Bagaimanakah cara menghabiskan uang Anda jika menjadi seorang miliarder? Apakah Anda ingin membeli sebuah rumah mewah, membeli banyak mobil atau motor sport, atau bahkan membeli jet pribadi? Mari kita lihat bagaimana gaya hidup dan cara miliarder dunia menghabiskan uangnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Lebih dari Cukup

Jadi, sudahkah Anda membayangkan apa yang akan Anda lakukan saat menjadi seorang miliarder? Nyatanya, banyak miliarder dunia yang sudah memiliki rumah mewah, puluhan mobil bernilai miliaran rupiah, berikut jet pribadi dan seluruh kebutuhannya.

Namun ternyata masih banyak uang yang bersisa. Umumnya karena berlebihnya uang yang mereka miliki, miliarder terkadang melakukan hal-hal aneh yang tidak masuk akal untuk menghabiskan uangnya.

Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan cara hidup miliarder dunia dan cara mereka menghabiskan uangnya.

Quiz Apakah Anda Berbakat Menjadi Orang Kaya - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Apakah Anda Berbakat Menjadi Orang Kaya?]

 

#1 Cara Menghabiskan Uang Seorang Artis Terkenal

Apakah Anda pernah menggemari seorang penyanyi atau artis terkenal? Ternyata miliarder terkenal pun memiliki artis kegemarannya. Banyak miliarder dunia yang mampu membayar honor artis terkenal bukan untuk bernyanyi atau berakting, namun hanya untuk sekedar berkencan dengannya.

Seorang miliarder berusia 80 tahun bernama Richard Lugner, terkenal sering membayar mahal untuk berkencan dengan artis papan atas di Vienna Opera Ball. Beberapa artis yang telah dikencaninya antara lain adalah Paris Hilton, Pamela Anderson, hingga Kim Kardashian.

 

#2 Membangun Rumah Besar Menyerupai Gedung Bersejarah

Wajar bagi miliarder untuk membangun rumah mewah layaknya sebuah istana. Namun ternyata ada miliarder yang sampai membangun rumah terbesar di Amerika yang disebut-sebut sebagai replika dari Istana Versailles di Perancis.

Jackie dan David Siegel, pasangan pebisnis di Amerika membangun rumah yang menjadi impian mereka dan mendokumentasikannya menjadi sebuah film dokumenter berjudul The Queen of Versailles.

 

#3 Nama yang Tampak dari Google Earth

Membeli pulau pribadi nampaknya sudah terlalu biasa bagi para miliarder, hingga seorang miliarder mengusulkan ide unik yang tidak diduga-duga. Hamad bin Hamdan Al Nahya membangun sebuah saluran air di pulau pribadinya.

Lalu dimanakah letak keunikannya? Ternyata saluran air tersebut dibangun dengan sangat besar dan membentuk huruf-huruf yang menyusun namanya. Saking besarnya, saluran air tersebut dapat terlihat jelas dari luar angkasa dengan Google Earth.

Gaya Hidup dan Cara Menghabiskan Uang ala Miliarder Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menumbuhkan Keyakinan Diri Dapat Membuat Anda Orang Kaya yang Sukses]

 

#4 Kota Pribadi Milik Anda

Jika Anda tidak nyaman dengan tempat tinggal Anda karena kemacetan dan jauh dari tempat Anda bekerja, yang Anda usulkan mungkin pindah rumah atau mencari pekerjaan lain. Namun berbeda halnya dengan pemilik Domino’s Pizza, Tom Monaghan.

Ia membeli tanah dengan luas puluhan hektar dan membuat sebuah kota kecil sendiri bernama Ave Maria di Florida. Ia mengungkapkan bahwa sudah menjadi cita-citanya sedari kecil untuk memiliki sebuah kota kecil dengan komunitas yang nyaman untuk tempatnya tinggal.

 

#5 Berlibur ke Luar Angkasa

Saat kita merencanakan sebuah liburan, umumnya yang pertama kali terpikir adalah berlibur ke sebuah pantai, gunung, atau ke luar negeri. Tetapi tidak demikian bagi para miliarder dunia dengan kekayaan triliunan rupiah.

Mereka lebih memilih untuk mencari tempat yang bebas dari keramaian dan jarang dikunjungi, yaitu luar angkasa. Miliarder Charles Simonyi memilih untuk berwisata dengan menumpang roket Rusia di Stasiun Antariksa Internasional dengan biaya yang fantastis.

 

#6 Membangun Istana di Langit

Memiliki rumah mewah di tengah kota sudah terlalu biasa bagi para miliarder. Keluarga kerajaan asal Arab Saudi memutuskan untuk membeli pesawat yang diubah sedemikian rupa sehingga interiornya menyerupai istana.

Pesawat Airbus A380 tersebut dilengkapi dengan perabotan berlapis emas hingga diestimasikan istana tersebut bernilai US$500.000.000 dan merupakan istana terbang termahal di dunia.

Gaya Hidup dan Cara Menghabiskan Uang ala Miliarder Dunia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan]

 

#7 Koleksi Mobil Antik yang Luar Biasa Unik

Beberapa miliarder memiliki hobi mengoleksi mobil antik, serupa halnya dengan Truett Cathy. Perbedaannya adalah, Cathy sangat menggemari Batmobile, kendaraan khusus Batman tersebut.

Saking sukanya, Cathy memiliki Batmobile yang dirancang khusus hanya untuknya dengan harga luar biasa mahal yaitu mencapai US$250.000 atau setara dengan Rp3,25 miliar. Bagi pendiri perusahaan Chick-Fil-A dengan kekayaan bersih mencapai Rp80 triliun, tentunya mobil ini tidak berarti apa-apa baginya.

 

#8 Tinggal di Gedung Pencakar Langit

Mukesh Ambani membangun sebuah gedung pencakar langit yang diperkirakan nilainya mencapai US$1 miliar dan merupakan rumah paling mahal di dunia. Miliarder asal India ini memiliki gedung setinggi 550 kaki dengan luas mencapai 400.000 meter persegi dengan tiga buah helipad. Luar biasa bukan?

 

#9 Membangun Jam Raksasa

Jika Anda sudah bosan melihat jam dinding biasa, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membangun jam raksasa senilai US$42.000.000 yang dapat terus hidup hingga 10.000 tahun. Begitulah yang dilakukan oleh Jeff Besoz, salah satu bos besar Amazon.

Gaya Hidup dan Cara Menghabiskan Uang ala Miliarder Dunia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Tengok 5 Kebiasaan dalam Keuangan yang Membuat Anda Kaya Raya]

 

#10 Menjadi Presiden

Jika Anda memiliki kekayaan luar biasa banyaknya, maka Anda juga dapat mencalonkan diri menjadi seorang presiden seperti yang dilakukan oleh Donald Trump. Hal ini rupanya sudah menjadi rahasia umum, dimana banyak artis-artis atau miliarder kaya yang mencalonkan diri menjadi kepala daerah atau menjadi seseorang dengan jabatan di pemerintahan.

 

#11 Makan Siang Mewah

Makan siang dapat menjadi sebuah kenikmatan sendiri bagi para miliarder. Kegiatan yang satu ini ternyata dapat diubah menjadi seharga ratusan juta rupiah oleh Roman Abramovich, miliarder Rusia pemilik Klub Sepak Bola Chelsea.

Dia dikabarkan menghabiskan uang senilai Rp676.000.000 dengan menikmati sejumlah truffle dan wine di sebuah restoran di Manhattan.

 

#12 Pernikahan yang Harganya Melebihi Puluhan Rumah

Pernikahan tentunya menjadi sebuah momen penting bagi pasangan, sehingga kerap kali menghabiskan banyak uang dalam pelaksanaannya.

Namun berbeda halnya bagi Sean Parker, bos besar Napster. Ia menghabiskan hampir US$4.500.000 atau setara dengan Rp58,5 miliar hanya untuk dekorasi bertemakan Lord of The Ring.

Tidak disebutkan berapa total biaya untuk pernikahan mewah tersebut, namun melihat dari harga dekorasinya, sepertinya pernikahan tersebut bernilai puluhan rumah mewah.

Gaya Hidup dan Cara Menghabiskan Uang ala Miliarder Dunia 05 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Menjadi Orang Kaya dan Sukses, Cobalah Sekarang Juga!]

 

Menabung Sejak Dini dan Jadilah Miliarder

Setelah membaca beberapa kisah unik dari cara miliarder menghabiskan uangnya, tentunya Anda juga ingin menjadi seorang miliarder bukan?

Menjadi kaya sebenarnya tidak sulit, yang terpenting adalah bagaimana Anda merencanakan keuangan Anda dengan cerdas dan menabung sedini mungkin. Dengan perencanaan finansial yang baik, mungkin suatu hari Anda dapat mencoba salah satu gaya hidup miliarder yang unik tersebut.

 

Apakah Anda mengetahui kisah unik miliarder dunia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • 19 Juli 2015. 10 Cara Menghabiskan Uang Ala Miliarder Dunia. Cermati.com – https://goo.gl/hUCQsR
  • Ariesta. 20 Maret 2016. Ini Cara Aneh Orang-orang Kaya di Dunia Menghabiskan Uang. Cekaja.com – https://goo.gl/PwFEj6

 

Sumber Gambar:

  • Rumah Mahal – https://goo.gl/wB26A8
  • Nama – https://goo.gl/10eGjS
  • Istana Langit – https://goo.gl/J5faeo
  • Jam Raksasa – https://goo.gl/Lt4XPp
  • Pernikahan – https://goo.gl/UUCTIF

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku