Melunasi kredit mobil bisa menjadi beban utang jangka panjang yang melelahkan. Kredit mobil akan lama lunasnya jika Anda hanya bergantung pada tagihan bulanan Anda. Ingin tahu strategi untuk melunasi kredit mobil dengan lebih cepat? Mari kita lihat strategi cerdas dalam melunasi kredit mobil berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengenal Refinancing dalam Kredit Mobil

Jika Anda tengah mencicil kredit mobil, Anda sebenarnya memiliki pilihan lain, yakni refinancing. Apakah Anda pernah mendengar istilah refinancing sebelumnya? Refinancing tidak lain adalah mengganti suatu pinjaman yang Anda telah miliki dengan pinjaman lain. Refinancing dapat dilakukan dengan pemberi pinjaman saat ini atau Anda dapat berpindah pada pemberi pinjaman yang lain.

Umumnya tidak ada batasan waktu minimal untuk melakukan refinancing, artinya Anda dapat melakukannya langsung setelah Anda membeli, bahkan sebelum Anda melakukan pembayaran pertama. Tetapi kapankah waktu yang tepat untuk melakukan refinancing?

Refinancing Apakah Anda Tahu Strategi Cerdas dalam Melunasi Kredit Mobil 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana, Kredit Mobil di Bank atau Kredit Mobil di Leasing?]

 

Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan mengajak Anda untuk melihat strategi cerdas dalam melunasi kredit mobil dengan strategi refinancing.

 

Kapan Sebaiknya Refinancing Dilakukan?

Refinancing memang sebuah strategi dalam mempercepat pelunasan kredit mobil, namun tidak ada gunanya jika Anda melakukannya pada kondisi yang tidak tepat. Lalu kapan sih sebaiknya refinancing dilakukan? Mari kita lihat kondisi-kondisi yang dapat mempengaruhi keputusan refinancing Anda:

 

#1 Penawaran dengan Suku Bunga Lebih Rendah

Salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya cicilan kredit mobil adalah suku bunganya. Suku bunga Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) bervariasi tergantung pada penyedia pinjaman. Jika Anda bisa memperoleh penawaran suku bunga yang lebih rendah, maka masuk akal untuk melakukan refinancing. Dengan asumsi seluruh biaya lainnya sama, maka jelas bahwa Anda akan membayarkan lebih sedikit uang.

Perlu Anda ketahui kredit mobil biasanya menggunakan sistem amortisasi, yakni pengurangan nilai aktiva tidak berwujud secara bertahap dalam jangka waktu tertentu pada setiap periode akuntansi. Dengan kata lain, Anda akan melunasi utang dalam periode tertentu, namun mayoritas yang Anda bayarkan di awal adalah bunganya terlebih dahulu. Dengan demikian, bijak jika Anda segera melakukan refinancing jika menemukan suku bunga lebih rendah.

 

#2 Riwayat Kredit Lebih Baik

Credit score merupakan nilai yang mencerminkan riwayat kredit Anda. Seperti Anda ketahui, di Indonesia nilai ini diperoleh dengan BI checking yang laporannya tercatat pada Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia. Riwayat kredit ini menunjukkan kolektibilitas atau kelancaran pembayaran kredit Anda yang akan mempengaruhi pengajuan kredit Anda ke depannya.

Jangan Kredit Mobil Lagi, Jika Anda Belum Tahu Aturan Mainnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Kredit Mobil Lagi, Jika Anda Belum Tahu Aturan Mainnya]

 

Credit score yang lebih baik memberi alternatif kredit yang lebih luas bagi Anda, sehingga Anda bisa memperoleh penawaran yang lebih baik. Yang penting adalah Anda menjaga riwayat kredit Anda dengan selalu melunasi utang dengan tepat waktu dan tepat jumlah.

 

#3 Cicilan Bulanan yang Lebih Kecil

Jumlah cicilan yang lebih kecil juga dapat menjadi pertanda waktunya refinancing. Namun hati-hati, besaran cicilan yang lebih kecil baru bisa diartikan menguntungkan jika periode kredit atau masa tenornya sama. Jika masa tenornya lebih panjang, Anda ujung-ujungnya akan membayar lebih banyak (walaupun jika besaran cicilan per bulannya lebih kecil).

 

Bagaimana Cara Melakukan Refinancing?

Untuk melakukan refinancing tidaklah sulit. Anda akan dibantu oleh pihak pemberi kredit dalam mayoritas prosesnya. Namun sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut:

  1. Kumpulkan informasi terkait pemberi kredit saat ini.
  2. Kumpulkan informasi mengenai kendaraan yang akan diajukan refinancing-nya.
  3. Berikan bukti kemampuan finansial kepada pemberi kredit baru. Untuk lebih jelasnya Anda bisa bertanya langsung dengan pemberi kredit terkait.

 

Malapetaka Kredit Mobil, Jika Tanpa Perhitungan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Malapetaka Kredit Mobil, Jika Tanpa Perhitungan]

 

Jika Anda sudah memiliki informasi lengkap, biasanya Anda hanya perlu mengisi form pengajuan dan melengkapinya dengan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan. Sederhana bukan?

 

Kesalahan-Kesalahan dalam Refinancing yang Sebaiknya Anda Hindari

Refinancing merupakan strategi untuk berhemat, namun bisa rugi akhirnya jika Anda melakukan beberapa kesalahan kecil. Hindari membayar lebih besar dari sebelumnya dengan mencegah beberapa kesalahan berikut ini:

 

#1 Perpanjangan Masa Tenor

Seperti telah disebutkan sebelumnya, besaran cicilan yang lebih kecil bisa jadi merugikan jika masa tenornya lebih panjang. Masa tenor panjang biasanya bermakna Anda membayar lebih banyak. Cicilan bulanan yang ringan memang menarik, tetapi pikirkan kerugian jangka panjang yang akan Anda terima. Intinya adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda ingin besaran cicilan yang lebih ringan, pilih masa tenor panjang: beban per bulannya otomatis lebih ringan, namun pada akhirnya sebenarnya Anda membayar lebih banyak.
  • Jika Anda mampu membayar cicilan yang lebih besar, pilih masa tenor pendek: beban per bulannya lebih besar namun total yang dibayarkan sebenarnya lebih sedikit.

 

Mau Beli Mobil Baru Pahami Dulu Apa Itu Kredit Mobil dan Cara Kerjanya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Mobil Baru? Pahami Dulu Apa Itu Kredit Mobil dan Cara Kerjanya]

 

Oleh karena itu, perhitungkan terlebih dahulu kemampuan finansial Anda dan pilihlah masa tenor yang sesuai dengan Anda. Jangan sampai refinancing malah merugikan Anda ya.

 

#2 Membayar Kredit Mobil Jelek

Saat Anda menentukan masa tenor kredit, lagi-lagi pikirkan apakah masa tenor tersebut sepadan dengan nilai mobil tersebut. Banyak orang yang masih harus membayar cicilan bahkan saat mobil sudah rusak atau sudah jelek. Anda tetap harus membayar apapun keadaan mobil tersebut untuk menjaga riwayat kredit Anda. Sehingga jelas bahwa lebih baik melunasi kredit mobil Anda secepatnya untuk menghindari hal-hal seperti yang tadi telah disebutkan.

 

#3 Denda Pelunasan Dipercepat

Denda pelunasan dipercepat mungkin memang jarang diaplikasikan untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), namun penting untuk mengecek seluruh syarat dan ketentuan kredit mobil sebelum Anda menandatanganinya. Jika Anda memutuskan untuk melakukan refinancing, perhitungkan terlebih dahulu kelayakannya dengan membandingkan keuntungan yang bisa didapat dengan biaya-biaya atau denda yang mungkin muncul. Salah satunya adalah denda pelunasan dipercepat. Jangan sampai dendanya lebih besar dari keuntungan Anda lho.

Simulasi Kredit dan Mengenal 3 Jenis Bunga Kredit yang Perlu Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit dan Mengenal 3 Jenis Bunga Kredit yang Perlu Anda Ketahui]

 

#4 Menunda Terlalu Lama untuk Refinancing

Jika Anda memutuskan untuk melakukan refinancing, lakukan dengan segera! Menunda terlalu lama bisa menjadi bencana bagi Anda. Suku bunga yang bagus biasnya berlaku untuk kendaraan yang masih bagus dan baru, dan refinancing akan sulit dilakukan jika umur mobil sudah terlalu tua.

 

#5 Melewatkan Pembayaran

Kesalahan yang paling umum dalam refinancing: tidak ikut berperan aktif dalam prosesnya. Jangan ingin praktis dan santai, tanpa mengetahui seluk beluk proses refinancing. Anda perlu mengetahui kapan Anda bisa berhenti membayar cicilan pada kreditur lama dan kapan Anda mulai mencicil pada kreditur baru. Kurangnya informasi bisa berdampak telat bayar dan akhirnya merusak riwayat kredit Anda.

[Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru 01 - Finansialku

[Baca Juga: [Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru]

 

Refinancing: Strategi Cerdas Jika Dilakukan dengan Tepat

Jadi sebenarnya refinancing itu menguntungkan tidak sih? Apa bisa membantu pelunasan kredit mobil lebih cepat? Kapan sebaiknya refinancing dilakukan?

Jawabannya: refinancing akan menguntungkan dan mampu membantu meringankan cicilan kredit mobil bahkan membantu pelunasan lebih cepat, asalkan:

  1. Dilakukan tepat waktu
  2. Menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin merugikan
  3. Mengukur kemampuan finansial terlebih dahulu
  4. Mencari kreditur baru dengan biaya dan suku bunga yang kompetitif
  5. Mengumpulkan informasi terkait info kreditur lama dan baru kemudian melakukan analisis kelayakan refinancing terlebih dahulu

 

Refinancing akan menguntungkan jika dilakukan dengan tepat Click to Tweet

 

Jangan cemas, dengan informasi yang lengkap dan analisis yang tepat, Anda bisa melakukan refinancing dan menikmati manfaatnya. Ingat, kredit mobil pun bisa dipercepat asal Anda menyusun strategi yang cerdas.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai strategi cerdas dalam melunasi kredit mobil lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Justin Pritchard. 7 Juni 2017. Banking and Loans: When to Refinance a Car Loan. Thebalance.com – https://goo.gl/2EjfVa
  • Jose Hasibuan. 31 Maret 2011. Amortisasi dan Sinking Fund. Kompasiana.com – https://goo.gl/QHdxHm
  • Admin. 27 Juni 2015. Kredit Anda Ditolak? Cek BI Checking Anda! Cermati.com – https://goo.gl/XyBKZZ

 

Sumber Gambar:

  • Kredit Mobil – https://goo.gl/6ZQCNW dan https://goo.gl/fmNgBB

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana