Sebelum lamar kerja, ketahui dulu rahasia jitu cara mempromosikan diri di jobstreet untuk menarik perhatian perusahaan impian!

Selengkapnya ada di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cari Tahu Dulu Minat dan Bakat!

Perkembangan dunia digital dan teknologi kita ketahui banyak menciprati bidang lain.

Keberadaan dan fitur-fitur terbarukan yang selalu muncul dalam waktu yang terbilang singkat, membuat kehidupan manusia jauh lebih mudah.

Salah satu yang terkena cipratan inovasi dunia digital dan teknologi adalah berubahnya haluan dalam sistem pencarian kerja.

Dulu, ketika sobat Finansialku mencari pekerjaan, pasti harus mendatangi langsung perusahaan tersebut satu per satu, lalu menitipkan berkas lamaran ke resepsionis atau bahkan satpam.

Karena itu, tidak jarang banyak celetukan pejuang-pejuang pekerjaan jaman dulu, bahwa mencari kerja bukanlah persoalan yang mudah.

Tapi tidak di jaman serba digital ini. Kita bisa dengan mudah mencari pekerjaan hanya dengan mengetikkan profesi yang kita inginkan di mesin pencarian. Setuju?

Saat ini sudah banyak bermunculan situs-situs pencari kerja, membuat kesempatan kita untuk berkarir lebih terbuka lebar.

Dari lowongan pekerjaan dalam negeri, lowongan dari perusahaan nasional, multinasional atau bahkan lowongan bekerja diluar negeri bisa kita dapatkan.

Tugas kita hanya tinggal menyeleksi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi kita.

Salah satu dari sekian banyak laman penyedia informasi lowongan kerja yang banyak dimanfaatkan oleh para pencari kerja adalah Jobstreet.

Para pencari kerja pasti tidak asing dengan laman penyedia lowongan kerja satu ini.

Ada lebih dari 19,800 kesempatan karier per bulan yang salah satu di antaranya mungkin adalah pekerjaan impian sobat Finansialku, kan?

Menelusuri Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Performa Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Situs Lowongan Kerja Online, Cocok Buat Pencari Kerja]

 

Kita semua tahu, untuk mendapatkan panggilan interview melalui platform ini tidak semudah yang kita bayangkan.

Hanya dengan memanfaatkan kolom berbatas 300 karakter, sebisa mungkin kita harus mampu mempromosikan keunggulan kita sekaligus menjadi satu-satunya yang unik dan menarik perhatian HRD.

Sebelum membahas ini, mari kita mundur beberapa langkah, dan kembali bertanya pada diri kita sendiri dengan pertanyaan klasik seperti, “Sudahkah saya tahu apa kemampuan saya?

Atau pertanyaan seperti, “Apa yang sebenarnya bisa saya jual pada perusahaan?”

Hal ini kadang menjadi perdebatan dalam diri sendiri yang selalu terjadi.  Sebelum sobat Finansialku melamar pekerjaan idaman, ada baiknya sobat Finansialku lakukan beberapa hal di bawah ini, untuk meyakinkan pekerjaan apa yang sebenarnya cocok dengan diri kita!

 

#1 Survey Pekerjaan Impian

Sobat Finansialku bisa mencari tahu tentang pekerjaan impian dengan banyak berkomunikasi dengan orang yang bekerja di bidang yang kita inginkan.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran singkat tentang pekerjaan dan skill yang sebenarnya dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut.

Bukan cuma itu, hal ini juga ditujukan agar sobat Finansialku tidak menyesal karena masuk ke dalam pekerjaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Setelah mengetahui garis besar dari pekerjaan impian kita, maka mulailah untuk bertanya pada diri kita sendiri, apakah kita siap dengan pekerjaan itu?

Inilah Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Beserta Contohnya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah IPK Penting Dalam Pencarian Kerja?]

 

#2 Melakukan Magang Kerja

Sekedar survei tentu tidak cukup untuk memenuhi rasa penasaran sobat Finansialku, kan?

Masalahnya, kita hanya mendengar pendapat subjektif dari satu orang, yang bisa saja pandangan-pandangannya terhalangi oleh persoalan-persoalan pribadi mereka.

Hal ini membuat kita tidak bisa mendapatkan penilaian dan jawaban yang objektif dan jujur.

Maka dari itu, cobalah untuk mengikuti beberapa program magang di pekerjaan atau profesi yang diinginkan oleh sobat Finansialku.

Kita rasakan dan nilai sendiri. Apakah pekerjaan itu benar-benar cocok untuk sobat Finansialku?

 

#3 Lakukan Tes Minat Bakat

Meski terlihat klasik, tes minat dan bakat sekali-kali harus kita lakukan, lho sobat Finansialku!

Hal ini dilakukan untuk kembali meyakinkan kita kalau apa yang kita bisa dan inginkan sejalan dengan apa yang kita pikirkan selama ini.

Tes minat dan bakat juga kini mudah ditemukan secara online dan hasilnya cukup akurat.

Meskipun tidak dapat menjamin akurasi 100 persen tetapi sedikitnya kita bisa mendapat gambaran soal minat dan bakat kita.

Sobat Finansialku bisa mencoba beberapa tes yang tersedia seperti 123 career test, MBTI, atau Career Strengths Test.

 

#4 Amati Hal Yang Sering Kita Bicarakan

Di dunia psikologi dikatakan, kalau sobat Finansialku mengatakan sesuatu secara berulang, maka sebenarnya hal itu merupakan hal yang kita sukai.

Menghadapi Perubahan Kerja - Finansialku

[Baca Juga: Begini Etika Menulis Email Lamaran Kerja Agar Dibalas HRD]

 

Jika kita membicarakan suatu hal terus menerus dengan frekuensi cukup sering, artinya kita punya minat yang tinggi pada hal itu.

 

Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Kalau sudah tahu minat dan bakat kita dan sudah meyakini jenis pekerjaan yang paling cocok untuk sobat Finansialku, maka kini saatnya Finansialku beri rahasia soal cara mempromosikan diri di Jobstreet!

 

#1 Buat Profil yang Mudah Ditemukan Perekrut

Bukan cuma kita sebagai pencari kerja, para perekrut di jobstreet juga tidak kenal lelah mencari kandidat yang sesuai dengan kriteria mereka.

Biasanya, mereka mengetikkan profesi yang mereka butuhkan di kolom pencarian, sebagaimana yang juga biasa kita lakukan!

Ini sebenarnya saat yang tepat untuk membuka peluang, menjadikan profil kita ditemukan oleh para perekrut dengan mengubah pengaturan privasi kita.

Di Jobstreet sendiri, ada dua pengaturan privasi yang bisa sobat Finansialku pilih, di antaranya adalah:

  • Dapat Dicari dengan Detail Kontak: Pengaturan ini memungkinkan para perekrut bisa menemukan dan mencari profil kita. Pengaturan ini cocok untuk para pelamar yang aktif, terutama yang membutuhkan pekerjaan dengan segera.
  • Tidak Dapat Dicari: Jika sobat Finansialku lebih suka mencari pekerjaan atas kemauan sendiri, maka pengaturan ini lebih cocok. Tapi harus diingat, kalau mengaktifkan peraturan ini, maka profil sobat Finansialku tidak bisa ditemukan oleh perekrut, ya!

 

Sedikit informasi penting dari Finansialku, nih! Jangan lupa untuk terus perbarui profilnya, ya!

Karena, profil kandidat yang ada di urutan dan posisi teratas adalah profil kandidat yang sering atau secara berkala diperbarui!

 

#2 Pilih Kata yang Menarik Untuk Profil

Profil pribadi berisi informasi tentang sobat Finansialku adalah hal pertama yang perekrut lihat saat mereka sedang memilih dan mencari kandidat yang dianggap potensial.

Kalau kita sudah mengetahui kunci ini, akan mudah untuk kita menyiasati agar profil kita menjadi profil yang menarik perhatian para perekrut.

Entah dari pemilihan kata ataupun deskripsi yang merinci soal pengalaman-pengalaman yang relevan.

Jangan lupa juga untuk secara rutin memperbarui CV anda, bahkan kalau bisa, hadirkan tautan atau file berisi portofolio sobat Finansialku, ya!

Untuk diingat, selalu cantumkan profil secara jujur dan apa adanya akan lebih baik daripada harus mengada-ada dan tidak dapat dipertanggungjawabkan, lho!

 

#3 Perhatikan Tata Bahasa

Karena hal ini bersifat online, bukan berarti anda tidak perlu mengoreksi profil Anda. Jadikan profil jobstreet sobat Finansialku sama seperti CV atau surat lamaran yang sobat Finansialku buat.

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek ulang dan mengoreksi tata bahasa serta diksi yang digunakan, ya!

Bukan hanya menunjukkan kecerobohan, keberadaan tata bahasa dan diksi yang salah juga memberikan persepsi kalau sobat Finansialku tidak serius dalam mencari pekerjaan, lho!

 

Apakah tips ini dapat dimengerti oleh sobat Finansialku? Atau ada beberapa tips lain yang bisa ditambahkan?

Kalau ada, sampaikan pada kami lewat kolom komentar di bawah ini, ya! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Januari 2020. Writing Hack: Membuat CV Tetap Menarik Tanpa Pengalaman Kerja. Jobstreet.co.id – https://bit.ly/2tLxUBF
  • Admin. 11 April 2017. Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Profil Jobstreet.com Anda. Jobstreet.co.id – https://bit.ly/38iXahq
  • Admin 30 Oktober 2014. 7 Cara Untuk Mengetahui Pekerjaan Apa yang Cocok untuk Anda. Jobstreet.co.id – https://bit.ly/38zm6RU

 

Sumber Gambar:

  • Pic 01 – http://bit.ly/2VvGmAh