Ingin tau bagaimana cara membersihkan paru-paru perokok? INGAT!!! Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang fungsinya sangat penting!

Maka dari itu simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara membersihkan paru-paru kamu. Selamat membaca, dan selamat mencoba!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Membersihkan Paru-paru Perokok

Menghirup asap rokok baik secara disengaja (perokok aktif) ataupun dengan tidak sengaja (perokok pasif) adalah hal yang sangat berbahaya bagi paru-paru.

Karena zat yang terkandung dalam rokok dapat merusak kesehatan.

Selain paru-paru, rokok juga dapat menimbulkan cedera yang serius pada organ tubuh yang lain, seperti pada jantung, pembuluh darah, dan organ tubuh yang lain.

Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Aktif Maupun Pasif 01 Finansialku

[Baca Juga: Inilah Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit]

 

Pada umumnya, dampak dari merokok akan selalu ada dalam waktu yang lama, karena paru-paru sudah terlanjur mengalami kerusakan.

Lalu apakah ada cara yang bisa dilakukan agar paru-paru dan saluran pernapasan kembali sehat?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan yang dialami oleh paru-paru dan saluran pernapasan sebenarnya dapat mengalami perbaikan dari waktu ke waktu.

Namun agar hal ini bisa terjadi, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini!

 

#1 Hindari Rokok

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan memperbaiki paru-paru perokok tentu saja dengan menghindari rokok itu sendiri!

Buat kamu yang selama ini menjadi perokok aktif, mulailah mengambil sebuah komitmen untuk tidak lagi menyentuh barang yang berbahaya ini, terlebih lagi untuk menggunakannya.

Demikian juga buat kamu yang sebenarnya adalah perokok pasif!

Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Aktif Maupun Pasif 02 Finansialku

[Baca Juga: Tak Hanya Rusak Kesehatan Tubuh, Penyakit Difteri Terbukti Rusak Kesehatan Keuangan!]

 

Kalau selama ini kamu sering berlama-lama berada di tengah-tengah orang yang sering merokok, maka sebisa mungkin hindari hal ini.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan melarang keluarga kamu untuk merokok, atau memberi peraturan untuk tidak merokok di dalam rumah.

Dengan begitu, kamu secara langsung sudah mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah terhadap paru-parumu, serta memberi kesempatan kepada paru-parumu untuk mengalami perbaikan dengan lebih optimal.

 

#2 Melakukan Imunisasi

Jangan salah, imunisasi bukan sesuatu yang hanya berlaku buat bayi dan anak-anak saja, tetapi orang dewasa pun perlu melakukan hal ini untuk menjaga kesehatannya.

Buat kamu yang selama ini termasuk perokok aktif dan sudah berlangsung selama bertahun-tahun, kamu perlu mempertimbangkan untuk melakukan imunisasi agar paru-paru kamu terhindar dari infeksi, seperti pneumonia ataupun influenza.

Meskipun ini terlihat seperti hal yang biasa, tetapi sebenarnya infeksi saluran pernapasan ini bisa memicu kerusakan paru-paru yang lebih parah lagi.

So sebelum melangkah ke tahap membersihkan paru-paru, pastikan terlebih dahulu bahwa paru-parumu terbebas dari infeksi.

 

#3 Latihan Pernapasan

Sudah bukan sebuah rahasia lagi kalau paru-paru dari kebanyakan perokok aktif tidak dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal, bahkan termasuk sangat rawan untuk mengalami gangguan pernapasan, seperti sesak dan sebagainya.

Nah, untuk membuat paru-paru kamu kembali berfungsi dengan baik, salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat ini juga ialah latihan pernapasan.

Ada banyak latihan pernapasan yang bisa kamu coba seperti latihan pernapasan diafragma atau dengan melakukan olahraga yang fokus pada pernapasan seperti yoga dan Tai Chi.

Namun sebelum memulai sebuah latihan dengan intens, ada baiknya jika kamu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, dan meminta saran latihan yang kira-kira sesuai dengan kondisi kamu saat ini.

Pasalnya jika kamu melakukan latihan yang salah atau tidak sesuai, bisa-bisa paru-paru kamu malah semakin tidak sehat.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#4 Sebisa Mungkin Hindari Paparan Polusi

Kamu tentunya sudah tau dong kalau polusi memiliki dampak yang sangat tidak baik bagi kesehatan manusia, khususnya untuk kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan lainnya.

Nah kalau paru-paru yang sehat saja bisa menjadi rusak karena polusi, lalu apa jadinya dengan paru-paru perokok yang pada dasarnya sudah tidak bersih?

Tentu risiko untuk mengalami kerusakan akan semakin meningkat bukan?

Mau Pakai Vape Atau Rokok Elektrik 03 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada! Jamur Enoki Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh]

 

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari yang namanya polusi, salah satu caranya ialah dengan tidak terlalu sering ke jalan raya atau tempat-tempat yang padat kendaraan.

Kalaupun kamu memang harus berada di tempat-tempat seperti ini ataupun karena kamu tinggal di kota besar yang begitu padat, maka sebisa mungkin gunakanlah masker saat keluar dari ruanganmu.

Dengan begitu, saluran pernapasan dan paru-paru kamu akan tetap terjaga dan tidak menjadi semakin parah.

 

#5 Sering-sering Menghirup Udara Segar

Menghindari polusi bukan berarti kamu boleh terus-menerus berada dalam satu ruangan yang tertutup.

Karena hal ini pun pada dasarnya tidak sehat bagi paru-paru kamu karena udara yang kamu hirup pastinya tidak segar.

Dengan begitu, sebisa mungkin sering-seringlah menghirup udara segar di luar ruangan.

Buat kamu yang tinggal di daerah perkotaan dan padat kendaraan, kamu bisa menyempatkan waktu kamu untuk jalan-jalan di pagi hari sambal menghirup udara segar, karena biasanya saat pagi polusi kendaraan belum terlalu “mengerikan”.

Atau kamu juga bisa memanfaatkan sebagian jam istirahat kamu untuk mengunjungi tempat-tempat yang rimbun, ataupun taman yang pengunjungnya tidak terlalu ramai.

Hal ini bertujuan agar paru-paru kamu bisa kembali bekerja dengan lebih baik.

 

#6 Mulailah Rutin Berolahraga dan Makan Makanan Sehat

Selain latihan pernapasan yang sudah kita bahas di poin ke-3, kamu juga perlu melakukan olahraga lainnya untuk membersihkan paru-paru kamu, khususnya olahraga yang sifatnya aerobic.

Apa alasannya?

Dengan berolahraga, pertama jantung kamu akan berdetak dengan lebih cepat, dan otot pun secara tidak langsung terpaksa bekerja dengan lebih keras.

Nah, hal ini akan membuat laju pernapasan kamu meningkat karena perlu memasok oksigen yang lebih banyak.

Bisa-Irit-Kalau-Tahan-Hal-yang-Membatalkan-Puasa-2-Merokok-Finansialku

[Baca Juga: Tangkal Corona, Ini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Atau Imunitas]

 

Ini membuat paru-paru kamu berfungsi dengan lebih baik, dan tentunya sirkulasi yang meningkat akan membuat proses menghilangkan karbon dioksida yang ada di paru-paru kamu ikut meningkat pula.

Di samping berolahraga, kamu juga perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi.

Makanan yang sehat dan bergizi akan memberi banyak hal yang baik bagi kesehatan, termasuk untuk memperbaiki paru-paru.

Dan tentu saja, kamu tidak akan kuat berolahraga tanpa didukung dengan makanan yang sehat sebagai sumber energi bagi tubuhmu.

 

#7 Batuk yang Disengaja dan Menepuk Dada

Salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun ialah dengan batuk. Saat kamu batuk, racun yang terperangkap di dalam lendir akan ikut keluar.

Nah, orang yang termasuk perokok aktif biasanya memiliki lendir yang lebih pada paru-parunya, dan tentu tidak tertutup kemungkinan adanya racun di dalam lendir ini.

Maka dari itu, adalah hal yang baik jika kamu melakukan batuk dengan sengaja, sehingga kelebihan lendir ini bisa teratasi.

Namun ingat, hal ini bukan menjadi sesuatu yang bisa kamu lakukan secara terus-menerus ya… karena batuk yang terlalu sering juga bisa menyakiti tenggorokan kamu.

Sri Mulyani Beri Relaksasi Cukai Rokok Selama Tiga Bulan 02

[Baca Juga: Bisa Tangkal Corona, Ini 5 Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuhmu]

 

Maka dari itu melakukan batuk ini perlu kamu kontrol, misalnya sebanyak 2-3 kali saja dalam beberapa jam.

Selain dengan batuk, kamu juga bisa mengeluarkan lendir yang sudah menumpuk ini dengan menepuk dada kamu.

Hal ini mengadaptasi fisioterapi yang biasa dilakukan oleh para dokter di rumah sakit.

Caranya, kamu bisa berbaring miring di kasur ataupun matras, kemudian tepuk dada dan punggung secara perlahan-lahan agar lendir atau dahaknya keluar.

 

#8 Mengonsumsi Buah, Sayuran dan Teh Hijau yang Kaya Antioksidan

Untuk menjaga paru-paru kamu tetap sehat dan menjadi bersih kembali, kamu juga perlu mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan seperti blueberry, strawberry, teh hijau dan sayuran-sayuran hijau.

Alasannya, kandungan antioksidan ini mampu melindungi saluran pernapasan dan jaringan paru-paru kamu dari ancaman kerusakan yang lebih parah dan efek negatif dari menghirup asap.

Jadi, meskipun tidak secara langsung membersihkan paru-paru, setidaknya ia mencegah terjadinya hal yang lebih buruk.

Hal ini tentu saja akan sangat baik jika kamu mengombinasikannya dengan berolahraga ataupun latihan pernapasan yang bertujuan untuk memperbaiki fungsi paru-paru.

 

#9 Terapi Uap

Terapi uap juga termasuk cara yang paling efisien untuk menghilangkan lendir yang menumpuk di paru-paru perokok, sekaligus untuk membuat kamu merasa lebih rileks.

Caranya mudah, yaitu kamu hanya perlu menghirup uap dari air hangat.

Uap ini akan membuka saluran udara sehingga paru-paru dapat melonggarkan dan mengeringkan lendir yang berlebih di paru-paru.

Saat melakukan hal ini, hal baik yang dapat langsung kamu rasakan adalah pernapasan yang akan terasa jauh lebih mudah.


 

Mulai Membangun Gaya Hidup Sehat

Sampai saat ini, ada banyak yang menjadikan rokok sebagai bagian dari gaya hidupnya, sehingga ia tidak akan pernah melewati hari tanpa merokok.

Jelas ini sesuatu yang sangat tidak baik bagi paru-paru, padahal paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya.

Kerusakan yang terjadi pada paru-paru juga akan sangat mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya, sehingga seorang perokok akan menjadi lebih rentan terkena penyakit.

Hal itu mungkin belum terasa hingga saat ini, namun perlahan-lahan tubuh tentunya sudah tidak akan kuat lagi.

 

 

So… mulailah gaya hidup yang sehat dari sekarang, jika kamu adalah seorang perokok mulailah mengambil sebuah komitmen untuk meninggalkan barang berbahaya ini!

Kamu tidak akan bisa menikmati hidup dengan nyaman bila paru-parumu mengalami kerusakan yang parah. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Sepriani Timurtini Limbong. 16 April 2020. Inilah Cara Membersihkan Paru-paru bagi Perokok Aktif. Klikdokter.com – https://bit.ly/36Kq8J9
  • Merry Dame Christy Pane. 01 September 2019. Cara Membersihkan Paru-paru Perokok. Alodokter.com – https://bit.ly/33GE44X
  • Dina Rahmawati. 22 Januari 2020. Paru-paru Perokok Terancam Rusak, Ini Cara Membersihkannya. Sehatq.com – https://bit.ly/3iLcLLf

 

Sumber Gambar:

  • Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Aktif Maupun Pasif 01 – https://bit.ly/2Tw4Ya2
  • Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Aktif Maupun Pasif 02 – https://bit.ly/3e6Yx6z
  • Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Aktif Maupun Pasif 03 – https://bit.ly/34Ezvsx