Ini dia sistem, syarat dan cara untuk melakukan gadai emas di Pegadaian Digital!

Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini.

 

Sponsored Article

Logo Pegadaian

 

Gadai Emas Solusi Saat Mendesak

Situasi emergency atau darurat tentu tidak dapat diprediksi. Di saat-saat mendesak seperti itu, tak jarang uang segar sangat dibutuhkan.

Pinjam ke rentenir tentu bukan jadi opsi yang direkomendasikan. Jual properti juga tidak semudah membalikkan tangan karena butuh waktu yang tidak sebentar, apalagi di masa darurat yang membutuhkan uang dalam waktu yang singkat.

Gadai emas bisa jadi solusi yang paling menguntungkan dan direkomendasikan.

MUDAH! Begini Sistem, Syarat dan Cara Gadai Emas Di Pegadaian Digital 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kini Investasi Emas Semudah Isi Pulsa di Pegadaian Digital, Ga Ribet!]

 

Mengenai investasi emas, memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi keuntungan yang diberikan bagi investornya.

Selain harganya naik seiring waktu, emas pun tahan inflasi, apalagi jika Anda sebagai nasabah dari Pegadaian yang mendapatkan fasilitas lebih dalam bertransaksi.

Tak perlu waktu yang lama, bahkan gadai emas dapat dilakukan dengan proses yang mudah dan pelunasan cicilan per bulannya pun tergolong murah.

Jadi tak heran jika Pegadaian selalu menjadi solusi mengatasi masalah tanpa masalah bagi masyarakat Indonesia.

 

Sistem Gadai di Pegadaian

Konsep gadai emas, sama seperti menggadaikan barang elektronik atau BPKP kendaraan bermotor. Yang menjadi perbedaannya, jaminan yang diberikan berupa perhiasan atau emas batangan.

Tentu saja emas atau perhiasan tersebut harus memenuhi syarat, selanjutnya sang peminjam dana akan mendapatkan sejumlah uang sesuai dengan nilai taksir pinjaman.

Misalnya, Anda memiliki emas yang ditaksir oleh Pegadaian senilai Rp 10.000.000. Saat digadaikan menggunakan pembiayaan Gadai KCA, nilai gadainya 92 persen. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan uang sebesar 92 persen dari Rp 10.000.000 atau setara dengan Rp 9.200.000.

 

Syarat Gadai Emas di Pegadaian

Syarat untuk gadai emas di Pegadaian meliputi:

  • KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku
  • Barang jaminan berupa emas perhiasan, emas batangan, atau bahkan tabungan emas,
  • Kartu Keluarga (KK).

MUDAH! Begini Sistem, Syarat dan Cara Gadai Emas Di Pegadaian Digital 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Lho Definisi, Syarat, Cara Kerja Tabungan Emas Pegadaian]

 

Syarat lainnya disesuaikan dengan model pembiayaan yang diambil. Untuk gadai emas, Anda dapat menggunakan Gadai KCA, Gadai KCA Prima, Gadai Bisnis, dan Krasida.

  1. Gadai KCA (Kredit Cepat & Aman) melayani pembiayaan dengan tenor 4 bulan yang bisa diperpanjang. Selain syarat tersebut di atas, nasabah KCA harus menandatangani Surat Bukti Gadai.
  2. Gadai KCA Prima (Kredit Cepat & Aman Prima) merupakan pinjaman tanpa bunga (0%) dengan tenor pinjaman selama 60 hari. Untuk mengikuti pembiayaan ini, Anda hanya perlu melampirkan e-KTP yang terdaftar di Disdukcapil. Pinjaman maksimal Rp 500.000.
  3. Gadai Bisnis diberikan khusus untuk usaha. Syarat-syaratnya, yaitu membayar biaya administrasi Rp 100.000, bisa dicicil, uang pinjaman 86,5 persen dari harga emas, serta plafon minimal Rp 100.000.000.
  4. Krasida (Kredit Angsuran Sistem Gadai) menggunakan sistem angsuran dengan nilai gadai mencapai 95 persen dari nilai taksir. Tenornya bisa sampai 36 bulan atau 3 tahun. Untuk syaratnya, hanya perlu melampirkan KTP dan emas perhiasan maupun emas batangan.

 

Biaya Titip Gadai & Tata Cara Pelunasan

Apabila semua persyaratan telah dipenuhi, maka pihak Pegadaian akan memberikan penjelasan mengenai biaya administrasi, termasuk biaya titip gadai yang harus dilunasi oleh nasabah.

Besaran biaya disesuaikan dengan jumlah dari pinjaman. Semakin besar dana yang akan dipinjam, maka biaya administrasinya pun akan semakin bertambah.

Berikut ini penyesuaian rincian dari biaya administrasi sesuai dengan besar pinjaman pada produk Kredit Cepat dan Aman (KCA):

Pinjaman (Rp) Biaya Administrasi (Rp)
50.000 – 500.000 2.000
500.001 – 1.000.000 10.000
1.000.000 – 2.500.000 20.000
2.500.001 – 5.000.000 35.000
5.000.001 – 10.000.000 50.000
10.000.001 – 15.000.000 75.000
15.000.001 – 20.000.000 100.000
Di atas 20.000.001 125.000

 

Tata cara pelunasannya pun terhitung sederhana karena nasabah dapat melakukan pembayaran cicilan sebelum jatuh tempo atau tepat pada tanggal jatuh tempo yang telah diberikan.

Misalnya: nasabah A menggadaikan emas untuk mendapatkan uang sebesar Rp 2.760.000 dalam jangka waktu 4 bulan.

Tarif sewa modal selama 15 hari sebesar 1,2%. Berarti, total tarif sewa modal 4 bulan adalah 9,6% (Rp 264.960) dari pinjaman. Maka, total biaya pelunasannya senilai Rp 3.024.960. Biaya administrasi dibayar di awal saat pencairan.

 

Hal Lain Yang Harus Diperhatikan Saat Gadai Emas

Meski dana segar dapat diperoleh dengan cara yang cepat melalui gadai emas, namun para nasabah diimbau untuk memperhatikan beberapa hal lain seputar gadai emas berikut ini:

  1. Syarat Administrasi Harus Lengkap

Lolos syarat administrasi adalah langkah awal Anda untuk menggadaikan emas. Kalau syarat tidak dipenuhi, permohonan sudah pasti ditolak.

 

  1. Perhatikan Masa Tenggang Pelunasan

Ketika awal melakukan gadai emas, Anda akan mendapatkan penjelasan seputar pembayaran. Jika itu berupa cicilan, berupayalah untuk membayar tepat waktu. Begitu juga dengan pembiayaan yang memakai sistem tempo; pastikan Anda mampu melunasi di tanggal jatuh tempo.

 

Gadai Tabungan Emas di Pegadaian Digital

Melalui Pegadaian Digital, Anda bisa menggadaikan sejumlah Tabungan Emas Anda. Caranya pun sangat mudah dilakukan.

Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah memiliki Aplikasi Pegadaian Digital yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Nah, Anda bisa menikmati mudahnya menggadaikan Tabungan Emas di Pegadaian Digital. Ini dia cara sederhananya:

  1. Anda perlu memilih menu ‘Gadai’ yang ada di halaman depan.
MUDAH! Begini Sistem, Syarat dan Cara Gadai Emas Di Pegadaian Digital 04 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Pegadaian Digital

 

  1. Setelah menekan ‘Gadai’, Anda pilih ‘Gadai Tabungan Emas’.
MUDAH! Begini Sistem, Syarat dan Cara Gadai Emas Di Pegadaian Digital 05 - Finansialku

Tampilan menu Gadai Online

 

  1. Anda akan menemukan formulir yang harus diisi sesuai dengan data yang ada. Setelah diisi, Anda bisa menekan tombol ‘Selanjutnya’ yang ada di pojok kanan bawah.
MUDAH! Begini Sistem, Syarat dan Cara Gadai Emas Di Pegadaian Digital 06 - Finansialku

Tampilan menggadai Tabungan Emas di Pegadaian Digital.

 

  1. Anda diminta untuk melakukan konfirmasi transaksi gadai Tabungan Emas. Jangan lupa untuk menekan kotak ceklis sebagai tanda kalau Anda menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan yang berlaku, ya!
  2. Kemudian, Anda masukkan pin transaksi, lalu menekan OK.
  3. Selamat! Dana Anda sudah dikirim ke rekening Anda!

 

SOLUSI: Mudahnya Gadai Emas di Pegadaian Digital

Setelah membaca proses gadai emas yang mudah, pasti Anda senang! Pasalnya, Anda tidak perlu lagi melakukan proses panjang yang melelahkan. Semua itu bisa dilakukan dalam satu ponsel dan aplikasi saja! Mudah, ‘kan?

Tak perlu ragu untuk melakukan transaksi aman dan terpercaya dengan Pegadaian Digital melalui sistem gadai emas untuk mengatasi masalah tanpa masalah!

 

Jika Anda membutuhkan informasi selanjutnya tentang Gadai Emas di Pegadaian Digital, Anda bisa menghubungi Pegadaian Call Center di 1500-569 atau Anda bisa mengakses laman resmi Pegadaian, www.pegadaian.co.id atau www.sahabatpegadaian.com.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Anda boleh membagikan informasi dari artikel ini kepada rekan atau keluarga yang membutuhkan.

Tuliskan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Terima kasih!

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS BATANGAN/PERHIASAN Untuk PEMULA

Mockup Ebook Panduan Berinvestasi Emas Batangan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Sahabat Pegadaian. Sahabatpegadaian.com – https://bit.ly/3gLCvqP
  • Pegadaian. Pegadaian.co.id – https://bit.ly/2WQqwQR, https://bit.ly/3fcPMXS

 

Sumber Gambar:

  • Pegadaian Digital – https://bit.ly/3gQ7WQO
  • Gadai Emas – https://bit.ly/2PGnQku
  • Gadai Emas Pegadaian – https://bit.ly/31DcQKA