Seiring kemajuan teknologi, kini sudah banyak cara untuk menghadapi kerja remote alias kerja jarak jauh.

Banyak sekali yang menjadi tantangan dalam bekerja, misalnya saja jarak. Namun kini, jarak tidak lagi menjadi halangan, dengan adanya 7 cara jitu berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bisnis atau Kerja Remote Sudah Menjadi Budaya?

Banyak alasan mengapa seseorang kesulitan dalam berbisnis atau bekerja remote. Salah satunya adalah keterbatasan ruang dan waktu.

Sebagai contoh seorang yang bekerja pada perusahaan multinasional dengan cabang di berbagai negara. Apakah Anda harus bolak-balik ke beberapa negara hanya untuk bekerja atau mengontrol? Tentu tidak.

Jika Anda memiliki keterampilan tertentu namun terbatas jarak untuk menyalurkannya, mungkin bekerja remote alias jarak jauh menjadi salah satu solusinya.

Terlebih banyak perusahaan multinasional yang mulai menerapkan sistem kerja tersebut belakangan ini, karena lebih praktis dan biayanya lebih murah.

Bahkan, menurut International Data Corporation (IDC), populasi pekerja jarak jauh di AS terus bertambah dari 96,2 juta di tahun 2015 menjadi 105,4 juta di tahun 2020.

Kemudian, di akhir periode tersebut, IDC memperkirakan bahwa pekerja jarak jauh akan mencapai 72,3 persen total tenaga kerja AS.

Kabar baiknya adalah dengan kemajuan teknologi di zaman modern ini tidak sulit menjalankan pekerjaan seperti itu, terutama dengan bantuan internet.

Saat ini sudah sangat banyak sekali yang bisa diperoleh dari internet, misalnya saja sudah banyak kursus online yang bisa Anda ambil sambil bersantai di rumah.

Menghadapi Kerja Remote 02 Freelance - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Salah satunya adalah kursus online Finansialku.

Anda dapat mengakses 34 video dengan tema pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan dalam bahasa Indonesia dengan durasi hingga 2 jam 38 menit.

Anda juga akan memperoleh membership aplikasi Finansialku versi full premium untuk 1 tahun.

Semua itu dapat Anda peroleh dengan harga Rp350.000 saja lho! Dijamin worth it deh dengan semua manfaat yang bisa Anda dapatkan. Yuk langsung ikuti kursus online-nya dengan mengklik tautan berikut ini:

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Kembali ke topik bahasan mengenai kerja remote alias jarak jauh. Kini, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah atau lokasi yang jauh, dan tentunya tetap menghasilkan uang. Penasaran?

Yuk simak pembahasan Finansialku tentang 7 cara jitu dalam menghadapi kerja remote (kerja jarak jauh):

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#1 Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Salah satu penolong utama dalam perusahaan multinasional adalah teknologi.

Sebagai contohnya, video conferencing, collaborative cloud-based SaaS (software as a service), dan perangkat berbasis internet lainnya yang akan menolong meminimalisasi kepentingan kehadiran.

Beberapa contohnya adalah Skype, Google Hangouts, bahkan platform media sosial seperti Facebook sudah menyediakan fitur komunikasi canggih yang bisa digunakan dengan mudah.

Anda kini bisa berkomunikasi bahkan bertatap muka dengan memanfaatkan berbagai teknologi tersebut secara murah bahkan gratis.

 

#2 Utamakan Komunikasi

Salah satu penyebab masalah dalam kerja remote atau jarak jauh adalah kurangnya atau terbatasnya komunikasi.

Oleh karena itulah harus ada sebuah sistem tersentralisasi yang memungkinkan para karyawan saling berkomunikasi satu sama lain.

Untuk banyak perusahaan, biasanya digunakan media yang umum seperti email. Namun dengan banyaknya komunikasi yang dilakukan, email bisa menjadi kurang efektif dan berantakan.

Fungsi Pengadaan Tenaga Kerja Rekrutmen 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Harus Kuasai 3 Jenis Komunikasi]

 

Beberapa perusahaan, terutama yang berbasis teknologi menciptakan sistem komunikasi internalnya sendiri dan diperuntukkan bagi seluruh karyawannya.

Namun bagi sebagian lainnya hanya menggunakan situs atau aplikasi yang sudah tersedia.

Intinya, kerja jarak jauh bukan berarti bekerja tanpa interaksi dan komunikasi. Pastikan setiap anggota perusahaan Anda selalu melibatkan orang lain dan saling berbagi informasi agar selalu up to date.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Jangan Andalkan Kepercayaan

Mencari orang yang tepat untuk bekerja jarak jauh sama saja dengan peluang menemukan pekerja terbaik dari seluruh dunia. Namun yang harus diperhatikan adalah proses wawancaranya.

Anda perlu membangun pemahaman dengan prospek pekerjaan yang umumnya sulit diperoleh via telepon atau video call.

Pelamar bisa saja menawarkan surat lamaran kerja yang luar biasa, namun itu baru satu proses awal dari perekrutan. Pekerja jarak jauh tentu perlu dikenal lebih jauh sebelum menentukan kompetensinya.

HR, Ini Cara Membuat Karyawan Loyal 3 Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

Jadi, selalu lebih menyeluruh dan teliti saat mewawancara karyawan yang ditujukan untuk bekerja jarak jauh.

Pastikan setiap detail sudah ditanyakan dan jelajahi ide briliannya dalam beberapa kali percakapan sebelum mengambil keputusan.

 

#4 Atasi Masalah Perbedaan Waktu

Meskipun memiliki akses, bekerja jarak jauh merupakan sebuah hal yang baik bagi perusahaan, namun perbedaan waktunya kadang menjadi masalah yang besar. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang merugikan perusahaan.

Biasanya isu ini akan semakin besar saat lokasi Anda lebih jauh dengan perbedaan waktu yang semakin kontras.

Sebagai contoh, saat Anda bekerja di Amerika sementara mereka di Indonesia, maka perbedaan waktu belasan jam bisa menjadi masalah besar. Kecuali jika komunikasi tidak dilakukan terlalu sering.

Namun mengatasi perbedaan waktu ini bukanlah mustahil.

Anda bisa mengatur atau menoleransi waktu sehingga Anda tetap bisa berinteraksi secara langsung dengan karyawan lain.

 

#5 Pertemuan Tetap Dilakukan

Meskipun memilih untuk bekerja secara remote, tetap penting untuk bertemu dengan tim atau rekan kerja setidaknya setahun sekali.

Pertemuan tahunan bisa dimanfaatkan untuk membicarakan strategi perusahaan dan membuat rencana ke depan sekaligus menyemangati anggota perusahaan.

Setiap orang memiliki kesempatan untuk bertemu dan berbicara satu sama lain, sehingga membangun hubungan baik internal perusahaan.

Beberapa perusahaan mengadakan acara semacam ini, dan menyadari bahwa cara ini adalah baik untuk mempersatukan perusahaan meski ada pekerja jarak jauh.

Tentu saja Anda tetap harus memperhatikan faktor lainnya, seperti anggaran dan logistik. Namun, ingatlah bahwa pertemuan tahunan ini akan membantu banyak bagi perusahaan.

10 Rahasia Memiliki Produktivitas Kerja ala Tony Robbins 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan: Hancurkan 5 Mental Block Ini!]

 

#6 Memiliki Pilihan

Mungkin memang lebih merepotkan untuk memiliki pekerja jarak jauh, tapi bukan berarti Anda menghindarinya dan hanya merekrut pekerja penuh waktu.

Sebagai contoh, sebuah startup platform TechHub telah menjelajahi dunia bisnis internasional dan menawarkan peluang kerja pada para wirausaha dengan beberapa pilihan tersedia, misalnya pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk bekerja dalam jam-jam tertentu saja.

 

#7 Menentukan Tujuan untuk Sukses

Menjalankan bisnis atau pekerjaan pasti memiliki tantangan dan rintangan, dan menjalankannya secara remote atau jarak jauh tentu menambah masalah.

Bekerja jauh dari kantor masih dikategorikan tabu dan tidak umum.

Namun seiring perkembangan teknologi, jumlah orang yang bekerja remote (jarak jauh) juga terus meningkat. DAN proses ini merupakan proses yang cukup penting dalam menjalankan bisnis.

Apakah Gaya Berinvestasi Pria dan Gaya Berinvestasi Wanita Berbeda 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

Tentukan strukturnya, atur strateginya, dan Anda akan mampu tetap berinteraksi dan berkomunikasi sehingga pekerjaan remote ini pun akan berjalan dengan lancar.

 

#8 Fokus pada Hasil, bukan Cara Kerja

Bekerja remote atau jarak jauh memiliki cara kerjanya masing-masing. Ada yang senang bersantai-santai dalam bekerja, ada pula yang bekerja di sela-sela waktu secara efektif.

Anda tidak akan bisa menyamaratakan mereka dengan pekerja penuh waktu dan meminta mereka mengubah cara kerjanya.

Melainkan disini, Anda harus mulai memfokuskan perusahaan pada hasil yang diperoleh, alih-alih dari cara kerja.

Dengan cara inilah Anda bisa mengelola perusahaan multinasional dengan banyak pekerja jarak jauh tanpa ada miskomunikasi.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#9 Tekankan Tujuan Perusahaan

Meskipun bekerja jarak jauh dan terkendala jarak, bukan berarti mereka bekerja seenaknya tanpa memikirkan tujuan perusahaan.

Disinilah pentingnya untuk selalu mengingatkan tujuan perusahaan kepada mereka, sehingga meski Anda tidak bekerja di lokasi yang sama, Anda bisa bekerja secara selaras.

Pengembangan dan Pelatihan Karyawan Baru 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

Dengan menjelaskan visi dan tujuan perusahaan serta peran kinerja mereka pada kesuksesan organisasi, tim Anda pun akan merasa lebih terhubung dengan perusahaan tempatnya bekerja. 

Alhasil tujuan perusahaan tetap tercapai dengan baik.

 

#10 Menyeimbangakan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

Bagi pekerja remote atau jarak jauh, bekerja tidak selalu pada waktu yang sama setiap hari. Ada kalanya pekerjaan ini mengganggu kehidupan pribadi dan menimbulkan masalah.

Namun Anda bisa mengakalinya dengan cara menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Jadi, mulailah sadari pentingnya mengatur jadwal dan menyiapkan ruangan khusus untuk bekerja. Dengan demikian, Anda bisa membagi waktu antara kehidupan pribadi dan pekerjaan dengan baik.

Dengan demikian, pekerjaan tidak akan mengakibatkan kehidupan pribadi atau keluarga terbengkalai.

Sebaliknya, ajakan anak untuk bermain atau ajakan mengobrol dari pasangan juga tidak akan mengganggu pekerjaan.

 

#11 Membangun Sistem yang Baik

Dengan sistem kerja yang baik, pekerjaan jarak jauh tidak akan menjadi masalah. Saat Anda tahu betul apa yang harus dikerjakan dan bagaimana prosedur pengiriman dan pengecekan pekerjaan, maka tidak akan terjadi miskomunikasi meski bekerja jarak jauh.

Dengan demikian, penting untuk menentukan sistem yang baik. Misalnya saja dengan membuat Standard Operating Procedure (SOP) yang jelas dan selaras sehingga setiap karyawan bisa bekerja sama tanpa saling bertatap muka.

Apa Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan Untuk Karyawan Kontrak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Terakhir, Cintai Pekerjaan Anda!

Setelah melihat beberapa contoh di atas, apakah Anda sudah membayangkan bagaimana cara bekerja remote alias jarak jauh? Tentunya bekerja jarak jauh tidak akan sulit lagi dengan beberapa tips di atas bukan?

Namun kunci dan tips terakhir yaitu agar mencintai pekerjaan Anda.

Saat Anda mencintai dan menyukai pekerjaan Anda, serta sesuai dengan passion Anda, Anda dapat mengerjakannya dengan baik. Seperti pepatah dari Steve Jobs:

“The only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. (Satu-satunya jalan untuk bisa melakukan pekerjaan yang baik adalah dengan mencintai apa yang Anda kerjakan. Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari.)

 

Kami yakin Anda bisa menemukan passion Anda, sehingga bekerja jarak jauh bukan lagi masalah. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menghadapi kerja remote lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sunny Paris. 15 Mar 2018. STARTUPS: 7 Ways to Succeed at Running a Remote Start Up. Addicted2success.com – https://goo.gl/TVcHjt
  • Admin. 8 Cara Agar Berhasil Memimpin Tenaga Kerja Jarak Jauh. Products.office.com – https://goo.gl/gLUjox
  • Dhita Koesno. 29 Okt 2016. Ini Kiat Saat Bekerja Jarak Jauh. Liputan6.com – https://goo.gl/aEVo7c

 

Sumber Gambar:

  • Menghadapi Kerja Remote 01 – https://goo.gl/G7rCkq
  • Menghadapi Kerja Remote 02 – https://goo.gl/EV8dJq
Summary
Jarak Tak Jadi Halangan! Kini Ada 7 Cara Jitu Dalam Menghadapi Kerja Remote (Kerja Jarak Jauh)
Article Name
Jarak Tak Jadi Halangan! Kini Ada 7 Cara Jitu Dalam Menghadapi Kerja Remote (Kerja Jarak Jauh)
Description
Seiring kemajuan teknologi, kini sudah banyak cara untuk menghadapi kerja remote alias kerja jarak jauh. Banyak sekali yang menjadi tantangan
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo