Yuk Ikuti Cara Membuat Website Gratis dari HP Ini!

Lagi bingung bagaimana cara membuat website yang gratis melalui hp? Yuk… langsung saja simak dan cobain cara berikut ini.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Membuat Website Gratis dengan Menggunakan Handphone

Saat ini website menjadi satu hal yang lumayan dibutuhkan oleh manusia, terlebih lagi karena semakin banyak orang yang melakukan pekerjaannya dengan memanfaatkan jejaring internet.

Website bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk saling berbagi informasi, menyalurkan hobi dan bakat, hingga untuk mencari uang dan mengembangkan bisnis yang besar maupun bisnis yang baru dirintis.

Selain itu, sekarang website sudah bisa kamu buat dengan mudah, bahkan hanya bermodal sebuah handphone saja.

Bagaimana caranya? Yuk… mari simak bersama.

 

#1 Membuat Website Gratis Melalui WordPress

WordPress merupakan salah satu pemberi layanan untuk mengelola website dengan mudah, yang sudah mulai diperkenalkan kepada umum sejak tahun 2003.

Selain bisa digunakan secara gratis, WordPress juga memiliki fitur-fitur menarik serta basis kode yang bersifat open source yang akan semakin memudahkan dalam mengelola website.

Nah… bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan layanan WordPress, kamu terlebih dahulu perlu men-download aplikasi WordPress di Google Play Store. Jika sudah, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini.

 

1. Melakukan Pendaftaran Akun

Pertama-tama kamu membuka aplikasi yang telah di-download, dan setelah itu akan muncul tampilan pertama yang akan meminta kamu untuk melakukan pendaftaran ataupun log in jika telah memiliki akun WordPress.

Jika belum memiliki, maka klik saja tombol Mendaftar ke WordPress.com, setelahnya maka kamu hanya perlu mendaftar dengan menggunakan akun google kamu.

 

2. Tahap Pembuatan Situs Website

Setelah mendaftarkan akun, kamu akan diminta untuk memasukkan nama tampilan serta nama pengguna, yang bisa kamu isi sesuai dengan keinginan kamu. Jika sudah mengisinya, langsung saja klik tombol Lanjutkan yang terletak pada bagian bawah tampilan layar.

Setelah itu, WordPress akan menampilkan halaman yang terdapat tombol  Tambah Situs Baru.

Langsung saja klik pada tombol tersebut, dan kamu akan diberikan dua pilihan, yakni buat situs WordPress.com atau tambah situs mandiri (self-hosted). Bagi yang belum pernah memilikinya, langsung saja pilih Buat Situs WordPress.com.

Yuk Ikuti Cara Membuat Website Gratis dari HP Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Website untuk Jual Barang Bekas, Harga Terbaik!!]

 

WordPress aka kembali memberi pilihan atau pertanyaan mengenai situs seperti apa yang ingin kamu buat. Jenis website yang kamu pilih bisa untuk blog, bisnis, profesional, pendidikan ataupun memilih blank canvas.

Setiap pilihan ini tentu memiliki fungsinya masing-masing, seperti misalnya, “blog” berfungsi sebagai tempat untuk kamu membagikan ide ataupun kabar terbaru, sedangkan “pendidikan” berfungsi sebagai tempat untuk kamu membagikan proyek ataupun informasi mengenai sebuah lembaga pendidikan.

Jadi sebelum membuat sebuah website, maka kamu perlu menentukan kegunaan website tersebut terlebih dahulu.

Nah… jika sudah memutuskan, langsung saja memilih opsi yang telah disediakan.

 

3. Mulailah Mengatur Website Kamu Sendiri

Selamat! Sekarang website kamu telah selesai dibuat, dan hal terakhir yang kamu perlu lakukan ialah mengatur website tersebut.

Berikan informasi seputar pembahasan dalam website yang kamu buat, misalnya blog yang bercerita mengenai tempat wisata ataupun yang lainnya.

Tahap ini sebenarnya bisa saja tidak kamu isi, namun sangat tidak disarankan untuk melewati hal ini. Dengan adanya informasi dasar yang kamu berikan, maka pengunjung akan lebih mudah mengenali website-mu dan akan menjadi lebih tertarik lagi untuk mengunjunginya.

Yuk Ikuti Cara Membuat Website Gratis dari HP Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Website Populer Untuk Cek Jadwal Bola Secara Online]

 

Setelah itu, berikan juga judul untuk situs serta slogan yang nantinya akan ditampilkan pada bagian bawah judul situs tersebut.

Sangat disarankan untuk memberi judul semenarik mungkin, agar pengunjung menjadi lebih tertarik.

Tahap ke-3 yaitu memasukkan nama domain, dan kemudian langsung pilih menu Buat Situs.

Nah… sekarang website kamu sudah 100% dapat digunakan! Kamu bisa mulai membuat postingan-postingan yang menarik dan kreatif.

 

#2 Membuat Website Gratis Melalui Prestashop

Prestashop bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin membuat website untuk berjualan atau toko online.

Sama seperti pada aplikasi sebelumnya, Prestashop juga memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap sehingga akan sangat membantu kamu dalam mengelola toko online milikmu.

Dan tentu saja, yang membuatnya sangat menarik ialah karena kamu bisa membuat sebuah toko online secara gratis!

Yuk Ikuti Cara Membuat Website Gratis dari HP Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Website Donasi Online Aman Terpercaya Untuk Memudahkan Berbagi]

Ditambah lagi meskipun aplikasi ini tidak berbayar, namun layanan yang mereka berikan tidak kalah bagus dengan pembuat website yang berbayar.

Tampilan yang dimiliki oleh Prestashop juga sangat keren, layaknya toko online profesional, ditambah dengan fitur seperti pesanan, pengiriman, statistik penjualan, pembayaran, serta fitur lainnya, yang sangat mudah untuk dipahami dan digunakan.

Nah… untuk membuatnya, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya ialah cara berikut ini.

 

1. Menggunakan Softaculous Apps Installer

Sebelumnya perlu diketahui, bahwa Prestashop termasuk content management system atau biasa disingkat sebagai CMS.

Dengan begitu, kamu bisa membuatnya dengan dukungan dari aplikasi yang bisa mempermudah instalasi untuk CMS, yang salah satunya ialah Softaculous Apps Installer.

Cara membuatnya juga sangatlah mudah, kamu hanya perlu Login cPanel Hosting dengan menggunakan e-mail yang dikirim oleh DomaiNesia, kemudian silahkan memilih Softaculous Apps Installer, setelah itu pada pilihan yang ada pilihlah Prestashop dan langkah terakhir ialah dengan melakukan instalasi.

 

2. Melakukan Instalasi Manual

Cara lainnya untuk membuat website toko online ini ialah dengan melakukan instalasi secara manual.

Yang pertama kali harus kamu lakukan mengunduh file zip Prestashop, dan kemudian bisa langsung mengatur di localhost maupun di hosting.

Di sini kamu bisa mengatur tema, memasang foto dari produk, menuliskan spesifikasi produk dan memberikan harga pada produk tersebut.

Jika sudah, maka langkah terakhir ialah mempublikasikannya ke hosting dengan FileZilla ataupun File Manager.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Cara Lain untuk Membuat Website Gratis Dari Hp

Selain dengan menggunakan dua cara diatas, masih ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat website gratis.

Langkah-langkah pembuatannya pun tidak jauh berbeda dengan menggunakan Wordprees maupun Prestashop.

Nah… berikut ini, kami berikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat website gratis.

 

#1 Weebly

Dengan menggunakan Weebly, kamu dimungkinkan untuk membuat sebuah website gratis dengan mudah.

Hanya saja, meskipun kamu bisa saja mengoperasikannya dengan Hp, namun sangat disarankan untuk menggunakan PC atau Laptop.

Format yang digunakan oleh Weebly berupa widget, sehingga untuk masuk ke halaman maupun mengisi sebuah konten, kamu hanya perlu mengklik, menyeret dan mengisi gambar, konten maupun teks yang hendak kamu publish.

Yuk Ikuti Cara Membuat Website Gratis dari HP Ini! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 10 Manfaat Membuat Website untuk Kemajuan Bisnis Anda?]

 

Cara membuatnya juga sangatlah mudah, yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu ialah sebuah e-mail dan men-download Weebly.

Lalu jika sudah membukanya, maka klik menu Sign Up yang terletak pada halaman menu utama.

Kemudian isi data yang diminta, lalu pilih kembali opsi Sign Up yang ada dibawah tempat pengisian data.

Tahap selanjutnya ialah pemilihan tema, dan di sini kamu bebas memilih tema yang kamu inginkan.

Jika sudah, selanjutnya kamu perlu memasukkan alamat sub domain Weebly yang kamu inginkan. Tahap terakhir ialah memilih opsi lanjutkan yang terletak di bagian bawah tampilan.

 

#2 Blogger

Jika kamu ingin membuat sebuah blog yang akan membahas mengenai banyak hal seperti tips dan trik, travel, maupun yang membahas tentang teknologi dan yang lainnya, Blogger bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu.

Selain bisa mengakses melalui website resminya, kamu juga bisa mendapat aplikasi versi mobilenya di Google Play Store.

Yuk Ikuti Cara Membuat Website Gratis dari HP Ini! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Ribet Jual Mobil Bekas? Coba Beriklan di 8 Website Jual Beli Mobil Bekas Ini]

 

Langkah-langkah untuk pembuatannya juga sangat mudah, yaitu dengan mendaftarkan E-mail Google, dan kemudian mengisi setiap data yang diminta.

Setelah mendaftar maka kamu sudah siap untuk menulis konten, memasukkan gambar, mengedit dan mempublikasikannya melalui satu aplikasi ini saja.

Namun sebelum publish, sebaiknya cek terlebih dahulu konten yang kamu buat dengan teliti, dan buatlah semenarik mungkin.

 

#3 Wagomu Id

Wagomu Id merupakan sebuah blog platform asal Indonesia, yang cocok buat kamu yang senang menulis dan mempublikasikannya di internet.

Kelebihan dari Wagomu ini bisa kita lihat dari hasil SEO yang terbilang cukup baik dibanding dengan beberapa hosting gratis lainnya.

Yuk Ikuti Cara Membuat Website Gratis dari HP Ini! 06 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Apabila konten yang kamu publish menarik dan memiliki jumlah pembaca yang cukup banyak, maka tidak tertutup kemungkinan juga untuk kamu menghasilkan uang dari website ini, seperti misalnya melalui pemasangan iklan sebuah produk.

Nah… buat kamu yang berminat menggunakan Wagomu Id, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini untuk membuat websitenya.

  1. Pertama ialah dengan masuk ke website resmi Wagomu Id, kamu bisa menggunakan Google Chrome versi mobile ataupun dengan browser
  2. Pada halaman utama, kamu bisa memilih untuk mendaftar akun baru, yang mana kamu harus mengisi alamat e-mail pribadi, dan klik lanjutkan.
  3. Pada halaman selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan sebuah Username dan Password yang nantinya akan kamu gunakan saat hendak log in ke Wagomu Id.
  4. Tahap selanjutnya ialah pembuatan blog baru, yaitu dengan mendaftarkan subdomain alamat url blog, dan mengisi data mengenai blog yang ingin kamu buat.
  5. Silahkan mengisi semua data yang diminta, dan setelah itu klik Daftar
  6. Blog kamu kini siap untuk digunakan atau pun diatur sesuai keinginanmu.

 

Tidak Ada Alasan untuk Tidak Memiliki Website

Dulu untuk memiliki website mungkin saja merupakan hal yang susah, namun saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi, semuanya menjadi lebih mudah.

Bahkan kamu juga bisa memiliki sebuah website tanpa harus memiliki banyak pengetahuan di bidang Ilmu Teknologi, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak memiliki website.

Sudah tahu tentang cara membuat website, tapi pasti kamu belum tahu ya tentang aplikasi Finansialku? Aplikasi Finansialku memiliki berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk

budgeting, pencatatan keuangan, hingga fitur Financial Check Up yang akan memberi laporan mengenai seberapa sehat keadaan finansial kamu.

Gunakan aplikasinya di sini!

playstore icon
appstore icon

 

Untuk kamu yang mau buat website untuk usaha sampingan, simak yuk tips dari Finansialku ini!

 

Nah… itulah cara pembuatan website gratis yang bisa kamu praktikkan. Jangan lupa membagikan artikel ini agar semakin banyak yang tahu. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fanandi Prima Ratriansyah. 09 Mei 2019. Cara Membuat Website Gratis Melalui HP, Mudah Banget! Jalantikus.com – https://bit.ly/30by9U6
  • Admin. Membuat Website Gratis di HP Android Terbaru. Jagad.id -https://bit.ly/2zX3cbL
  • Mutiara Auliya. 28 April 2020. Cara Membuat Website dan Toko Online, GRATIS! – https://bit.ly/36YSVYH

 

Sumber Gambar:

  • Website 01 – https://bit.ly/2MMtHTY
  • Website 02 – https://bit.ly/3hefjBW
  • Website 03 – https://bit.ly/3cUM9Vm
  • Website 04 – https://bit.ly/2MPNOk5
  • Website 05 – https://bit.ly/3f9yA5E
  • Website 06 – https://bit.ly/37i9Lls
  • Website 07 – https://bit.ly/2XMSQUN

About the Author:

Ken Jacks Waoma
Seorang mahasiswa salah satu sekolah tinggi yang berada di kota Bandung. Memiliki ketertarikan pada berbagai hal, terlebih pada perkembangan teknologi.

Leave A Comment