Apa saja sih tips sewa apartemen agar tidak menyesal? Biar gak fail, makanya ikuti yuk tips dari Finansialku berikut ini.

Pastinya dijamin aman dan anti gagal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Menyewa Apartemen: Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Menyewa apartemen umumnya ditemukan di kota-kota besar sehingga sangat penting mengetahui tips sewa apartemen. Fungsinya agar yang didapatkan tidak berbanding terbalik dengan yang dibutuhkan.

Menyewa apartemen ada beberapa hal yang tidak diizinkan dilakukan oleh penyewa, sehingga sebelum menyewa tanyakan kepada pemilik apartemen hal-hal yang dirasa penting.

 

Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menyewa Apartemen

Sebagai penyewa tentu sadar bahwa yang digunakan tersebut bukan rumah milik sendiri melainkan rumah milik penyewa. Jadi, penyewa pun tak bisa melakukan atau menerapkan semua keinginannya di apartemen tersebut.

Misalnya saja seperti mengubah kondisi fisik utama ruangan apartemen. Agar tidak melakukan  kesalahan, maka berikut kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan di apartemen sewa.

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

#1 Warna Cat Dinding Tak Boleh Diganti

Ketika menyewa apartemen bisa saja menemukan warna dinding yang tidak sesuai dengan warna favorit. Sehingga berpikir untuk menggantinya saja sesuai keinginan.

Perlu diketahui bahwa hal seperti ini tak bisa dilakukan pada semua apartemen, sehingga jika ingin mengganti cat dinding apartemen perlu bicarakan dulu dengan pemilik apartemen.

Sebagian pemilik apartemen ingin apartemen yang sudah digunakan oleh penyewa bisa dikembalikan dalam kondisi normal ketika masa sewa telah habis. Apalagi jika penyewa tidak mengambil waktu yang lama untuk penyewaaan.

Takut Fail Baca Deh Tips Sewa Apartemen Ini Biar Gak Nyesel 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini 5 Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan Agar Tetap Sehat!]

 

#2 Boleh Menggunakan Wallpaper

Mengubah cat dinding tidak boleh dilakukan sehingga bagi kamu yang tetap ingin mengubah suasana apartemen sesuai dengan karaktermu, maka gunakan saja wallpaper.

Beberapa hiasan dinding juga bisa ditambahkan. Kegiatan ini juga dibicarakan dulu dengan pemilik apartemen sebelum langsung menempelkan wallpaper. Bicarakan dengan baik dan jelas keinginan, supaya pemilik apartemen mengizinkannya.  

 

#3 Pengelolaan Sampah

Umumnya tempat sampah umum sudah disewakan oleh pemilik apartemen bisa digunakan oleh penyewa. Sementara itu, ada juga apartemen yang menyediakan tong sampah organik berbeda dengan tong sampah anorganik.

Jika sudah seperti ini, jangan buang sampah sembarangan, jaga kebersihan  apartemen serta juga ikut memisahkan antara sampah organik dengan sampah anorganik.

Takut Fail Baca Deh Tips Sewa Apartemen Ini Biar Gak Nyesel 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Punya Rumah? Begini Cara Dan Syarat Mengajukan KPR BCA]

 

#4 Mengetahui Fasilitas yang Disediakan untuk Penyewa

Sebelum langsung setuju menyewa apartemen tersebut dan sebelum membayar uang muka, tips sewa apartemen selanjutnya ketahui dulu fasilitas apa saja yang akan didapatkan jika menyewa apartemen tersebut.

Selanjutnya juga perlu tahu apakah apartemen yang akan disewa tersebut menyediakan fasilitas tambahan berupa layanan laundry, area gym atau pun fasilitas kolam renang. Tanyakan juga apakah fasilitas ini jika digunakan akan dikenakan biaya tambahan atau tidak.

Takut Fail Baca Deh Tips Sewa Apartemen Ini Biar Gak Nyesel 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bank Berikut Ini Menawarkan Produk Cicilan Rumah KPR untuk Milenial]

 

#5 Lahan Parkir

Lahan parkir menjadi sangat penting bagi penyewa yang memiliki kendaraan, sehingga hal ini perlu diketahui jika ingin menyewa apartemen. Sebagian apartemen ada menyediakan area parkir sebanyak satu slot untuk semua jenis kendaraan.

Ketahui juga apakah fasilitas lahan parkir disediakan untuk penyewa bersifat gratis atau berbayar. Namun jika area parkir berbayar sebaiknya pilih yang bisa berlangganan bulanan yang bisa didaftarkan di bagian pengurus parkir.

 

#6 Pastikan Harga Sesuai Fasilitas

Ketika akan menyewa apartemen tanyakan harga sewa, kemudian bandingkan dengan kondisi apartemen tersebut juga fasilitas yang didapatkan. Sebaiknya pilih yang harga yang sebanding dengan fasilitas yang tersedia. Jangan menyewa yang mewah bila keuangan tak mendukung.

Dengan berkembangnya teknologi, kamu sangat bisa memanfaatkan aplikasi. Aplikasi sewa apartemen akan memberikan informasi yang detail terkait dengan  harga serta fasilitas antara apartemen yang disewakan.

Takut Fail Baca Deh Tips Sewa Apartemen Ini Biar Gak Nyesel 04 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Intip 10 Hotel di Bali yang Dipakai Sebagai Tempat Resepsi Pernikahan Pasangan Artis Indonesia]

 

Lakukan Tips Di Atas

Nah, keenam hal ini sebaiknya diperhatikan sebagai tips sewa apartemen dan cara merawat apartemen. Jangan lupa jaga komunikasi dengan pemilik apartemen atau pihak pengelola apartemen, sehingga jika ada masalah  bisa diselesaikan bersama. Semoga bermanfaat.

Sebagai informasi tambahan, simak video mengenai apartemen Syariah di bawah ini.

 

Yuk bagikan artikel penting di atas pada sesama penyewa apartemen. Jangan sampai teman terdekatmu jadi fail ya! terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 Agustus 2017. Tips Tepat Sewa Apartemen. Rumah.com – https://bit.ly/2x4apFm

 

Sumber Gambar:

  • Apartemen 1 – https://bit.ly/3aSakUc
  • Apartemen 2 – https://bit.ly/34fYEI1
  • Apartemen 3 – https://bit.ly/2xPqfnq
  • Apartemen 4 – https://bit.ly/34fRLq8