Tahun ini, para freelancer harus jadi seseorang yang mandiri finansial. Bagaimana cara mengatur keuangan bagi para freelancer?

Ada jurus jitu yang wajib dipahami para penggiat kerja lepas ini. Temukan jawabannya di artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Freelance dan Kemandirian Finansial

Freelance atau yang sering disebut tenaga lepas dan tidak memiliki kontrak kerja kini menjadi pekerjaan yang semakin banyak diminati berbagai kalangan, baik pelajar, ibu rumah tangga, bahkan mereka yang berprofesi sebagai karyawan.

Dengan berbagai macam pekerjaan pastinya pemasukan para freelance ini pun tak sedikit. Oleh sebab itu, memiliki cara atau trik tersendiri dalam mengelola pemasukannya menjadi hal yang wajib dilakukan. 

Dalam menggunakan atau mengelola keuangan diperlukan keputusan yang tepat, hingga mampu menunjang kesuksesan Anda sebagai seorang freelancer.

Namun, karena freelancer tidak mendapatkan penghasilan yang sama setiap bulannya, maka untuk jadi mandiri secara finansial tentu butuh trik khusus.

 

Apa Saja Masalah Keuangan Freelancer?

Masalah Keuangan, mungkin juga menjadi salah satu hal yang sensitif bagi sebagian orang, dan kurang layak dibahas.  Begitu juga dalam dunia freelance, keuangan menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi para freelancer.

Banyak para freelance beranggapan bahwa pendapatan yang mereka peroleh tidak sebanding dengan pekerjaan yang dikerjakan. Anggapan itu tak sepenuhnya salah, tapi jika ditekuni, profesi ini cukup menjanjikan.

Apalagi jika sudah memiliki banyak client yang bersedia bekerjasama dengan baik dan kooperatif, bukan tidak mungkin jika pundi-pundi rezeki akan mengalir deras.  

Tantangan lain adalah tekanan finansial, hal ini tak jarang memicu Anda menerima klien yang buruk dan melakukan pekerjaan yang tidak seharusnya Anda lakukan.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan stres dan kekhawatiran, yang tentunya berdampak pada kualitas dan hasil pekerjaan Anda.

Disisi lain, memiliki keuangan yang mencukupi menjadi impian hampir setiap orang, memiliki uang memberi Anda kebebasan dan pilihan.

Para Freelance, WAJIB PAHAM Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Tahun Ini 02 Keuangan Freelancer 2 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan dan Belum Banyak Diketahui Orang]

 

Jika mengunakan manajemen keuangan yang tepat, akan memberikan kebebasan untuk membuat pilihan yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakannya untuk berlibur, dan bekerja lebih santai.

Dengan begitu, Anda akan memiliki kehidupan yang lebih tenang dan bahagia serta terhindar dari tekanan stres pekerjaan.  Anda dapat dengan mudah menolak klien dengan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda.

Sehingga Anda bisa bekerja secara maksimal tanpa takut terjadi kesalahan-kesalahan.

Anda dapat memenuhi kebutuhan pribadi bahkan membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Sehingga Anda dapat merasa lebih berguna dan bisa memberi manfaat bagi orang-orang disekitar Anda, khususnya orang tua dan saudara.

 

Cara Mengatur Keuangan Freelance dengan Stabil Tahun Ini

Manajemen keuangan sebenarnya dapat dilakukan dengan sederhana, Anda tidak perlu mempelajari banyak hal. Dalam manajemen uang Anda hanya perlu pengetahuan sebanyak 5% dan perilaku 95%.

Banyak dari kita terlalu banyak belajar, tapi tak direalisasikan dalam kehidupannya. Sehingga sudah menjadi mindset umum “Menghabiskan lebih banyak dari yang di dapatkan”.

Mindset tersebut perlu Anda rubah menjadi “Menghabiskan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan”, jika ingin uang Anda berfungsi lebih maksimal.

Para Freelance, WAJIB PAHAM Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Tahun Ini 03 Keuangan Freelancer 3 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Dahsyat Investasi Bagi Freelancer Ibu Rumah Tangga]

 

Sebenarnya, tidak ada rahasia khusus dalam pengelolaan uang ini, Anda hanya perlu mengendalikan pengeluaran dan men-stabilkan penghasilan Anda.

Jika Anda mampu melakukan kedua hal tersebut, dapat dipastikan pengelolaan uang Anda dalam kondisi yang baik.

Untuk lebih lengkapnya, dibawah ini kita akan memberikan cara dasar untuk mengelola keuangan Anda. Perlu diingat, semua tentang perilaku dan untuk hasil maksimal, pastikan Anda merealisasikan langkah ini pada keseharian Anda.

 

Cara 1: Ketahui Kondisi Keuangan Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah, mengetahui berapa penghasilan yang dapat Anda dapatkan? Berapa pengeluaran yang diperlukan? Apa saja yang Anda butuh dan perlukan?

Kemudian pastikan hal-hal itu dapat Anda penuhi, serta sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan yang dimiliki.

 

Cara 2: Buat Rencana Anggaran

Dengan menentukan anggaran ini, Anda dapat menaksir berapa uang yang dibutuhkan, dan sebagai motivasi bekerja. Tak hanya itu, Anda dapat mencari tahu serta merancang untuk apa saja uang akan dikeluarkan.

Upayakan mengurangi pengeluaran dimanapun Anda bisa, seperti pada saat berbelanja belilah barang-barang yang sesuai keperluan, jangan membeli karena merek atau kemewahan.

Hindari berbelanja atau memanjakan diri jauh melebihi anggaran yang telah Anda buat, dan jangan membelanjakan semua keuntungan Anda untuk hal-hal tidak penting. Hal ini secara efektif mampu membantu Anda menciptakan keuangan yang stabil.

 

Cara 3: Bangun Penyangga

Simpanlah dua atau tiga bulan gaji Anda sebagai penyangga, hal ini membantu menciptakan stabilitas keuangan di bulan-bulan lain.

Apabila Anda ingin memiliki uang yang banyak, bekerja keraslah hingga 5 sampai 6 bulan, sehingga Anda dapat memiliki simpanan yang cukup.

Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya jaga-jaga, karena kita tidak tahu kapan keperluan mendadak terjadi misalnya sakit, kecelakaan, dan lain-lain. Selain itu untuk mengantisipasi jika terjadi kegagalan proyek atau klien yang tiba-tiba membatalkan kerja samanya.

Sehingga Anda perlu margin atau dana simpanan untuk mengatasi hal-hal tersebut, penyangga sangatlah penting demi keuangan Anda yang stabil.

 

Cara 4: Jauhi Utang Piutang

Cara terbaik mengelola keuangan Anda para freelance adalah menghindari aktivitas utang piutang ini. Memang, beberapa utang tak bisa dihindari seperti kredit rumah atau kendaraan, tapi cobalah meminimalisasi utang seperti pemakaian kartu kredit.

Apabila Anda sudah terlanjur memiliki utang, berusahalah secepat mungkin melunasinya. Kurangi pengeluaran Anda untuk konsumsi yang tidak perlu, untuk melunasi utang lebih cepat.

 

Mulailah dari Kebiasaan Sehari-Hari

Dengan melakukan beberapa langkah diatas, Anda mampu mengelola keuangan secara optimal. Tak ada rahasia khusus dalam mengatur keuangan yang stabil, mulailah menempatkan dan menggunakan uang Anda sesuai dengan kebutuhannya.

Jadilah pengelola keuangan yang baik, dan mulailah dari kebiasaan sehari-hari. Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS agar Anda dapat merencanakan dan mengelola keuangan dengan lebih baik lagi.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Selain itu, Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda tepat sasaran. Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Step manakah yang paling cocok untuk Anda lakukan sekarang juga? Jangan lupa untuk mengeksekusi strategi di atas dan bagikan informasi penting tersebut pada teman sesama pebisnis start up, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kevin D. Hendricks. 13 April 2018. Freelance Money Management: How to Be Happy and Free. Ithemes.com – https://goo.gl/4MPL34

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan Freelancer 1 – https://goo.gl/1QdZue
  • Keuangan Freelancer 2 – https://goo.gl/ScQfSY
  • Keuangan Freelancer 3 – https://goo.gl/jdc8ZV