Sudah tahukah Anda cara kerja tabungan emas Pegadaian? Penting lho untuk kamu yang ingin memulai investasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ini Lho Definisi, Syarat, Cara Kerja Tabungan Emas Pegadaian

Belakangan ini banyak orang yang memiliki atau investasi emas merasa sangat beruntung, Kenapa? Karena ditengah pandemi covid 19 ini emas bisa menyentuh harga di kisaran 900 ribu loh.

Hal ini tentu membuat banyak orang ingin membeli emas untuk disimpan sebagai tabungan.

Nah tahukah Anda kalau menabung tidak hanya bisa dilakukan di bank saja? Selain di bank, kini Anda bisa menabung dalam bentuk emas di Pegadaian.

Untuk lebih jelasnya yuk simak artikel Finansialku berikut!

 

Menabung Emas, Investasi yang Semakin Mudah

Ternyata menabung tak hanya dilakukan di bank loh, tetapi juga bisa dilakukan di Pegadaian.

Saat ini, banyak sekali orang yang sudah merencanakan hal-hal yang berkaitan dengan masa depannya maupun anak-anaknya, seperti menikah, dana membeli rumah, dana pendidikan anak, bahkan dana pensiun dengan cara menabung.

Ingin Ikutan Investasi Logam Mulia, Dana Beli Emas Dari Mana 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Ikutan Investasi Logam Mulia, Dana Beli Emas Dari Mana?]

 

Untuk mencapai tujuan atau rencana keuangannya, tentu setiap orang mempunyai caranya sendiri-sendiri. Ada yang berinvestasi dengan saham atau reksadana, ada juga yang investasinya melalui Deposito atau investasi mata uang asing, obligasi, Unit Link, P2P Lending.

Tak sedikit juga orang yang berinvestasi dalam bentuk logam berharga seperti emas, perak, Platinum, Paladium atau tembaga.

Tetapi di Indonesia sendiri banyak orang lebih memilih emas dan perak sebagai investasinya karena dalam membelinya ataupun menjualnya cukup mudah dan sudah umum bagi masyarakat indonesia sendiri. 

 

 

Oleh karena itu, Pegadaian membuat langkah untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mewujudkan rencana keuangannya.

Pegadaian yang tadinya hanya menyediakan layanan gadai atau jual beli emas kini Pegadaian menyediakan layanan tabungan emas berupa emas batangan antam 24 karat.

Pegadaian sendiri adalah badan keuangan milik pemerintah yang kini menawarkan program menabung emas yang diberi nama Tabungan Emas untuk terus meningkatkan pelayanannya bagi masyarakat Indonesia.

Tips n Trik Beli Emas Atau Saham ANTM Supaya Beneran Untung 03 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji 2 Juta Nabung Emas? BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya!]

 

Biaya administrasi dan pengelolaan yang diterapkan terhitung cukup ringan. Juga tersedianya outlet Pegadaian melalui Pegadaian Digital Service, agen Pegadaian, dan Marketplace, menjadi suatu kelebihan dari program tabungan emas pegadaian.

Selain itu, Anda sebagai nasabah juga dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram. Anda juga bisa order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram.

Harga jual dan buyback yang kompetitif. Nasabah dapat melakukan buyback mulai dari 1 gram. Nasabah dapat melakukan pembelian Tabungan Emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram.

Jika Anda masih ragu untuk memulai investasi emas, konsultasi dengan ahli adalah solusinya. Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan yang ada di Finansialku lewat aplikasi Finansialku. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Syarat dan Prosedur Menabung Emas Pegadaian

Untuk syarat dan prosedur dalam tabungan emas Pegadaian adalah sebagai berikut:

 

Syarat

  1. Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP/Paspor).
  2. Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas
  3. Biaya transaksi Tabungan Emas

Gaji 2 Juta Nabung Emas BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya! 02

[Baca Juga: Trading Emas Halal? Cari Tahu Kebenarannya Bersama Di Sini!]

 

Prosedur

  1. Siapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian terdekat di kota Anda. Selanjutnya adalah Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp 10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp 30.000.
  2. Setelah mengisi formulir dan membayar biaya administrasi , Nasabah akan menerima Buku Tabungan Emas dan selanjutnya nasabah dapat segera melakukan pembelian Tabungan Emas mulai dari 0,01 gram
  3. Apabila kamu menghendaki untuk menabung fisik emas batangan, Anda juga dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (1gr, 2gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang telah Anda dipilih
  4. Transaksi pencetakan emas batangan sendiri, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening Anda dengan cara menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

 

Kesimpulan

Mudah bukan menabung emas di Tabungan Emas Pegadaian.?Jadi untuk Anda yang ingin menabung tapi dirasa cukup sulit jika menabung dalam bentuk uang, Anda bisa mencoba program Tabungan Emas Pegadaian ini.

Siapa tau dengan menabung emas, rencana keuangan Anda bisa lebih mudah tercapai dan tidak terganggu oleh hal-hal yang merupakan keinginan sesaat saja.

Ingin Ikutan Investasi Logam Mulia, Dana Beli Emas Dari Mana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips n Trik Beli Emas Atau Saham ANTM Supaya Beneran Untung]

 

Menabung emas juga bisa menjadi salah satu investasi pilihan kamu dalam memenuhi dana darurat kamu, utamanya jika kamu seorang muslim, pasti tidak ingin investasi dengan adanya riba bukan?

Kamu bisa mencoba berinvestasi yang sesuai dengan kaidah islam tanpa riba dengan berinvestasi emas tentunya.

Jika kamu mau menabung emas di Tabungan Emas Pegadaian kamu juga lebih aman dan nyaman tentunya karena Pegadaian sendiri adalah perusahaan milik pemerintah.

Pegadaian tentunya dikelola dengan baik untuk memudahkan masyarakat dalam menabung emas dan tentunya lebih terpercaya jika menabung di Pegadaian.

 

Setelah membaca artikel ini Anda tentu jadi paham bagaimana cara kerja tabungan emas di Pegadaian, bukan? Anda juga boleh membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga termotivasi untuk memulai investasi.

 

Sumber Referensi:

  • Dewi Sekar Pambayun. 14 Januari 2020. Syarat dan Prosedur Menabung Emas di Pegadaian. Tirto.id – https://bit.ly/3bqsLhW