Mau kuliah tapi tak punya dana? Ada lho cara cerdas mencari uang untuk membiayai kuliahmu! Yang pasti, kamu jangan putus asa dulu ya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap bisa kuliah meski tak punya dana.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana

Halo guys…Pastinya dari SMA, kebanyakan dari kita sudah memiliki tujuan untuk mewujudkan cita-cita kita. Misalnya, mau jadi dokter, guru, pengacara dan lain sebagainya.

Untuk mencapai semuanya itu, kita perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, yaitu kuliah, iya kan?

Namun sayangnya, beberapa dari kita mungkin berada di kondisi ekonomi yang kurang baik, kita tidak mempunyai dana yang cukup untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan seperti anak SMA pada umumnya.

Hal ini membuat mereka harus kehilangan impian dan cita-cita mereka.

Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana, Ini Cara Cerdas Mencari Uang 02 Mahasiswa Lulus - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Ya, karena kita tahu bahwa untuk kuliah, mayoritas membutuhkan dana yang cukup besar. Tapi jangan khawatir, karena sekarang ada banyak cara yang bisa kita lakukan supaya kita tetap bisa kuliah walaupun tidak memiliki dana yang cukup.

 

6 Cara Cerdas Mencari Uang Untuk Kuliah

Dalam rubrik artikel ini, Finansialku mau membagikan beberapa hal yang bisa kamu lakukan, guys.

Ada 6 cara cerdas mencari uang untuk kuliah yang patut untuk kamu coba.

 

#1 Kamu Siswa Berprestasi? Ada Banyak Beasiswa Menantimu

Sekarang ini, sudah banyak kampus-kampus yang memberikan beasiswa untuk calon mahasiswanya, baik itu beasiswa partial (separuh) maupun beasiswa yang full (penuh).

Dengan mendapatkan beasiswa partial, setidaknya kamu bisa mengurangi biaya kuliah yang cukup besar itu, sehingga biaya kuliah kamu akan terasa lebih ringan.

Apalagi, kalau kamu bisa mendapatkan beasiswa yang full, yang berarti kamu nggak perlu bayar uang kuliah kamu sama sekali sampai lulus lho, enak banget kan?

Selain itu, ada juga yang namanya Bidikmisi. Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari pemerintah, dimana bantuan ini dikhususkan untuk orang yang kurang mampu secara finansial.

Jadi, bidikmisi ini, selain kuliah kamu gratis, kamu juga bisa mendapatkan uang saku setiap bulannya lho.

Buat kalian yang sudah masuk kuliah tapi tidak dengan beasiswa jangan putus asa dulu ya, karena jika kamu adalah murid yang berprestasi, kampus tidak segan-segan memberi kamu beasiswa juga kok. Jadi, tetap semangat ya guys!

 

#2 Bekerja Part-time (Paruh Waktu)

Sudah kuliah tetapi masih memiliki banyak waktu luang? Kamu bisa gunakan waktu luang di kuliah tersebut untuk bekerja part-time, yang hasilnya lumayan untuk membantu membayar uang kuliah kamu.

Di beberapa kampus, mereka juga membuka lowongan pekerjaan part-time untuk mahasiswanya yang mau bekerja di kampus tersebut. Biasanya pekerjaan ini diprioritaskan untuk para mahasiswa yang kurang mampu secara keuangan.

Untuk pekerjaan part-time di kampus, kalau kamu suka yang berbau akademik atau punya prestasi di bidang akademik, kamu bisa coba jadi asisten dosen.

Apa Saja Manfaat Magang untuk Mahasiswa Apakah Magang dapat Memperbesar Peluang Diterima Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mumpung Masih Mahasiswa, Yuk Mulai Menabung Untuk Masa Depan]

 

Selain itu, kalau kamu ingin bekerja paruh waktu di luar kampus, kamu juga bisa jadi guru les untuk anak TK, SD, SMP atau bahkan SMA.

Biasanya, jam les anak TK, SD, SMP atau SMA, bisa kamu sesuaikan dengan jam kuliah kamu sehingga tidak akan mengganggu jadwal kuliah kamu. Asik kan?

Masih ada banyak lagi pekerjaan part-time yang bisa kamu jumpai, seperti menjadi kasir, pelayan di kafe-kafe dan lain sebagainya.

 

#3 Menjadi Freelancer (Pekerja Lepas)

Kalau waktu kuliah kamu cukup sibuk tetapi kamu masih membutuhkan uang untuk biaya kuliah kamu, mungkin menjadi freelancer adalah pekerjaan yang paling tepat buat kamu.

Kamu bisa kerja sebagai freelancer, supaya kamu tetap bisa memiliki pendapatan di tengah kesibukan kuliah kamu dan pastinya dengan waktu yang lebih fleksibel. Apalagi menjadi freelancer ini bisa disesuaikan dengan hobi kamu lho.

Misalnya, jika kamu hobi menulis, kamu bisa menjadi penulis blog, artikel, dan lain sebagainya. Atau misalnya, jika kamu suka di bidang fotografi, kamu bisa jadi fotografer.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Selain itu, jika kamu memiliki kendaraan pribadi seperti motor, di zaman yang sudah serba teknologi ini, kamu bisa memaksimalkan penggunaan motor kamu untuk jadi driver taxi online.

Hal ini bisa kamu lakukan kapan aja ketika kamu ada senggang waktu, dan lumayan kan kamu bisa sekalian jalan-jalan juga nih.

Tentunya, masih banyak lagi freelancer di bidang lainnya. Jadi, kalau kamu jadi freelancer, kamu bisa melakukan hobi kamu sekaligus mendapatkan uang, sangat menyenangkan bukan?

 

#4 Mau Kerja, Tapi Bingung Mau Kerja Apa dan Dimana? Mending Wirausaha atau Berdagang Saja

Jika masih banyak yang beranggapan bahwa untuk menjadi wirausaha membutuhkan modal yang sangat besar, di zaman sekarang ini, hal itu tidak sepenuhnya benar lho. Buat kalian para mahasiswa, kalian bisa mulai buka usaha dengan modal seminim mungkin atau bahkan tanpa modal.

Sekarang ini, sudah banyak banget mahasiswa yang berjualan di kampus untuk memenuhi kebutuhan finansialnya. Jadi, buat kalian para mahasiswa jangan gengsi atau malu lagi ya untuk berjualan, karena gengsi nggak bakal bikin kamu kaya, apalagi bayarin uang kuliah kamu.

Udah nggak zaman tuh yang namanya gengsi untuk berbisnis.

Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa yang Tinggal Di Kosan Murah Akan Bahaya Kalau Tidak Bisa Mengatur Gaya Hidup Ini]

 

Di zaman yang sudah canggih ini, kamu nggak harus berjualan secara konvensional, kamu juga bisa berjualan secara online, buka online shop. Seperti jualan baju di Instagram dan media sosial lain sebagainya.

Untuk membuka online shop, kalian tidak perlu modal yang besar kok, bahkan kalian juga bisa hanya menjadi dropshipper.

Kamu tidak perlu stok barang ataupun melakukan pengiriman, kamu hanya perlu memajang foto-foto barang dagangan supplier di akun media sosial atau website tempat kamu berjualan, sehingga ketika ada pesanan, kamu hanya tinggal meneruskannya ke supplier, menarik bukan?

 

#5 Memenangkan Berbagai Kompetisi

Siapa bilang kompetisi hanya untuk orang-orang yang pintar secara akademik saja? Sekarang ini kompetisi apapun sudah menjamur lho guys.

Ada kompetisi di bidang akademik, seperti lomba esai, lomba menulis karya ilmiah, lomba cerdas cermat, lomba debat, dan berbagai lomba lainnya.

Sedangkan untuk kalian yang memiliki keahlian di bidang non-akademik, jangan khawatir, kalian tidak bisa ikut berkompetisi. Masih ada banyak kompetisi-kompetisi untuk bidang non-akademik yang bisa kalian ikuti, seperti di bidang olahraga.

Jadi, misalnya, kalau kamu suka olahraga bulu tangkis kamu bisa ikut lomba bulu tangkis, atau misalnya kamu suka di bidang fotografi, kamu juga bisa ikut lomba kontes fotografi.

Apa Saja Manfaat Magang untuk Mahasiswa Apakah Magang dapat Memperbesar Peluang Diterima Kerja 01 - Finansialku

[Baca Juga: Poin Penting yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa Semester Akhir]

 

Atau ada juga kompetisi di bidang non-akademik lainnya, seperti modelling, vlogging, dan berbagai lomba non-akademik lainnya.

Pastinya juga, lomba ini menawarkan hadiah berupa uang yang tak kalah menarik dengan hadiah yang ditawarkan di lomba akademik.

 

#6 Menggunakan Student Loan (Kredit Pendidikan)

Wah, kuliah ternyata bisa ngutang dulu lho. Kuliah sekarang, bayar nanti, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan kata student loan (kredit pendidikan).

Kalian tau nggak sih? Kalau akhir-akhir ini, ada berita baik mengenai student loan di Indonesia. Karena baru-baru ini Presiden negara kita yaitu Bapak Joko Widodo meminta perbankan untuk mengeluarkan student loan lho.

Jadi, kalian bisa kuliah dengan menggunakan uang negara dulu. Ya, istilahnya seperti pinjaman ya, baru setelah lulus kamu harus bayar uang kuliah itu dalam jangka waktu tertentu. Sangat membantu kan?

 

Kamu Bisa Tetap Kuliah!

Jadi, gimana guys? Hari gini masih nggak kuliah karena tak punya dana yang cukup? Capek deh!

Kamu bisa tetap kuliah, kalau kamu mau melakukan beberapa cara cerdas mencari uang. Tentunya, cara ini akan membantu kamu mencapai cita-cita dan impianmu di masa mendatang.

 

Cara cerdas mencari uang seperti apa yang kamu ingin lakukan? Yuk, kasih komentar dan pendapatmu di kolom yang sudah disediakan.

Thank you guys! Semoga bermanfaat ya!

 

Sumber Referensi:

  • Febriyanti Revitasari. 19 April 2017. Meski Tak Ada Biaya, 7 Cara Ini Bisa Membuatmu Kuliah Setinggi Mungkin. Idntimes.com – https://goo.gl/bk16KB
  • Yori-group. 20 Juni 2012. 6 Sumber Penghasilan Mahasiswa Selain Uang Saku. https://goo.gl/NDKcPp
  • Denny Kurniawan. 25 Januari 2018. Kuliah Sambil Kerja? 5 Daftar Pekerjaan Ini Cocok Untuk Mahasiswa. Idntimes.com – https://goo.gl/5HR2f8

 

Sumber Gambar:

  • Cara Cerdas Mencari Uang Demi Capai Mimpi – https://goo.gl/5iA4dt
  • Cara Cerdas Mencari Uang – https://goo.gl/fFULbP

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Summary
Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana, Ini Cara Cerdas Mencari Uang
Article Name
Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana, Ini Cara Cerdas Mencari Uang
Description
Mau kuliah tapi tak punya dana? Ada lho cara cerdas mencari uang untuk membiayai kuliahmu! Yang pasti, kamu jangan putus asa dulu ya.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo