Sudah banyak orang yang membuktikan besarnya keuntungan membeli apartemen lho. Apakah Anda salah satunya?

Jika belum, segera simak berbagai keuntungan membeli apartemen yang akan dikupas melalui pembahasan artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Keuntungan Membeli Apartemen

Apartemen, selain bisa menjadi tempat tinggal, unit properti yang satu ini memang sangat menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan dari biaya sewanya.

Selain itu, masih banyak keuntungan yang ditawarkan dari membeli unit apartemen. Mau tahu apa aja keuntungan membeli apartemen yang bisa Anda dapatkan?

Kali ini Finansialku akan mengulas berbagai keuntungan fantastis yang akan Anda dapatkan dengan memiliki unit apartemen.

Tapi sebelum itu, sudahkah mengecek kesehatan keuangan pribadi Anda?

Ingat ya, kondisi kesehatan yang baik akan menentukan masa depan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai Anda merasa rugi karena tidak sesegera mungkin menyelesaikan masalah keuangan dari jauh-jauh hari.

Gunakan fitur Financial Health Check Up dari Finansialku untuk mengetahui sejak dini kesehatan keuangan pribadi Anda.

Anda bisa melakukannya via website Finansialku ataupun melalui Aplikasi Finansialku. Unduh terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Kompetisi Cara SMART Merencanakan Keuangan Dengan Aplikasi Finansialku 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fungsi Manajemen Keuangan Bisnis UMKM yang Harus Anda Ketahui, agar Bisnis Anda Sukses. Apakah Sudah Anda Terapkan?]

 

Manfaatkan pula fitur lain dari Aplikasi Finansialku untuk merencanakan juga mengatur keuangan Anda sehari-hari, mulai dari:

  • Membuat anggaran.
  • Mencatat keuangan.
  • Merencanakan keuangan.
  • Memantau kinerja investasi.
  • Mengecek kesehatan keuangan.
  • Mengikuti kursus online
  • Live chat dengan perencana keuangan, dan masih banyak lagi.

 

Selain itu, beberapa benefit lainnya yang bisa Anda peroleh dari aplikasi Finansialku antara lain sebagai berikut:

  • Up to date dengan kondisi keuangan Anda.
  • Miliki kontrol atas keuangan Anda.
  • Cari tahu dan perbaiki kebocoran-kebocoran keuangan.
  • Perbaiki kondisi utang konsumtif.
  • Merencanakan dan mewujudkan kepemilikan kebutuhan mulai dari dana darurat, rumah, kendaraan, dana pendidikan anak, dana pensiun, dan masih banyak lagi.

 

Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan fitur aplikasinya dengan free trial-nya selama 30 hari. Jika Anda ingin merasa lebih eksklusif, segera upgrade aplikasinya menjadi PREMIUM.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang dapat memberikan saran terbaik untuk mencapai kebebasan keuangan di masa depan.

Tunggu apalagi? Mulai dari sekarang ya!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Nah berikut ini ialah sejumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan memiliki unit apartemen, mulai dari:

 

#1 Keuntungan Membeli Apartemen: Lokasi yang Lebih Strategis

Jika dibandingkan dengan rumah tapak atau perumahan kompleks yang biasanya ada di daerah pinggiran kota, unit apartemen biasanya berlokasi di tempat yang lebih strategi, seperti di tengah kota atau setidaknya lebih dekat dengan pusat kota.

Unit apartemen sudah tentu berlokasi di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh setiap moda transportasi alias aksesnya mudah.

Bahkan tak jarang dekat dengan pintu tol atau tempat fasilitas publik dan titik keramaian seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan juga kampus.

Karena lokasinya yang strategis inilah yang membuat banyak orang berbondong-bondong membeli hunian vertikal ini.

Alasan keuntungan membeli apartemen yang pertama ini saja sudah menggiurkan dan bahkan membuat para investor berlomba untuk memilikinya demi meraup keuntungan yang berlipat karena pertimbangan nilai investasi positif dan terus berkembang dari properti unit apartemen ini.

Keuntungan Membeli Apartemen 02 - Finansialku

[Baca Juga: Slide: 5 Kesalahan Manajemen Keuangan Pemilik Bisnis Online yang Sering Dilakukan! Plus Solusinya]

 

#2 Keuntungan Membeli Apartemen: Hunian Vertikal dengan Fasilitas Lengkap

Dunia modern kini semakin menyuguhkan berbagai kemudahan dan itulah yang membuat masyarakat yang kini didominasi oleh para milenial yang ingin memiliki unit apartemen.

Berbagai kemudahan yang didapatkan dari memiliki unit apartemen adalah fasilitas lengkap yang disediakan pihak developer dalam sebuah komplek hunian apartemen.

Berbagai fasilitas publik yang disediakan dapat memanjakan para penghuni dan membuat mereka merasa nyaman memiliki hunian vertikal tersebut.

Hunian apartemen memang menyuguhkan berbagai fasilitas yang melekat di dalamnya, antara lain kolam renang, pusat kebugaran dan kesehatan (gym center) atau sport club, café, mini market, mall, dan lahan parkir yang luas.

Keuntungan kedua ini juga menjadi alasan yang kuat mengapa apartemen termasuk salah satu investasi yang sangat menjanjikan.

Tidak hanya bagi investor, demikian juga bagi mereka yang menggunakan unit apartemen sebagai tempat tinggal.

Berbagai fasilitas yang menunjang kehidupan agar semakin efektif dan efisien inilah yang menjadi daya tarik yang kuat dan membuat permintaan akan unit apartemen meningkat sehingga tak heran jika harga jual dan harga sewa apartemen menjadi semakin meningkat pula.

 

#3 Keuntungan Membeli Apartemen: Kemudahan dalam Menyewakan Kembali

Dari kedua alasan di atas saja sudah membuktikan bahwa memiliki unit apartemen itu sangatlah menguntungkan.

Dari sisi pembeli yang berencana untuk menyewakan unit apartemennya, ini akan menjadi keuntungan tambahan di mana sang pemilik unit apartemen mendapatkan cash flow setiap bulannya dari pihak penyewa unit apartemen.

Tentu ini akan menjadi pendapatan pasif bagi pemilik unit apartemen, bukan?

Menilik pangsa pasar, karena kebutuhan akan tempat tinggal memang menjadi salah satu kebutuhan utama, apalagi menimbang keuntungan yang telah dipaparkan di atas, menyewakan hunian apartemen cenderung mudah.

Bagi para investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari biaya sewa apartemen, memfokuskan target pasar juga sangat diperlukan.

Misalnya jika target pasar kita adalah para mahasiswa, tentu unit apartemen tipe studio sudah bisa dikatakan cukup.

Ada berbagai macam tipe hunian apartemen, selain studio menurut Olimpicresidence-sentul.com, ada setidaknya 12 tipe unit apartemen yang bisa menjadi pilihan (meski di Indonesia tak semuanya tersedia).

Di antaranya Tipe Apartemen Alcove Studio, Tipe Apartemen Convertible Studio, Tipe Apartemen Convertible, Tipe Apartemen Loft, Tipe Apartemen Junior 1 Bedroom, Tipe Apartemen Junior 4, Tipe Apartemen 2 Bedroom, Tipe Apartemen 3 Room, Tipe Apartemen Classic Six, Tipe Apartemen Duplex dan Triplex, serta Tipe Apartemen Garden.

Keuntungan Membeli Apartemen 03 - Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan untuk Startup Founder Agar Tetap Fokus Membesarkan Baby StartUp]

 

#4 Keuntungan Membeli Apartemen: Praktis, Efektif & Efisien

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa manusia modern sangat menginginkan fasilitas penunjang hidup yang semakin praktis, efektif serta efisien, dan inilah keuntungan yang ditawarkan dari memiliki unit apartemen.

Unit apartemen yang dibangun di wilayah strategis dengan berbagai fasilitas publik yang sangat menunjang akan membuat para penghuninya semakin dimanjakan.

Bayangkan jika Anda memiliki unit apartemen yang dekat dengan tempat Anda bekerja (kantor), akses transportasi yang tidak membutuhkan waktu lama untuk menjangkaunya, lokasi pusat kebugaran yang juga hanya sejauh berjalan kaki ditambah lagi tempat berbelanja dan juga ruang terbuka untuk bermain bersama keluarga seperti kolam renang yang tersedia.

Tak perlu bermacet-macetan dan memakan waktu lama di perjalanan untuk menuju ke suatu tempat, bukan?

Bahkan biaya transportasi bisa lebih murah seperti mengirit bahan bakar apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Keuntungan triple ini (praktis, efektif & efisien) sudah pasti Anda dapatkan.

 

#5 Keuntungan Membeli Apartemen: Capital Gain Saat Menjual Kembali Unit Apartemen

Menyewakan unit apartemen akan menghasilkan cash flow, sedang menjual unit apartemen akan menghasilkan capital gain.

Capital gain ini adalah selisih dari harga beli dengan harga jual unit apartemen Anda.

Dengan mendapatkan capital gain, perlu dipahami bahwa kepemilikan atas unit apartemen tentu akan berpindah tangan kepada pihak pembeli.

Agar unit apartemen dapat terjual dengan cepat, tak jarang para penjual unit apartemen menggunakan jasa penjual properti seperti jasa saleshack.

Keuntungan Membeli Apartemen 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fungsi Manajemen Keuangan Bisnis UMKM yang Harus Anda Ketahui, agar Bisnis Anda Sukses. Apakah Sudah Anda Terapkan?]

 

#6 Keuntungan Membeli Apartemen: Harga yang Cepat Meningkat

Dilansir dari Rumah123.com, hunian vertikal harganya cenderung lebih cepat mengalami peningkatan. Inilah yang menjadi keuntungan istimewa yang didapatkan bagi para investor unit apartemen.

Keuntungan ini akan semakin meningkat apabila pembangunan fasilitas dan infrastruktur yang diprakarsai oleh pemerintah bisa cepat terselesaikan dan masyarakat dapat menikmati setiap fasilitas tersebut.

 

#7 Keuntungan Membeli Apartemen: Menghasilkan Return on Investment (ROI) yang Tinggi

Bagi para investor yang menyewakan unit apartemennya, keuntungan ROI atau Return on Investment sudah tentu mengikuti.

Keuntungan dari Return on Investment (ROI) dapat dihitung dengan cara menghitung biaya sewa dengan modal yang telah dikeluarkan untuk membeli unit apartemen tersebut.

Misalnya Anda membeli sebuah unit apartemen dengan harga sebesar Rp200 juta dan kemudian disewakan dengan harga sewa setiap bulannya adalah Rp5 juta.

Dengan demikian, pendapatan dari hasil sewa unit apartemen Anda dalam satu tahun adalah sebesar Rp60juta.

Apabila sang penyewa unit apartemen menyewa selama 5 tahun, maka pendapatan akumulasi dari penyewaan unit apartemen Anda sebesar Rp300juta.

Jenis Sertifikat Apartemen yang Perlu Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga dan Membuat Perencanaan Keuangan?]

 

Setelah itu, total pendapatan selama 5 tahun (Rp300 juta) dikurangi dengan modal awal membeli unit apartemen (Rp200 juta) dan dibagi dengan modal awal dikali 100% (Rp200 juta x 100%).

Berikut ini penghitungannya:

Rumus ROI - Finansialku

Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil keuntungan yang Anda dapatkan dari penyewaan unit apartemen itu selama 5 tahun adalah sebesar 50%.

Apabila fasilitas umum dan infrastruktur di sekitar unit dan kompleks apartemen semakin berkembang, sudah dapat dipastikan bahwa harga sewa dari unit apartemen Anda akan meningkat dan degan demikian, Return on Investment (ROI) yang Anda dapatkan pun akan meningkat pula.

 

Enggak Sabar Mau Dapat Keuntungan Membeli Apartemen?

Setelah membaca ulasan di atas, tentu bagi Anda yang sudah memiliki cukup modal akan merasa tidak sabar untuk segera memiliki hunian vertikal itu, apapun tujuannya, entah untuk tempat tinggal maupun untuk disewakan.

Namun, sebelum Anda melangkahkan kaki menuju meja front office developer dan menyatakan deal untuk membeli unit apartemen, simak tips membeli unit apartemen berikut ini agar terhindar dari kerugian dan penipuan, mulai dari:

  1. Ketahui rekan jejak atau track record developer atau pihak pengembang. Jangan sampai Anda kena tipu dengan iming-iming keuntungan besar dari bisnis jual beli atau sewa apartemen. Pastikan Anda tidak sedang bekerja sama dengan developer yang bermasalah.
  2. Cek kelengkapan surat perizinan yang menyertai unit apartemen yang akan dibeli seperti Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), izin prinsip, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan juga Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah. Anda dapat memastikannya dengan melakukan validasi melalui dinas terkait.
  3. Pilihlah unit apartemen yang usianya masih tergolong baru karena usia dari bangunan juga menentukan besarnya biaya perawatan gedung.

 

Begini Cara Investasi Apartemen Cepat Untung yang Harus Kamu Lakukan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jarak Tak Jadi Halangan! Kini Ada 7 Cara Jitu Dalam Menghadapi Kerja Remote (Kerja Jarak Jauh)]

 

Oh iya, di sisi lain memiliki unit apartemen bisa menjadi batu loncatan untuk mengumpulkan dana pendidikan bagi buah hati juga lho.

Tapi, apakah Anda sudah mempersiapkan dana pendidikan untuk buah hati Anda?

Yuk persiapkan dana pendidikan anak dari semasa TK hingga bangku kuliah dengan inspirasi dari E-Book Persiapan Dana Pendidikan Anak yang dapat Anda unduh secara gratis dari Finansialku.

Jangan lupa juga untuk memiliki investasi dengan memilih instrumen yang paling tepat dengan Anda.

Pahami bagaimana berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dengan mendapatkan inspirasi dari E-Book Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini:

 

Tonton dan juga dengarkan penjelasan mengenai berbagai investasi dari Finansialku melalui video yang telah di-upload di Youtube channel Finansialku ataupun podcast yang bisa Anda dengarkan kapanpun dan di manapun melalui Spotify.

Jangan sampai Anda ketinggalan informasi penting dan menarik dari Finansialku ya!

 

Masih Mempertimbangkan Keuntungan Membeli Apartemen

Jadi, jika Anda memiliki modal yang cukup, apakah Anda termasuk orang yang suka berinvestasi rumah tapak atau hunian vertikal seperti unit apartemen?

Dengan setiap keuntungan menggiurkan di atas, sudah banyak investor ternama yang menghasilkan pundi-pundi keuntungan dari berbisnis properti unit apartemen.

Bagaimana dengan Anda? Segera tentukan pilihanmu sekarang!

 

Keuntungan apa lagi yang bisa didapatkan dari memiliki hunian vertikal seperti unit apartemen? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang terletak di bawah ini!

Bagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 7 Keuntungan Membeli Apartemen Dihuni Maupun Disewakan. Carainvestasibisnis.com – https://bit.ly/2lKMMf4
  • Admin. 23 Mei 2018. Apa Sih Manfaatnya Beli Apartemen?. Batamnews.co.id – https://bit.ly/2m4JeEz
  • Admin. 4 April 2017. Tak Hanya Tipe Studio, 12 Tipe Apartemen Ini Harus Anda Ketahui!. Olympicresidence-sentul.com – https://bit.ly/2o4FGOT
  • Admin. 8 Mei 2018. Pengertian dan Cara Hitung ROI (Return on Investment). Sleekr.co – https://bit.ly/2lJyfAm
  • Latief. 31 Agustus 2017. Ingat… Ada Dua Keuntungan Kalau Anda Membeli Apartemen!. Properti.kompas.com – https://bit.ly/2kE4Bwb
  • Wita Lestari. 22 Mei 2018. Apa Aja Sih Keuntungan Beli Apartemen?. Artikel.rumah123.com – https://bit.ly/2maTxHl

 

Sumber Gambar:

  • Keuntungan Membeli Apartemen 1 – http://bit.ly/2m7xwZL
  • Keuntungan Membeli Apartemen 2 – http://bit.ly/2msRlLt
  • Keuntungan Membeli Apartemen 3 – http://bit.ly/2kYHZXj
  • Keuntungan Membeli Apartemen 4 – http://bit.ly/2kMuo5A