Yuk, kenalan dengan beberapa komunitas sepeda di Bandung supaya kamu gak bersepeda sendirian lagi. Simak artikel berikut ini.

Tren bersepeda sedang marak di Kota Bandung. Tak sedikit orang yang bersepeda di jalanan Bandung. Apakah kamu salah satunya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Komunitas Sepeda: Gowes Jadi Asyik

Semakin hari, semakin banyak kita lihat orang bersepeda. Mulai dari anak muda sampai orangtua. Ada yang bersepeda karena gaya hidup. Ada juga yang menjadikan sepeda sebagai sarana mobilitas sehari-hari.

Hal ini tak luput dari kampanye bersepeda yang dicanangkan Pemkot Bandung beberapa tahun sejak 2013 lalu. Tren tersebut memunculkan komunitas bersepeda.

Bersepeda pun jadi lebih asyik lantaran dilakukan bersama teman-teman di komunitas. Jika dilakukan sendirian, justru bisa bosan.

Selain itu, berkenalan dengan orang baru di komunitas dapat memperluas pergaulan dan memperpanjang umur.

 

Komunitas Sepeda di Bandung

Kamu tertarik ikut komunitas sepeda di Bandung? Ada banyak sekali komunitas sepeda di kota kembang ini. Bisa dibilang, cukup beragam. Mulai dari Mountain Bike sampai sepeda onthel. Berikut ini beberapa di antaranya:

 

#1 Jarambah

Komunitas sepeda yang satu ini dibentuk oleh para lansia tahun 2006 silam. Sudah lama juga, ya? Jarambah sendiri diambil dari Bahasa Sunda yang berarti petualang.

Walaupun dirintis pertama kali oleh para lansia, anggotanya justru dari beragam usia. Memang, mayoritas anggotanya merupakan pensiunan di atas usia 50-an.

Kegiatan dan Program Komunitas Sepeda di Bandung. Kamu Wajib Tahu! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Khusus Sultan! Harga Sepeda Ferrari Lebih Mahal dari 2 Agya]

 

#2 Komunitas Sepeda Bandung

Komunitas Sepeda Bandung dibentuk untuk memperluas silaturahmi lewat bersepeda. Oleh karena itu, tak ada batasan dalam jenis sepedanya. Ada City Bike, Road Bike, sepeda lipat, dan sebagainya.

Kegiatan rutin biasanya bersepeda keliling Kota Bandung sampai ke daerah Dago Atas setiap akhir pekan. Komunitas ini juga sering berkumpul di GOR Saparua Bandung setiap hari Minggu.

Agar makin kompak, Komunitas Sepeda Bandung mengadakan acara kopdar setiap dua minggu sekali di beberapa kafe ternama di Bandung.

Saat kopdar, mereka tidak hanya berkumpul semata, tetapi juga mengadakan sharing bersama tentang dunia sepeda. Bermanfaat, kan?

Jika tertarik untuk bergabung, kamu bisa kunjungi akun Instagram-nya di @sepedabandung

 

#3 KOSKAS

KOSKAS merupakan singkatan dari Komunitas Sepeda Kaskus Bandung. Yap, Kaskus. Siapa sih yang tak kenal dengan situs forum terbesar di Indonesia ini?

Komunitas ini terbentuk dari member Kaskus alias Kaskuser yang berdomisili di Bandung dan aktif di Kaskus.

Kegiatan gowes rutin setiap minggu pertama tiap bulannya. Kegiatan ini disebut GoJib atau Gowes Wajib yang dihadiri oleh semua anggota KOSKAS.

Mayoritas anggota komunitas ini menggunakan mountain bike (sepeda gunung).

 

#4 Sel-B

Komunitas yang satu ini mempunyai motto unik “Hanya Ulin yang menyatukan kita”. Kegiatan rutin Sel-B antara lain:

  • “Night Ride” setiap hari Jumat malam, berkumpul di Gedung Merdeka pada jam 19.00 WIB.
  • “Sport Ride” setiap Sabtu pagi di Taman Cikapayang Dago jam 6.00 WIB.
  • “Culinary Ride” setiap Minggu pagi di CFD Merdeka depan BIP jam 7.00 WIB
  • “Gowes Subuh” setiap Selasa dan Jumat jam 5.30 kumpul di Taman Cikapayang

Kegiatan dan Program Komunitas Sepeda di Bandung. Kamu Wajib Tahu! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Beli Dulu Sebelum Tahu Tips Membeli Sepeda Ini]

 

#5 BDGBMX

Komunitas Sepeda BMX yang sudah banyak meraih prestasi dan membanggakan untuk Kota Bandung. Mereka berlatih setiap hari jam 16.00-18.00 di Lapangan Saparua.

Anggotanya terdiri dari pelajar, mahasiswa dan wiraswasta.

 

#6 Paguyuban Sepeda Baheula Bandung (PSBB)

Komunitas yang satu ini ini terbilang sangat unik. Pasalnya, mereka menggunakan kostum-kostum jadul era kolonial belanda. Jadi berasa kembali ke zaman dulu. Kegiatan rutin biasanya berkumpul di area Car Free Day Dago.

 

#7 Paguyuban Sepeda Onthel Bandung (Pasoban)

Komunitas ini dibina langsung oleh Disbudpar Kota Bandung, terbentuk oleh para pencinta sepeda onthel pada Januari 2012. Fokus kegiatannya sebagai relawan pariwisata yang memberikan informasi event-event di Bandung.

 

 

#8 Bandung Bike Trial Community (B2TC)

B2TC merupakan komunitas bike trial Indonesia. Komunitas ini memiliki anggota anak-anak hingga dewasa, bahkan sekarang ada anggota wanita, lho! Untuk penggemar motor trial, bisa join komunitas ini.

 

#9 Lowrider Bandung BICC

BICC merupakan singkatan dari Bike Independent Custom Community. Ini merupakan suatu komunitas pecinta sepeda ceper di Kota Bandung. Mayoritas anggotanya menggunakan sepeda hasil kreasi sendiri dan bertema sepeda ceper.

Kegiatan dan Program Komunitas Sepeda di Bandung. Kamu Wajib Tahu! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Gowes Sepeda Menjadi Tren Dunia di Tengah Pandemi Covid-19]

 

#10 Bandung Cycling Chic

Buat para cewek-cewek, yuk gabung komunitas yang satu ini! Komunitas ini anggotanya cewek-cewek dan boleh menggunakan sepeda jenis apapun. Yang penting, memakai pakaian yang chic dan modis.

Kegiatannya berkumpul di taman-taman Bandung. Setiap hari Minggu diadakan kegiatan Sunday Smile yaitu bersepeda keliling Bandung.

 

Bangun Kegiatan yang Positif

Apapun komunitas yang diikuti, tetap harus memiliki kegiatan positif. Dengan membangun kegiatan positif, keberadaan komunitas menjadi lebih bermanfaat. Tidak sekadar buang-buang waktu dan jadi penyesalan saja.

Namun, jika kamu belum memiliki sepeda dan berencana untuk membeli sepeda impianmu, jangan lupa untuk mencatat pengeluaran kamu atau menganggarkan dana untuk membeli sepeda agar lebih teratur.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku dengan fitur Rencana Keuangan Dana Membeli Barang. Fitur ini bisa menghitung berapa dana yang harus kamu siapkan sesuai dengan waktu dan kondisi keuangan kamu, lho.

Yuk, download aplikasinya sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia kegiatan dan program komunitas sepeda di Bandung. Cukup banyak, ya? Jangan lupa share artikel ini siapa tahu ada teman atau saudara yang berminat untuk ikut komunitas sepeda di Bandung.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Cipzie. 8 Oktober 2013. Wow, Komunitas Sepeda di Bandung Ternyata Banyak! Infobdg.com – https://bit.ly/2ZpMCLI
  • Fasko Dehotman. 21 Maret 2019. Komunitas Sepeda Bandung, Kopdar Tiap Dua Pekan, Sharing Sepeda, dan Gowes Bareng. Jabar.tribunnews.com – https://bit.ly/3foJqFn
  • Jannet Maharsi. 22 Maret 2019. Komunitas Sepeda Bandung, Kopdar Tiap Dua Pekan, Sharing Sepeda, Dan Gowes Bareng. Komunita.id – https://bit.ly/2WdwsTl

 

Sumber Gambar:

  • Sepeda 1 – https://bit.ly/3eti53L
  • Sepeda 2 – https://bit.ly/38VdiHm
  • Sepeda 3 – https://bit.ly/3ftw3Ux