Menyalurkan aksi kebaikan seperti halnya membantu sesama kini, semakin mudah dengan adanya Donasi Online. Para donatur tak lagi repot, cukup melalui platform yang tersedia sesuai dengan pilihan isu yang beragam.

Apakah Anda sudah tau website donasi online apa saja yang dapat memudahkan Anda untuk berbagai dengan sesama?

Simak penjelasannya melalui artikel Finansialku kali ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rencanakan Dana Donasi Anda

Tangan di atas lebih mulia dari tangan di bawah, hal ini memang benar adanya karena sebagai manusia seyogyanya kita memiliki kewajiban untuk berbuat baik, salah satunya membantu sesama.

Berbicara tentang membantu sesama, tentu banyak cara yang bisa dilakukan, dalam bentuk dukungan moril maupun materil.

Namun seringkali kita mengalami perang batin, dilema antara rasa bersalah karena berdiam diri rasanya tidak tepat, tapi membantu secara langsung pun tak memungkinkan.

Karenanya, Anda bisa memanfaatkan donasi online yang kini telah hadir untuk menyalurkan kebaikan melalui platform yang tersedia.

Seperti dilansir dari Gomuslim.co.id (Senin, 22/10/2018), kemunculan donasi online menjadi interpretasi dari berkembangnya teknologi sehingga memudahkan orang baik (donatur) untuk melakukan aksi kebaikannya melalui platform yang beragam, mulai dari donasi untuk pendidikan, kesehatan, bencana alam, lingkungan, pangan, dan lain sebagainya.

Zakat dengan Cara Donasi 04 Zakat 4 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Zakat dengan Cara Donasi Boleh Dilakukan?]

 

Namun terkadang, hal ini dimanfaatkan oleh sejumlah orang yang ingin mendapatkan pendapatan dengan cara yang tidak baik.

Terdapat sejumlah website yang mengaku sebagai “donasi online”, namun nyatanya dana tersebut tidak benar-benar disalurkan.

Itulah mengapa diperlukan ketelitian sebelum para donatur menyalurkan dananya. Maksud hati berbuat baik, namun malah kerugian yang didapatkan.

Finansialku telah merangkum sejumlah website donasi online yang terpercaya dan benar-benar berperan untuk menyalurkan dana donasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

 

Namun, hal yang harus Anda ingat sebelum berdonasi ialah jangan sampai kebutuhan sehari-hari Anda jadi sulit terpenuhi karena uang yang Anda dapatkan terlalu banyak disalurkan untuk donasi.

Memang benar, membantu itu sangat penting. Tapi jangan sampai menyiksa diri Anda yang sama-sama membutuhkan kebutuhan.

Anda bisa melakukan perencanaan keuangan untuk mengetahui hal apa saja yang dapat direncanakan saat ini, salah satunya donasi.

Anda bisa memperkirakan besaran dana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan serta yang lainnya dengan tetap dapat membantu sesama.

Aplikasi Finansialku hadir untuk mempermudah Anda dalam melakukan rencana keuangan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur lainnya yang dapat membantu untuk memberikan gambaran lengkap kondisi keuangan Anda.

Beberapa fitur tersebut ialah:

  • Membuat anggaran,
  • Mencatat keuangan,
  • Merencanakan keuangan,
  • Memantau kinerja investasi,
  • Mengecek kesehatan keuangan,
  • Mengikuti kursus online keuangan,
  • Live chat dengan perencana keuangan, dan masih banyak lagi.

 

Tunggu apalagi? Segera miliki aplikasi Finansialku dengan men­-download melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC Anda.

Jika sudah, Anda bisa mulai melakukan rencana keuangan yang tentunya akan sangat membantu Anda untuk mengelola keuangan.

Jika Anda masih merasa kebingungan dengan bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan yang baik, Anda bisa mendapatkan panduannya melalui ebook GRATIS dari Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Ayo lakukan sekarang juga. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

 

Inilah 10 Website Donasi Online untuk Salurkan Kebaikanmu

Nah, berikut ini 10 website donasi online terpercaya yang telah dirangkum oleh Finansialku untuk menyalurkan aksi kebaikan, yaitu:

 

#1 Kitabisa.com

Kitabisa adalah website penggalangan dana dan donasi secara online yang sudah berdiri sejak tahun 2013.

Kitabisa telah menjadi wadah bagi individu, komunitas, organisasi, maupun perusahaan yang sering disebut sebagai #Orangbaik, untuk penggalangan dana dengan membuat halaman donasi online.

Donasi Online 02 (Kitabisa.com) - Finansialku

Tampilan menu awal website Kitabisa.com

 

Dengan semangat gotong-royong menghubungkan kebaikan, Kitabisa menerapkan kebijakan open platform.

Artinya, dalam hitungan menit siapapun dapat membuat halaman donasi di Kitabisa selama mereka melengkapi syarat verifikasi identitas dan tidak melanggar hukum di Indonesia dengan beragam tujuan sosial, personal, kreatif dan lainnya.

#Orangbaik yang memanfaatkan Kitabisa akan dikenakan biaya senilai 5% dari donasi yang terkumpul.

Biaya akan gunakan untuk menutup biaya operasional serta pengembangan dan layanan untuk kemudahan menggalang dana dan berdonasi.

Jika Anda berniat untuk menjadi #Orangbaik, kunjungi saja www.kitabisa.com.

 

#2 Sharing Happiness atau Rumah Zakat

Kampanye sekaligus gerakan berbagi untuk menyebarkan kebahagiaan ini digagas oleh Rumah Zakat dalam rangka perbaikan sosial kemasyarakatan disetiap Rumah Zakat berada.

Donasi Online 03 (Sharing Happiness) - Finansialku

[Baca Juga: Donasi (Zakat, Perpuluhan, Derma) bersama Beruang Matahari]

 

Komitmen dan ajakan berbagi ini dirangkum menjadi tiga nilai utama melalui fasilitas kemudahan berbagi, orientasi kebahagiaan seluruh stakeholder, untuk bersama-sama mewujudkan perbaikan kondisi sosial masyarakat di Indonesia bahkan mancanegara.

Ada lebih dari 15 layanan yang difasilitasi oleh Rumah zakat ini, penasaran? Silakan kunjungi https://sharinghappiness.org/

 

#3 Aksi Cepat Tanggap

Yayasan yang berdiri pada 21 April 2005 telah bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan.

Seiring berjalannya waktu, ACT mengembangkan aktivitasnya pada ranah kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pasca bencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf.

ACT memiliki dukungan donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR).

Donasi Online 04 (Aksi Cepat Tanggap) - Finansialku

Tampilan menu awal website Aksi Cepat Tanggap (ACT).

 

Jaringan relawannya pun sudah memiliki wadah tersendiri yakni MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) maupun dalam bentuk jaringan kantor cabang ACT dengan jangkauan aktivitas program mencapai 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sementara itu pada level global, wilayah kerja ACT diawali dengan kiprah dalam setiap tragedi kemanusiaan di berbagai belahan dunia seperti bencana alam, kelaparan dan kekeringan, konflik dan peperangan, termasuk penindasan terhadap kelompok minoritas berbagai negara.  

Saat ini jangkauan aktivitas program global sudah sampai ke 22 Negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa Timur. Lebih lanjut, silakan intip di www.act.id.

 

#4 Indorelawan

Indorelawan menjadi salah satu platform donasi online yang terinisiasi dari sekelompok orang yang memiliki keinginan menjadi bagian dari usaha dalam membuat Indonesia menjadi lebih baik.

Misinya adalah untuk membuat kolaborasi antara relawan dan komunitas dengan misi sosial menjadi lebih mudah.

Donasi Online 05 (Indorelawan) - Finansialku

Tampilan menu awal website Indorelawan.

 

Bekerja dengan bantuan para donor dan donatur individual untuk menghubungkan organisasi sosial dan relawan.

Setiap rupiah yang Anda berikan memastikan Indorelawan untuk terus memberikan layanan gratis bagi 1122 organisasi sosial dalam menjalankan misinya.

Wujud aksi baiknya dilakukan dalam beragam cara, mulai dari mengajar anak-anak putus sekolah, mengurangi dampak kerusakan lingkungan hingga kampanye hak asasi manusia.

Jika Anda penasaran, kunjungi saja www.indorelawan.org.

 

#5 WeCare.id

Website ini dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien-pasien yang memiliki kemampuan finansial yang terbatas, tinggal di wilayah yang sulit dijangkau, serta belum menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau yang kepesertaannya sudah tidak aktif.

WeCare.id juga bekerja sama dengan dokter-dokter di rumah sakit untuk menghubungkan para calon donatur dengan para pasien sehingga mereka dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya yang menyeluruh.

Mereka sebagai calon donatur dapat melihat daftar dan informasi para pasien sehingga dapat memilih pasien yang ingin dibantu.

Calon donatur dapat memberi bantuan dengan menyumbang mulai dari dua puluh lima ribu rupiah.

Seluruh transaksi yang dilakukan akan ditampilkan secara transparan di website www.wecare.id.

Donasi Online 06 (WeCare.id) - Finansialku

[Baca Juga: Punya Aduan Terhadap BPJS Kesehatan? Begini Caranya]

 

WeCare.id sangat mengapresiasi dan mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS (Badan Penyelenggara jaminan Sosial) dan pemerintah yang mempermudah masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan yang memadai.

Untuk mendukung program JKN yang diselenggarakan pemerintah, WeCare.id juga memfasilitasi individu yang masih memiliki tunggakan iuran kepada BPJS.

 

#6 Causes.com

Seperti dilansir dari Padmanegara.com (23/10/2008), Causes yang merupakan jejaring sosial ini menyediakan tool dan layanan untuk individual, (Non Government Organization) NGO, bahkan merek komersial untuk menyuarakan cause atau kepedulian terhadap suatu isu dengan fungsi call-to -action: menggalang komitmen, menandatangani petisi, dan berdonasi.

Donasi Online 07 (Causes.com) - Finansialku

Tampilan menu awal website Causes.com.

 

Causes.com menyediakan layanan lengkap dari cause marketing untuk menjangkau target khalayak yang lebih luas lagi.

Jika Anda penasaran, langsung saja kunjungi website-nya di https://causes.com/.

 

#7 DonateYourAccount

DonateYourAccount adalah tool di mana individu dapat mendonasikan akun Twitter atau Facebook-nya untuk menyebarkan pesan atau kampanye sosial secara otomatis.

Cara kerjanya, NGO akan membuat campaign dan meminta dukungan dari follower atau fans atau relawan untuk mendonasikan akunnya.

Selanjutnya, relawan yang tertarik mendonasikan akun Twitter dan/atau Facebook-nya dan memutuskan seberapa sering akan digunakan untuk kampanye.

Bisa satu kali per hari, satu kali per minggu, sampai dengan satu kali per bulan.

Donasi Online 08 (DonateYourAccount) - Finansialku

Logo dan penjelasan DonateYourAccount.

 

Caranya mudah, Anda tinggal pilih campaign yang sudah ada, tipe dari donasi akun media sosial, kemudian klik publish.

Akun yang didonasikan secara otomatis akan Reshare dan RT secara otomatis pesan-pesan perubahan atau sosial yang telah dibuat oleh NGO sesuai dengan pengaturan yang sudah ditentukan.

 

#8 Twibbon

Tool ini biasa digunakan oleh NGO untuk mengamplifikasi gerakan sosial atau kampanye dalam berbagai macam cara.

Di antaranya, mengubah avatar atau gambar profil, cover Facebook atau Twitter dari individu yang tertarik mendukung kampanye dengan hanya satu klik saja.

Donasi Online 09 (Twibbon) - Finansialku

[Baca Juga: Donatur Pertanyakan Dana Donasi yang Digalang oleh Cak Budi via Media Sosial]

 

Selain itu bisa juga digunakan untuk menyediakan tweet atau status yang sudah disiapkan oleh NGO dengan hashtag khusus yang siap untuk dibagikan.

Ingat ya, donasi itu tidak hanya berupa materi, bantuan kemanusiaan juga menjadi bagian dari donasi yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda penasaran, kunjungi saja langsung https://twibbon.com/.

 

#9 Change.org

Platform ini dapat digunakan oleh NGO maupun individu untuk memobilisasi sekaligus mengedukasi kepada khalayak umum tentang isu yang diangkat dalam bentuk petisi online untuk perubahan.

Konsep utama dari petisi online ini adalah public shaming, atau memobilisasi masyarakat yang peduli terhadap isu yang di mana di dalam petisi tersebut dijabarkan kesalahan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh pelaku, bisa individu atau organisasi maupun perusahaan.

Donasi Online 10 (Change.org) - Finansialku

Tampilan menu awal website Change.org.

 

Untuk NGO, jika ingin memperluas jangkauan dari petisi yang dibuat, ada pilihan yang ditawarkan oleh platform Change.org dalam bentuk sponsored atau promoted petition.

Jika memang petisi yang dibuat tujuannya sekaligus untuk lead generation, yang perlu diperhatikan adalah pembuat petisi tidak bisa mendapatkan akses terhadap database signers.

 

#10 IndoKasih

Dilansir dari Techinasia.id (23/10/2018), platform donasi online ini memungkinkan penggunanya menggalang dana secara online.

Dimulai dari membuat halaman penggalangan dana dengan mengisi beberapa informasi, seperti nama proyek penggalangan, tantangan yang ingin dilakukan, alasan penggalangan dana, target pendanaan, serta yayasan yang ditunjuk sebagai penerima dana tersebut.

Halaman penggalangan dana ini nantinya bisa di-share melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter, sehingga mempermudah penggalang dana menjangkau para donatur.

 

Tak Ada Alasan Tak Berbuat Baik

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat hidup lebih bermanfaat dengan melakukan kebaikan.

Tidak ada lagi alasan untuk berkata ‘tidak’, karena kebaikan Anda sudah bisa difasilitasi dengan sejumlah platform donasi online yang bisa dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.

Selamat menebar kebaikan!

 

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bahwa saat ini sudah banyak donasi online yang bisa dimanfaatkan. Selamat mencoba!

 

Sumber Referensi:

  • Nathasi. 29 Juli 2018. Makin Mudah Bersedekah, Ini Lima Rekomendasi Situs Donasi Online. Gomuslim.co.id – https://goo.gl/QSXmYG
  • Lina Noviandari. 17 November 2014. Indokasih: Platform Donasi Online Sosial Pertama di Indonesia. Techinasia.com – https://goo.gl/nqDFPt
  • Pandu Padmanegara. 4 Agustus 2015. 7 Digital Platform yang Bisa Membantu NGO dan Gerakan Sosial di Indonesia. Padmanegara.com – https://goo.gl/ySNYJe

 

Sumber Gambar:

  • Donasi Online 1 – https://goo.gl/wdJf7M
  • Donasi Online 2 (Kitabisa.com) – https://goo.gl/tXiMWu
  • Donasi Online 3 (Sharing Happiness) – https://goo.gl/wr6mSx
  • Donasi Online 4 (Aksi Cepat Tanggap) – https://goo.gl/3KVnUC
  • Donasi Online 5 (Indorelawan) – https://goo.gl/gmXAAJ
  • Donasi Online 6 (WeCare.id) – https://goo.gl/NzzQtW
  • Donasi Online 7 (Causes.com) – https://goo.gl/1zZo1R
  • Donasi Online 8 (DonateYourAccount) – https://goo.gl/9g2DYG
  • Donasi Online 9 (Twibbon) – https://goo.gl/Qp9fzT
  • Donasi Online 10 (Change.org) – https://goo.gl/bUpbdW