Sempat dikabarkan harga parkir di Jakarta akan mengalami kenaikan, contohnya parkir mobil bisa mencapai Rp50.000. Sebaiknya apa yang dapat kita lakukan untuk menghemat pengeluaran transportasi?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Parkir Mobil di Jakarta Kian Mahal, Apakah Masih Menguntungkan Mengendarai Mobil Pribadi?

Masyarakat Jakarta dicengangkan dengan kabar kenaikan tarif parkir mobil yang dirasa sangat mahal. Pemprov DKI menaikkan tarif parkir menjadi Rp50.000 per satu kali parkir, rencana skema kenaikan tarif ini akan diberlakukan mulai bulan Oktober 2017.

 

Kami mengetahui peningkatan harga parkir di Jakarta khususnya parkir mobil akan menambah pengeluaran bulanan Anda.

Silakan baca artikel ini sampai selesai, karena kami akan membagikan 5 tips untuk menghemat pengeluaran Anda.

 

Sebelum melanjutkan, Anda dapat daftar Aplikasi Finansialku atau download di Google Play Store. Aplikasi ini akan membantu anda dalam menghemat pengeluaran bulanan terlebih ketika tarif parkir mobil di Jakarta mengalami kenaikan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Aturan ini berawal dari usulan Sekda DKI, Saefullah, Ia menganggap aturan ini adalah salah satu cara menyelesaikan masalah kemacetan yang sudah sangat akrab dengan daerah Ibu Kota.

 

Dikutip dari news.detik.com Selasa (15/8/17).

“Ini adalah untuk menyelesaikan persoalan kemacetan. Jadi di jalur biasa ini biar saja macet-ria. Supaya orang belajar bahwa jalur busway ini lancar. Sehingga nanti orang berpindah dari kendaraan pribadi kendaraan umum.”

Ujar Sekda DKI tersebut.

 

Beliau mengaku telah mengajukan dan mengusulkan hal ini ke DPRD sejak awal tahun 2017, Ia yakin jika perda ini akan segera dirumuskan dan rampung pada akhir tahun 2017.

“Saat ini, tarif motor Rp 2.000 per jam, sedangkan tarif mobil Rp 5.000 per jam. Selain tarif parkir mobil, bila kendaraan pribadi berkurang, maka jalur bus Transjakarta akan steril. Dengan begitu, waktu tunggu Transjakarta hanya 2-3 menit.”

Tambah Saefullah.

 

Berdasarkan analisis, setiap empat penduduk warga Jakarta memiliki setidaknya satu unit mobil dan setiap dua penduduk warga Jakarta memiliki satu motor. Bisa dibayangkan betapa sesaknya kota Jakarta dengan kendaraan.

 

Menurut Anda, jika tarif parkir mobil di Jakarta jadi naik, kira-kira berapa kenaikan yang wajar?

Silakan tulis pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Pemerintah DKI Selain Meningkatkan Harga Parkir Mobil, Mereka Berencana Menaikkan Tarif Pajak Kendaraan di Jakarta

Upaya lain dalam menurunkan tingkat kemacetan yang dilakukan oleh Pemerintah DKI selain menaikkan tarif parkir yaitu menaikkan tarif pajak kendaraan, namun untuk menerapkan kenaikan tarif, Saefullah menyebut harus ada revisi peraturan daerah terlebih dahulu.  

 

Kenaikan tarif parkir dan tarif pajak kendaraan akan membuat masyarakat berpikir lebih panjang untuk membeli atau menambah koleksi kendaraan pribadinya.

Gaji Rp 3 Juta Beli Mobil (4)

[Baca Juga: Gaji 3 Juta Apakah Bisa Beli Mobil?]

 

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta memberikan opsi tarif parkir dinaikkan atau warga Jakarta beralih menggunakan Trans Jakarta, MRT dan LRT. Banyak upaya yang telah dilakukan Pemprov DKI agar penggunaan Trans Jakarta, MRT dan LRT bisa dimaksimalkan.

 

Senada dengan yang diungkapkan Sekda DKI, Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, Edi Sumantri, mengatakan, rencana kenaikan pajak parkir, tarif parkir dan BBNKB telah dibicarakan bersama DPRD DKI.

Perubahan tarif pajak BBNKB harus didahului revisi Perda Nomor 9 Tahun 2010 tentang pajak kendaraan bermotor. Begitu juga dengan tarif parkir yang ada dalam Perda Nomor 16 Tahun 2010 tentang pajak parkir, mesti direvisi terlebih dulu.

 

Dilansir dari tribunnews.com (15/8/17)

“Ini baru diusulkan. kita maunya besok kalau bisa direalisasikan. kalau diberlakukan Januari tahun depan potensi pendapatan hilang. kalau bisa di Oktober masih bisa dapat.”

Ungkap Edi.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Ruas Jalan Kota Jakarta dan Jumlah Kendaraan Tak Sebanding

Pertumbuhan kendaraan roda empat baru di Jakarta mencapai 900 unit per hari. Sedangkan roda dua mencapai 1.400 unit per hari. Sangat jauh perbandingan antara pelebaran ruas jalan dan penambahan unit kendaraan.

Bombastis, Parkir Di Jakarta Semakin Mahal. Parkir Mobil Bisa Sampai Rp 50.000 - 2 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp 3Jt Mau Beli Mobil? Parkir Di Jakarta? Apakah Bisa?]

 

Salah satu cara untuk menekan pertumbuhan kendaraan adalah dengan meningkatkan pajak BBNKB dengan skema, misalnya mobil baru Rp100 juta, pajaknya tidak lagi 10%, melainkan 20%.

 

Jakarta Harus Mulai Berbenah Masalah Parkir Mobil dan Kemacetan

Ada baiknya Indonesia mengadopsi aturan pajak kendaraan di luar negeri, dimana semakin lama usia kendaraan akan semakin mahal pembayaran pajaknya.

Kebiasaan berkendara masyarakat Jakarta sudah hampir sama dengan masyarakat Los Angeles, satu orang bisa memiliki kendaraan lebih dari satu. Hanya saja regulasi yang digunakan belum seperti Los Angeles.

Mau Beli Mobil Baru Pahami Dulu Apa Itu Kredit Mobil dan Cara Kerjanya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Tahu Strategi Cerdas dalam Melunasi Kredit Mobil?]

 

Parahnya lagi banyak masyarakat Indonesia khususnya Jakarta memiliki banyak kendaraan namun tidak memiliki lahan untuk parkir. Jika hal ini terus dibiarkan begitu saja akan menjadikan Jakarta sebagai kota dengan kendaraan terpadat.

Hal ini harus segera diatasi. Dimulai dari diri masyarakat sendiri dan dorong dengan perbaikan serta pembaharuan fasilitas kendaraan umum yang disediakan oleh Pemprov DKI.

 

5 Cara untuk Menghemat Pengeluaran Transportasi Anda!

Berikut ini 5 tips untuk menghemat pengeluaran transportasi:

 

#1 Mulai gunakan transportasi umum

Penggunaan transportasi umum secara massive akan berpengaruh terhadap pengeluaran bulanan yang lebih hemat, selain itu jika berhasil waktu perjalanan pun akan lebih cepat.

 

#2 Gunakan promo pembelian BBM dari kartu kredit

Cara yang dapat dilakukan untuk berhemat adalah memanfaatkan promo BBM dari kartu kredit. Sebagian kartu kredit memiliki keunggulan cash back 5% pada setiap pembelian bahan bakar, seperti Citibank Cash Back dan Danamon Platinum.

 

#3 Gabung menjadi komunitas Nebengers

Sejak tahun 2011, terdapat komunitas bernama Nebengers, yang menjadi salah satu jalan keluar bagi masyarakat Jakarta yang merasa kesulitan menghadapi mahalnya biaya transportasi.

Diperkenalkan melalui akun Twitter @nebengers, komunitas ini berfungsi memberikan tumpangan kepada orang lain yang kebetulan memiliki tujuan yang sama, dan kemudian patungan biaya bensin.

 

#4 Cari tempat tinggal dekat kantor

Selain jarak tempuh yang dekat, tempat tinggal yang dekat dengan kantor akan sangat berpengaruh terhadap pengeluaran bulanan.

 

#5 Ikuti komunitas Bike To Work

Beberapa tahun yang lalu sudah banyak sekali berdiri komunitas Bike To Work khususnya di kota Jakarta. Selain menghemat biaya, cara ini membuat badan lebih sehat.

 

SELAMAT, setelah membaca artikel ini Anda mengetahui solusi untuk menghemat pengeluaran transportasi bulanan.

Saat ini tentu saja ada banyak teman dekat Anda yang mengalami permasalahan yang sama. Anda akan menjadi pahlawan finansial untuk orang sekitar, jika Anda membagikan artikel ini.

Teman-teman Anda akan merasa berterima kasih, karena Anda sudah membantu mereka menghemat pengeluaran.

 

Menurut Anda apakah harga parkir mobil sebesar Rp50.000 itu memberatkan?

Silakan beri komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Gambar:

  • Parkir liar di Jakarta tak kunjung hilang – https://goo.gl/w1KUjM
  • Kenaikan harga parkir mobil dan parkir di Jakarta – https://goo.gl/FnGpGJ

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Fida Ul Haq. 11 Agustus 2017. Tarif Parkir di Pinggir Jalan Jakarta Bakal Naik, Jadi Berapa?¬†Detik.com – https://goo.gl/MB7VYR
  • Muhammad Fida Ul Haq. 7 Agustus 2017. Pemprov DKI Usulkan Tarif Parkir Naik untuk Alihkan Warga ke TransJ. Detik.com – https://goo.gl/2bXgA4
  • Delvira Chaerani Hutabarat. 7 Agustus 2017. Tarif Parkir di Jakarta Akan Naik Tahun Ini. Liputan6.com – https://goo.gl/XEqjdL
  • Admin. 9 Agustus 2017. Pemprov DKI Akan Naikkan Tarif Parkir, Sekali Parkir Jadi Rp 50.000: Berlaku Mulai Oktober 2017. Tribunnews.com – https://goo.gl/oTVoV3

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang