 

#4 Ketahui Profil dan Kebutuhan Penyewa

Selanjutnya, Anda perlu menyediakan layanan dan fasilitas yang sesuai.

Tapi untuk bisa mengetahui apa sih fasilitas yang cocok untuk coworking space Anda, pertama-tama Anda harus mengetahui profil dan kebutuhan calon penyewa yang Anda tuju.

Apa gunanya? Dengan mengetahui profil dan kebutuhan konsumen tentu kita akan lebih mengerti dan melayani dengan baik.

Selain itu, dalam konsep coworking space yang bernuansa kolaborasi dan membuka jaringan, dengan mengetahui profil dan kebutuhan para penyewa, Anda bisa mengarahkan dan menawarkan kepada beberapa pengguna yang ada untuk mendapatkan teman, mitra dan jaringan bisnis yang sesuai.

Dan hal ini akan menambah kredibilitas coworking space Anda dimata konsumen.

Sebagai contohnya, beberapa coworking space menyediakan auditorium dan ruang rapat. Auditorium seperti ini bisa dipakai untuk aktivitas komunitas, seperti peluncuran produk, seminar, talk show, atau presentasi dengan investor.

 

Sudah Mantap Terjun di Bisnis Coworking Space?

Pada dasarnya, coworking space mempunyai konsep open space dan transparan, serta ditujukan untuk membuat para individu didalamnya dapat bekerja bersama secara kondusif.

Dengan konsepnya ini, tentunya coworking space juga memungkinkan para pebisnis untuk saling berinteraksi dan tidak menutup kemungkinan untuk membentuk networking hingga menjadi sebuah partnership di masa depan.

Nah, untungnya selain menjadi tempat bisnis, coworking space juga menjadi peluang bisnis yang menarik. Apakah Anda juga salah satu pebisnis yang tertarik terjun di bisnis ini?

Sebelumnya, yuk baca ebook dari Finansialku di bawah ini!

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 6 tips terjun di bisnis coworking space lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sutan Mudo. 26 Agustus 2015. Apa Itu bisnis Startup? Dan Bagaimana Perkembangannya?. Techinasia.com – http://bit.ly/2nLkXnU
  • Admin. 29 Mei 2017. Mengenal Lebih Dalam: Apa Itu Coworking Space | EV Hive. Evhive.co – http://bit.ly/2m7PPhU
  • Yasha. February 3, 2018. Perkembangan Coworking Space di Indonesia. Dewaweb.com – http://bit.ly/2mboBqJ
  • Hardian. 26 Juli 2018. Lagi Ngerintis Bisnis Start Up? Ini 4 Alasan Buat Pakai Coworking Space. Moneysmart.id – http://bit.ly/2n00RpQ
  • Asep Irwan. 5 Tips Sukses Membuka Bisnis Co-Working Space. Mcom – http://bit.ly/2mWQbZe

 

Sumber Gambar:

  • Keuntungan Coworking Space 1 – http://bit.ly/2owf6TZ
  • Keuntungan Coworking Space 2 – http://bit.ly/2nJDK30