Girls, kamu harus terampil dalam packing barang saat akan traveling bareng pasangan. Jangan sampai barang bawaan mengganggu kebersamaanmu.

Yuk, simak tips-tips packing barang untuk traveling dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Traveling Praktis Anti Ribet

Mayoritas orang biasanya berkemas barang sebanyak mungkin ketika traveling. Apalagi, jika traveling dilakukan lebih dari sehari. Hasilnya, muatan menjadi banyak dan berat.

Biasanya hal itulah yang membedakan traveling ala cewek dan cowok. Saat packing, cewek biasanya membawa banyak barang ketimbang cowok.

Hasilnya, cewek seringkali membawa koper besar. Sementara itu, cowok hanya membawa ransel.

Berhubung kamu traveling bareng gebetan, pasti kamu ingin tampil lebih oke. Pakaian yang kamu bawa harus menarik perhatian si gebetan supaya si dia memujimu.

Otomatis, hal ini pasti membuat muatan barang bawaanmu semakin banyak.

Berat? Tentu saja. Ini justru akan membuatmu tidak nyaman. Pasalnya, beratnya bawaan akan mempengaruhi mobilitasmu juga. Kamu juga akan dilanda pegal bahu atau tangan.

Tidak ingin hal tersebut merusak moment kebersamaanmu dengan gebetan, kan? Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar dalam mengemas barang. Tujuannya supaya traveling-mu anti-ribet.

Girls, Ini Tips Packing Barang Untuk Traveling Bareng Gebetan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Traveling Anti Mainstream? Simak Yuk Tips Backpacker ke India!]

 

Tips Packing Barang Praktis Untuk Traveling

Jika kamu ingin traveling dengan nyaman, Finansialku memiliki tips packing barang praktis untuk traveling. Berikut ini tips-nya:

 

#1 Tulislah Barang Yang Dibutuhkan

Tips paking barang yang pertama, membuat daftar barang-barang apa saja yang akan dibawa merupakan hal terbaik. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai barang mana saja yang diperlukan maupun tidak.

Coret barang yang ternyata tidak kamu perlukan dalam perjalananmu.

Sebagai tambahan, buat pula list anggaran dana liburan yang akan kamu gunakan untuk liburan, seperti contoh dalam video ini.

 

#2 Bawalah Barang Seperlunya Saja

Siapa yang tidak tahu home organizing guru, Marie Kondo alias KonMari? Wanita jepang yang terkenal lewat bukunya The Life Changing Magic of Tidying Up.

Dalam bukunya ini, Marie Kondo memperkenalkan sebuah ungkapan “Spark Joy”.

Ungkapan ini digunakan Marie Kondo untuk memilih barang mana yang ingin disimpan dan mana yang disingkirkan. Metode ini berlaku juga untuk berkemas atau packing barang.

Girls, Ini Tips Packing Barang Untuk Traveling Bareng Gebetan 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Daftar Perlengkapan Wajib Liburan Saat Traveling Ke Luar Negeri]

 

Caranya, pegang satu per satu barang yang ingin kamu bawa. Terapkan metode “Spark Joy” dengan mengatakan pada diri sendiri, “Apakah barang ini diperlukan dalam traveling?” atau “Apakah barang ini akan membuat traveling-mu menyenangkan?”

Jika jawabannya tidak, maka singkirkanlah. Itu justru akan mengurangi barang-barang yang tak diperlukan selama traveling. Dengan begitu, tasmu akan ringan, traveling pun nyaman.

 

#3 Pilih Pakaian dengan Tone Yang Sama

Pakaian menjadi hal utama dalam traveling. Bagaimana tidak? Salah satu kebutuhan traveling adalah foto.yang bagus dengan outfit yang chic. Apalagi, kamu jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengajak gebetanmu berfoto bersama.

Kamu bisa mix and match pakaian yang tone-nya sama. Misalnya, pakaian dengan warna netral seperti hitam, putih, abu-abu pasti cocok dengan pakaian motif apapun.

Dengan melakukan hal itu, kamu dapat menghemat pakaian yang akan kamu bawa.

Girls, Ini Tips Packing Barang Untuk Traveling Bareng Gebetan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Traveling Super Hemat dan Murah Bagi Mahasiswa]

 

#4 Lipatlah Pakaianmu

Melipat pakaian pasti kamu lakukan. Namun, apa metode melipatmu sudah benar? Biasanya, justru makan tempat. Hal itu bisa disiasati dengan mengikuti metode melipat pakaian dari Marie Kondo.

Cara melipat baju ala Marie Kondo sangat digemari. Prinsip melipat ala Marie Kondo, yaitu lipat dengan tujuan berbentuk kotak dan sekecil mungkin. Selanjutnya, kamu bisa melipat, lalu menggulungnya.

Dijamin, cara ini dapat memaksimalkan muatan koper atau tas-mu.

 

#5 Taruh Skincare Dalam Sedotan

Biasanya, cewek paling sering menggunakan skincare. Cowok juga ada. Nah, jangan sampai traveling membuatmu tidak memperhatikan kulitmu.

Membawa skincare pasti membuat ruang di koper atau tas-mu berkurang. Apalagi, jika ukurannya besar. Di sinilah kamu harus bisa lebih kreatif dalam menyiasatinya.

Sedikit tips, kamu bisa menaruh skincare-mu dalam sedotan. Skincare yang dimaksud bisa pelembap, krim malam/siang, atau tabir surya.

Kamu bisa tutup kedua ujung sedotan dengan menggunakan isolasi. Simpel dan hemat ruang juga biaya, kamu jadi nggak perlu beli botol kecil untuk menaruh skincare kamu.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#6 Manfaatkan Ruang Kosong Dalam Sepatu

Manfaatkan ruang kosong untuk menaruh kaos kaki dan pakaian dalam Supaya bisa menghemat tempat, kamu bisa memanfaatkan ruang kosong dalam sepatu. Jadi, isi koper atau ransel kamu gak terlalu sesak.

Jangan lupa untuk membawa sepatu yang sesuai dan cocok dengan tempat tujuan liburan Anda. Sebelumnya, pastikan membawa sepatu yang cocok dengan pakaian yang kamu bawa. Itu bisa jadi nilai lebih di mata gebetanmu.

 

#7 Sisakan Ruang Lebih di Dalam Koper atau Ransel

Traveling dengan merasakan kehadiran gebetan di sekitarmu pasti membuat bahagia. Namun, jangan sampai kamu melupakan oleh-oleh.

Dalam melakukan perjalanan liburan tentu tidak lengkap rasanya tanpa membeli oleh-oleh. Apalagi, budaya membawa oleh-oleh sepulang liburan sangat kental dalam budaya Indonesia.

Oleh karena itu, sebelum berangkat, ada baiknya kamu menyisakan ruang lebih di dalam koper atau ransel. Caranya? Tentu saja dengan mengurangi barang bawaanmu.

Malas sekali kan kalau harus memegang tas jinjingan lagi. Mending memegang tangan gebetan. Ups!

Girls, Ini Tips Packing Barang Untuk Traveling Bareng Gebetan (Part 2) 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Ampuh Supaya Bisa Traveling Keliling Dunia dengan Budget Minim]

 

#8 Berbagi Barang Bawaan 

Sebelum mulai berkemas luangkanlah waktu untuk mencari barang apa yang dapat dibagikan dengan teman-teman atau gebetanmu. Dengan begitu, kamu dapat membuat tas atau koper menjadi lebih ringan.

Pilihlah beberapa item yang hanya perlu dibawa oleh salah satu dari teman perjalanan. Akan lebih baik dengan teman sekamar.

Jika tinggal di ruangan yang sama, kamu hanya perlu membawa satu barang yang dapat digunakan untuk bersama. Bawaanmu dan temanmu jadi lebih efisien, kan?

 

#9 Masukkan Barang yang Besar Terlebih Dahulu

Teknik berkemas dengan memasukkan barang yang besar dan berat terlebih dahulu dapat memaksimalkan muatan.

Kamu dapat memasukkan barang yang paling berat dan volumenya paling besar. Setelah itu, barang-barang yang lebih kecil bisa diselipkan di antaranya. Hal ini berlaku baik untuk koper maupun ransel.

 

#10 Bawa Tas Kecil Untuk Barang yang Penting

Kamu disarankan untuk membawa tas kecil alias carry on bag. Bisa dalam bentuk tas selempang kecil atau tas pinggang.

Yang penting, fungsinya dapat menyimpan barang-barang penting seperti handphone dan dompet. Tidak mungkin kan kalau kamu harus membongkar koper atau ransel yang sudah kamu susun rapi itu.

Girls, Ini Tips Packing Barang Untuk Traveling Bareng Gebetan (Part 2) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jurus Sakti Mengatur Keuangan Bagi Orang yang Hobi Traveling]

 

Be Mindful Packing Barang Untuk Perjalanan yang Lebih Bermakna

Buatlah traveling-mu lebih bermakna dengan tidak terlalu banyak membawa barang. Kamu perlu bertanya pada diri sendiri, sebetulnya apa sih yang kamu cari dari traveling ini.

Kebersamaan dengan gebetan atau barang-barangmu yang belum tentu kamu pakai? Karena itu, be mindful dalam mengemas barang supaya tidak membebankanmu atau gebetanmu.

Girls, Ini Tips Packing Barang Untuk Traveling Bareng Gebetan (Part 2) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Banyak Untungnya Lho! Ini 5+ Kartu Kredit yang Cocok Buat Traveling]

 

Jangan lupa rencanakan dana perjalananmu dengan menggunakan aplikasi Finansialku yang dapat kamu download di Play Store atau App Store.

Ini supaya keuanganmu lebih terkontrol. Yuk, ketahui pula perencanaan dana liburan dalam video berikut ini agar liburanmu bebas utang.

 

 

Itu dia tips packing barang buat kamu yang akan traveling bareng gebetan. Sudah tak sabar mempersiapkannya kan? Jangan lupa untuk share artikel ini. Siapa tahu bisa menginspirasi teman-temanmu.

 

Sumber Referensi:

  • Ni Putu Dinanty. 29 Agustus 2019. 5 Cara Mudah dan Cepat Packing Barang Untuk Liburan. Kompas.com – https://bit.ly/3aKLDYC
  • Sisil Angelin. 24 November 2018 Rempong Ketika Traveling Berikut Tips Packing Agar Hemat Tempat di Koper dan Ransel. Gotravelly.com – https://bit.ly/35d6T8r
  • Admin. 22 April 2016. 10 Trik Packing Saat Traveling untuk Cewek. Pegipegi.com – https://bit.ly/2W1rMza
  • Admin. 16 November 2018. 10 Barang Penting yang Wajib Dibawa Saat Traveling! Blog.pergi.com – https://bit.ly/2VXfeZu
  • Winny Widawati. 17 April 2016. Ini Perbedaan Packing Ala Cewek Traveler Dibanding Ala Cowok. Magazine.job-like.com – https://bit.ly/2SfJFZU
  • Admin. 10 Desember 2018. Panduan Packing Praktis Buat Cewek Sebelum Liburan. Dijamin Nggak Rempong Lagi Deh! Hipwee.com – https://bit.ly/2ScPnfi

 

Sumber Gambar:

  • Packing 1 – https://bit.ly/2W50BDB
  • Packing 2 – https://bit.ly/3eYHLqk
  • Packing 3 – https://bit.ly/35d8b3h