Peluang bisnis skala rumahan semakin terbuka di era new normal! Salah satunya adalah bisnis frozen food. Tertarik?

Bisnis frozen food menjadi tren usaha yang menjanjikan di era new normal. Jika kamu berminat untuk melakukan usaha yang satu ini, yuk simak tips memulai bisnis frozen food berikut supaya usaha kamu dapat berhasil!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Frozen Food, Bisnis yang Menjanjikan Saat New Normal

Di era new normal, minat masyarakat terhadap frozen food akan meningkat. Sifatnya yang praktis dan tahan lama cocok untuk dijadikan sebagai stok makanan selama masa pandemi terjadi.

Walaupun tempat-tempat makan sudah mulai beroperasi, namun frozen food tetap akan diminati karena harganya yang lebih terjangkau dan dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, frozen food skala rumahan juga tidak menggunakan pengawet sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Cara Mulai Bisnis Frozen Food yang Menjanjikan di Era New Normal

[Baca Juga: Daftar Peluang Bisnis yang Menjanjikan Saat New Normal!]

 

Nah, melihat pertimbangan di atas, maka tak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha yang satu ini. Cukup sederhana kok karena produksinya juga dapat dilakukan dengan metode bisnis rumahan.

Untuk membantu kamu mengenal bisnis frozen food lebih dekat, berikut tips yang bisa kamu jadikan acuan.

 

Cara Memulai Bisnis Frozen Food yang Tepat

Untuk memulai bisnis frozen food, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Pahami sasaran yang tepat untuk produk yang akan kamu jual.

Cari tahu siapa saja dan area mana saja yang memiliki ketertarikan pada produk frozen food. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut sebagai acuan utama supaya usahamu berhasil!

 

#1 Tentukan Jenis Produk Frozen Food yang Akan Kamu Jual

Produk makanan yang dapat dibekukan jenisnya beragam. Kamu harus menentukan produk seperti apa yang ingin kamu jual.

Apakah olahan daging seperti nugget, sosis, atau bakso? Ataukah makanan siap goreng atau siap kukus seperti french fries, pempek, dan dimsum?

Masih banyak produk makanan beku lainnya yang dapat kamu jual. Bahkan, kamu dapat berkreasi dalam membuat sebuah olahan makanan yang masih jarang atau bahkan belum ada di pasaran.

Pastikan saja bahwa produk frozen food yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan produksimu. Jangan sampai di luar kemampuan dan menggagalkan rencana bisnismu.

Selain itu, pastikan pula produk yang kamu jual rasanya nikmat dan fresh!

 

#2 Hitung Modal Awal

Jika kamu sudah menentukan produk bisnis frozen food yang akan kamu jual, selanjutnya cobalah hitung anggaran modal awal yang akan digunakan.

Perhitungan modal awal menjadi sangat penting untuk memulai bisnis karena dengan modal awal kamu dapat menentukan harga jual dan jumlah keuntungan yang akan didapatkan.

Hitung kebutuhan apa saja yang harus disertakan dalam perhitungan modal awal secara rinci, termasuk biaya alat, biaya belanja bahan makanan, hingga biaya kerjasama dengan vendor dan sebagainya.

Catatlah secara terperinci dalam buku usahamu. Jangan lupa, pisahkan uang pribadimu dengan uang bisnis ya. E-book dari Finansialku satu ini wajib kamu miliki saat mulai buka bisnis!

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#3 Siapkan Peralatan Usaha

Saat menghitung modal awal, kamu juga harus mengategorikan kebutuhan-kebutuhan usaha mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan yang sifatnya tidak mendesak.

Jika sudah, kini kamu dapat melihat urutan prioritas usaha untuk mendistribusikan anggaran.

Fokuskan anggaran modal untuk belanja alat-alat utama yang telah kamu list sebelumnya. Misalnya, seperti mesin pendingin untuk menyimpan stok makanan beku karena usahamu adalah frozen food.

Untuk alat-alat usaha yang vital seperti mesin pendingin, kamu dapat berinvestasi lebih besar. Mengapa?

Karena lebih baik kamu membeli mesin pendingin yang lebih mahal dengan kualitas yang terbaik daripada membeli mesin yang murah tetapi ketika rusak, kamu harus memikirkan kembali biaya service-nya.

Tak hanya mengeluarkan uang ekstra untuk perbaikan atau bahkan membeli mesin baru, hal ini juga sangat merugikan karena mengganggu operasional bisnis yang sedang berjalan.

 

#4 Perhatikan Metode Pengemasan

Setelah membahas mengenai modal dan peralatan, hal penting lainnya yang harus kamu pikirkan adalah mengenai metode pengemasan.

Salah satu kunci kesuksesan dari bisnis frozen food adalah pengemasan karena produknya yang dijual dalam keadaan beku.

Jika pengemasannya tidak baik maka kualitas frozen food pun menjadi tidak baik.

Cara Mulai Bisnis Frozen Food yang Menjanjikan di Era New Normal 03

[Baca Juga : Mau Buka Bisnis Catering Setelah Pandemi? Ikuti Langkah Ini!]

 

Gunakan plastik khusus yang dibuat untuk makanan beku. Biasanya, plastik pembungkus frozen food tidak memiliki pori sehingga makanan yang dibungkus dapat bertahan lama.

Jangan lupa bahwa produk frozen food juga perlu divakum saat pengemasan. Gunanya, agar udara di dalam ruang makanan dapat tereliminasi dengan sempurna.

Setelah itu, berikan label pada kemasan dan keterangan kedaluwarsa produk. Simpan frozen food pada mesin pendingin yang tidak lebih dari 18 derajat celcius.

 

#5 Manfaatkan Teknologi Digital

Kini, banyak aplikasi yang dapat memudahkan kamu dalam berbisnis. Pilihlah aplikasi yang memiliki fitur untuk pemesanan online. Jadi, kamu dapat memperluas jangkauan konsumen yang hendak memesan frozen food.

Selain menguntungkan, teknologi digital juga akan memudahkanmu dan pelanggan karena sifatnya yang praktis. Pelanggan juga dapat melakukan pembayaran secara non-tunai sehingga transaksi jadi lebih mudah.

Aplikasi-aplikasi seperti ini akan sangat membantu para pengusaha di era new normal! Jadi, manfaatkan ya.

 

#6 Masuk Pasar Online

Selain menggunakan aplikasi transaksi digital, pastikan kamu juga menggunakan media online untuk melakukan ekspansi bisnis. Kamu dapat menggunakan beragam media sosial untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

Dengan promosi secara online, produkmu akan lebih banyak dikenal!

Gunakan strategi pemasaran yang tepat untuk berjualan di media sosial. Mulai dari membagikan informasi mengenai produk yang kamu jual, memberi tahu manfaat dari produk tersebut, mengumumkan promo atau diskon khusus, hingga menayangkan review dari teman-teman yang puas akan produk yang kamu jual.

Dengan demikian, pelanggan akan dengan mudah menjangkau usahamu dan bisa jadi ikut mempromosikan!

 

#7 Miliki Izin Edar Resmi

Karena bisnis frozen food berarti menjual produk makanan beku yang tahan lama, maka kamu harus menjamin bahwa produk yang kamu jual aman.

Miliki izin edar resmi untuk produk makanan bekumu sebelum dijual di pasaran.

Dengan demikian, konsumen akan semakin percaya karena produk yang kamu jual sudah teruji kualitasnya dan aman untuk dikonsumsi.

 

Saatnya Memulai Usaha!

Dengan melihat kondisi yang terjadi saat ini, bisnis frozen food dapat sangat menjanjikan, lho. Tak perlu memiliki usaha yang besar, bisnis yang satu ini dapat dilakukan oleh pengusaha skala rumahan sekalipun!

Jadi, apakah kamu ingin mencobanya? Tak perlu ragu lagi, ikuti saja langkah-langkah di atas sebagai panduan, ya. Yuk, mulai usaha! Kalau gak mulai sekarang, kapan lagi?

 

Apakah kamu sedang menjalankan bisnis frozen food? Atau mulai tertarik dengan ide bisnis yang satu ini? Tulis tanggapanmu di kolom komentar dan mulai berbagi dengan pembaca yang lain. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang ingin memulai usaha, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Go Biz. 5 Juni 2020. 7 Tips Bisnis Frozen Food Online & Rincian Modalnya. GoBiz.com – https://bit.ly/3fl3IQp

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Frozen Food 1 – https://bit.ly/30k2oab
  • Bisnis Frozen Food 2 – https://bit.ly/2OMz0nH
  • Bisnis Frozen Food 3 – https://bit.ly/3j84Edb