Tak bisa dipungkiri, wanita karier yang notabene punya penghasilan sendiri umumnya lebih boros ketimbang ibu rumah tangga. Lalu, bagaimana cara hemat wanita karier supaya punya tabungan dan investasi?

Yuk simak cara hemat untuk wanita karier dalam artikel berikut!

 

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tantangan Seorang Wanita Karier

Menjadi seorang wanita karier bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan yang dihadapinya, baik dalam pekerjaan maupun keluarga.

Seorang wanita karier merupakan seseorang yang mandiri, cerdas, dan multitalenta.

Selain harus cemerlang dalam pekerjaannya, seorang wanita karier juga harus bisa mengelola kehidupan pribadinya dengan baik. Salah satu hal yang harus dapat dikelola dengan baik adalah keuangan.

Mengelola keuangan pun ada tantangan tersendiri. Tak jarang godaan untuk memenuhi gaya hidup konsumtif membuat seorang wanita karier sulit untuk mengelola keuangannya dan malah dicap boros.

Cara Hemat Wanita Karier 2 Finansialku

[Baca Juga: Bisa Lho Dapat Gaji Sesuai Yang Anda Inginkan! Ini Trik Cara Negosiasi Gaji!]

 

Apakah Anda juga merasakan hal tersebut? Kalau iya, bagikan pengalaman Anda di kolom komentar di bawah ya.

Tapi, jangan dulu khawatir! Seorang wanita karier bisa menghindari sifat boros ini kok! Sebelum baca artikel ini, coba Anda baca-baca dulu ebook perencanaan keuangan dari Finansialku supaya ada gambaran tentang konsep financial planning.

Materinya sangat mudah dan practical. Saya yakin, Anda pasti bakal banyak belajar dari ebook ini! Mumpung masih gratis, yuk download ebook-nya!

Cukup pilih ebook yang sesuai dengan usia Anda, ada ebook untuk Anda yang berusia 30-an, dan ada juga untuk Anda yang berusia 20-an!

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Cara Hemat Wanita Karier

Seperti yang telah dipaparkan di atas, memiliki penghasilan sendiri terkadang menjadi bumerang bagi seorang wanita karier.

Karena sudah capek kerja selama sebulan, akhirnya mereka ingin memenuhi setiap keinginannya. Akhirnya mereka pun tidak punya tabungan atau bahkan berinvestasi. Apakah Anda juga begitu?

Kalau iya, Anda wajib baca artikel ini sampai habis! Finansialku akan membantu Anda menghindari dan mencegah pemborosan ini.

Ada banyak cara untuk berhemat, salah satunya dengan melakukan perencanaan keuangan. Nah, kali ini Finansialku akan membahas beberapa cara ampuhnya! Yuk kita cek:

 

#1 Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Di zaman yang serba canggih, sebagai wanita yang cerdas tentunya akan menggunakan teknologi yang tersedia dengan sebaik-baiknya.

Salah satu teknologi yang dapat Anda gunakan adalah aplikasi pengatur keuangan.

Tidak ada salahnya loh menggunakan aplikasi ini untuk mempermudah Anda dalam mengatur keuangan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

[/fusion_builder_container

 

Di aplikasi Finansialku Anda dapat menggunakan fitur budgeting, mencatat pengeluaran, membuat tujuan keuangan, dan lainnya.

Maka dari itu, Anda tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam mengatur keuangan atau memiliki cerita keuangan yang amburadul.

 

#2 Melakukan Budgeting

Budgeting akan sangat membantu Anda untuk berhemat. Ada beberapa cara untuk melakukan budgeting, yaitu:

 

a. Menggunakan Rumus 50/20/20/10

Rumus ini mem-budget-kan pengeluaran Anda sebagai berikut:

  • 50% untuk kebutuhan pokok
  • 20% untuk kebutuhan pribadi
  • 20% untuk tabungan atau investasi
  • 10% untuk perpuluhan/donasi atau zakat.

 

Dengan menggunakan rumus ini, berarti Anda hanya dapat menggunakan 20% penghasilan Anda untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda.

Nah, Anda sebagai wanita karier harus bisa nih membedakan antara kebutuhan pokok dan kebutuhan pribadi, terkadang perbedaannya sangat tipis dan seringkali kebutuhan pribadi dijadikan kebutuhan pokok. Contohnya: Nonton film, nonton film merupakan kebutuhan pribadi dan bukan merupakan kebutuhan pokok.

Kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kita dapat hidup dengan baik atau merupakan kebutuhan primer. Sedangkan kebutuhan pribadi, dapat berupa kebutuhan sekunder atau tersier.

 

b. Skema Cara Mengelola Keuangan

Dapat juga menggunakan skema prioritas keuangan sebagai berikut

Merencanakan keuangan juga dapat dilakukan melalui aplikasi Finansialku lho. Yuk segera download aplikasinya.

 

#3 Mencatat dan Mengevaluasi Pengeluaran

Membiasakan diri untuk selalu mencatat setiap pengeluaran akan sangat membantu Anda dalam berhemat.

Dengan memiliki catatan pengeluaran, Anda dapat mengevaluasi setiap pengeluaran yang dilakukan dan dapat menentukan penghematan akan dilakukan pada bagian apa.

 

Contohnya: Kita berlangganan TV kabel dengan biaya perbulannya 350 ribu. Padahal kita banyak berkegiatan diluar rumah dan jika menonton lebih sering streaming melalui situs-situs di internet.

Bukankah langganan TV kabel akhirnya menjadi pemborosan?

Dengan mencatat pengeluaran, kita dapat mengevaluasi setiap pengeluaran kita dan mengetahui penyebab dari pemborosan yang dilakukan serta dapat menyusun langkah pencegahan pemborosan dan dapat mengelola keuangan dengan lebih baik lagi.

 

#4 Menghentikan Kebiasaan Boros

Keinginan untuk hemat takkan mungkin tercapai jika Anda belum menghentikan kebiasaan ‘boros’, yang mungkin secara sadar atau tidak sadar Anda lakukan.

Pemborosan berarti mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli berbagai hal yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Pada akhirnya, kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah bagi keuangan Anda.

20 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan 03 Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Nah, selain mengelola keuangan dengan baik, Anda juga harus dapat menghentikan kebiasaan ‘boros’ agar dapat berhemat. Berikut beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan boros:

 

a. Berhemat dengan Belanja Online

Belanja online dapat menguntungkan juga lho ternyata. Anda dapat berhemat dengan banyaknya penawaran promo, cashback, gratis ongkir, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi saat belanja online, Anda tidak perlu pergi ke pusat perbelanjaan, mengeluarkan biaya parkir belum pajak barang yang lumayan tinggi.

Tetapi perlu diingat juga, belanja online harus dapat dikendalikan. Jangan sampai kalap karena kemudahan akses untuk berbelanja dan promo yang ditawarkan berbagai e-commerce membuat Anda berbelanja melebihi budget yang sudah ditentukan.

 

b. Pakai Kartu Kredit Separuh Limit

Jangan biasakan menggunakan kartu kredit sampai menyentuh limit ya. Kebiasaan tersebut dapat mengganggu keuangan Anda saat sudah waktunya membayar tagihan.

Dikhawatirkan tagihan Anda akan membengkak dan dompet Anda malah tercekik utang kartu kredit.

Selain itu, sebaiknya gunakan kartu kredit untuk mencicil barang yang nilai cicilannya 0 persen. Cicilan 0 persen ini tidak membebani bunga asalkan cicilan tersebut dibayarkan tepat pada waktunya.

 

c. Mengganti Kebiasaan Lama Dengan Kebiasaan Baru

Beberapa kebiasaan (lifestyle) mungkin harus kita ubah agar kita dapat lebih berhemat. Contohnya, jika biasanya sering menikmati kopi buatan kafe yang harganya cukup mahal, kita dapat mengubah dan menggantinya dengan menikmati kopi buatan sendiri di rumah.

Jika biasanya sering makan di restoran atau di rumah makan dengan harga yang cukup merogoh kocek, kita dapat menggantinya dengan membawa bekal dari rumah atau memakan makanan yang dimasak sendiri dirumah. Selain lebih hemat, lebih sehat juga lho.

 

d. Menghindari Godaan Belanja

Setiap orang memiliki kelemahan yang dapat menjadi godaan untuk berhemat.

Misalnya, Anda tergoda dengan pakaian, make up, atau barang-barang yang terpampang di etalase mall atau pusat perbelanjaan.

Agar terhindar dari godaan tersebut, tentunya Anda harus menghindari sumber utamanya yaitu mall atau pusat perbelanjaan.

Hindari pergi terlalu sering ke tempat-tempat tersebut agar Anda tidak tergoda dan malah gagal dalam berhemat.

 

Wanita Cerdas dan Hemat

Nah, selain cara-cara di atas diperlukan juga komitmen dari dalam diri Anda untuk mencegah pemborosan. Tanpa komitmen, keinginan dan rencana Anda akan sia-sia.

Sebaliknya, dengan berkomitmen dan menjalankan setiap rencana perihal keuangan yang telah Anda buat, Anda dapat menjadi wanita karier yang cerdas mengatur keuangan!

 

Apakah Anda sudah siap menjadi wanita karier yang hemat? Yuk bagikan artikel ini ke teman-teman atau saudara Anda agar mereka dapat menjadi wanita karier yang pandai mengatur keuangan dan dapat berhemat.

 

Sumber Referensi:

  • Boby. 28 Agustus 2018. Jadi Wanita Karier Masih Aja Boros? Jadilah Lebih Hemat Pakai 4 Cara Ini. Moneysmart.com https://goo.gl/jX88N2
  • Admin. 27 April 2016. 12 Tips Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Kebiasaan Hemat. https://goo.gl/hz7of6

 

Sumber Gambar:

  • Wanita karier – https://goo.gl/pA777c
  • Wanita karier 2 – https://goo.gl/bbpnnF
Summary
Cara Hemat Wanita Karier Supaya Hidup Lebih Berarti
Article Name
Cara Hemat Wanita Karier Supaya Hidup Lebih Berarti
Description
Tak bisa dipungkiri, wanita karier yang notabene punya penghasilan sendiri umumnya lebih boros ketimbang ibu rumah tangga. Lalu, bagaimana cara hemat wanita karier supaya punya tabungan dan investasi?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo