Tips Dahsyat Investasi Bagi Freelancer Ibu Rumah Tangga

Seorang ibu rumah tangga harus pintar mengelola setiap pemasukan agar dapat memenuhi semua kebutuhan. Bagaimana cara investasi freelancer ibu rumah tangga?

Menjadi ibu rumah tangga tidak berarti bahwa Anda tidak bisa berinvestasi. Mari kita simak bagaimana cara agar seorang ibu rumah tangga juga bisa sukses dalam berinvestasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga bisa dikatakan memiliki bagian penting dalam keluarga. Terutama dalam mengatur keuangan keluarga. Meskipun tidak bekerja, tapi biasanya pengaturan dan penentuan alokasi keuangan ditentukan oleh seorang ibu.

Seringkali, dalam sebuah keluarga, ayah adalah pihak yang keluar dan bekerja, sementara istri bertugas menjaga rumah dan mengurus anak-anak.

Namun, kadang kala pemasukan yang diterima dari gaji suami masih kurang untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga.

Tips Investasi Ibu Rumah Tangga 02 Investasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia dan Tips Investasi untuk Ibu Rumah Tangga Ala Finansialku]

 

Di sinilah seorang istri bisa mencoba membantu dengan mencari pekerjaan tambahan. Seiring perkembangan teknologi, ibu rumah tangga sekarang juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer.

Pendapatan dari pekerjaan freelance ini bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan harian atau untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Anda mungkin merasa sedikit khawatir jika harus bekerja keluar rumah dan meninggalkan anak-anak. Akan tetapi, saat ini ada banyak pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan secara remote. Misalnya dengan menjadi penulis artikel lepas, bisnis online, admin toko online, dan lain sebagainya.

 

Temukanlah pekerjaan yang menurut Anda paling sesuai dengan keinginan dan kondisi Anda. Bisa saja penghasilan yang Anda dapatkan dengan bekerja sebagai freelancer bisa membantu keuangan keluarga atau menambah aset keluarga dengan berinvestasi..

Kalau Anda tertarik untuk berinvestasi, pertanyaan selanjutnya adalah, apakah investasi freelance ibu rumah tangga yang tepat? Berikut ini adalah beberapa investasi yang bisa Anda pertimbangkan.

 

#1 Investasi dengan Modal Kecil

Pada umumnya, ibu rumah tangga memang cenderung lebih mudah mengalokasikan anggaran investasi dalam jumlah kecil.

Hal ini karena ada berbagai kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Mulai dari biaya pendidikan anak, biaya kesehatan anak, transportasi, biaya kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain.

Beberapa keluarga memiliki pemasukan dari suami yang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga. Dalam kondisi ini, penghasilan yang Anda dapat dari freelance bisa Anda putar lagi dengan menyimpannya sebagai investasi.

 

Meskipun penghasilan yang Anda dapat mungkin tidak terlalu banyak, jika dikumpulkan sedikit demi sedikit investasi Anda akan semakin banyak juga.

Misalnya saja, jika Anda bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp20.000 per hari, dalam satu bulan Anda bisa berinvestasi hingga Rp600.000 per bulan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, saat ini Anda bisa memulai investasi bahkan dari nominal Rp100 ribu saja. Sebagai permulaan, Anda bisa memulai dari investasi seperti reksa dana, P2P lending, atau investasi emas.

Investasi Ibu Rumah Tangga 04a Investasi 4 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Harus Bijak Dalam Berinvestasi! Kenali 5 Prinsip Dalam Berinvestasi]

 

#2 Investasi yang “Aman”

Tujuan investasi seorang ibu biasanya adalah untuk masa depan anaknya seperti biaya pendidikan anak, biaya persalinan, atau untuk kebutuhan keluarga lainnya. Karena itu, memilih investasi yang aman adalah prioritas.

Ada beberapa pilihan investasi yang bisa memberikan cash flow bulanan. Misalnya ORI (Obligasi Ritel Indonesia), Sukri (Sukuk Ritel), SBR (Saving Bond Ritel), dan produk investasi berbasis surat utang.

Selain itu, pastikan Anda telah memahami seluk beluk investasi yang Anda pilih.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#3 Investasi yang Tidak Dikendalikan Sendiri

Seorang ibu rumah tangga biasanya memiliki aktivitas yang sangat banyak. Mulai dari mengurus anak, pasangan, rumah tangga, dan berbagai urusan lainnya.

Belum lagi jika Anda adalah ibu rumah tangga yang juga bekerja. Tentu saja hal yang harus Anda kerjakan juga jadi lebih banyak.

Kabar baiknya, jika  Anda adalah ibu rumah tangga yang bekerja, Anda bisa memilih investasi yang dikelola oleh manager investasi, sehingga Anda tidak perlu mengendalikan investasi Anda sendiri.

Dengan memilih investasi yang dikelola oleh manager investasi, secara tidak langsung risiko investasi Anda juga jadi lebih rendah.

moms-ini-tipe-investasi-yang-cocok-untuk-ibu-rumah-tangga-2-finansialku

[Baca Juga: Jenis Investasi yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Sebagai Investor Pemula]

 

#4 Keuntungan yang Seimbang Antara Cashflow dan Capital Gain

Ada dua bentuk keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menyimpan aset Anda dalam bentuk investasi, yaitu cashflow dan capital gain.

Keuntungan dalam bentuk cashflow dapat Anda terima setiap bulan, sedangkan keuntungan dalam bentuk capital gain adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan setiap tahun.

Dua jenis keuntungan ini bisa Anda maksimalkan sesuai dengan bentuknya. Misalnya, untuk keuntungan cashflow, Anda bisa menggunakannya untuk tujuan investasi jangka pendek, seperti untuk membeli barang yang Anda inginkan atau tambahan uang belanja bulanan.

Tidak menutup kemungkinan juga untuk kembali memutar keuntungan cashflow menjadi investasi atau disimpan sebagai tambahan dana darurat.

Sementara keuntungan capital gain yang didapatkan setiap tahun bisa Anda gunakan untuk tujuan investasi dengan jangka yang lebih panjang. Misalnya kebutuhan sekolah anak, membeli kendaraan, rumah, atau sebagai dana hari tua.

Untuk mendapatkan keuntungan cashflow dan capital gain yang seimbang biasanya sulit dicapai jika Anda menaruh semua dana yang Anda miliki di satu produk investasi saja.

Ada baiknya Anda membagi investasi Anda ke dalam beberapa produk investasi yang memberikan keuntungan cashflow dan capital gain. Dengan cara ini, maka keuntungan yang Anda dapatkan bisa lebih seimbang dan manfaatnya juga lebih maksimal.

20 Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga 4 Finansialku

[Baca Juga: Moms, Lakukan 5 Gaya Hidup Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Jepang Demi Kesejahteraan Keuangan]

 

Bagaimana Agar Ibu Rumah Tangga Sukses Berinvestasi?

Saat ini, memulai investasi menjadi hal yang sangat mudah dan terjangkau. Anda tidak perlu berlama-lama mengantre di bank untuk membeli produk investasi.

Sejak pendaftaran, pengajuan, dan pembelian juga penjualan investasi sekarang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel di genggaman.

Selain itu batas minimal investasi yang cukup rendah juga menjadikan siapapun bisa memulai investasi. Saat ini, Anda dapat mulai berinvestasi mulai dari Rp100 ribu saja.

Dengan segala kemudahan yang ada ini, rasanya terlalu berharga jika Anda menunda investasi karena alasan ini itu. Menunda sesuatu seringkali justru membuat Anda melupakan hal tersebut.

Dan tentu saja selalu ada banyak alasan yang dapat Anda gunakan. Namun, jika Anda ingin sukses, maka tidak akan ada alasan yang cukup kuat yang bisa membuat Anda menunda keputusan untuk memulai investasi.

Itulah beberapa tips memulai investasi freelancer ibu rumah tangga.

Jika Anda sungguh-sungguh mengejar apa yang Anda inginkan, maka seperti yang sering dikatakan orang lain, semesta akan mendukung Anda meraih apa yang Anda inginkan. Termasuk memulai langkah sukses dalam berinvestasi.

 

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada kerabat dan kenalan Anda lainnya, khususnya para ibu rumah tangga yang juga mengelola keuangan keluarga. Siapa tahu, dengan begitu mereka jadi terinspirasi untuk mulai berinvestasi. Selamat berinvestasi!

 

Sumber Gambar:

  • Investasi 1 – https://goo.gl/djsUY5
  • Investasi 2 – https://goo.gl/fFsXe6

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment