Siapa sih yang tidak ingin punya rumah? Namun, bagaimana dengan harganya yang mahal? Jangan khawatir, karena KPR BCA akan membantu Anda dalam mewujudkan kepemilikan rumah.

Inilah cara dan syarat mengajukan KPR BCA yang akan dibahas dalam artikel Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Tahu Cara Beli Rumah untuk Masa Depan

Memiliki rumah sendiri merupakan salah satu impian bagi para pasangan baru. Hal tersebut dikarenakan rumah adalah salah satu dari tiga kebutuhan primer manusia yaitu papan.

Namun, sayangnya memiliki rumah tidak selalu mudah. Harga yang semakin melejit membuat rumah terasa sulit dimiliki karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Membuat rumah sendiri pun memerlukan biaya yang banyak untuk membeli bahan baku rumah, menyediakan lahan, upah tukang dan lain sebagainya.

Maka, kredit rumah mungkin menjadi solusi memiliki hunian dengan biaya yang bisa dicicil.

KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah merupakan program yang ditawarkan oleh bank kepada nasabahnya yang ingin membeli rumah baru atau bekas dengan cara kredit. Salah satu bank yang menawarkan program KPR adalah Bank BCA.

KPR Bank swasta terbesar di Indonesia ini banyak dilirik karena menawarkan bunga yang lebih rendah.

Selain itu, apa saja ya kelebihan dari KPR Bank BCA ini dan bagaimana cara serta syarat-syarat pengajuannya? Berikut pembahasan lengkapnya.

 

Kelebihan dan Jenis Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Bank BCA

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, banyak layanan atau produk yang ditawarkan Bank BCA untuk nasabahnya.

Salah satu yang sangat membantu adalah KPR atau kredit kepemilikan rumah. Ada banyak pilihan suku bunga serta fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Selain itu KPR Bank BCA juga bekerjasama dengan banyak developer di Indonesia sehingga hal ini membuat Anda lebih mudah dalam memilih tempat tinggal.

Anda juga bisa membayar cicilan atau angsuran dengan menggunakan autodebet melalui rekening tabungan BCA.

Mau Punya Rumah Begini Cara Dan Syarat Mengajukan KPR BCA 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Investasi Rumah Kost via KPR? Cek Penjelasannya!]

 

Angsuran KPR BCA pun tergolong ringan dengan suku bunga floating rendah serta stabil yang membuat membayar angsuran terasa tidak memberatkan.

Plafon peminjaman yang diberikan pun sangat tinggi, bahkan mencapai 3 miliar. Jika Anda berniat untuk membeli rumah melalui KPR Bank BCA berikut ini adalah pilihan KPR yang diberikan BCA kepada nasabahnya, yaitu:

 

KPR Bank BCA Fix 1-2 Tahun

KPR BCA ini memiliki bunga fix 8,75 persen dengan waktu angsuran 1-2 tahun. Anda bisa mengajukan tenor mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun dan Anda tidak akan mendapatkan penalti jika mempercepat pelunasannya.

 

KPR Bank BCA Fix 3 Tahun

KPR BCA fix 3 tahun ini mematok bunga lebih rendah dari sebelumnya, yaitu 8,50 persen dengan tenor yang ditetapkan 1-20 tahun.

 

KPR Bank BCA Fix 5 Tahun

Bunga dari KPR BCA Fix 5 tahun ini besaran bunganya lebih besar dari sebelumnya, yaitu 9 persen yang diangsur selama 5 tahun. Sementara tenor dan plafonnya sama dengan pilihan KPR BCA lainnya.

 

KPR Bank BCA Fix & Cap

KPR ini memiliki bunga kombinasi selama 5 tahun, yaitu 8,25 persen dari tahun pertama hingga ke tiga dan 10 persen pada 2 tahun terakhir. Tenor dan plafonnya sama seperti KPR BCA lainnya.

 

Syarat Pengajuan KPR Bank BCA

Apabila Anda ingin mengajukan KPR BCA maka lengkapi syarat-syarat berkas berikut ini.

 

#1 Syarat Berkas bagi Karyawan

Kenali Metode Penilaian Kinerja Karyawan yang Efektif dan Efisien 03 Karyawan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Mengajukan KPR Murah Bagi Para PNS yang Belum Memiliki Rumah]

 

Jika Anda adalah seorang karyawan perusahaan swasta, maka yang diperlukan adalah mengisi form aplikasi dan melengkapi berkas-berkas.

Adapun berkas yang diperlukan antara lain fotokopi KTP, kartu KK dan surat nikah atau cerai (jika sudah menikah), pas foto pemohon (dan pasangan, untuk yang sudah menikah).

Kemudian, fotokopi slip gaji terakhir atau surat keterangan penghasilan dan SK pegawai tetap, serta fotokopi tabungan 3 bulan terakhir dan SPT PPh 21. Anda juga harus mencantumkan fotokopi NPWP, SHM atau SHGB dan IMB.

 

#2 Syarat Berkas bagi Wirausahawan

Temukan Cara Bekerja Sama Dengan Pasangan dalam Berwirausaha 02 - Finansialku

[Baca Juga: KPR vs KTA Perbandingan Antara Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Tanpa Agunan]

 

Berbeda dengan karyawan, jika Anda seorang entrepreneur maka tetap ada ketentuan mengisi form aplikasi dan melengkapi dokumen.

Melengkapi dokumen seperti fotokopi KTP, kartu KK dan surat nikah atau cerai (jika sudah menikah), pas foto pemohon (dan pasangan, untuk yang sudah menikah), fotokopi tabungan dalam 3 bulan terakhir dan SPT PPh 21, serta fotokopi NPWP, SHM atau SHGB dan IMB.

Karena Anda adalah seorang wirausahawan maka tidak perlu mencantumkan fotokopi slip gaji.

Namun harus ada bukti tentang pendapatan selain dari buku rekening sehingga tim survei dapat menyimpulkan kelayakan dan kesanggupan terhadap pembayaran.

 

#3 Syarat Berkas bagi Tenaga Ahli atau Profesional

Pajak Penghasilan Karyawan, Profesional, Pengusaha Dan Investor

[Baca Juga: Apakah KPR DP Nol Rupiah Memberikan Keuntungan?]

 

Bagi Anda yang berprofesi sebagai dokter, guru dan tenaga profesional lainnya, maka setelah mengisi form aplikasi, Anda harus melengkapi dokumen dengan fotokopi KTP, kartu KK dan surat nikah atau cerai (jika sudah menikah).

Kemudian pas foto pemohon (dan pasangan, untuk yang sudah menikah), fotokopi tabungan 3 bulan terakhir dan SPT PPh 21, serta fotokopi NPWP, SHM atau SHGB dan IMB.

Karena berprofesi sebagai tenaga profesional maka harus ada lampiran surat izin membuka praktek sehingga bisa menjadi bukti tentang pekerjaan saat ini.

 

Cara Pengajuan KPR Bank BCA

Pengajuan KPR Bank BCA bisa dilakukan secara offline maupun online. Jika Anda ingin melakukan pengajuan KPR secara offline maka Anda bisa mengikuti prosedur berikut ini:

  • Pengisian formulir pengajuan dan proses permohonan KPR bisa dilakukan di unit atau cabang Bank BCA.
  • Mendatangi kantor Bank BCA pusat atau cabang, kemudian menyerahkan berkas-berkas yang telah disiapkan untuk proses lanjutannya.

 

Proses pengajuan KPR Bank BCA juga bisa dilakukan dengan cara online. Adapun prosedur pengajuan KPR BCA secara online yaitu:

  • Mengisi formulir pengajuan secara online di website resmi Bank BCA
  • Membawa nomor referensi dan bukti formulir yang telah diisi.
  • Melampirkan data diri saat melakukan pendaftaran online.
  • Apabila data diri Anda dalam masa perpanjangan maka Anda harus mempunyai resi perpanjangan tersebut.
  • Membawa dokumen-dokumen yang telah ditentukan.

 

Perlu diketahui bahwa meskipun Anda tidak memberikan jaminan apa-apa dalam pengajuan kredit kepemilikan rumah atau KPR Bank BCA, namun secara tidak langsung Anda telah memberikan jaminan pada KPR yang Anda ajukan.

Tetap ada sanksi ketika pembayaran angsuran Anda macet, adapun berkas yang menjadi jaminan adalah fotokopi SHM atau HGB, fotokopi IMB dan fotokopi PBB terakhir.

Pembayaran cicilan yang macet pada kredit rumah akan dikenakan sanksi berupa penyitaan rumah KPR BCA Anda.

Jadi, selalu bayar cicilan Anda tepat waktu ya. Apabila ada hal yang kurang jelas dan masih bingung, Anda dapat menghubungi call center BCA secara langsung atau mengunjungi website resminya. 

Jika Anda ingin merencanakan keuangan Anda dengan matang sehingga berbagai tujuan keuangan Anda bisa tercapai, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, apakah Anda tertarik untuk bergabung bersama KPR BCA?

Wujudkan kepemilikan rumah dengan KPR BCA dan selalu bagikan informasi penting seperti artikel ini pada rekan yang juga ingin memiliki rumah pribadi, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Boby. 10 November 2018. Ajukan KPR BCA, Begini Caranya Dapat Bunga Single Digit. Moneysmart.id – http://bit.ly/2WnY0qN
  • Izna Faruq. Prosedur dan Syarat Mengajukan Kredit KPR Rumah dari Bank BCA. Centrausaha.com – http://bit.ly/30Ar65a

 

Sumber Gambar:

  • KPR BCA 1 – http://bit.ly/2HuDAE3
  • KPR BCA 2 – http://bit.ly/2Hs1Qqq