Apakah bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 akan dilanjutkan tahun ini? Yuk, simak jawabannya dalam artikel kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

BLT BPJS Ketenagakerjaan, Apakah Sampai Tahun Ini?

BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 memang masih direncanakan untuk dilanjutkan di tahun ini, mengingat pencairannya belum 100 persen dan penerima juga belum semua terdaftar.

Namun, penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) terhadap BPJS Ketenagakerjaan ini memang sudah mencapai hampir 28 triliun juta rupiah.

Selain itu, ada yang perlu kita ketahui sebagai warga Negara Indonesia terkait dana bantuan yang juga akan disebarkan pada seluruh masyarakat Indonesia yang terkena dampak Covid-19.

 

Fakta Mengenai Kelanjutan BLT BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda ingin mengetahui kabar terbaru mengenai BLT BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia, mungkin Anda akan merasa senang dengan berita tersebut. Karena, akan ada kabar baik mengenai kelanjutan BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 ini.

Namun, ada beberapa fakta mengenai hal tersebut yang juga harus Anda ketahui sebelum Anda merasa gembira terhadap berita-berita tadi. Fakta-fakta tersebut antara lain, adalah sebagai berikut.

 

#1 Pencairan BLT Belum 100 Persen

Berdasarkan informasi dari Menteri Tenaga Kerja, diketahui bahwa BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 ini memang belum maksimal pada program sebelumnya.

Pencairan atau penyaluran BLT tersebut belum mencapai 100 persen, karena ada beberapa alasan yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Seperti misalnya, rekening penerima yang sedang bermasalah sehingga tidak bisa menerima kiriman melalui rekening dan terjadi retur akibat tidak terkirimnya uang tersebut.

Apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan Dilanjutkan Hingga 2021 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Dana BPJS Ketenagakerjaan Bisa Digunakan untuk Berobat?]

 

#2 Penerima Lanjutan BLT Memiliki Kriteria Khusus

Seorang yang akan mendaftar sebagai penerima BLT, pastinya memiliki kriteria tertentu atau khusus. Serta ada syarat-syarat yang juga harus dipenuhi. Cari tahu apa saja syarat dan kriteria tersebut di pembahasan berikutnya.

 

#3 Pengecekan Nama Penerima Ada di Website

Setelah Anda mendaftar menjadi penerima, maka Anda bisa mengecek kepastian nama Anda masuk atau tidaknya pada website yang sudah ditentukan. Yaitu, website bsu.kemenaker.go.id dan kemenaker.go.id

Apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan Dilanjutkan Hingga 2021 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Beli Rumah Pakai BPJS, KPR BPJS Ketenagakerjaan]

 

#4 Data Penerima BLT 2020 Lebih Kecil dari Target

Jika dilihat dari data sebelumnya pada tahun 2020, terdata penerima yang sudah mendapatkan dana BLT itu ternyata lebih kecil dari target awal yang direncanakan oleh pemerintah.

Dengan begitu, dana yang berlebih dikembalikan lagi pada Bendahara Negara yang pada akhirnya diserahkan pada gaji-gaji guru honorer sebagai bantuan.

 

#5 Bisa Melakukan Pengecekan Melalui SMS dan WhatsApp

Selain beberapa fakta di atas, maka Anda yang ingin melanjutkan mendaftar menjadi penerima bisa melakukan komunikasi atau pengecekan melalui SMS ataupun aplikasi WhatsApp melalui nomor yang sudah ditentukan.

Selain mencoba mencari informasi, juga bisa melakukan pendaftaran melalui nomor tersebut.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

Kriteria Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2021

Setelah mengetahui bahwa BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 akan dilanjutkan, maka Anda sebagai calon penerima harus mengetahui apa saja kriteria bagi seorang penerima bantuan pemerintah tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail apa saja kriterianya dan seperti apa syarat menjadi seorang penerima, maka Anda bisa mengecek pada pembahasan berikut ini.

 

#1 Warga Negara Indonesia (WNI)

Karena BLT ini memang program yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, maka pastinya orang-orang yang berhak menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 ini adalah warga Negara Indonesia.

Selain itu, lebih diutamakan para WNI ini memang terkena dampak dari Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Dampak tersebut berkaitan dengan berkurangnya pemasukan, bahkan yang lebih parah adalah kehilangan mata pencaharian. Kriteria pertama ini termasuk syarat mutlak dan memang harus dipenuhi.

 

#2 Pekerja yang Memiliki Upah

Syarat atau kriteria selanjutnya adalah Anda juga merupakan seorang WNI yang bekerja atau disebut sebagai pekerja atau buruh penerima upah. Hal ini juga sudah merupakan ketentuan utama, dengan terbentuknya program ini. 

 

#3 Terdaftar Aktif dalam BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah, Anda harus aktif terdaftar terlebih dulu dalam program BPJS Ketenagakerjaan sebagai anggota.

Dengan begitu, Anda bisa mengajukan permohonan menjadi anggota atau penerima dari BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 tadi. Jika Anda memang sudah terdaftar sebagai peserta, maka pastinya Anda memiliki kartu peserta.

 

#4 Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Sudah Sejak Bulan Juni 2020

Jika Anda memang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia, hal yang perlu Anda ketahui adalah kepesertaan Anda minimal sudah terdaftar sejak bulan Juni 2020 lalu.

Sehingga, untuk mengurus atau mendaftar sebagai penerima bantuan maka Anda sudah bisa dikatakan sebagai peserta BPJS yang cukup waktu. Anda bisa membuktikan hal tersebut, dengan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tadi.

Apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan Dilanjutkan Hingga 2021 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Beli Rumah Pakai BPJS, KPR BPJS Ketenagakerjaan]

 

#5 Aktif dalam Jamsos Ketenagakerjaan

Selain terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga harus aktif dalam Jamsos Ketenagakerjaan.

Karena hal ini juga sangat penting, terutama sebagai peserta yang aktif dalam Jamsos Ketenagakerjaan harus membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Itu merupakan keharusan bagi peserta aktif yang sudah terdaftar.

 

#6 Memiliki Rekening Bank yang Masih Aktif

Hal terakhir yang menjadi persyaratan penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 ini, yaitu memiliki rekening bank. Baik bank swasta ataupun bank negeri.

Yang terpenting, rekening tersebut haruslah yang aktif dan masih dipakai oleh pemilik rekening. Tujuannya agar bantuan tersebut bisa langsung dikirim atau ditransfer.

 

Mudah Aksesnya, Signifikan Bantuannya

Dengan beberapa keterangan mengenai persyaratan menjadi penerima BLT, maka Anda sudah seharusnya memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut.

Untuk itu, segeralah Anda penuhi apa yang belum terdapat pada persyaratan tersebut agar Anda bisa menjadi penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021.

 

Apakah informasi di atas sangat bermanfaat? Ayo, bagikan pada orang terdekat agar bisa memproses untuk bantuan tersebut sesuai kebutuhan, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Dipna Videlia Putsanra. 17 Desember 2020. Apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan Diperpanjang Sampai 2021? tirto.id – http://bit.ly/3sCEX9o
  • Firda Rachmawati. 26 Desember 2020. Kabar Gembira! BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Dilanjut 2021, Ini Bocoran Kriteria Penerimanya. fixindonesia.pikiran-rakyat.com – http://bit.ly/2LzorWU
  • Michelle Natalia. 16 Desember 2020. BLT Subsidi Gaji Rp2,4 Juta Lanjut di 2021, Menaker: Siap! economy.okezone.com – http://bit.ly/3imsX75
  • Kurniasih Miftakhul Jannah. 12 September 2020. Fakta BLT Pekerja Cair Lagi dan Diperpanjang hingga 2021. economy.okezone.com – http://bit.ly/39Djrsn

 

Sumber Gambar:

  • BLT 1 – http://bit.ly/2LtnMq6
  • BLT 2 – http://bit.ly/3bHaYqP
  • BLT 3 – http://bit.ly/2XEwZy6