Para Orangtua, Sudah Tahu 5+ Cara Berhemat Kuota Internet?

Bagaimana cara berhemat kuota internet yang tepat? Sebagai orangtua, Anda tentu perlu banyak berhemat kuota internet bukan?

Inilah artikel Finansialku yang akan mengupas tuntas tentang cara berhemat kuota internet bagi para orangtua milenial.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kuota Internet: Kebutuhan Sekunder Era Digital

Kuota internet sendiri telah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Seiring semakin lama jam berinternet maka biaya membeli kuota internet juga akan kian membengkak. Konten yang berbentuk gambar bergerak atau video, grafis foto resolusi tinggi.

 

5+ Cara Berhemat Kuota Internet

Seluruh kemudahan yang terdapat pada smartphone akan membuat konsumsi kuota internet semakin boros. Sehingga tidak mengherankan apabila konsumsi data internet semakin cepat habis.

Para Orangtua, Sudah Tahu 5+ Cara Berhemat Kuota Internet 02 Hemat Kuota Internet 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Liburan Hemat dengan Memanfaatkan Situs Online]

 

Disisi lain harga dari kuota internet sendiri semakin hari semakin mahal. Sebagai contoh untuk internet 1 gigabit seharga 50 ribu rupiah. Berikut akan dibahas tips-tips mengenai cara menghemat kuota internet.

 

Cara 1: Pakailah Browser yang Ramah dan Hemat

Browser atau alat peramban juga dapat memboroskan kuota internet. Terutama browser bawaan dari smartphone. Misalnya adalah safari yang terdapat di iPhone atau Google chrome di dalam smartphone android.

Supaya kuota internet lebih hemat maka silahkan mencoba untuk menggunakan browser yang lebih efektif dan efisien seperti opera mini.

Karena browser yang efisien dan efektif akan mampu mengkompres website yang dikunjungi sehingga konsumsi data menjadi lebih hemat.

 

Cara 2: Kurangi Aplikasi-aplikasi yang Menyala

Jika Anda menggunakan suatu aplikasi lalu berpindah ke aplikasi lainnya, Ada baiknya Anda ‘kill’ atau matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan saat itu.

Jika Anda membuka banyak aplikasi dan membiarkan semua aplikasi tersebut standby atau tetap menyala akan membuat kuota internet Anda terkikis dan juga membuat baterai smartphone Anda boros.

 

Cara 3: Membatasi Pemakaian Data Setiap Aplikasi

Para pengembang platform atau aplikasi telah menyediakan opsi menghemat konsumsi data. Pada Android misalnya Anda dapat memanfaatkan fitur data usage warning dan limit system.

Para Orangtua, Sudah Tahu 5+ Cara Berhemat Kuota Internet 03 Hemat Kuota Internet 3 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Jualan Online untuk Pemula]

 

Dengan mengaktifkan hal ini maka Anda akan mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet melampaui batas ambang pemakaian.

Untuk beberapa aplikasi seperti Whatsapp dapat mengaktifkan pengaturan data dengan membuka setting kemudian data dan storage usage non-aktifkan auto download.

Pengaturan panggilan di Whatsapp juga dapat diatur menggunakan low data usage agar kuota internet tidak boros. Namun efeknya kualitas panggilan melalui aplikasi menjadi kurang baik.

 

Cara 4: Matikan Auto Sinkronisasi

Banyak aplikasi yang menerapkan sinkronisasi otomatis sehingga kegiatannya akan menyedot kuota internet secara otomatis sehingga kuota akan habis dengan sendirinya tanpa Anda ketahui dan sadari.

Sebagai langkah menghematnya maka anda dapat mematikan fitur auto sinkronisasi ini dan memilih mode manual dengan masuk ke setting lalu account dan pilih akun yang tidak ingin disinkronisasi.

 

Cara 5: Pergunakan Fitur Airplane Mode

Apabila Anda berada di tengah kondisi yang tidak memungkinkan Anda untuk memegang handphone. mengapa Anda tidak menyalakan airplane mode supaya data internet tidak terus menerus disedot dan habis dengan sendirinya tanpa diketahui.

 

Cara 6: Matikan Smartphone Saat Waktu Tidur

Rata-rata orang selalu menghabiskan waktu sekitar 7 jam untuk istirahat malam. Bayangkan saja apabila Anda selalu menggunakan ponsel menyala saat tertidur.

Maka yang terjadi adalah data internet akan terus tersedot padahal Anda tidak sendang menggunakan atau berselancar memakai smartphone.

 

Cara 7: Hapuslah Aplikasi yang Boros Kuota

Ceklah aplikasi mana saja yang akan menyedot konsumsi data.

Caranya adalah dengan membuka menu setting lalu bukalah data usage, geser kebawah dan disitu Anda dapat melihat aplikasi ana yang boros menyedot kuota internet. Kemudian hapus atau uninstall aplikasi yang terlalu boros memakan data kuota internet.

 

Cara 8: Aturlah Penggunaan Data di Background App Refresh

Sebuah fitur background app refresh secara diam-diam akan selalu memakan kuota internet tanpa Anda sadari.

Apabila Anda memakai platform Android maka dapat dilakukan masuk ke menu setting kemudian data usage dan sentuhlah sebuah tiga garis vertikal di kanan atas, kemudian pilihlah restrict background data. Kemudian, klik ok.

Para Orangtua, Sudah Tahu 5+ Cara Berhemat Kuota Internet 04 Hemat Kuota Internet 4 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Cara yang Terbukti Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Kamu]

 

Apabila Anda menggunakan platform iPhone maka yang harus dilakukan membuka satu persatu aplikasi di menu setting dan nonaktifkan fitur background app refresh. Cara seperti ini dapat membantu menghemat kuota internet.

Namun perlu diketahui Anda tidak akan mendapat notifikasi dengan cepat karena banyak fitur yang sedang dimatikan saat tersebut.

 

Cara 9: Update Aplikasi Hanya Saat Menggunakan Wifi

Cara ampuh lain untuk menghemat kuota internet adalah memperbarui atau update aplikasi hanya saat Anda terhubung dengan jaringan internet. Jangan pernah untuk menyalakan fitur update otomatis memakai data selular Anda.

Apabila smartphone Anda menyimpan aplikasi hingga puluhan yang meminta update berkala maka dapat dipastikan kuota internet Anda akan habis untuk update aplikasi.

Untuk platform Android cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan cara ke menu setting kemudian auto update apps pilihkan apps over wifi only dan saat itu juga handphone Anda telah melakukan penghematan kuota internet.

 

Cara 10: Pakailah Aplikasi Kompresi Data

Anda dapat memakai aplikasi yang dapat melakukan kompresi data agar dapat menghemat kuota internet. Misalnya adalah Onavo extend.  

 

Menghemat Kuota dengan Aplikasi Mailbox Untuk Email 

Memiliki aplikasi email di smartphone memang efektif dan praktis. Namun keluar masuknya email nyata akan menyedot kuota internet. Lebih baik Anda memanfaatkan aplikasi mailbox agar dapat menghemat kuota internet.

Mailbox sendiri dapat ditemui pada platform android ataupun iPhone. Aplikasi mailbox ini akan memungkinkan Anda menyimpan data yang tidak diperlukan saat memakai email. Maka dengan sendirinya kuota internet akan lebih hemat.

Bagaimana dengan kondisi keuangan Anda saat ini? Apakah Anda dapat mencapai tujuan keuangan Anda dengan tepat sasaran? Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Selain itu, Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda dengan baik. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara manakah yang paling cocok untuk Anda lakukan sekarang juga? Jangan lupa untuk menerapkan tips di atas dan bagikan informasi penting tersebut pada teman sesama pebisnis orangtua, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Hemat Kuota Internet 1 – https://goo.gl/ELd7qq
  • Hemat Kuota Internet 2 – https://goo.gl/DFNUWk
  • Hemat Kuota Internet 3 – https://goo.gl/ZH2nQV
  • Hemat Kuota Internet 4 – https://goo.gl/jEX49N

 

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment