Sebagai jobseeker, Anda mungkin bertanya, “Bagaimana cara membuat curriculum vitae yang menarik?” atau “Bagaimana cara membuat CV yang menarik?”. Di sini, Anda bisa temukan jawabannya.

Temukan cara membuat Curriculum Vitae yang menarik agar dapat memikat perhatian dari pihak HRD dari Perusahaan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Membuat Curriculum Vitae: Harus Berkualitas

Dalam melamar pekerjaan tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, seperti surat lamaran pekerjaan yang tentu saja harus dilampirkan dengan Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV).

Apakah Anda tahu bahwa perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan tentu memerlukan CV Anda?

Hal itu dikarenakan untuk memudahkan perusahaan dalam menilai dan mengevaluasi kompetensi atau kemampuan pelamar kerja.

Selain itu, CV bertujuan untuk menuliskan kemampuan juga kompetensi yang Anda miliki pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.

Melalui CV ini, gambaran profile dan garis besar kehidupan anda akan tercermin secara singkat termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang menjadi bahan referensi pihak perusahaan saat mewawancarai Anda.

Namun ternyata, banyak surat lamaran tidak dibaca dengan saksama dan bahkan tidak diminati pihak HRD karena kualitas CV yang kurang menarik.

Menurut Anda, CV seperti apa yang menarik?

 

Silakan kemukakan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah.

Terima kasih telah berkomentar. Sebagai apresiasi, kami memberikan free trial aplikasi Finansialku. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan bimbingan mengenai pengaturan keuangan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Melalui ulasan berikut ini, mari kita simak bagaimana cara membuat curriculum vitae yang menarik untuk dibaca dan memikat hati HRD.

Silakan baca penjelasan ini sampai selesai, karena di akhir artikel ini kami akan membagikan contoh curriculum vitae yang menarik untuk Anda.

5 Tips atau Cara Membuat Curriculum Vitae yang Menarik

Berikut ini 5 cara membuat curriculum vitae yang menarik, coba praktikkan dan buktikan sendiri!

 

#1 Lakukan Job Research

Sebelum Anda membuat Curriculum Vitae, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari informasi mendetail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar.

Perlu diingat Jenis pekerjaan adalah yang sesuai dengan latar belakang dan minat Anda. Anda dapat mencari via online atau menanyakan informasi kepada teman dan kenalan Anda.

Diterima-Kerja-di-Perusahaan-Impian,-Kerja-di-Perusahaan-Impian-02-Finansialku

[Baca Juga: Contoh CV Bahasa Inggris Lengkap, Cocok Untuk Melamar Kerja]

 

Catat semua informasi terkait persyaratan kerja seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia dan pengalaman bekerja juga menjadi bahan pertimbangan perusahaan.

Tidak lupa juga untuk Anda mencari tahu tentang visi dan misi dan nilai-nilai serta etos kerja dari perusahaan tersebut. Dengan adanya job research bisa menyaring perusahaan mana yang anda pilih.

 

#2 Ketahui Isi CV secara Umum

Dalam menyusun CV, buatlah secara berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Anda, terutama pihak HRD yang akan menilai kualitas Anda pertama kali melalui CV tersebut

Secara umum, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:

  • Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat 
  • Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
  • Personalitas – gambaran singkat karakter diri Anda.
  • Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.
  • Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.
  • Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
  • Informasi Lain tentang Diri Anda – hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

 

#3 Mulai Membuat CV

Cara membuat Curriculum Vitae yang menarik adalah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang mudah dibaca, minimalis dan layout yang rapi.

Berbagai contoh desain atau format CV dapat Anda cari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”.

Buat desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang pantas dan gunakan simbol-simbol yang dapat dipahami oleh pembaca.

Diterima-Kerja-di-Perusahaan-Impian,-Kerja-di-Perusahaan-Impian-01-Finansialku

[Baca Juga: Cara Membuat CV yang Menarik Perhatian HRD Perusahaan]

 

Tuliskan hal yang sesuai dengan panduan isi secara garis besar pada point 2 di atas sebagai berikut.

  • Cantumkan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email serta pas foto terbaru Anda.
  • Tulis jenjang pendidikan.
  • Paparkan secara singkat, padat dan jelas mengenai karakter Anda dan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.
  • Deskripsikan keterampilan serta skill yang Anda miliki terutama yang menunjang pekerjaan Anda.
  • Apabila Anda bekerja sebelumnya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri Anda dan perhatian khusus bagi pihak pembaca.
  • Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah 
  • Cantumkan informasi tentang diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Anda dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, tempat Anda bekerja sebelumnya.

 

#4 Baca Ulang dan Perbaiki Kesalahan dalam CV

Baca ulang untuk meminimalkan kesalahan dan memastikan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi. Cek kembali tata bahasa dan ejaan yang salah dan menggunakan kalimat yang jelas, singkat serta efektif.

Usahakan menggunakan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di website internet.

 

#5 Analisis CV Anda

Untuk menganalisis CV Anda agar lebih objektif dalam penilaiannya Anda harus mengesampingkan diri Anda dan benar-benar memerankan diri sebagai bagian HRD yang sedang melakukan rekrutmen terhadap pelamar.

Anda juga dapat meminta bantuan teman atau sahabat anda untuk menilai CV yang sudah Anda buat, tidak lupa juga buat perbandingan penilaian antara penilaian yang telah Anda buat dan penilaian yang teman Anda buat.

Langkah di atas sebetulnya masih dalam langkah awal dalam proses lamaran Anda. Hal ini dikarenakan Anda harus menempuh proses dan prosedur perekrutan kerja selanjutnya yang diatur oleh perusahaan yang bersangkutan.

Awali langkah tersebut dengan membuat curriculum vitae yang menarik perhatian dari pihak HRD.

 

Langkah Lanjutan

Dalam perjalanan panjang tak berkesudahan yang Anda jalani selama mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan minat Anda, tentunya banyak pengorbanan yang dicurahkan.

Salah satunya adalah pengorbanan finansial. Dalam perjalanan ini, entah sudah berapa lembar kertas yang terbuang percuma setiap kali Anda mendatangi perusahaan untuk diwawancarai.

Anda juga tidak bisa lagi menghitung berapa total dana yang dikeluarkan untuk biaya transportasi dari rumah hingga kantor impian Anda.

Meski begitu, ingatlah kalau ini adalah bagian dari perjuangan dan perjalanan hidup Anda. Jangan menyerah sampai Anda tiba di titik di mana semua ini hanyalah kenangan semata.

Sambil terus berusaha, Anda tentu harus mampu mengatur finansial Anda yang terbatas, agar bisa bertahan sampai garis finish.

Ya, Finansialku mengerti betul kalau ini tidak semudah yang kita bayangkan. Tapi bukan berarti ini tidak mungkin kita lakukan.

Yuk, kita atur arus keuangan kita menggunakan aplikasi Finansialku yang bisa Anda unduh di Google Play Store dan Apple Apps Store dan manfaatkan semua fitur yang tersedia untuk membantu Anda menngatur arus keuangan menjadi lebih baik!

Jangan berhenti sampai situ, perdalam wawasan Anda tentang mengatur arus keuangan melalui video-video yang ada di kanal youtube kami, dan e-book Finansialku yang bisa diunduh secara GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

UNDUH GRATIS DI SINI

 

 

Selamat, Anda telah mengetahui rahasia 5 Cara Membuat Curriculum Vitae yang Menarik. Kami yakin, masih ada kakak, adik atau saudara Anda yang masih kesulitan membuat CV yang menarik. 

Anda tentunya akan menjadi penolong dan pahlawan buat mereka, jika Anda membagikan artikel ini melalui Platform media sosial yang tersedia di bawah ini!

5 Rahasia cara membuat cv yang menarik cek di : Click to Tweet

 

Kami senang Anda telah membaca artikel ini bahkan membagikannya ke media sosial Anda. Sebagai apresiasi kami, silakan download template CV yang menarik dan bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan.

 

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

1 Step 1
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

 

Sobat Finansialku, selama masa pandemi ini, ternyata tidak semua orang bisa bertahan dengan tekanan PHK. Ada saudara-saudara yang tidak seberuntung kita.

Ini saatnya, kita bersama-sama bergotong royong, membantu meringankan beban saudara-saudara kita dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan kita untuk didonasikan, dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Terima kasih dan semoga kebaikan sobat Finansialku dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amin!

 

Itulah tips atau cara membuat Curriculum Vitae yang menarik HRD Perusahaan agar sukses diterima kerja.

Anda bisa bagikan pengalaman Anda mengenai lamaran kerja pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Made Ari Yuliati. Cara Membuat CV yang Memikat HRD. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/CBj7qx
  • Sarung Preneur. Contoh Curriculum Vitae CV yang Efektif dan Menarik. Sarungpreneur.com – https://goo.gl/upuUr1

 

Sumber Gambar:

  • Success Employee – https://goo.gl/l3XcNc dan https://goo.gl/3RyiRG