Bagaimana tips bisnis properti dengan modal kecil? Hal bisa lho dilakukan meskipun dengan modal yang sedikit.

Mari simak ulasannya melalui artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Tips Bisnis Properti dengan Modal Kecil

#1 Mulai Dari Nol

Hal yang harus pertama kamu lakukan adalah hilangkan mindset bahwa berbisnis dengan modal yang minim akan gagal. Sebaliknya, kamu harus memiliki keyakinan bahwa kamu mempunyai keahlian lebih dibanding pelaku bisnis lain yang berangkat dari level menengah.

Dengan memulai usaha dari nol, kamu akan lebih banyak belajar tentang bagaimana cara mengatasi kegagalan. Ketika kamu sukses, hal tersebut dapat menjadi titik balik yang membuat kamu puas karena mampu melewati prosesnya.

Jadi kamu harus bisa mematahkan mindset dan mitos bahwa memulai segala sesuatu dari nol itu sulit.

 

#2 Cari Referensi dan Lihat Iklan Sebanyak-banyaknya

Langkah berikutnya adalah cari referensi dan lihat iklan sebanyak-banyaknya. Kamu bisa mencari iklan-iklan dan referensi tentang properti melalui internet. Bahkan kamu juga bisa menemukannya di media konvensional seperti koran, majalah, blackboard atau spanduk jalan.

Di sini kamu bisa ikut memasarkan tanah yang dijual kepada orang-orang yang membutuhkan.

Untuk memperoleh keuntungan saat terjual, kamu bisa patok harga yang lebih tinggi. Selain mendapatkan keuntungan dari selisih harga, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari komisi penjualan.

 

#3 Lingkungan yang Mendukung

Cara bisnis properti dengan modal kecil adalah kamu harus mengamati lingkungan sekitar kamu.

Ketika ada orang yang ingin membeli rumah atau menjual tanah, sebisa mungkin kamu terlibat dalam pembicaraan terkait hal tersebut.

Jangan ragu untuk menanyakan secara detail tanah atau rumah yang mereka sedang cari, di mana lokasinya, ukuran berapa, dan sebagainya.

Tiru 5+ Tips Bisnis Properti dengan Modal Kecil ini Biar Sukses 100% 01- Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Properti Melemah Di Tengah Pandemi, Gimana Prospeknya?]

 

Pada cara ini tidak ada perjanjian antara kamu dengan pembeli, tapi kamu harus tetap rajin dan fokus agar hasilnya memuaskan.

Saat memulai bisnis, mau tidak mau kamu harus mulai menjalankan usaha seperti ini. Ingat, modal kamu minim dan kamu harus menggunakan keterampilan bicara untuk menarik pembeli.

 

Mau beli properti pertama kamu?

Simak caranya pada video ini!

 

#4 Yakinkan Pembeli dan Carilah Calon Penjual

Di sini, kamu harus mengajak diskusi pembeli dan yakinkanlah ia bahwa kamu sanggup untuk mencarikan rumah atau tanah sesuai dengan yang mereka minta.Setelah itu tugas kamu adalah mencari calon penjualnya.

Untuk mencari rumah atau tanah yang dijual, kamu bisa pakai tips ketiga yang sudah saya jelaskan di atas.

Kamu bisa mencari lewat iklan-iklan, lalu datangi rumah pengiklan tersebut dan gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai tanah atau rumah yang akan dijual tersebut.

Seperti lokasi, kondisi lingkungan, ukurannya berapa, legalitasnya bagaimana, dan informasi-informasi penting lainnya. Tawarkan pada mereka kerjasama yang menguntungkan dan jangan lupa tanyakan komisi yang akan kamu dapatkan jika properti tersebut sudah laku terjual.

Untuk kerjasama ini sebaiknya ditulis di atas kertas dan dibubuhi meterai juga diberi tanda tangan kedua belah pihak.

 

#5 Jujur Pada Calon Pembeli

Ketika sudah mengikat perjanjian dengan penjual, carilah pembeli yang tepat. Di sini dibutuhkan strategi marketing, kamu harus mampu memahami dan meyakinkan calon pembeli. Perlu digaris bawahi, kamu tidak perlu melebih-lebihkan tanah atau rumah yang akan dijual.

Tiru 5+ Tips Bisnis Properti dengan Modal Kecil ini Biar Sukses 100% 02- Finansialku

[Baca Juga: Bingung Ini Dia 5 Bisnis Properti Modal Minim yang Lagi Ngetrend!]

 

Berikanlah informasi sesuai dengan fakta. Jangan melanggar ini karena kamu harus tetap jujur dalam bisnis apapun. Jika kamu tidak jujur, tidak akan ada lagi orang yang akan menggunakan jasa kamu.

Begitu pun masalah harga, jangan menaikkan harga terlalu tinggi. Umumnya, penjual pasti sudah memperhitungkan komisi yang akan kamu dapatkan nantinya jika berhasil menjual tanah atau rumah mereka.

 

#6 Promosi Melalui Website dan Media Sosial

Media online merupakan wadah promosi yang paling efektif untuk zero marketing. Kamu bisa memasarkan tanah atau rumah via website, Facebook, Twitter, Instagram, Youtube bahkan Tiktok.

Postinglah foto se-menarik mungkin di media sosial kamu, sehingga calon pembeli tertarik untuk menanyakan info lebih lanjut. Jangan lupa sertakan kontak kamu di sana ya!

 

#7 Membuat Brand Sendiri

Jika jam terbangmu sudah tinggi, kini saatnya kamu mulai memikirkan brand kamu sendiri. Ini memang bukanlah hal yang wajib, tetapi cukup penting supaya bisnis yang kamu jalankan terlihat lebih professional.

Coba cari brand yang mudah diingat dan yang paling penting belum digunakan orang lain di bisnis yang sama.

Lalu segeralah daftarkan nama usaha kamu agar sah secara hukum sekaligus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

 

Siap untuk Berbisnis Properti?

Demikian 5+ tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis properti dengan modal minim atau bahkan tanpa modal sedikitpun. Perlu Sobat Finansialku ingat, bahwa sukses tidak dapat dicapai dengan cara yang instan.

Dalam bisnis apapun kamu harus tetap jadi orang yang gigih dan pantang menyerah. Semoga bermanfaat!

Kamu bisa konsultasikan masalah keuangan kamu sebelum memulai berbisnis properti menggunakan aplikasi Finansialku. Download di sini ya!

playstore icon
appstore icon

 

Yuk bagikan informasi ini kepada sahabat kamu lainnya!

Apabila butuh bantuan keuangan, jangan sungkan untuk memberitahu tim kami yaa…

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Cara Investasi Tanah Modal Kecil Jika Ingin Sukses dengan Modal Minim. Investasisyariah.info – https://bit.ly/35Wis41

 

Sumber Gambar:

  • Properti 01 – https://bit.ly/2WKIlzO
  • Properti 02 – https://bit.ly/2xXtw4t
  • Properti 03 – https://bit.ly/2WqnMJP