Kamu seorang entrepreneur yang ingin merambah dunia bisnis properti? Simak artikel satu ini untuk ketahui caranya!

Properti merupakan salah satu cabang bisnis yang menguntungkan. Jika kamu tertarik untuk merambah bisnis properti, ada baiknya untuk menyimak cara untuk memulainya.

Dalam artikel ini, Finansialku akan membahasnya untuk kamu, jadi simak terus artikelnya ya…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Properti, Sektor Bisnis Berprospek Tinggi Dan Menguntungkan…

Sandang, pangan, dan papan, itulah tiga kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi. Pada dasarnya papan bisa diartikan sebagai rumah atau hunian tempat tinggal.

Artinya sampai kapan pun manusia akan memerlukan rumah untuk memenuhi kebutuhannya. Jika dilihat dari kacamata ekonomi dan bisnis, di mana ada kebutuhan, maka disitu ada peluang!

Tak dipungkiri lagi bahwasannya bisnis properti rumah merupakan sektor yang sangat menguntungkan.

Lakukan 4 Tips Berikut Jika Mau Aman Renovasi Rumah Subsidi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jual Rumah Cepat dan Harga Tinggi? Pahami Dulu Tips Ini!]

 

Maka tak heran, banyak pengusaha sukses dari berbagai sektor juga mencoba peruntungannya di bisnis properti.

Tidak hanya menguntungkan, bisnis properti juga diikuti dengan risiko yang relatif rendah.

Hal ini lebih disebabkan karena nilainya yang terus naik dari waktu ke waktu. Sehingga apabila suatu project mangkrak, maka dapat dikembangkan di kemudian hari. Dengan syarat tanahnya tidak bermasalah.

Dari sini tentu kita tahu betapa cerahnya prospek yang ditawarkan oleh sektor bisnis yang satu ini. Tentunya properti merupakan sektor bisnis yang cocok untuk kamu eksplor lebih dalam lagi.

 

Cara Jitu Berbisnis Properti Rumah Bagi Pemula

Bisnis properti bukanlah bisnis bagi beberapa golongan orang saja kok. Karena belum berpengalaman bahkan memiliki modal terbatas bukanlah sebuah halangan untuk memulainya.

Untuk bisa berhasil memaksimalkan keuntungan dalam berbisnis properti rumah, dibutuhkan cara jitu dalam melakukannya.

Nah kali ini Finansialku akan membahas beberapa cara sukses berbisnis properti. Tanpa berlama-lama langsung saja kita bahas cara-cara tersebut.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

#1 Lakukan Riset

Pertama kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya langkah atau strategi yang akan diambil tidaklah salah dan justru merugikan.

Tidak hanya itu kamu tidak boleh mengambil langkah dengan cara terburu-buru. Minimal kamu sudah menguasai beberapa faktor seperti; lokasi, sarana prasarana, kebutuhan pasar, hingga faktor eksternal.

 

#2 Peluang Potensial

Apabila kamu telah menemukan sebuah peluang yang potensial dan telah memenuhi segala faktor yang telah dipertimbangkan, maka jangan ragu untuk langsung mengambilnya.

 

#3 Tanamkan Sifat Kejujuran Dalam Diri

Dalam menjalankan sebuah bisnis apapun, tentunya sifat jujur harus senantiasa tertanam dalam diri.

Termasuk dalam bisnis properti rumah yang sangat berhubungan dengan banyak orang yang berpotensi menjadi konsumenmu. Bangun kepercayaan dan kesan yang baik

 

#4 Bangun Relasi Yang Luas

Satu hal yang tidak kalah penting adalah kamu harus membangun relasi seluas-luasnya.

Jika kamu seorang Entrepreneur, maka tidak akan kesulitan untuk persoalan satu ini. Terus bangun jejaring relasi seluas-luasnya supaya potensi dalam mendapatkan keuntungan semakin besar.

Salah satu caranya, kamu bisa ikutan komunitas Muda, Keren, Punya Properti yang membahas segala sesuatu mengenai properti, dari membeli properti pertama hingga berinvestasi.

Di dalamnya ada banyak pakar dan praktisi properti, dari yang pemula hingga yang berpengalaman, baik pemilik, pembeli, investor, bahkan agen properti.

Kamu bisa mengikuti komunitas ini untuk memperluas relasi kamu sekaligus memperbanyak ilmu mengenai dunia properti.

Pastinya menarik banget untuk bergabung. Mau ikutan? Klik tombol di bawah ini.

komunitas properti

Mau Ikut Komunitas Muda, Keren, Punya Properti Finansialku

 

#5 Menjadi Seorang Broker

Kamu bisa memulai bisnis properti rumah dengan menjadi seorang broker. Menjadi broker bisa dijalankan secara paruh waktu, walaupun ya hasilnya tidak akan maksimal.

Akan tetapi sebagai langkah untuk memulai, Why not! Tidak ada salahnya untuk mencoba.

Jika sudah mengetahui seluk beluk hingga trik-trik yang bisa dijadikan referensi dalam memperoleh keuntungan, maka kamu telah siap untuk benar-benar terjun dalam bisnis ini.

 

#6 Investor Properti

Terkadang bisnis yang besar dimulai dari hal yang kecil dan tidak terpikirkan, termasuk bisnis properti.

Apabila modal yang kamu miliki sangat terbatas, kamu bisa memanfaatkan aset properti yang kamu miliki untuk dijadikan rumah indekos, home stay, guest house, dan sebagainya.

Jangan lupa, sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual asset, konsultasikan terlebih dahulu dengan pakarnya. Kamu bisa hubungi pakar properti dan juga pakar keuangan.

Biar Tetap Untung, Lakukan Tips Investasi Rumah Untuk Pemula Ini! 01

[Baca juga: Tiru 5+ Tips Bisnis Properti dengan Modal Kecil Ini Biar Sukses!]

 

Jika kamu membutuhkan konsultasi dengan pakar keuangan untuk keputusan besar keuangan kamu, jangan ragu untuk menghubungi perencana keuangan kami melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Jika di luar sana biaya konsultasi memerlukan pengeluaran yang cukup besar, kamu bisa mendapatkan konsultasi keuangan kapan saja selama satu tahun penuh hanya dengan Rp 350 ribu saja.

Dengan harga tersebut, kamu juga sudah bisa menikmati seluruh fitur premium aplikasi Finansialku yang pastinya akan membuat keuanganmu semakin rapi dan terkendali.

Download aplikasinya sekarang di Google Play Store maupun Apple Apps Store berikut.

playstore icon
appstore icon

 

Tambahan bonus buat kamu yang mau upgrade aplikasi Finansialku premium. Dapatkan potongan harga Rp 50 ribu dengan memasukkan kode referral CUAN50.

 

#7 Menjadi Developer

Memulai bisnis properti sebagai developer bukanlah hal yang muluk-muluk. Kamu bisa melakukannya dimulai dari satu dua kavling saja.

Perlahan-lahan, kamu bisa menjual beberapa kavling di dalam satu wilayah tertentu. Akan tetapi untuk menjadi developer kamu harus mempertimbangkan faktor lahan yang akan digunakan.

 

#8 Mulai Dari Orang Sekitar

Cara paling mudah pastinya kamu harus memulai dari orang-orang terdekat. Bisa dimulai dari rekan bisnis, sahabat, tetangga, hingga keluarga yang memang berencana untuk membeli sebuah properti.

Sebisa mungkin kamu harus hadir untuk memenuhi kebutuhan mereka.

 

#9 Kerja Sama Lahan

Kamu juga bisa menawarkan diri untuk kerja sama lahan. Pada dasarnya metode ini mirip dengan pembelian lahan dengan pembayaran secara dicicil.

Hanya saja pemilik lahan berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan penjualan yang telah disepakati.

 

#10 Membuat Situs Jual Properti Pribadi

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan peluang kesuksesan bagi bisnis properti yang akan dijalankan. Kamu bisa membuat situs jual properti pribadi dan juga memanfaatkan media sosial untuk pemasarannya. 

 

Memulai Bisnis Properti

Nah itulah beberapa cara bisnis properti rumah yang perlu kamu ketahui.

Bisnis properti memanglah sulit, tapi tidak sesulit yang dibayangkan kok! Ditambah lagi keterbatasan modal dan pengalaman bukanlah halangan bagimu untuk melakukannya.

Learning by doing, adalah salah satu cara yang tepat dan efektif untuk bisa meraih kesuksesan di bisnis bidang properti, dan yang pasti juga bisnis-bisnis yang lainnya.

Jadi jangan lagi takut dan ragu untuk memulai!

 

Jangan lupa share artikel ini jika ada kerabat atau saudaramu yang juga ingin memulai bisnis properti. Semoga bermanfaat dan sukses untuk petualangan bisnis barunya….

 

Sumber Referensi:

  • Chyntia Novianti. 28 Oktober 2019. 7 Trik Bisnis Properti Tanpa Modal, Mulai Dari Nol Pasti Untung. 99.co – https://tinyurl.com/y8pueegl
  • Admin. 2 Desember 2019. Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal. Rumah.com – https://tinyurl.com/y8jt4gd7
  • Asriman A. Tanjung. 21 Desember 2019. Cara Mudah Memulai Bisnis Developer Properti, Terbukti! Asriman.com – https://tinyurl.com/y8jykapd

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 1 –  https://tinyurl.com/y8jt4gd7
  • Gambar 2 –  https://tinyurl.com/y9xkrzyl