Sebelum liburan ke Bandung, yuk ketahui dulu cara hitung dana liburan ke Bandung biar gak terjadi masalah finansial yang mengusik liburan kamu.

Simak caranya dalam artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Liburan Ke Bandung? Perhatikan Hal Ini!

Bandung memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Mulai dari wisata alamnya sampai kelestarian sejarahnya. Tak heran jika Bandung menjadi salah satu destinasi traveling paling populer.

Sebelum mengetahui cara hitung dana liburan ke Bandung, jangan lupa perhatikan beberapa hal berikut ini. Pasalnya, hal-hal inilah yang menentukan jumlah dana liburan yang perlu kamu siapkan.

 

#1 Tentukan Gaya Liburanmu

Gaya liburanmu menentukan budget-mu. Oleh karena itu, kamu perlu menentukan apakah akan berlibur ala backpacker atau ala sultan, guys! Keduanya butuh perencanaan yang jelas.

Liburan ala backpacker atau ala sultan sama-sama memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Tapi, pikirkan juga kelangsungan hidupmu setelah liburan.

Banyak orang yang setelah liburan justru tidak punya cukup uang. Jangan sampai melakukan kesalahan ini.

Ini Cara Hitung Dana Liburan ke Bandung Paling Akurat dan Tepat! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kegiatan dan Program Komunitas Sepeda di Bandung, Wajib Tahu!]

 

#2 Tentukan Waktunya dan Berapa Lama

Dalam menentukan waktu yang tepat untuk berlibur, kamu harus cari waktu yang pas. Misalnya, disesuaikan dengan liburan sekolah atau kerja.

Kamu juga harus menentukan berapa lama rencananya akan liburan di Bandung. Semakin lama, semakin banyak budget yang kamu perlukan.

 

#3 Tentukan Tempat yang Akan Dituju

Tempat mana saja sih yang akan kamu tuju? Coba buatlah daftar itu sebelumnya supaya tidak membuang waktu saat sudah berlibur.

Bandung memiliki tempat-tempat asyik untuk dikunjungi. Pasti ingin mengunjunginya semua. Ingat juga kondisi tubuhmu. Jangan sampai kelelahan ya, guys!

 

#4 Tentukan Transportasi yang Akan Digunakan

Kamu perlu menentukan transportasi ke dan dari Bandung. Ingat, waktu liburanmu terbatas. Jadi, gunakan transportasi yang tidak akan memakan waktu lama. Misalnya, kamu bisa naik kereta ekspres atau pesawat.

Selain itu, transportasi selama di Bandung pun perlu kamu tentukan. Bandung itu luas. Tempat wisata atau tempat nongkrong asyik ada di mana-mana.

Seringkali tempatnya jauh. Jadi, kamu harus menentukan apakah menyewa mobil atau pakai transportasi online.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#5 Tentukan Tempat Menginap

Tempat menginap bisa disesuaikan dengan gaya liburanmu. Kalau kamu liburan ala backpacker, ada banyak penginapan murah di Bandung. Kalau kamu berlibur ke Bandung bersama teman-teman, kamu bisa menyewa apartemen. Lebih murah dengan patungan, kan?

Kalau kamu liburan ala sultan, mau menginap di mana pun bisa. Hotel-hotel bintang lima dengan pemandangan yang luar biasa bisa jadi pilihanmu.

 

#6 Tentukan Biaya Konsumsi

Biaya konsumsi pun tergantung dengan gaya liburanmu. Namun, banyak tempat makan pinggir jalan di Bandung yang recommended. Harga sih kaki lima, tapi rasanya seperti bintang lima. Ini bisa jadi peluang untuk menghemat sambil mencoba kuliner khas Bandung.

 

#7 Tentukan Budget Oleh-oleh

Budaya oleh-oleh sudah jadi budaya orang Indonesia. Jadi, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Bandung. Banyak sekali pilihannya, mulai dari yang murah sampai yang mahal.

Tentukan juga siapa saja yang akan kamu beri oleh-oleh. Hal ini bisa mempengaruhi budget dana liburanmu.

Ini Cara Hitung Dana Liburan ke Bandung Paling Akurat dan Tepat! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Nih Lokasi Kuliner Bandung yang Top Markotop]

 

Cara Hitung Dana Liburan Ke Bandung

Berlibur di Bandung memang menyenangkan. Namun, kamu harus merencanakannya dengan baik. Salah satu alasan penting melakukan perencanaan liburan adalah menyiapkan budget. Biasanya, jumlahnya tidak sedikit.

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu kamu tentukan, kamu perlu mempersiapkan dananya. Tentu saja, dana liburan harus disiapkan dari jauh-jauh hari.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyiapkan dana liburan dengan menabung supaya tidak menjadi beban. Jika kamu mengeluarkan dana liburan langsung di muka, itu akan memberatkanmu.

Aplikasi Finansialku memiliki fitur Dana Liburan. Fitur ini berfungsi untuk menghitung dana yang harus diinvestasikan untuk menyiapkan dana liburan. Begini cara hitung dana liburan ke Bandung: 

Mock Up Aplikasi Finansialku

Aplikasi Finansialku

  • Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  • Klik tanda + pada kanan bawah kemudian pilih Dana Liburan.
  • Dana perjalanan ke: tuliskan Bandung.
  • Isi beberapa biaya yang diperlukan, misalnya biaya penginapan, biaya transportasi, biaya konsumsi, dan sebagainya.
  • Isi berapa lama lagi kamu akan pergi (dalam satuan tahun).
  • Dana yang telah tersedia dalam satuan Rupiah.
  • Inflasi, kenaikan biaya perjalanan dalam satuan persen per tahun.
  • Estimasi hasil investasi dalam satuan persen per tahun.

 

Setelah itu, aplikasi Finansialku akan menghitung secara otomatis berapa dana yang perlu kamu siapkan setiap bulannya untuk dana liburanmu ke Bandung. Mudah, kan?

Yuk, segera rencanakan dana liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat kamu unduh langsung di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Liburan Tenang, Dompet Aman

Ingin liburanmu tenang? Caranya, rencanakan dana liburanmu dengan baik. Dengan begitu, pikiranmu tidak terbayangi masalah finansial.

Jika semuanya terkendali, dijamin liburanmu akan tenang dan tanpa beban. Oleh karena itu, rencanakan dana liburanmu dengan rinci, ya!

 

Itulah cara hitung dana liburan ke Bandung. Jangan lupa share artikel ini pada teman-teman atau anggota keluarga yang ingin kamu ajak liburan ke Kota Kembang ini, ya!

 

 

Sumber Referensi:

  • Wisnu Bayu Krisnata. 6 Maret 2020. Ingin Tahu Cara Menghitung Biaya Liburan yang Akan Dikeluarkan? Simak 6 Langkah Ini. Portaljember.pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3lmkO2G
  • Edi Susilo. 29 September 2016. Mengapa Perlu Perencanaan Liburan? Nih 5 Alasannya! Edisusilo.com – https://bit.ly/36GCXEq

 

Sumber Gambar:

  • Bandung 1 – https://bit.ly/34w86b5
  • Bandung 2 – https://bit.ly/34jWUzk