10 Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan dan Belum Banyak Diketahui Orang

Siapa bilang pekerjaan freelance tidak menjanjikan? Buktinya masih banyak lho pekerjaan freelance menjanjikan yang belum diketahui orang.

Penasaran? Mari kita lihat bisnis apa saja yang berpotensi menjadi usaha sampingan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kenapa Pilih Pekerjaan Freelance?

Banyak alasan mengapa para freelancer kerap kali memilih untuk bekerja sampingan alias freelance daripada pekerjaan tetap. Misalnya saja karena keterbatasan waktu dan kendala transportasi.

Jika Anda memiliki keterampilan tertentu namun tidak memiliki waktu penuh untuk menyalurkannya, mungkin bekerja paruh waktu alias pekerjaan freelance menjadi salah satu solusinya.

Terlebih banyak perusahaan yang lebih memilih untuk menggunakan jasa pekerja paruh waktu belakangan ini, karena lebih praktis dan biayanya lebih murah.

Belum yakin akan pekerjaan freelance? Adapun beberapa keuntungan pekerjaan freelance antara lain adalah sebagai berikut.

Pekerjaan Freelance Menjanjikan 02 Freelance - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

#1 Work Smart, Not Hard

Kerja keras memang dibutuhkan sebagai langkah mencapai kesuksesan. Namun sebagai seorang pekerja, mengapa harus bekerja keras jika Anda dapat bekerja dengan cerdas?

Jika Anda memang memiliki kendala dengan waktu atau tenaga, tidak perlu memaksakan bekerja penuh waktu sehingga Anda kelelahan. Manfaatkan pekerjaan freelance dengan cerdas dan Anda dapat memulai pekerjaan dengan sangat efisien.

Kini sudah tidak asing lagi bekerja remote alias jarak jauh. Menurut International Data Corporation (IDC), populasi pekerja jarak jauh di AS terus bertambah dari 96,2 juta di tahun 2015 menjadi 105,4 juta di tahun 2020.

Kemudian, di akhir periode tersebut, IDC memperkirakan bahwa pekerja jarak jauh akan mencapai 72,3 persen total tenaga kerja AS.

Kabar baiknya adalah dengan kemajuan teknologi di jaman modern ini tidak sulit menjalankan pekerjaan seperti itu, terutama dengan bantuan internet.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Saat ini sudah banyak sekali yang bisa diperoleh dari internet, misalnya saja sudah banyak kursus online yang bisa Anda ambil sambil bersantai di rumah. Salah satunya adalah kursus online Finansialku.

Anda dapat mengakses 34 video dengan tema pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan dalam bahasa Indonesia dengan durasi 2 jam 38 menit.

Anda juga akan memperoleh membership Aplikasi Finansialku versi full premium untuk 1 tahun.

Semua itu dapat Anda peroleh dengan harga Rp350.000 saja lho! Dijamin worth it deh dengan semua benefit yang bisa Anda dapatkan. Yuk langsung ikuti kursus online dari Finansialku.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#2 Kebebasan Tanpa Batas

Masih mengenai bekerja jarak jauh tadi, Anda akan memperoleh kebebasan tak terbatas. Teknologi modern memungkinkan Anda untuk menjalankan bisnis atau bekerja di mana saja tanpa repot.

Dengan bantuan internet, laptop, dan aplikasi, kini bekerja semudah membalikkan telapak tangan.

Kebebasan ini dapat menjadi sebuah motivasi untuk bekerja lebih keras, karena kenyataannya jam kerja dan aturan yang membatasi Anda biasanya hanya menjadi pemicu kemalasan dan mengakibatkan pekerjaan menjadi tidak efektif.

Meningkatkan Hidup Sebagai Freelance 03 Pekerjaan - Finansialku

[Baca Juga: 40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga]

 

10 Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan dan Belum Banyak Diketahui Orang

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk bekerja freelance? Banyak orang bilang bahwa sudah tidak ada lagi pekerjaan freelance yang menjanjikan dan belum diketahui orang.

Kabar baiknya itu hanyalah mitos belaka. Jangan percaya kata orang tentang habisnya pekerjaan freelance yang menjanjikan.

Masih banyak kok pekerjaan freelance yang berpeluang menghasilkan kesuksesan karena belum diketahui banyak orang.

Yuk kita simak 10 pekerjaan freelance menjanjikan dan belum banyak diketahui orang.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#1 Penulis Freelance

Tidak semua orang bisa membuat sebuah konten berkualitas. Saat dunia blog meledak dan digemari banyak orang, biasanya penulis artikel (content writer) lepas juga bisa memperoleh untung.

Sebagai penulis artikel freelance, Anda bisa bekerja di rumah. Namun penting untuk memiliki keterampilan menulis yang baik, sistematis, dan juga rapi.

Apabila Anda baru memulai, jangan khawatir, Anda bisa mencarinya melalui beberapa portal job untuk freelance berikut ini:

  • Sribulancer
  • UpWork (Internasional)
  • TextBroker

 

Umumnya pekerjaan freelance sebagai penulis artikel (content writer) ini dibayar per bulan atau per artikel. Skemanya bergantung pada kesepakatan Anda dengan pemberi kerja. Anda bisa memilihnya sesuai preferensi Anda.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Jasa Desain Grafis

Tahukah Anda bahwa penghasilan seorang desain grafis profesional sangatlah besar? Bahkan ada yang penghasilannya mencapai nilai Rp1 miliar per tahunnya. Luar biasa bukan?

Apabila Anda memiliki bakat di bidang desain grafis, Anda juga bisa memulainya dari beberapa platform berikut ini:

  • Sribu
  • 99designs
  • Fiverr

 

Anda bisa belajar perlahan-lahan sambil menghasilkan uang. Kemudian kumpulkan dan terus bangun portofolio Anda hingga menjadi desain grafis profesional.

Cara Mudah Cek Kesehatan Keuangan Freelance 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Infografis: Memulai Usaha Rumahan Bisnis Online dengan Menjadi Seorang Blogger]

 

Apabila Anda tidak memiliki bakat desain grafis, Anda juga bisa menjadi pihak yang memperjualbelikan template siap pakai. Sebagai contohnya adalah template presentasi, logo, dan sebagainya.

Berikut beberapa platform jual beli template yang bisa Anda gunakan:

  • GraphicRiver
  • CreativeMarket
  • IconFinder

 

#3 Kursus Online

Bagi Anda yang gemar mengajarkan teman pada saat kuliah, Anda bisa melanjutkan hobi ini sambil menghasilkan uang, lho! Anda bisa membuka sebuah kursus atau les hanya dengan bermodalkan internet.

Sistemnya sama dengan kursus pada umumnya, hanya bedanya di sini materi yang disampaikan direkam sehingga bisa diakses melalui internet. Kedengarannya mirip dengan produk informasi bukan?

 

Sebenarnya memang mirip, namun ada satu perbedaannya yaitu informasi yang diberikan di sini tidak langsung disampaikan dalam 1 sesi. Biasanya informasi akan dibagi dalam beberapa sesi, misalnya seminggu sekali.

Beberapa platform untuk kursus online yang sudah umum digunakan adalah sebagai berikut:

  • WordPress + plugin Zippy Courses
  • Teachable
  • Udemy
  • Guides.co

 

#4 Jasa Mengelola dan Pemasaran dalam Media Sosial

Apabila Anda melihat Instagram, tentunya banyak online shop yang terus membuat post berisi produk dagangan dan promosi untuk menarik pelanggan. Ini semua biasanya dilakukan oleh pemilik dari online shop tersebut.

Namun lain halnya apabila online shop tersebut sudah besar dan tingkat penjualannya tinggi.

Biasanya akan ada beberapa bagian yang terbagi dengan tanggung jawabnya masing-masing. Sebagai contoh adalah admin yang mengelola dan memasarkan produk via media sosial.

Syarat Menjadi Freelancer Sukses 03 Freelancer 3 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Adapun gambaran umum dari pekerjaan tersebut adalah berikut ini:

  • Membangun kesadaran brand.
  • Membuat dan membagikan konten.
  • Berinteraksi dengan fans/follower.
  • Meningkatkan traffic ke website melalui media sosial.

 

Anda juga bisa merangkap menjadi manajemen pemasaran dengan iklan digital. Caranya adalah dengan menyiapkan teks iklan, gambar, dan/atau video.

Selain itu, Anda juga harus melakukan berbagai pengujian dan pengolahan data untuk menghasilkan sebuah iklan yang efektif.

 

#5 Editor

Pekerjaan ini masih berhubungan dengan pekerjaan content writer pada poin pertama tadi. Anda yang berkutat di dunia konten juga bisa menjadi editor.

Dewasa ini banyak tawaran kerja yang tersebar di internet untuk menjadi editor secara freelance. Beberapa pekerjaan jenis ini antara lain untuk editor buku, proofreader, hingga editor untuk beberapa media online.

Umumnya, pekerjaan freelance sebagai editor terbagi menjadi 2 yakni:

  • Editor tetap, dimana Anda akan diminta atau diharuskan datang ke kantor untuk briefing pada waktu tertentu.
  • Editor tidak tetap, yang dapat dilakukan secara online dari rumah. Jadi hasil pekerjaan yang dikerjakan freelancer cukup dikirim dengan melalui email.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Selain belum banyak diketahui orang, pekerjaan editor ini bayarannya lumayan menarik lho. Ada yang dihitung berdasarkan jumlah jumlah proyek yang dikerjakan, ada juga yang dihitung bulanan.

Misalkan untuk editor artikel, Anda berhasil mengedit 50 artikel dalam sebulan. Maka fee Anda akan dibayar sesuai banyaknya artikel yang diedit.

Ada juga yang dibayar bulanan. Berapapun buku yang selesai Anda edit, fee Anda tetap dibayar untuk satu bulan.

 

#6 Menjual Foto

Perkembangan teknologi dalam fotografi dewasa ini semakin pesat. Bagaimana tidak? Kini hampir setiap orang memiliki kamera, misalnya pada smartphone mereka.

Dengan demikian, bagi Anda yang mencintai fotografi kini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menyalurkan hobi tersebut. Sudah banyak beredar kamera dengan kualitas baik dan harga yang bersahabat.

Namun nyatanya kecintaan Anda pada fotografi juga bisa menghasilkan uang lho!

Nah, daripada hasil-hasil jepretan kamera Anda hanya dibiarkan menumpuk di hard disk atau sosial media, lebih baik Anda mengembangkan hobi tersebut.

Misalnya dengan menjual foto tersebut ke situs fotografi yang memberikan sejumlah uang sebagai gantinya.

Jenis Investasi Untuk Suami Istri Freelance 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan: Hancurkan 5 Mental Block Ini!]

 

Adapun beberapa situs penjualan foto dengan harga tinggi yang bisa Anda coba, yaitu sebagai berikut:

 

1. StockFresh.com

Melalui situs StockFresh.com, hasil jepretan Anda bisa menghasilkan komisi minimal sebesar 50% sampai maksimal 62,5% untuk tiap foto yang diunduh.

Anda akan mendapat komisi sebesar US$035 per unduhan jika pembeli sudah berlangganan.

Namun terdapat kompensasi sebesar 10% meskipun pengunjung tidak mengunduh foto Anda tapi membeli foto orang lain, dengan syarat pengunjung tersebut masuk ke situs Stockfresh dari link Anda.

 

2. Alamy.com

Alamy merupakan situs alternatif lain dalam menjual foto hasil jepretan Anda. Penjualan foto di situs Alamy akan memberikan royalti sebesar 50% untuk setiap foto yang terjual.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah Anda masih diperbolehkan menjual foto yang sama ke situs jual beli foto yang lain. Luar biasa bukan?

 

3. Veer.com

Dalam situs Veer.com, Anda akan mendapatkan komisi sekitar US$0,35 untuk setiap foto anda yang diunduh pembeli. Harga ini juga bisa berubah-ubah tergantung dari ukuran dan kualitas foto.

 

4. FreeDigitalPhotos.net

Situs yang satu ini menawarkan komisi sangat besar, bahkan hingga 70% untuk setiap foto yang terunduh.

Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan uang lebih cepat melalui situs FreeDigitalPhotos.net ini. Harga yang berlaku untuk setiap foto mulai dari US$3 per unduhan.

 

5. Fotolia.com

Dengan mengunggah foto hasil jepretan Anda ke situs Fotolia, Anda bisa menyajikan foto tersebut bagi jutaan pencari foto online.

Untuk setiap foto yang terjual Anda akan menerima royalti sebesar 20% sampai 60% untuk penjualan setiap foto yang diunduh, dan komisi sebesar 0,25 sampai 0,40 kredit untuk unduhan oleh pelanggan.

Dengan demikian, besaran komisi yang diperoleh bergantung pada tipe pembeli.

 

#7 Asisten Virtual

Asisten virtual sangatlah luas cakupannya. Namun pada dasarnya asisten virtual merupakan asisten yang melayani satu orang secara berulang.

Penghasilannya bervariasi, namun biasanya dibayarkan per jam dan bergantung pada spesialisasinya. Adapun beberapa bidang asisten virtual antara lain:

  • Penulis
  • Desain grafis
  • Riset
  • Editing
  • Copywritting
  • Manajemen sosial media
  • Penerjemah
  • Programming
  • Input data, dan sebagainya.

 

#8 Penerjemah

Anda fasih berbahasa asing? Isi waktu luang Anda dengan menyediakan jasa penerjemah. Meskipun sambil bekerja, Anda tetap bisa mengerjakan usaha sampingan ini di waktu luang Anda.

Pekerjaan ini memang membutuhkan keterampilan tertentu, sehingga tidak banyak sembarang orang yang bisa mengerjakannya. Jadi, sangatlah tepat bagi Anda yang memang fasih berbahasa asing.

Pekerjaannya sendiri beragam, misalnya saja Anda akan diminta menerjemahkan buku, atau artikel untuk kebutuhan data sang klien.

Untuk tarifnya sendiri beragam, bisa dihitung per buku atau per halaman. Luar biasa bukan?

Meningkatkan Hidup Sebagai Freelance 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

#9 Konsultan

Salah satu kelebihan dari entrepreneur adalah Anda dapat membagi waktu bagi diri sendiri dan keluarga.

Jika Anda berniat menjadi seorang konsultan, bukan berarti Anda harus bekerja di sebuah perusahaan dan mengikuti jam operasionalnya.

Anda dapat menjadi seorang konsultan mandiri. Beberapa contohnya adalah menjadi konsultan pernikahan, konsultan keuangan, konsultan karir, dan sebagainya.

Manfaatkan kemampuan dan keterampilan Anda untuk membangun usaha sendiri dan menjadi pimpinan atas diri Anda sendiri.

Dengan demikian Anda dapat membangun kesuksesan Anda dari rumah tanpa menelantarkan keluarga.

 

#10 Blogger atau Social Media Influencer

Usaha ini merupakan salah satu usaha yang menunjukkan betapa bergunanya internet untuk membantu usaha Anda.

Dengan menjadi seorang professional blogger atau social media influencer, Anda tidak perlu berangkat ke kantor di pagi hari dan pulang di malam hari.

Anda dapat mengerjakannya di rumah saat Anda sedang memiliki waktu luang dan Anda hanya memerlukan media website atau media sosial yang dilengkapi dengan internet yang memadai.

Apakah usaha ini dapat menghasilkan uang? Tentunya iya. Bahkan banyak professional blogger yang menghasilkan miliaran rupiah setiap tahunnya.

Dengan berkembangnya affiliate marketing dan meningkatnya pengguna internet, bisnis ini menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan oleh ibu rumah tangga untuk mengisi waktu di rumah.

7 Cara Meningkatkan Channel Vlogging Anda pada YouTube 02 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Mana yang Menjadi Pilihan Anda?

Setelah melihat beberapa contoh di atas, apakah Anda sudah membayangkan pekerjaan freelance apa yang sesuai bagi Anda?

Apapun jenis bisnisnya, lakukan perencanaan yang baik dan menyeluruh agar pekerjaan Anda dapat berjalan dengan lancar.

 

Apakah Anda memiliki informasi mengenai pekerjaan freelance yang menjanjikan dan belum banyak diketahui orang lainnya? Tinggalkan komentar Anda pada kolom yang sudah disediakan di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan juga pertanyaan Anda. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rachel. 11 Desember 2017. 10 Ways to Make Money From Home. Thelattebudget.com – https://goo.gl/5GJFDa
  • Darmawan. 3 Februari 2017. 31 Peluang Usaha Online yang Bisa Anda Mulai Sekarang Juga dengan Modal Kecil. Panduanim.com – https://goo.gl/zQBuwD
  • Admin. 21 September 2018. Ini Pekerjaan Freelancer Yang Menjanjikan! Kumparan – https://goo.gl/up4ZcL

 

Sumber Gambar:

  • Freelance 1 – https://goo.gl/kUj2w1
  • Freelance 2 – https://goo.gl/m2979p

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment