Belajar bareng Finansialku yuk cara jualan di E-commerce biar undang konsumen dan produk laris terus! Bagaimana caranya? Ini dia…

Ikuti ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku ini, jangan di skip!

 

Media Sosial dan E-Commerce Untuk Bisnis Online 

Seefektif apa media sosial untuk produk Anda? Kira-kira sudah di mana tingkat penjualan Anda jika produk atau jasa tersebut sudah Anda promosikan selama dua tahun?

Apakah Anda sudah menjaring pasar secara luas? Mungkin pelanggan dan followers Anda cukup banyak, tetapi penjualan Anda hanya jalan di tempat?

Bagaimana dengan berjualan di lapak milik orang lain? Situs e-commerce memudahkan pelanggan untuk memilih barang. Tetapi, Anda harus sesering mungkin menawarkan diskon serta menawarkan produk secara LIVE.

Anda tetap harus berhati-hati karena sewaktu-waktu Anda melanggar sedikit saja aturan yang ditetapkan, lapak bisa ditutup oleh manajemen e-commerce.

Cara Jualan di E-commerce yang Berhasil Undang Konsumen 02 Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu Sejarah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)]

 

Cara Anda Berjualan Online

1000 cara jualan di E-commerce sudah Anda coba. Namun, hasilnya, jualan online Anda jalan di tempat. Pastinya ada yang salah dalam hal pemasaran.

Anda tidak dapat menyalahkan produk atau jasa Anda, karena setiap produk atau jasa pasti ada peminatnya.

Memang, terkadang kita harus menuruti pasar. Tetapi, jika kita tidak konsisten menjual produk tertentu, kita tidak akan bisa membesarkan bisnis secara profesional.

 

Cara Jualan di E-Commerce Agar Produk Laris Manis

Nah Sobat Finansialku, yuk kita simak bersama cara jualan di E-Commerce, supaya produk yang kita pasarkan laris manis.

Keuntungan mengalir terus. Bagaimana caranya? Ini dia…

 

#1 Cara Jualan di E-Commerce, Gunakan Platform Sederhana untuk Toko Online

Membuat website sama pentingnya dengan memiliki toko di depan rumah Anda, atau membeli kios di pasar. Anda harus punya tempat sendiri untuk memajang barang atau menawarkan jasa.

Bayangkan saja, jika Anda menjual barang secara fisik, tetapi Anda numpang di rumah atau kios tetangga. Pastinya tidak akan efektif.

Jika Anda belum paham dengan proses mengisi halaman situs, Anda dapat langsung membuka akun WordPress, dan segera mengisi kolom-kolom yang ada.

Platform WordPress sangat simpel dan pemula dapat dengan mudah mengoperasikannya.

 

#2 Punya Puluhan Produk? Gunakan Situs Berbasis E-Commerce

Pilihan untuk memiliki situs seperti e-commerce ternama sangat banyak, di antaranya adalah WooCommerce.

Atau, Anda dapat menyewa jasa penyedia situs e-commerce seperti Shopify.

 

#3 Jangan Tinggalkan Sosial Media

Meski sudah punya ‘toko’ sendiri, jangan abaikan kekuatan sosial media dalam menjaring pelanggan.

Kuncinya adalah foto-foto yang menarik dengan resolusi tinggi serta produk asli milik Anda. Jangan ambil foto produk lapak lain, karena jika ketahuan, nama Anda tercoreng selamanya!

 

#4 Iklan Berbayar

Mengiklankan produk Anda sebagai status di media sosial akan membuat Anda kehilangan teman satu per satu.

Mereka bisa jadi sangat enggan melihat Anda membombardir ‘wall’ mereka dengan produk Anda. Manfaatkan Facebook Ads, karena produk Anda akan sampai ke ‘wall’ pasar potensial Anda.

 

#5 Jangan Pernah Remehkan Hashtag

Poin ini berlaku untuk produk yang Anda tawarkan di Instagram. Hashtag yang relevan dapat mendorong produk Anda untuk berada di halaman depan mesin pencari.

Jangan terlalu banyak atau sedikit. Lima hingga sepuluh hashtag saja cukup untuk satu postingan. Lagi-lagi, foto harus ditata dengan cantik.

 

#6 Buat Konten yang Menarik

Membuat konten sering diabaikan, padahal ini adalah senjata pamungkas yang paling efektif.

Siapa pun akan bosan dengan status promosi yang terus menerus diunggah.

Buat konten tentang tips, cara mengatasi masalah, dan konten kreatif lainnya, baik dalam bentuk video atau artikel. Pembaca pun tertarik dan akan segera mengunjungi situs Anda.

 

#7 Rancang Bisnis Online Untuk Jangka Panjang

Sekedar jualan online memang mudah. Endorse selebgram atau blogger juga cukup efektif untuk meningkatkan penjualan.

Namun, jika berminat bangun bisnis jangka panjang, lakukan semua poin yang sudah disebutkan di atas.

Pelanggan yang loyal tidak akan ragu merekomendasikan produk kepada orang lain, dan hal ini akan terus berlangsung, selama produk atau jasa Anda juga bertahan secara kualitas.

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

 

Semangat Membangun Kerajaan Jualan Online Kamu!

Mempraktikkan cara jualan di E-commerce memang tak semudah teorinya. Tekun dan konsisten namun selalu kreatif dalam pemasaran adalah kunci membangun bisnis jangka panjang, bukan sekedar jualan online musiman.

Buat kamu yang sudah pernah memulai jualan di E-Commerce dan merasa lelah di tengah jalan, jangan patah semangat.

Ingat yang namanya usaha tidak ada yang berjalan mulus semulus jalan tol. Pasti ada lika-likunya, yang penting tetap semangat jualannya.

Dari cara yang sudah dijelaskan di atas, kalau kamu merasa kesulitan melakukan tiap poin-poin-nya mengapa tidak untuk kerja sama dengan teman kamu?

Mungkin teman kamu jago dalam membuat konten, kamu bisa ajak kerja sama dalam membangun kerajaan bisnis online bersama. Okay Sobat Finansialku, tetap semangat ya berjualan onlinenya.

 

Baru saja kamu membaca cara jualan online untuk gaet konsumen dan untung terus. Kalau kamu mau berbagi ilmu ini, Finansialku persilakan.

Dan kalau kamu mau bertanya seputar keuangan, mungkin bertanya cara mengatur uang hasil penjualan online supaya menjadi sumber penghasilan lain, Finansialku sangat terbuka untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu.

Jadi bila memang kamu ingin bertanya, kolom komentar sudah kami sediakan ya, kami pastikan setiap pertanyaan kamu akan kami jawab. Terima kasih.  

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 Januari 2019. Cara Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula, Gampang Ditiru. Liputan6.com – https://bit.ly/2OMF2Iq
  • Darmawan. 4 Langkah untuk Mulai Berjualan Online Sampai Berhasil Mendapatkan Pembeli. Panduanim.com – https://bit.ly/3s3c2dU

 

 

Sumber Gambar:

  • Cara Jualan di E-commerce yang Berhasil Undang Konsumen 01 Finansialku – http://bit.ly/3c0UKID
  • Cara Jualan di E-commerce yang Berhasil Undang Konsumen 02 Finansialku – http://bit.ly/30YoeRe