Cara membedakan berlian asli atau palsu: Rela mengeluarkan uang ratusan juta untuk sebuah berlian. Sudah cek belum, berlian yang Anda punya itu asli atau palsu?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Cara Membedakan Berlian Asli Atau Palsu

Bagi setiap wanita, perhiasan merupakan salah satu barang yang sangat disukai terutama berlian. Tak hanya memiliki bentuk yang indah, berlian terkenal dengan kilauannya yang begitu menggambarkan kemewahan.

Ada pepatah mengatakan “berlian adalah teman terbaik wanita:. Agaknya ini tidak terlalu berlebihan karena wanita memang menyukai perhiasan, terutama berlian.

Namun meski begitu, masih banyak yang belum bisa membedakan mana berlian asli dan mana berlian yang palsu.

Prospek Investasi Berlian di Masa Depan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Dulu 7+ Keuntungan Investasi Berlian]

 

PR Manager PT CMK, Nickole Retna yang menaungi brand Mondial, Miss Mondial, Frank & Co dan The Palace mengatakan bahwa kini sangatlah tinggi harga dan minat pasar terhadap berlian sehingga memuat pengembangan pengetahuan semakin krusial.

“Tidak cuma kelihatan mewah tapi sebenarnya ada beberapa tes sederhana untuk mengetahui berlian yang Anda miliki benar-benar asli atau bukan. Ini sudah menjadi pengetahuan yang wajib dikantongi bagi pecinta berlian.”

 

Untuk membedakan berlian asli atau palsu, pada dasarnya cukup sulit melihat dengan mata telanjang meskipun besar ukurannya.

Kebanyakan orang yang penasaran mungkin akan beralih kepada tukang perhiasan profesional untuk mengetahui asli atau tidak berliannya. Namun, Anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk membedakan mana berlian asli dan yang palsu.

Bagi pencinta perhiasan mungkin sudah tahu bahwa kualitas berlian dinilai berdasarkan kriteria 4C: cut (bentuk geometri potongan), clarity (kejernihan), carat (karat atau beratnya: 1 karat = 200 miligram) dan color (warna).

Jika Anda belum memiliki berlian, Anda bisa kok memiliki emas. Supaya emas itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, emas bisa jadi investasi lho! Begini caranya:

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Ada beberapa cara membedakan berlian asli atau palsu, yaitu:

 

#1 Menggunakan Diamond Loupe

Loupe adalah sejenis kaca pembesar. Dengan menggunakan alat ini, coba Anda amati bagian tepi berlian. Biasanya, sebuah berlian yang asli memiliki tepi tajam. Sementara berlian palsu memiliki ujung yang bulat.

Umumnya masyarakat tidak punya alat ini di rumah sebab diamond loupe merupakan alat yang digunakan untuk melihat berlian dengan 10 kali pembesaran.

 

#2 Uji dengan Uap Panas

Coba hembuskan napas dari mulut ke arah berlian, serupa membuat embun di cermin kamar mandi.

Jika berlian palsu, embun akan menghilang dalam hitungan detik. Sementara embun pada berlian asli akan segera menghilang begitu dihembus. Hal ini karena berlian asli tahan panas dan bersifat menghantar panas.

Selain itu, coba juga memanaskan berlian di atas kompor atau menggunakan korek selama 30 detik. Lalu segera masukkan ke segelas air dingin.

Berlian asli tidak menunjukkan perubahan apapun, sedangkan yang palsu bisa memperlihatkan kerusakan seperti retak dari dalam.

 

#3 Perhatikan Bayangan atau Kilauan dari Berlian

Bayangan berlian asli memiliki pantulan warna putih dan abu-abu. Jika Anda melihat lurus dari atas berlian, Anda bisa menentukan warna apa yang berlian itu pantulkan.

Jika Anda melihat pantulan warna pelangi, itu artinya berlian tersebut kemungkinan besar berkualitas rendah atau bahkan palsu.

Cara Membedakan Berlian Asli atau Palsu 02 - Finansialku

[Baca Juga: TOP 10 Berlian Termahal di Dunia]

 

Hirsch menjelaskan, berlian tampak gemerlap karena caranya yang unik dalam membiaskan dan membelokkan cahaya yang melewatinya.

Namun kadang kala, kaca, kuarsa, atau jenis berlian palsu seperti zirkonia kubik bisa meniru “kilau cemerlang” berlian, tapi dengan indeks bias yang lebih rendah.

Ada cara mudah untuk memastikan keaslian sebuah berlian, seperti berikut ini:

  1. Gunakan Koran

Letakkan berlian di atas koran. Jika tulisan bisa terbaca, walau sedikit, tandanya berlian palsu. Berlian asli membelokkan cahaya hingga Anda tidak bisa melihat tulisan, juga bayangan yang membentuk tulisan.

Namun ada pengecualian, jika potongan berlian tidak proporsional, ada kemungkinan tulisan cetak bisa terbaca walau samar.

  1. Gunakan kertas putih

Gambar titik menggunakan pena hitam di atas kertas putih. Lalu letakkan berlian tepat di atas titik hitam. Lihat ke bagian dalam berlian. Jika asli, pantulan titik tidak akan terlihat.

 

Itu dia beberapa cara membedakan berlian asli atau palsu yang dapat Anda lakukan. Nanti dikiranya 30 krat, padahal aslinya cuma 1 krat.

 

Ayo bagikan artikel ini kepada teman terdekat supaya mereka tidak tertipu, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Lynda Hasibuan. 17 November 2019. Penasaran Berlian Anda Asli Atau Tidak, Cobalah Cara Ini!. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2pzOYsd
  • Zoraya Ralie. 20 Januari 2017. Cara Mengenali Berlian Palsu. Beritagar.id – https://bit.ly/2OwBLIT

 

Sumber Gambar:

  • Cara Membedakan Berlian Asli atau Palsu 01 – https://bit.ly/35ptUnB
  • Cara Membedakan Berlian Asli atau Palsu 02 – https://bit.ly/35mGST2