Salah satu olahraga yang sedang booming adalah Calisthenics. Apakah kamu sudah mengetahui manfaat dan tipsnya?

Yuk baca artikel Finansialku ini sampai akhir untuk dapat info selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Olahraga Calisthenics (Kalistenik)

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sebaiknya dilakukan rutin. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dan salah satunya adalah dengan calisthenics.

Namun, belum banyak orang yang tahu seperti apa olahraga Calisthenics itu. Untuk tahu lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Calisthenics merupakan suatu gerakan motorik atau olahraga yang menggunakan berat badan untuk membangun otot tubuh. Gerakan olahraga ini terbilang sederhana.

Beberapa gerakannya adalah mendorong, menerjang, menarik dan mengangkat tanpa alat tambahan. Jadi, semakin sering otot bekerja maka akan semakin banyak masa ototnya.

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

Manfaat Olahraga Calisthenics

Olahraga yang satu ini, dikatakan sebagai olahraga dengan “membawa diri” memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Selain itu, dengan gerakan yang mudah untuk dilakukan, Calisthenics bahkan dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

calisthenics 1

[Baca Juga: Mau Terhindar Penyakit Kritis? Lakukan 5 Gaya Hidup Sehat Ini!]

 

Berikut ini merupakan manfaatnya:

  1. Membantu untuk membentuk otot dan menurunkan berat badan.
  2. Menjaga kesehatan, kekuatan, kepadatan tulang dan tubuh.
  3. Membantu menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan paru.

 

Tips Olahraga Calisthenics

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh, maka tidak ada salahnya mencoba beberapa gerakan calisthenics. Jangan khawatir, ikuti tips berikut ini dan kamu pasti bisa mencobanya di rumah.

 

#1 Push Up

Gerakan push up ini akan membantu kamu untuk membentuk otot dada, lengan dan punggung. Sebelum melakukan gerakannya, harus memperhatikan posisinya lebih dahulu.

Posisikan telapak tangan di lantai atau matras selebar bahu. Lalu lakukan gerakan naik turun.

Saat naik, posisikan tubuh, punggung, kepala dan kaki tetap lurus. Lalu saat turun pastikan badan tidak menyentuh lantai. Setidaknya jarak badan dan lantai adalah 5 cm.

Ulangi gerakan ini 10 kali.

 

#2 Pull Up

Untuk melakukan pull up maka kamu harus menggunakan pull up bar atau palang besi yang kuat. Pull up bar ini bahkan bisa kamu temui di taman bermain.

Gerakan dari pull up akan lebih sulit karena sama saja kamu menari ke atas beban tubuh kamu hingga sejajar dengan pull bar.

calisthenics 2

[Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Lambung, Berikut Dengan Cara Mengatasinya]

 

Posisikan tangan di pull bar dan menggantungkan diri secara perlahan. Lalu angkat kaki ke depan atau kebelakang agar tidak mengenai tanah. Tarik tubuh ke atas dan kebawah. Ulangi 8 kali.

 

#3 Lunges

Posisikan tubuh kamu berdiri tegak lebih dahulu. Lalu ambil langkah besar ke depan dengan 1 kaki.

Tekuk lutut yang berada di bagian depan untuk menopang berat dan kaki belakang yang juga menekuk untuk menjaga keseimbangan. Tahan beberapa detik lalu berdiri dan lakukan cara yang sama dengan kaki satunya. Lakukan 15 kali.

 

#4 Squat

Posisikan tubuh kamu berdiri dahulu dan buka kaki selebar bahu. Posisikan tangan di bagian belakang kepala. Secara perlahan, turunkan tubuh hingga kamu setengah berjongkok.

Kemudian secara bersamaan dorong punggung ke belakang. Tahan untuk beberapa saat dan berdiri lalu ulangi hingga 10 kali.

 

#5 Crunch

Gerakan ini dimulai dengan berbaring telentang. Kemudian kedua kaki ditekuk dan pastikan telapak kaki menapak di lantai/matras. Posisikan jemari di sekitar pelipis/disilangkan di depan dada. Kemudian angkat bahu serta punggung secara perlahan. Setelah itu turunkan kembali.

Ulangi 10 kali.

Gerakan Calisthenics tersebut bisa kamu lakukan setiap harinya, namun ada pula alternatif untuk program kalistenik dasar yang bisa kamu coba yaitu:

  • Static chin up 8 repetisi lalu tidak istirahat.
  • Elevate push up 10x lalu tidak istirahat.
  • Leg raises 10 x lalu tidak istirahat.
  • Inverted rows 45: 15x lalu tidak istirahat.
  • Bench dips
  • Squat
  • Istirahat selama 90 detik.

 

Cobalah Calisthenics di Rumah dan Dapatkan Tubuh yang Bugar

Ternyata, bukan hanya manfaat yang banyak, tetapi olahraga calisthenics kemudahan gerakan dan kontinuitas memang sangat membentuk kebiasaan sehat.

Itulah gerakan Calisthenics dan alternatif program dasar yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

 

So, apakah di momen yang cukup luang ini kamu akan mencoba gerakan olahraga tersebut? Yuk share artikel ini dan pastikan kamu dan teman-teman bisa lebih sehat dengan cara di atas, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Aprinda Puji. 16 Februari 2018. Panduan Kalistenik untuk Pemula, Membentuk Otot Tanpa Harus Nge-Gym. -Hellosehat.com https://bit.ly/2RdrmUW

 

Sumber Gambar:

  • Calisthenics 1 – https://bit.ly/3aKYsmA
  • Calisthenics 2 – https://bit.ly/2V1Pj2l
  • Calisthenics 3 – https://bit.ly/2xJwRDZ