Apakah Anda sudah tahu seperti apa berlian termahal di dunia? Hal-hal yang indah memang selalu menarik untuk dibincangkan.

Termasuk tentang salah satu batu mulia bernama berlian ini. Ternyata ada 10 berlian termahal yang kehadiran membuat geger semesta, penasaran?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kemewahan Berlian

Berlian adalah salah satu keindahan alam yang begitu memukau. Siapa pun yang melihat berlian pasti akan terpukau dengan keindahan dan kemilau batu mulia satu ini.

Begitu menawannya keindahan berlian, tak heran jika batu mulia ini juga disebut sebagai Founts of Light dan Stars of Hope.

Dibandingkan dengan batu mulia lainnya, berlian memiliki harga yang paling mahal.

 

Harga berlian ini cukup variatif dan berbeda-beda tergantung berbagai faktor yang dimiliki oleh si berlian. Mulai dari pantulan cahayanya, warna, berat, dan bahkan sejarah di baliknya.

Karena kemewahan berlian ini, banyak orang dari kalangan atas yang berlomba-lomba memilikinya. Kepemilikan atas suatu berlian sering dianggap sebagai lambang kekuatan dan kekuasaan.

Nah, dari berbagai macam berlian yang pernah ada, terdapat 10 berlian dengan harga termahal di dunia. Apa saja berlian tersebut?

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#10 The Heart of Eternity – US$16 Juta (Rp224 Miliar)

Berlian 27,64 karat dengan pantulan warna Vivid Blue yang indah ini dibanderol dengan harga US$16 juta atau sekitar Rp224 miliar.

The Heart of Eternity adalah hasil karya Steinmetz Group dan terjual kepada De Beers Group yang dipublikasikan pada tahun 2000.

The Heart of Stone dibuat dari berlian mentah 777 karat. Berlian mentah ini adalah berlian mentah yang sama dengan berlian mentah yang digunakan untuk membuat Millenium Star 203,4 karat.

 

Harga berlian yang mahal ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan The Heart of Eternity bisa dihargai hingga US$16 juta (Rp224 miliar).

Yang pertama adalah kelangkaannya. The Heart of Eternity memiliki shade biru sempurna, tanpa adanya undertone berwarna hitam atau abu-abu seperti kebanyakan berlian.

Pada tahun 2012, dikabarkan bahwa Floyd Mayweather membeli berlian ini dan memberikannya pada Shantel Jackson, tunangannya.

Pihak De Beers sendiri tidak memberikan keterangan ataupun membantah kabar mengenai hal ini.

10 Berlian Termahal 02 Heart of Eternity - Finansialku

[Baca Juga: 10 Ciri-ciri Pemimpin Dunia yang Berkualitas dan Berpengaruh]

 

#9 The Perfect Pink – US$23,2 Juta (Rp324,8 Miliar)

Tidak banyak berlian yang memiliki warna pink sempurna yang indah seperti berlian yang diberi nama Perfect Pink ini.

Berdasarkan keterangan dari situs Christie, tercatat hanya ada 18 berlian berwarna pink di atas 10 karat yang pernah ditemukan dalam 244 tahun. Dan tidak ada satu pun di antaranya memiliki warna seindah The Perfect Pink.

The Perfect Pink memiliki nilai sebesar 14,23 karat. Menjadikannya berada di kelas tertinggi di antara seluruh berlian berwarna pink yang ditemukan.

 

Bukan hanya itu, The Perfect Pink juga tidak memiliki warna sekunder yang umum ditemukan. Seperti warna abu-abu, oranye, atau ungu.

Sehingga, clarity grade yang dimiliki The Perfect Pink berada di level VVS2 atau Very Very Slightly Included.

Berlian ini terjual pada Desember 2009 di Hong Kong, dengan nilai jual sebesar US$10.776.660 (Rp150,9 miliar) kepada pelelang anonim.

10 Berlian Termahal 03 Perfect Pink - Finansialku

[Baca Juga: Intip Kemewahan 10 Perahu Termahal di Dunia]

 

#8 The Wittelsbach Diamond – US$23,4 Juta (Rp327,6 Miliar)

Berlian Indian satu ini termasuk ke dalam salah satu berlian yang paling diminati selama bertahun-tahun.

Hanya berlian inilah satu-satunya berlian Indian yang memiliki warna biru. Karena itu, nama asli berlian ini sebenarnya adalah Der Blaue Wittelsbacher.

The Wittelsbach Diamond memiliki berat sebesar 35,56 karat dan memiliki grade VS2. Berlian ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1600 dan selama berabad-abad telah menjadi bagian dari mahkota Austrian dan Bavarian.

 

The Wittelsbach Diamond terakhir kali terlihat oleh publik pada tahun 1921 pada saat pemakaman Ludwig III of Bavaria. Kemudian dijaga hingga 1951 dan dipegang oleh pengrajin perhiasan bernama Lawrence Graff pada tahun 2008.

Pada masa itu, Graff sempat melakukan pemotongan sebanyak 4,45 karat yang menuai kritik dari berbagai macam pihak.

Namun, pemotongan itu membawa The Wittelsbach Diamond status menjadi F1. Warna biru pada berlian ini semakin jelas dan indah.

Pada Juni 2011, berlian ini dibeli oleh presiden Qatar seharga US$80 juta (Rp1,12 triliun) dan diberikan kepada Hamad bin Khalifa.

10 Berlian Termahal 04 Wittelsbach Diamond - Finansialku

[Baca Juga: 5 Liburan Hemat Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan Nanti]

 

#7 The Winston Blue – US$23,8 Juta (Rp333,2 Miliar)

Satu lagi berlian warna biru yang berada di deretan berlian termahal. Berlian ini dibeli oleh Harry Winston seharga US$23,8 juta (Rp333,2 miliar) dari pemilih lamanya.

Berlian 13,22 karat ini pada awalnya hanya disebut “The Blue”, tapi kemudian diubah menjadi Winston Blue oleh Nayla Hayek, CEO dari perusahaan Harry Winston.

The Winston Blue memiliki bentuk seperti tetesan air dan merupakan berlian dengan tipe IIb.

10 Berlian Termahal 05 Winston Blue - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Aman dan Tenang? Gunakan Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri]

 

#6 The Steinmetz Pink – US$25 Juta (Rp350 Miliar)

The Stenmeitz Pink juga disebut sebagai Pink Star dan memiliki berat sebesar 59,60 karat. Berlian ini mendapat rate sebagai Fancy Vivid Pink Diamond oleh Geological Institute of America. Dan merupakan berlian terbesar dalam rating ini.

The Stenmeitz Pink ditemukan pada 1999 dan pertama kali melakukan debut di hadapan publik pada tahun 2003. Berlian berwarna pink ini dibeli oleh Chow Tai Fook Enterprises di Hong Kong pada April 2017 seharga US$71,2 juta (Rp996,8 miliar).

10 Berlian Termahal 06 Steinmetz Pink - Finansialku

[Baca Juga: 7 Uang Kuno Termahal Di Dunia yang Harganya Bikin Kamu Kaget]

 

#5 De Beers Centenary Diamond – US$100 Juta (Rp1,4 Triliun)

Memiliki berat sebesar 273,85 karat, De Beers Centenary adalah berlian terbesar ketiga dari Premier Mine. Perusahaan yang juga memproduksi berlian dengan nama Cullinan.

De Beers Centenary berasal dari berlian mentah sebesar 599 karat. Dan memiliki rating warna dalam kelas D. Nama De Beers Centenary didapatkan setelah adanya acara Centennial Celebration pada 11 Mei 1988.

10 Berlian Termahal 07 De Beers Centenary Diamond - Finansialku

[Baca Juga: Prospek Dunia Kerja 2019, Inilah 5 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan]

 

#4 The Hope Diamond – US$350 Juta (Rp4,9 Triliun)

The Hope Diamond adalah berlian berwarna biru yang ditemukan di India sekitar tahun 1600. Nama Hope yang menjadi nama berlian seberat 45,52 karat ini diambil dari nama pemilik pertamanya.

Hingga saat ini, The Hope Diamond telah berpindah kepemilikan sebanyak 22 kali hingga akhirnya menetap di Museum Smithsonian pada 1958. The Hope Diamond memiliki nilai asuransi sebesar US$250 juta (Rp3,5 triliun).

10 Berlian Termahal 08 The Hope Diamond - Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua Harus Tahu Betapa Pentingnya Anggaran Keuangan]

 

#3 The Cullinan – US$400 Juta (Rp5,6 Triliun)

The Cullinan merupakan berlian premier nomor 2 yang ditemukan di Cullinan, Afrika Selatan. Berlian ini merupakan berlian terbesar dengan potongan paling rapi yang pernah ada.

Berlian mentahnya sendiri memiliki berat sekitar 3.106,7 karat atau sekitar 621,35 gram. Selain menghasilkan Cullinan, berlian mentahnya juga menghasilkan 9 berlian lain yang menjadi bagian dari mahkota United Kingdom.

10 Berlian Termahal 09 The Cullinan - Finansialku

[Baca Juga: Berani Sekali Gaji UMR Beli Motor? Apa Bijak dan Bisa Terwujudkan?]

 

#2 The Sancy Diamond – Belum Diestimasi, Priceless

The Sancy Diamond adalah berlian berwarna kuning pucat dengan bentuk seperti tameng.

Berlian ini adalah salah satu berlian yang memiliki reputasi cukup baik di Eropa dan secara turun temurun digunakan oleh raja-raja UK sebelum akhirnya hilang pada saat Revolusi Prancis.

Setelah berkali-kali berpindah kepemilikan, menghilang, dan muncul kembali, The Sancy Diamond saat ini berada di Galeri Apollo. Bersebelahan dengan Regent dan Hortensia.

10 Berlian Termahal 10 The Sancy Diamond - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Laptop? Pahami Dulu Investasi Sukuk Untuk Mahasiswa]

 

#1 The Koh-I-Noor – Belum Diestimasi, Priceless

The Koh-I-Noor merupakan bahasa Persia yang memiliki arti sebagai Gunung Cahaya.

Pada awalnya, berlian ini memiliki berat sekitar 105,6 karat, kemudian Pangeran Albert memotongnya hingga menjadi 86 karat untuk meningkatkan kemilau cahayanya.

Hal menarik dari berlian ini adalah kepercayaan bahwa berlian ini adalah berlian pembawa petaka. Karena hampir setiap pemiliknya mengalami kesialan.

Saat ini, The Koh-I-Noor berada di HM Tower London dan menjadi salah satu berlian yang menarik perhatian.

10 Berlian Termahal 11 The Koh-I-Noor - Finansialku

[Baca Juga: 10 Inspirasi Interior Rumah Estetik yang Mudah Dilakukan Sendiri]

 

Itulah 10 berlian termahal yang pernah ada di dunia. Apakah Anda pernah melihat salah satunya? Tuliskan tanggapan dan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda ya, terima kasih.

 

Catatan: US$1 = Rp14.000

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 September 2018. Top 10 Most Expensive Diamonds In The World. Beautifullife.Info – https://goo.gl/guCMfX

 

Sumber Gambar:

  • Berlian – https://goo.gl/MS9ogs
  • The Heart of Eternity – https://goo.gl/C5dZRR
  • The Perfect Pink – https://goo.gl/D54Tnw
  • The Wittelsbach Diamond – https://goo.gl/Kodxd2
  • The Winston Blue – https://goo.gl/z45Pt6
  • The Steinmetz Pink – https://goo.gl/Zbh8Mp
  • De Beers Centenary Diamond – https://goo.gl/FrA5qu
  • The Hope Diamond – https://goo.gl/W9Fi4A
  • The Cullinan – https://goo.gl/nUgnFV
  • The Sancy Diamond – https://goo.gl/GDXW4S
  • The Koh-I-Noor – https://goo.gl/guCMfX