Bagaimana sih cara mengatur keuangan bagi seorang traveller? Finansialku akan membahasnya kali ini. 

Sebagai seorang traveller, keuangan merupakan hal yang sangat krusial. Kamu harus bisa menyelaraskan antara sisi keuangan yang kamu miliki dengan kegiatanmu melancong ke tempat-tempat yang diinginkan.

Tapi tenang, jika kamu merasa kebingungan akan permasalahan ini, ada beberapa cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Lalu apa saja cara-cara tersebut? Simak terus artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Mudah Mengatur Keuangan bagi Seorang Traveller

Traveller, mereka adalah orang-orang yang memiliki hobi, bahkan mendedikasikan hidupnya, untuk mengunjungi banyak sekali tempat. Dimulai dari tempat yang indah, ekstrim, terpencil, kota-kota metropolitan, dan masih banyak lagi.

Seiring berjalannya waktu, traveller bukan hanya sekedar hobi, tetapi bertransformasi menjadi sebuah profesi. Mereka sering membagikan pengalaman menariknya melalui status di Instagram hingga menguploadnya di kanal YouTube.  

Anak-anak muda dari kalangan Milenial menjadi generasi paling menunjukkan minatnya sebagai seorang traveller.

Hal tersebut dapat terlihat dari data yang dilansir oleh AARP dalam travel trends pada tahun 2019 lalu.

Para anak muda dengan rata-rata usia 21 tahun – 37 tahun berencana melakukan sekitar lima perjalanan dalam satu tahun dan tiga diantaranya merupakan perjalanan internasional.

Ternyata Mudah! Ini Cara Mengatur Keuangan Untuk Traveller 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Aman dan Tenang? Gunakan Asuransi Perjalanan Ke Luar Negeri]

 

Menjadi seorang traveller bisa dikatakan susah-susah gampang. Karena dibalik kepuasan serta kesenangan yang didapatkan, tentu jumlah rupiah yang harus dirogoh pun cukup banyak.

Tentunya masalah keuangan merupakan hal yang sangat krusial bagi para traveller. Namun kini tak perlu khawatir karena mengatur keuangan bagi para traveller sama sekali tidak sulit.

Kali ini Finansialku akan membahasnya untuk kalian para traveller yang kini mengalami kesulitan dalam merencanakan dan mengatur keuangan. Tanpa berlama-lama langsung saja kita membahasnya satu per satu.

 

#1 Memprioritaskan Penghasilan Untuk Ditabung

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan travelling, ada baiknya untuk menyisihkan sebagian gajimu untuk ditabung. Karena menabung merupakan upaya yang paling bijak sebagai dari perencanaan travelingmu.

Tabungan tersebut dapat dialokasikan sebagai dana selama perjalanan hingga keperluan yang bersifat urgen/darurat.

 

#2 Hindari Sifat Boros atau Impulsif

Belanja merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Namun jika kamu memiliki rencana untuk melakukan traveling, hindari sifat impulsif dalam menjalankan kegiatan ini.

Jika tidak, sudah hampir dipastikan rencanamu akan menjadi sebuah wacana belaka.

 

#3 Rencanakan Travelling dari Jauh-jauh Hari

Perencanaan akan jauh lebih matang jika dilakukan dari jauh-jauh hari. Kamu bisa memproyeksikan semua kegiatan dan kebutuhan selama travelling dengan sisi keuangan yang harus dipersiapkan.

 

#4 Pertimbangkan Waktu yang Tepat

Dalam perencanaan yang tepat, waktu untuk travelling juga harus dipertimbangkan.

Apabila kamu berencana melakukan perjalanan pada musim liburan, maka dalam segi biaya perlu dipersiapkan lebih mendalam. Karena pada waktu tersebut biaya akan lebih mahal akibat padatnya mobilitas wisatawan yang pergi berlibur.

Girls, Ini Tips Packing Barang Untuk Traveling Bareng Gebetan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Girls, Ini Tips Packing Barang Buat Traveling Bareng Gebetan]

 

Musim liburan biasanya terjadi pada bulan Juni, Juli, Desember, hingga Januari. Adapun waktu yang relatif sepi yakni pada bulan Maret, April, dan September.

 

#5 Konsisten pada budget yang telah ditetapkan

Satu hal yang perlu diperhatikan pada saat pergi berlibur yakni konsisten terhadap budget yang telah ditetapkan. Pastikan kamu telah menyusun anggaran sebagai acuan supaya pengeluaran tetap terjaga.

Ternyata Mudah! Ini Cara Mengatur Keuangan Untuk Traveller 02 - Finansialku

[Baca Juga: Top 5 Tempat Wisata di Bengkulu yang Asik Untuk Solo Traveler]

 

Satu hal yang pasti, jangan sampai pengeluaran tidak terkontrol atau over budget memaksamu untuk berutang. Sehingga salah satu cara mengantisipasinya adalah melakukan pencatatan pengeluaran yang telah dilakukan.

 

#6 Pintar-pintarlah Berimprovisasi

Nah ada baiknya kamu melakukan improvisasi pada saat melakukan perencanaan travelling. Misalnya mencari promo tiket, mengunjungi tempat wisata gratis namun tetap berkesan, cari penginapan yang murah, dan berbagai keuntungan lainnya.

Manfaatkan berbagai fasilitas yang kini banyak bermunculan untuk mengakses informasi. Seperti aplikasi mobile, situs-situs online, dan masih banyak lagi.   

 

Merencanakan Keuangan bagi Seorang Traveller, Bukan Perkara Sulit!!

Merencanakan keuangan bagi seorang traveller, tidak sulit bukan? Sebagai seorang traveller, kamu harus mengkondisikan sisi keuangan dengan sebaik mungkin. Supaya dibalik perjalananmu yang menyenangkan, tidak perlu ada konsekuensi yang membuat dompetmu merana.

Girls, Ini Tips Packing Barang Untuk Traveling Bareng Gebetan (Part 2) 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Liburan Murah dan Menyenangkan Ala Finansialku]

 

Apalagi kalau harus memikirkan tagihan kartu kredit akibat pengeluaran-pengeluaran overbudget yang sama sekali tidak penting. Hal tersebut bukan masalah dengan adanya fasilitas dari aplikasi Finansialku.

Sebagai salah satu inovasi perencanaan keuangan masa kini, Finansialku hadir membantumu menjaga kondisi keuangan, melakukan perencanaan, mengevaluasi pengeluaran, mengambil langkah investasi yang tepat, hingga melakukan konsultasi kepada perencana keuangan.

Jadi rasakan kemudahan aplikasi tersebut melalui smartphonemu sekarang juga! Kamu bisa download aplikasi Finansialku melalui PlayStore dan AppStore.

 

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Jadi sudah saatnya kalian para traveller untuk merencanakan keuangan sebaik mungkin. Dengan menerapkan cara diatas, perencanaan akan sangat mudah, efektif, dan pastinya menyenangkan.

Kamu bisa share artikel ini untuk dibagikan ke kawan atau kerabatmu yang juga seorang traveller. Semoga bermanfaat..

 

Sumber Referensi:

  • Desy Kristi Yanti. 3 September 2019. Milenial Hobi Traveling, Begini Cara Mengatur Keuangan Mereka. Kompas.com – https://bit.ly/2UDWkas
  • Admin. 13 Januari 2018. Ini Cara Atur Uang Buat Para Traveller Agar Bisa Sering Melancong. Okezone.com – https://bit.ly/2ztBH9B
  • Nik Sukacita. 28 Mei 2020. 3 Langkah Traveller Mengatur Keuangan. Bisnismuda.id – https://bit.ly/2Yoa0qU

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 1 – https://bit.ly/37qybsV
  • Gambar 2 – https://bit.ly/2ztBH9B