Bagaimana ya cara mengatasi asam urat? Jika Anda salah satu penderita nyeri yang menyerang persendian, artikel ini tepat untuk Anda!

Jangan ragu dan segera kenali penyebab asam urat serta cara mudah mengatasi asam urat. Yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Penyebab Asam Urat

Belum lama ini, paman saya menelepon orang tua saya dan meminta bantuan untuk mengantarnya ke dokter. Paman bilang kakinya sakit luar biasa hingga tidak bisa jalan.

Lantas keluarga saya segera menuju ke sana dan membawanya ke dokter terdekat. Saat diperiksa, ternyata paman saya mengidap asam urat.

Paman saya bercerita bahwa nyeri sudah sering kali dirasakannya, tapi karena nyerinya masih bisa ditoleransi, beliau tidak terpikir untuk pergi ke dokter dan mencari tahu alasannya.

Ini bahaya sekali sih menurut saya, karena penyakit yang dibiarkan berlarut-larut dapat menjadi semakin parah. Bahkan pada beberapa kasus bisa menyebabkan komplikasi dan menimbulkan kerusakan lain pada tubuh.

Jadi, jika kalian merasakan nyeri atau sakit serupa, segera periksakan ke dokter. Atau jika Anda juga merasakan gejala yang serupa dengan paman saya, yuk hindari penyakit asam urat ini dengan mengenal penyebabnya:

Kenali Penyebab Asam Urat dan Cara Mudah Mengatasinya 02

[Baca Juga: Konsultasi: Dengan Adanya Kewajiban Menggunakan BPJS Kesehatan, Apakah Kita Harus Tetap Memiliki Asuransi Swasta?]

 

Penyakit asam urat merupakan bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh Anda.

Penyakit ini dapat menyerang seluruh sendi di tubuh, akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, dan juga jempol adalah bagian yang paling sering terkena asam urat.

Penyakit ini sendiri disebabkan oleh beberapa hal, yakni sebagai berikut:

  • Banyak makan menu yang tidak sehat seperti daging tinggi lemak, makanan dari laut, minuman yang banyak mengandung gula atau zat pemanis, alkohol, semua minuman bersoda, minuman yang meningkatkan energi tubuh.
  • Kontrol berat badan kurang sehingga muncul obesitas.
  • Akibat penyakit yang lama tidak sembuh seperti jantung, penyakit ginjal, stroke, batu ginjal.
  • Sensitif dan efek samping obat tertentu seperti anti hipertensi, obat jantung, ginjal dan organ lainnya.
  • Efek genetik dan biasanya terjadi pada usia > 31 tahun hingga 56 tahun dan untuk wanita biasanya saat masuk usia menopause.

 

Nah, apabila Anda khawatir bahwa Anda atau kerabat menderita penyakit asam urat, jangan dibiarkan. Segera atasi dengan beberapa cara mudah berikut ini.

 

Cara Mengatasi Asam Urat

Meski tidak dapat menghilangkan asam urat selamanya, beberapa cara mudah ini bisa dilakukan untuk mengendalikan dan meringankan gejala yang muncul:

 

#1 Konsumsi Non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAIDs)

Obat ini digunakan sebagai penghilang rasa sakit, nyeri, serta peradangan akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi. Umumnya obat ini akan diresepkan kepada pasien yang memiliki gejala parah dan akut. 

Contoh dari obat NSAID adalah ibuprofen, naproxensodium, serta indometasin diclofenac, dan etoricoxib.

 

#2 Konsumsi Colchicine atau Steroid

Colchicine (Colcrys, Mitigare) juga merupakan jenis obat asam urat yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit.

Obat asam urat ini bekerja dengan dua cara yang berbeda yaitu untuk mengobati gejala asam urat akut dan mencegah kambuhnya asam urat. Umumnya dokter akan meresepkan obat asam urat ini, bila NSAID tidak cocok untuk Anda.

Kenali Penyebab Asam Urat dan Cara Mudah Mengatasinya 03

[Baca Juga: ASKES dan BPJS Kesehatan, Apa Persamaan dan Perbedaannya?]

 

Alternatif lainnya yaitu dengan memberikan Steroid apabila obat NSAID dan Colchicine tidak dapat mengatasi gejala asam urat.

Sama seperti NSAID dan Colchiniekortikosteroid mempunyai fungsi utama yaitu sebagai penghilang rasa sakit. Contoh obat streoid, yaitu prednison dan methylprednisone.

 

#3 Hindari Makanan Pantangan

Selain mengonsumsi obat, Anda bisa menghindari asam urat dengan menjalani gaya hidup sehat dengan makan makanan yang dapat menekan tingginya kadar asam urat.

Bagi Anda yang ingin menekan penyakit asam urat atau menghindarinya, mari melihat beberapa pantangan makannya berikut ini:

  • Jeroan seperti; rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus yang kaya akan purin hingga menjadi pemicu asam urat tinggi.
  • Daging merah baik daging sapi maupun kambing juga kaya akan purin dan kolesterol sehingga sebaiknya dihindari apabila Anda sudah mengalami gejala ringan asam urat.
  • Seafood juga kaya akan purin dan kalium yang bisa memicu peningkatan kadar asam urat.

 

#4 Menjaga Gaya Hidup Sehat

Selain minum obat dan menjaga makanan, Anda juga disarankan untuk menjaga gaya hidup sehat dan rajin berolahraga.

Selain itu, hindari stres agar hormon pemicu asam urat tidak berlebih. Dengan demikian, tingkat asam urat dalam tubuh bisa senantiasa dijaga dalam batas normal.

 

Jangan Biarkan Asam Urat Mengganggu Anda

Asam urat memang penyakit yang bisa tiba-tiba datang, namun jangan membiarkan asam urat hingga membahayakan kesehatan.

Jika Anda mengalami salah satu atau lebih gejala di atas, segera periksakan ke dokter. Ambil tindakan pengobatan agar asam urat tidak semakin parah.

Kami doakan agar Anda tetap sehat dan bebas asam urat!

 

Selamat! Sekarang Anda tahu bagaimana cara menghindari dan mengatasi asam urat ketika menyerang tubuh Anda.

Mungkin Anda memiliki rekan-rekan yang juga mengalami penyakit ini.

Agar bisa bebas asam urat bersama-sama, yuk bagikan artikel ini pada mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Novita Joseph. 29 November 2019. Mengenal Gejala Asam Urat Berdasarkan Tingkat Keparahannya. Hellosehat.com – http://bit.ly/2PRAv3T
  • Irene Anindyaputri. 17 Februari 2017. Apa Saja Pantangan Bagi Penderita Asam Urat?. Hellosehat.com – http://bit.ly/2PRAv3T

 

Sumber Gambar:

  • Nyeri 01 – http://bit.ly/38K1I19
  • Nyeri 02 – http://bit.ly/35zthIE
  • Nyeri 03 – http://bit.ly/2sDjz9d