Menjual rumah dengan cepat, bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tapi tak usah bingung, Anda bisa ikuti tips jual rumah yang cepat berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menjual Rumah

Setiap orang yang ingin menjual rumahnya tentu ingin cepat laku sesuai harga yang diinginkan, apalagi bagi Anda yang dalam kondisi membutuhkan uang. Namun, menjual rumah umumnya memerlukan waktu yang panjang, mulai dari persiapan dokumen hingga proses transaksi akhir dengan pembeli.

Jika Anda ingin menjual rumah, dokumen yang perlu Anda siapkan adalah KTP dan KK, Sertifikat Tanah asli yang sudah diperiksa BPN (Badan Pertanahan Nasional), dan PBB tahun berjalan dengan pajak yang sudah dibayarkan. Setelah dokumen tersebut lengkap, Anda juga perlu melakukan riset dan membuat strategi untuk membuat rumah semakin cepat terjual.

 

Tips Jual Rumah Cepat

Untuk Anda yang akan menjual rumah sesegera mungkin, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini:

 

#1 Ubah Tampilan Rumah

Rumah yang tampak kusam, suram, dan tak terawat, justru bisa membuat calon pembeli kabur. Anda bisa perlahan melakukan perbaikan agar enak dilihat oleh calon pembeli.

Perbaikan bisa dimulai dari tampilan depan rumah, dengan membersihkan kotoran dan lumut yang sudah lama menempel di dinding. Kalau perlu, Anda bisa menempatkan pohon atau tanaman-tanaman baru yang cantik sehingga tampak lebih hijau.

Mengecat ulang rumah juga penting agar rumah laku dan harganya mahal. Lakukan pengecatan ulang pada rumah Anda, agar seluruh bagian rumah tampak baru dan lebih indah. Pilih warna yang tepat dan cerah, agar penampilan rumah terlihat lebih fresh dari sebelumnya.

Mau Jual Rumah Cepat dan Harga Tinggi Pahami Dulu Tips Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Potensi Investasi Properti Saat Resesi, Untungkah?]

 

#2 Renovasi Rumah

Sebelum dijual, Anda harus merenovasi beberapa bagian yang rusak. Pertama, cek semua bagian rumah Anda secara detail dan catat bagian mana saja yang membutuhkan perbaikan. Misalnya pintu macet, plafon jebol atau bocor, keran air tidak berfungsi, dan sebagainya.

Lakukan renovasi dengan bantuan satu atau dua tukang bangunan agar keseluruhan bagian rumah benar-benar ditangani dengan baik. Rumah yang siap huni tanpa kerusakan akan lebih cepat laku dan bisa Anda jual dengan harga tinggi.

Pastikan pula Anda memeriksa kebersihan rumah, seperti di area dapur, kamar mandi, taman, halaman belakang, dan yang lainnya. Sapu, pel, dan bersihkan kerak-kerak yang menempel di di dinding dan lantai agar terhindar dari kesan kotor dan tidak terawat.

 

#3 Harga Jual Realistis

Walaupun Anda membutuhkan cara cepat jual rumah untuk dana instan, jangan sampai lalai dan menjual rumah jauh di bawah harga pasar. Jika ada penawaran di bawah patokan harga, ada baiknya Anda mencari pembeli potensial yang baru.

Sedangkan, jika tawaran harga terdengar realistis dan bisa bernegosiasi, maka Anda bisa semakin cepat mendapatkan kandidat yang tepat.

 

#4 Manfaatkan Sales Channel

Manfaatkan semua wadah marketing yang tersedia, mulai dari menyewa jasa agen properti, memasang iklan online di media sosial, mencetak iklan di media massa, hingga aktif di berbagai forum jual beli sewa properti, semua cara cepat jual rumah ini akan meningkatkan kemungkinan terjualnya rumah Anda.

Mau Jual Rumah Cepat dan Harga Tinggi Pahami Dulu Tips Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Properti? Cek Dulu Informasi Apartemen Syariah Ini!]

 

#5 Hindari Jual Rumah Menjelang Hari Raya

Sebelum Hari Raya adalah waktu yang kurang tepat untuk menjual rumah karena orang-orang fokus pada perayaan, bukan untuk membeli rumah. Walaupun selalu ada orang-orang yang mencari rumah pada saat itu, namun jumlahnya tidak banyak.

Mulai masukkan listing rumah yang Anda buat setelah hari raya. Dengan begitu, saat orang-orang mulai mencari, listing bisa dilihat oleh para calon pembeli.

 

#6 Hindari Menjual Rumah Saat Cuaca Buruk

Saat cuaca sedang buruk, calon pembeli akan malas untuk pergi dan mencari lokasi rumah yang mereka inginkan. Oleh karena itu, pasarkan rumah yang akan dijual saat cuaca cerah, bukan saat musim hujan.

 

#7 Booming Property

Booming property merupakan sebuah situasi di mana aktivitas jual beli properti sedang meningkat. Biasanya, momen yang satu ini diikuti oleh perekonomian negara yang sedang bergairah.

Selain itu, hal ini juga bisa dilihat dari banyaknya penanam modal yang masuk serta meningkatnya pendapatan masyarakat. Tentunya, dampak dari hal ini juga meningkatkan permintaan (demand) rumah.

 

#8 Pelajari Tren Pasar Properti

Cara ini penting agar Anda tetap realistis dan tidak terburu-buru. Mengetahui tren pasar properti akan membantu estimasi harga rumah yang paling tepat, sehingga bisa menjadi cara cepat jual rumah yang efektif.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kapan pasar sedang ramai sehingga Anda bisa memasarkan properti saat permintaan sedang naik. Seperti harga lainnya, saat banyak yang ingin membeli rumah, harga rumah di pasaran pun meningkat.

Cari tahu kompetitor di area properti Anda, konsultasikan juga dengan agen properti dan cobalah kreatif dalam cara cepat jual rumah yang rasional dan fleksibel.

Mau Jual Rumah Cepat dan Harga Tinggi Pahami Dulu Tips Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Asuransi Properti All Risk Dengan Benar, Agar Tidak Ketipu!]

 

Rumahku Istanaku

Ungkapan ‘Rumahku Istanaku’ sudah tidak asing lagi. Ini seharusnya menggambarkan bagaimana keadaan rumah yang menjadi tempat paling aman dan nyaman bagi pemiliknya.

Walaupun Anda tidak berniat untuk menjualnya, tidak ada salahnya jika rumah selalu dirawat, dibersihkan dan dirapikan. Hal ini bisa menjadi investasi untuk masa depan Anda bila suatu saat terpaksa menjual rumah.

 

Itu dia beberapa tips menjual rumah dengan cepat dan harga tinggi. Jika Anda masih mengalami kesulitan, hubungi Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang akan menjual rumah atau property lainnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Mukhammad Iqbal. 22 November 2019. Cara Jual Rumah Cepat Laku – Ini 7 Waktu Menjual Paling Tepat. Wajib Coba! 99.co – http://bit.ly/3cr80EL
  • Kania. 29 Maret 2019. Butuh Uang? Ikuti 7 Tips Cara Cepat Jual Rumah Ini. Dekoruma.com – http://bit.ly/2IeNTMf

 

Sumber Gambar:

  • Jual Rumah 1 – http://bit.ly/2IT3VeI
  • Jual Rumah 2 – http://bit.ly/3aZiPfy
  • Jual Rumah 3 – http://bit.ly/2WhyVgI