Ingin tahu bagaimana meningkatkan semangat belajar?

Ini dia beberapa cara jitu meningkatkan semangat belajar dari Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Meningkatkan Semangat Belajar

Halo guys! Hari gini masih males belajar? Capek deh!

Sejak duduk di bangku SD, SMP, SMA, hingga kuliah memang kamu tidak lepas dari yang namanya belajar. Semakin tinggi tingkat pendidikan, pelajarannya pun semakin sulit dan materinya pun bertambah.

Cara-Jitu-Mahasiswa-Meningkatkan-Semangat-Belajar-2-Finansialku

[Baca Juga: Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana, Ini Cara Cerdas Mencari Uang]

 

Tak heran bila terkadang kamu kehilangan motivasi untuk belajar dan lebih memilih melakukan hal lain seperti main Instagram atau menonton YouTube. Tidak peduli walaupun besok ujian, banyak murid yang masih nggak bersemangat untuk belajar.

Tapi, jangan khawatir, Finansialku akan berbagi cara jitu yang dapat meningkatkan semangat belajar kamu, guys!

 

15 Cara Jitu Meningkatkan Semangat Belajar

Ada 15 cara jitu untuk meningkatkan semangat belajar, lho. Dengan memiliki motivasi belajar yang tinggi, nilai-nilaimu juga akan turut meningkat.

Kalau begitu, tunggu apalagi? Check it out!

 

#1 Memiliki Tujuan Belajar

Memiliki tujuan belajar sangat penting lho guys, karena tanpa tujuan biasanya kamu akan males banget untuk belajar. Dengan memiliki tujuan belajar, kamu bisa termotivasi untuk melakukannya.

Tujuan belajar bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana misalnya, supaya dapet nilai yang bagus, cepat lulus kuliah, dan lain sebagainya. So, tentukan tujuan belajar kamu ya guys!

 

#2 Menciptakan Kondisi Belajar yang Kondusif

Seringkali kondisi tertentu mengganggumu untuk belajar. Kamu jadi males belajar karena kondisi sekitar kamu yang kurang kondusif. Misalnya, meja kamu berantakan, kotor, ruangannya berisik, dan lain sebagainya.

Untuk itu, ciptakanlah kondisi belajar yang kondusif menurut kamu. Kamu bisa membersihkan meja kamu dulu dan mencari tempat yang lebih sepi. 

Oh iya, kamu juga bisa belajar sambil mendengarkan musik klasik lho. Musik klasik dapat membantu kamu lebih berkonsentrasi ketika belajar.

 

 

#3 Menentukan Target Belajar

Jika materi pelajaran kamu terlalu banyak dan berat, kamu dapat membaginya menjadi beberapa sesi. Membagi materi pelajaran ke dalam beberapa sesi waktu dapat meringankan beban kamu.

Kamu juga bisa memberikan target di setiap sesi belajar. Hal ini dapat membantu kamu menjadi lebih termotivasi untuk mencapai target kamu.

Setiap sesi bisa berdurasi 1-2 jam tergantung dengan materinya, dan kamu juga bisa menyesuaikannya dengan kemampuan kamu.

Oh ya, jangan lupa pasang target yang realistis ya. Jangan memasang target yang terlalu tinggi. Terkadang, tanpa disadari hal ini nantinya dapat mengganggu kondisi mental kamu lho guys.

Cara-Jitu-Mahasiswa-Meningkatkan-Semangat-Belajar-3-Finansialku

[Baca Juga: Hey, Mau Tahu Rahasia Cepat Kaya Raya Di Usia Muda?]

 

Ketika kamu memasang target terlalu tinggi tapi kamu tidak mencapainya, ada kemungkinan kamu menjadi kecewa. Hal itu dapat membuat kamu menjadi tidak termotivasi lagi untuk melanjutkan belajar ke sesi yang selanjutnya. So, pasang target sesuai kemampuan kamu ya guys!

 

#4 Istirahat di Tengah Sesi Belajar

Ketika materi pelajaran sangat banyak dan otak sudah mulai penat, lebih baik kamu menyempatkan waktu untuk beristirahat sejenak. Istirahat itu diibaratkan seperti recharge energi kamu.

Tapi, istirahat yang terlalu lama juga menjadi tidak efektif. Istirahat yang terlalu lama malah akan membuat kamu menjadi tidak fokus dan malas untuk mulai belajar lagi. Kamu cukup beristirahat 10-15 menit saja. Jadi, istirahat itu penting tapi jangan kelamaan ya guys.

 

#5 Belajar di Pagi Hari

Belajar lebih awal seperti di pagi hari sangat disarankan, lho. Pasalnya, pada pagi hari pikiran kamu masih jernih dan fresh.

Kamu belum terlalu banyak berpikir, sehingga belajar di pagi hari menjadi lebih efektif. Kamu juga akan lebih mudah memahami materi yang akan kamu pelajari.

 

#6 Membuat Motivasi Sederhana untuk Membangkitkan Semangat

Tanpa disadari kata-kata motivasi sederhana dapat membangkitkan semangat kamu. Jika kamu menyukai kaligrafi, kamu bisa menulis kata-kata semangat belajar versi kamu.

Contoh kata-katanya adalah semangat, work hard, keep fighting, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa menempelkan gambar-gambar yang bisa menyemangatimu.

Cara-Jitu-Mahasiswa-Meningkatkan-Semangat-Belajar-4-Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Oh ya, kalau kamu memiliki tokoh impian dan kamu ingin sukses seperti dia, kamu bisa menempelkan foto tokoh tersebut di dinding kamarmu.

Hal semacam itu dapat membantu kamu termotivasi untuk menjadi seperti dia dan pastinya meningkatkan semangat belajar kamu.

 

#7 Belajar Bersama

Kamu bisa memanfaatkan waktu berkumpul bareng teman untuk belajar bersama. Dengan belajar bersama, kamu bisa saling membantu satu sama lain.

Selain itu, kamu bisa lebih bersemangat dan berusaha karena kamu tidak melakukannya sendirian.

Tapi, hati-hati ya guys dalam memilih teman untuk belajar bersama. Coba temukan teman yang benar-benar ingin belajar. Jangan sampai kamu bukannya belajar tapi malah pergi hang out kemana-mana atau malah ngobrol nih dan akhirnya malah nggak jadi belajar deh.

 

#8 Berteman Dengan Teman yang Rajin Belajar

Kalian tahu nggak guys? 5 orang terdekat kamu itu mencerminkan diri kamu lho.

Jadi kalau kamu berteman dengan orang yang rajin belajar, lambat laun kamu akan menjadi rajin juga. Kok bisa begitu? Soalnya dengan begitu, kamu memiliki dorongan dari luar untuk menjadi rajin belajar. Apalagi jika teman-temanmu rajin mengingatkanmu untuk belajar.

 

#9 Mematikan Smartphone

Kids jaman now susah terlepas dari smartphone. Bisa dibilang, mereka sudah kecanduan dengan smartphone.

Dengan smartphone, mereka tau apa yang sedang happening, baik tentang artis favorit, perkembangan dunia fashion, lifestyle, dan lain sebagainya.

Eitss, tapi kalau mau belajar smartphone-nya dimatin dulu ya! Selain itu, kamu juga harus jauhkan smartphone dari jangkauanmu.

Kalau smartphone-mu berada di dekat kamu, kamu akan cenderung untuk selalu melihat smartphone kamu, baik itu chat, notifikasi, email, dan lain sebagainya. Ujung-ujungnya kamu lanjut scroll smartphone kamu dan nggak jadi belajar deh.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#10 Belajar Bagaimana Cara Belajar yang Efektif

Sebelum belajar, kamu harus tahu dulu kamu tipe orang yang bisa belajar dengan cara seperti apa. Apakah kamu tipe visual, auditori, atau kinestetik? Hal ini penting kamu ketahui agar kamu dapat menemukan cara belajar yang paling efektif.

Dengan begitu, kamu bisa lebih termotivasi dan meningkatkan semangat belajar kamu. Kamu juga bisa lebih mudah menyerap materi yang akan kamu pelajari.

 

#11 Berhenti Menunda-nunda

Kebiasaan mahasiswa adalah menunda-nunda pekerjaannya. Mereka suka belajar dekat deadline. Tanpa disadari, menunda-nunda hanya akan menghabiskan waktu kamu dengan sia-sia.

Mungkin langkah awal untuk memulai belajar terasa menjadi beban yang paling berat. Padahal, ketika kamu sudah memulai belajar kamu secara otomatis akan merasa beban tersebut hilang. Jadi, mulai saja dulu. Do it now!

 

#12 Membuat Rangkuman

Kebanyakan orang akan sangat malas jika membaca terlalu banyak. Belum memulainya pun sudah tidak tertarik.

Oleh karena itu, kamu dapat merangkumnya sehingga materi-materi pelajaran menjadi lebih singkat, padat, dan jelas.

Law-of-Attraction-4-Catat-Finansialku

[Baca Juga: Penting! Mahasiswa juga Perlu Belajar Menyusun AnggaranTips Mudah ]

 

Tanpa kamu sadari, ketika kamu merangkum, secara tidak langsung kamu sudah belajar lho guys.

Jadi, ketika kamu mau mulai membaca rangkuman kamu, otak kamu akan lebih mudah menerima dan mengerti materi tersebut.

Kamu juga bisa membuat rangkuman kamu lebih menarik. Kamu bisa menulis dengan menggunakan spidol warna-warni, stabilo, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih tertarik untuk membacanya.

 

#13 Memberikan Reward atas Pencapaian Target Belajar

Kamu bisa memberikan reward kepada dirimu atas pencapaian target belajar kamu. Reward yang diberikan tidak usah terlalu mahal, sederhana saja. Misalnya makan makanan kesukaan kamu, bermain game yang kamu suka, dan lain-lain.

Dengan metode ini, kamu akan lebih termotivasi untuk mencapai target belajar kamu.

 

 

#14 Menenangkan Pikiran Sebelum Belajar

Pikiran yang sedang mumet bisa membuat kamu stres dan tidak bisa belajar. Oleh karena itu, lebih baik kamu menenangkan pikiran kamu terlebih dahulu.

Pikiran yang tenang dapat membantu kamu lebih mudah menerima materi yang kamu pelajari.

Kamu bisa menenangkan pikiran kamu dengan bermeditasi. Meditasi dapat membantu kamu untuk mengontrol pikiran kamu. Selain itu, meditasi juga bagus untuk kesehatan kamu lho, guys.

 

#15 Berdoa Sebelum Belajar

Apakah kamu tahu semboyan ora et labora? Artinya adalah berdoa dan bekerja.

Berdoa sebelum belajar dapat memotivasi kamu untuk belajar. Kamu bisa mendapatkan semangat atau motivasi spiritual dari berdoa. Untuk itu, jangan lupa menyertakan Tuhan dalam setiap aspek kehidupanmu ya!

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Kamu Bisa Meningkatkan Semangat Belajar

Sudah tahu ‘kan cara jitu meningkatkan semangat belajar? Kamu bisa meningkatkan semangat belajar kalau kamu mau berusaha dan menikmati prosesnya.

Tentunya 15 cara jitu meningkatkan cara belajar ala Finansialku di atas akan membantu kamu meningkatkan semangat belajarmu. Kamu juga bisa meniru tips belajar ala mahasiswa cerdas untuk mendapatkan IPK yang tinggi.

Selamat belajar!

 

Jadi, cara jitu mana yang akan kamu pilih? Yuk kasih komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah disediakan. Thank you guys! Semoga bermanfaat ya! Good luck!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 13 Maret 2018. 20 Cara Meningkatkan Motivasi Semangat Belajar. Idehidup.com – https://goo.gl/ERzrBP

 

Sumber Gambar:

  • Malas Belajar – https://goo.gl/ZuSjNh
  • Semangat Belajar – https://goo.gl/hikqqo
  • Semangat Belajar 2- https://goo.gl/eJwfg3
  • Catatan di Meja Belajar – https://goo.gl/Gdb7w9