Selain dengan PC, Anda bisa menghasilkan uang dengan cara menambang bitcoin menggunakan smartphone android Anda.

Bagaimana caranya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka simak artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Cara Menambang Bitcoin Menggunakan Smartphone Android

Untuk menambang bitcoin, biasanya akan dibutuhkan perangkat yang canggih dan berspesifikasi tinggi seperti misalnya dengan perangkat ASIC yang memang dirancang khusus untuk menambang bitcoin.

Sayangnya, untuk menggunakan perangkat khusus ini Anda harus memiliki modal yang besar, mengingat harga dan biaya penggunaannya yang tidak murah.

Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki modal yang sebesar itu?

Cara Menambang Bitcoin 02

[Baca Juga: Begini Penjelasan Hubungan Harga Emas dan Bitcoin]

 

Jalan keluarnya ialah dengan menggunakan smartphone Anda dan aplikasi penambang bitcoin.

Berikut cara menambang bitcoin serta aplikasi yang bisa Anda gunakan pada smartphone Android.

 

#1 Menggunakan Aplikasi MinerGate Mobile Miner

Minergate cukup terkenal dan sering digunakan untuk menambang pada PC. Namun Minergate juga menyediakan versi lain yang bisa Anda gunakan melalui smartphone.

Berikut cara menggunakannya:

  • Anda dapat mengunduh Minergate di Google Play Store
  • Sambil menunggu proses pengunduhan, Anda bisa melakukan registrasi di alamat minergate.com
  • Setelah Anda membuat akun, maka akan ada dua opsi, yakni penambangan seluler dan juga membeli cloud mining.
  • Penambangan seluler menggunakan sistem pada chip smartphone, sedang dengan membeli cloud mining, Anda perlu melakukan pembayaran.
  • Setelah log-in dan masuk sebagai miner maka Anda dapat memilih jenis cryptocurrency yang ingin Anda gali.
  • Semakin tinggi spesifikasi dari smartphone yang Anda gunakan, maka semakin besar jugalah kesempatan Anda untuk mendapat bitcoin.

 

Sebagai pengguna Anda memiliki kontrol atas kegiatan yang Anda lakukan, seperti menambah atau pun mengurangi jumlah inti prosesor yang akan digunakan untuk menambang bitcoin.

Anda juga bisa mengatur jadwal dari proses menambang, seperti menjeda dan melanjutkannya, dan juga mengatur kecepatan proses penambangannya.

Aplikasi MinerGate Mobile Miner terkenal user-friendly, hanya saja saat Anda menggunakannya Anda akan sedikit terganggu dengan iklan pop-up yang ada.

 

#2 Menggunakan AA Miner

Aplikasi untuk menambang bitcoin yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak suka dengan aplikasi bitcoin yang beriklan.

AA Miner merupakan aplikasi menambang yang tidak memiliki embel-embel iklan ataupun tawaran untuk membeli fitur-fitur dalam aplikasi atau yang juga disebut sebagai In-App Purchase.

Selain dari bitcoin, program AA Miner ini mendukung lebih dari 50 jenis mata uang kripto lainnya, serta mendukung algoritma pertambangan CryptoNight.

Dengan AA Miner, Anda juga diberi kemungkinan untuk menentukan jumlah chain. Chain merupakan jumlah inti dari prosesor yang digunakan untuk menambang bitcoin.

 

#3 Menggunakan Crypto Miner

Memang jika dibandingkan dengan MinerGate, maka Crypto Miner masih memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak memiliki lapisan yang selengkap MinerGate.

Meski demikian, Crypto Miner tetap masih bisa diandalkan sebab mendukung adanya bitcoin dan sejumlah mata uang kripto lainnya.

Bitcoin Indonesia - Finansialku

[Baca Juga: Bitcoin – Mata Uang atau Komoditas? Cek Jawabannya Di Sini!]

 

Jika menggunakan Crypto Miner, maka Anda perlu masuk dalam mining pool Crypto.

Aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menambang bitcoin ini dapat dioperasikan dengan mudah dan dapat dengan mudah mengontrol jumlah chain yang digunakan, serta pengaturan lainnya seperti penetapan prioritas pemrosesan.

Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa dalam Crypto Miner, tidak semua algoritma kripto bisa Anda peroleh secara gratis.

Sebab untuk mengakses ke algoritma kripto favorit Anda, maka Anda perlu membayar sekitar Rp32 ribu.

 

#4 Menambang Bitcoin dengan Droid Miner

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menambang bitcoin melalui smartphone ialah dengan menggunakan aplikasi Droid Miner, yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Selain dapat digunakan untuk menambang bitcoin, aplikasi Droid Miner juga dapat menambang jenis jenis mata uang kripto lainnya.

Pada aplikasi Droid Miner juga terdapat berbagai pengaturan yang dapat Anda atur dengan mudah, seperti halnya dalam mengaktifkan dan menjeda proses penambangan.

Keistimewaan lainnya dari Droid Miner ialah karena tidak adanya embel-embel iklan yang dapat mengganggu kegiatan Anda, meskipun termasuk aplikasi gratis.

 

#5 NeonNeon Miner

NeonNeon Miner merupakan aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menambang bitcoin dengan menggunakan smartphone.

Selain bisa untuk menambang bitcoin, NeonNeon juga mendukung jenis mata uang kripto lainnya, sama seperti aplikasi sebelumnya.

Bitcoin – Mata Uang atau Komoditas Cek Jawabannya Di Sini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Jitu Menganalisis dan Membaca Grafik Bitcoin untuk Investor Pemula]

 

Cara kerja dari NeonNeon ini hampir serupa dengan Crypto Miner yang membawa Anda masuk dalam kolam pertambangan kripto.

Keunggulan dari aplikasi ini ialah memiliki catatan pertambangan yang terperinci, serta script konfigurasi otomatis yang tergolong sangat baik.

 

Menambang Bitcoin Butuh Kesabaran

Proses menambang untuk mendapatkan bitcoin bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Meskipun proses menambang dengan smartphone cukup sederhana, namun Anda harus ekstra sabar sebab kecepatan penambangannya tidaklah sama seperti dengan menggunakan perangkat yang khusus.

Sudah siap untuk menambang bitcoin?

Agar lebih memahami, Finansialku sudah merangkum mengenai bitcoin. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Sekarang Anda tahu bagaimana cara menambang bitcoin menggunakan smartphone Anda. Apa Anda akan mencobanya? Silakan berikan pendapat Anda dalam kolom komentar.

Jangan lupa bagikan informasi ini pada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 05 Mei 2019. Cara Mudah Menambang Bitcoin Lewat Smartphone Android. Teknologicanggih.com – https://bit.ly/2P6Qegx
  • Yodik Prastya. 28 Juni 2018. 5 Cara Menambang Bitcoin di Android. Seputarforex.com – https://bit.ly/38nlJtY

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menambang Bitcoin 01 – http://bit.ly/2QIyDuD
  • Cara Menambang Bitcoin 02 – http://bit.ly/2MTR9iz