Pernakah Anda berhutang pada seseorang, kartu kredit atau bank? Apakah saat ini Anda masih memiliki hutang atau bahkan mengalami kesulitan mengurus hutang? Tim Finansialku akan mencoba berbagi cara melunasi hutang keluarga.

debtfree cara melunasi hutang

 

Kira-kira keadaan hutang kita sehat atau tidak? Coba Anda hitung aja: Cicilan hutang (hutang kartu kredit, angsuran rumah, mobil, dan lain-lain) dibagi dengan pendapatan. Nilai wajarnya adalah maksimum 30%. Apabila lebih dari 30% maka keadaan hutang kurang baik, terlebih apabila hutangnya termasuk jenis hutang konsumtif.

Contoh: Bapak Eran, mempunyai pendapatan bulanan sebesar Rp 5.000.000. Cicilan kartu kredit dan angsuran sepeda motor besarnya Rp 2.000.000 per bulan. Bagaimana kesehatan keuangan Pak Eran? Coba kita hitung komposisi hutang terhadap pendapatannya: 2.000.0000 / 5.000.000 ternyata 0,4  (40%). Komposisi hutang ini kurang baik, sebaiknya Pak Eran kurangi hutang atau cicilannya.  Kira-kira Bagaimana Cara Melunasi Hutang keluarga?

 

Cara Melunasi Hutang

Saat ini berhutang bukan hal yang aneh, bahkan dapat pula dikatakan sebagai sebuah hal yang wajar bagi masyarakat Indonesia. Mudahnya ketika di akhir bulan, ketika uang udah mulai menipis apa yang kita lakukan? Berutang di warteg bagi yang ga punya kartu kredit, bagi yang punya kartu kredit makan di mall. Kemudian ketika bulan depan gajian, muka langsung ditekuk karena harus membayar utang ini itu. Hal ini terjadi berulang-ulang.

Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar, Agar Tidak Ditagih Kembali 01 - Finansialku

[Baca juga : 10 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit yang Bisa Bikin Bangkrut]

 

Kira-kira bagaimana cara melunasi hutang? Berikut ini  strategi-strategi yang bisa Anda terapkan untuk melunasi hutang dan mendapatkan kebahagian (seperti gambar di atas). Selamat mencoba.

  1. Tulis semua daftar hutang di sebuah kertas, tempel di tempat-tempat yang terlihat. Hutang pada siapa, kapan, berapa besarnya, kapan jatuh tempo, berapa bunganya. Ini harus dilakukan.
  2. Mulai buat strategi untuk melunasi hutang. Kalau uang kita terbatas, cari hutang dengan bunga tertinggi untuk dilunasi. Pada tahap awal kita akan fokus untuk melunasi hutang dengan bunga yang tertinggi.
  3. Terus hutang lainnya gimana? Bayar hutang lainnya dengan pembayaran minimum + ditambah sedikit. Contoh: Kita fokus melunasi hutang kartu kredit dengan bunga paling tinggi, kartu kredit lain dibayar minimum ditambah sedikit.
  4. Setelah lunas kartu kredit pertama, tutup akunnya, gunting kartunya. Jangan tambah hutang baru lagi. Fokus pada kartu kredit dengan bunga tertinggi berikutnya.
  5. Lakukan poin 2 sampai 4 sampai hutang kartu kredit Kita lunas. Sisakan maksimum 2 kartu kredit dengan bunga termurah. Kartu kredit juga kadang kala memiliki manfaat positif jika kita bisa menggunakannya dengan bijak.

 

Hutang Baik dan Hutang Buruk

Hutang baik adalah hutang yang tujuannya untuk menambah asset. Sebaliknya hutang buruk adalah hutang yang sifatnya konsumtif, hura-hura, membeli keinginan. Apakah membeli mobil termasuk hutang baik atau hutang buruk? Contoh kita ambil cicilan untuk mobil sport. Padahal kita tidak perlu mobil sport, maka hutang ini termasuk hutang buruk.

Contoh lain kita ambil angsuran apartemen, kemudian apartemen tersebut dapat disewakan dan mendatangkan pendapatan bagi kita, hal ini dapat digolongkan menjadi hutang baik.  Hutang baik memungkinkan kita berhutang dan dibayar oleh orang lain. Seperti contohnya apartemen di atas, kita yang berhutang apartemen kemudian cicilan dibayar sama penyewa.

  1. bedakan antara NEED dan WANTS. Usahakan WANTS dipenuhi tidak dengan berhutang.
  2. Jika ingin membuat kartu kredit miliki secukupnya. Jangan lebay punya sampe 10 kartu, kalau belum bisa mengendalikannya.
  3. Sebelum mengambil hutang baru, pikirkan cara melunasi hutang. Jangan sampai Kita berpikir ambil cicilan mobil baru, padahal saat ini kita sudah ada  hutang kartu kredit, cicilan kendaraan, dan lain-lain. Sekali lagi pikirkan CARA MELUNASI HUTANG SEBELUM KITA BERHUTANG.
  4. Pelajari skema hutang sebelum mengambil hutang tersebut. Dari segi bunga, apakah bunga fix atau variable, kapan jatuh tempo dan lain-lain.
  5. Bagi yang masih baru dalam hutang usahakan apabila punya kartu kredit plafon hutang dibuat minimum. Kurang lebih 30 – 40% pendapatan.

 

Semoga artikel cara melunasi hutang keluarga, dapat membantu Anda menyelesaikan masalah hutang keluarga. Apabila ada hal-hal yang ingin didiskusikan Anda dapat menghubungi kami.

 

Berikut artikel-artikel Finansialku seputar hutang: