Merasa bau mulut karena puasa? Tenang, ada cara menghilangkan bau mulut yang ampuh!

Hari raya umat Muslim ini merupakan salah satu hari besar paling dinanti di Indonesia, dan tentunya diawali dengan bulan puasa. Nah, bagaimana sih mengatasi bau mulut karena sedang berpuasa? Simak ulasannya disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bau Mulut?

Meski bukan masalah medis yang berbahaya, bau mulut sering menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri dan merasa khawatir bau mulut yang dialami akan mengganggu orang lain. 

Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Sebuah studi menunjukkan, 80% bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi.

Melansir dari Alodokter.com, bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebabnya bau mulut di antaranya:

  • Xerostomia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
  • Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan.

 

Namun bukan hanya itu, berpuasa alias tidak makan dan minum pun bisa menyebabkan bau mulut tak sedap.

 

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bagi umat Islam yang sedang melaksanakan Ibadah puasa di Bulan Ramadan ini tentunya berpuasa dengan tujuan yang baik, dan pastinya tidak ingin bau mulut menghambat puasa kita bukan?

Oleh karena itu, Finansialku sudah merangkum 10 cara menghilangkan bau mulut yang dijamin ampuh berikut ini:

 

#1 Sikat Gigi dengan Bersih 2 kali Sehari

Meski sedang berpuasa, penting untuk selalu menyikat gigi dengan bersih 2 kali sehari. Lakukan pertama kali pada saat sahur dan kedua kali saat sebelum tidur.

Tokcer! Cara Menghilangkan Bau Mulut Dijamin Ampuh! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Jangan lupa untuk menyikat gigi dengan bersih dan menyeluruh. Pastikan Anda menjangkau seluruh bagian dalam mulut, termasuk sela-sela gigi.

Hal ini baik untuk mencegah sisa makanan tersangkut di mulut dan jadi tempat bakteri berkembang biak.

Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman kalau harus sikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. Maka cukup basahi sikat gigi dengan air saja, tak perlu pakai pasta gigi.

 

#2 Bersihkan Juga Lidah

Selain gigi, lidah Anda juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut.

Bila Anda merasa napas jadi tak sedap, Anda bisa membersihkan lidah dengan cara berkumur-kumur atau bisa juga menggunakan alat khusus pembersih lidah yang sekarang sudah banyak dijual di toko-toko.

Ini juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa. Anda tidak perlu pakai pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah.

Akan tetapi, pastikan alat pembersih lidah Anda selalu dalam keadaan higienis.

 

#3 Berkumur

Cara praktis untuk menghilangkan bau mulut ketiga adalah dengan berkumur menggunakan mouthwash. Mouthwash berguna untuk membasmi bakteri di mulut yang dapat menimbulkan bau mulut.

Tokcer! Cara Menghilangkan Bau Mulut Dijamin Ampuh! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Sudah Mengetahui 10 Tradisi Unik Lebaran di Dunia? Simak Ulasannya]

 

Tips dari kami, Sebaiknya gunakan mouthwash tanpa alkohol dan pastikan bahwa obat kumur yang Anda gunakan dapat membunuh bakteri di mulut. Selain itu, berkumurlah secara rutin untuk menghilangkan bau.

Oh iya, selain mouthwash Anda juga bisa berkumur menggunakan air garam.

Caranya adalah dengan melarutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian kumur selama tiga puluh detik dan buang, jangan ditelan.

Air garam bekerja seperti antiseptik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut.

 

#4 Banyak Minum Air

Tahukah Anda? Meminum air putih yang menyehatkan ternyata juga sanggup untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut kita?

Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari. Dengan demikian, jangan lupa minumlah air yang cukup saat berbuka dan sahur untuk meminimalisasi bau mulut saat berpuasa.

 

#5 Bersihkan Karang Gigi

Karang gigi atau dalam bahasa medis disebut dengan dental calculus, merupakan salah satu masalah gigi yang timbul akibat penumpukan plak yang terbentuk dari sisa makanan yang mengandung bakteri dan mengendap.

Tokcer! Cara Menghilangkan Bau Mulut Dijamin Ampuh! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Jurus Hemat Memasak Menu Sahur dan Menu Buka Puasa]

 

Sisa makanan ini menempel pada gigi dalam jangka waktu lama hingga akhirnya mengeras membentuk karang gigi.

Tumpukan karang gigi dapat menyebabkan mulut yang kurang bersih serta menimbulkan bau mulut.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk rutin membersihkan karang gigi dan mengecek kesehatan gigi minimal 6 bulan sekali. Dengan demikian kebersihan mulut lebih terjaga dan kuman serta bakteri dalam mulut bisa diminimalisasi.

 

#6 Hindari Makanan Berbau tak Sedap

Makanan berbau tak sedap seperti jengkol dan petai memang nikmat untuk dikonsumsi. Namun umumnya bau ini akan melekat pada mulut Anda, sehingga meninggalkan bau tak sedap di mulut.

Untuk mengatasi bau mulut berlebih, sebaiknya hindari dahulu makanan-makanan yang berbau tak sedap selama bulan puasa. Anda bisa mengonsumsinya kembali nanti setelah Lebaran tiba.

 

#7 Mengkonsumsi Makanan yang Membantu Mengurangi Bau Mulut

Tips selanjutnya yakni dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu Anda mengatasi bau mulut. Apa saja makanan yang dimaksud?

Tokcer! Cara Menghilangkan Bau Mulut Dijamin Ampuh! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mantap! 5 Resep Kue Kering Terfavorit Sepanjang Masa]

 

Beberapa makanan berikut terkenal akan fungsinya dalam mengatasi bau mulut:

  • Teh hijau tawar: Teh hijau tanpa gula alias tawar mengandung zat polyphenol. Zat ini bisa membantu membersihkan bakteri di area saluran nafas sehingga meminimalisir bau mulut.
  • Jeruk atau lemon: Keasaman jeruk atau lemon berfungsi dalam meningkatkan produksi air liur sehingga mulut pun tak akan jadi kering dan bau.  
  • Peterseli: Peterseli dikenal dapat menetralisir bau tidak sedap, sehingga dapat dimanfaatkan untuk meminimalisasi bau mulut saat puasa.

 

#8 Hindari Makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

Tips kedelapan yakni menghindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan buka puasa. Mengapa demikian?

Bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak kian pesat bila dalam mulut tersisa banyak gula. Dengan demikian, sangat disarankan untuk membatasi makanan dan minuman berkadar gula tinggi saat sedang berpuasa.

 

#9 Membersihkan Sisa Makanan dalam Mulut

Sisa-sisa makanan dalam mulut tentunya bisa membusuk dan menyebabkan bau tak sedap dalam mulut Anda. Oleh karena itulah, sebaiknya selalu bersihkan sisa makanan dari dalam mulut setelah sahur dan berbuka puasa.

Caranya adalah dengan berkumur untuk bagian dalam mulut dan memanfaatkan benang gigi (dental floss) untuk sisa makanan di sela-sela gigi.

 

#10 Berolahraga

Siapa sangka, olahraga secara rutin juga bisa untuk mengeluarkan racun penyebab bau mulut. Anda pastinya penasaran kan kenapa olahraga disangkutpautkan dengan bau mulut?

Saat kita berolahraga, tubuh kita juga mengeluarkan zat racun, termasuk di dalamnya adalah zat yang dapat menyebabkan bau mulut. Jadi meskipun sedang berpuasa, jangan melupakan olahraga, ya!

 

Yuk Hilangkan Bau Mulut saat Bulan Puasa ini

Berpuasa memang menjadi kewajiban setiap umat Muslim di bulan yang suci ini. Dengan demikian, jangan biarkan bau mulut menjadi salah satu penghambat Anda dalam menunaikan ibadah puasa ya.

Manfaatkan 10 tips di atas untuk menghilangkan bau mulut dengan ampuh, dan Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman. Selamat mencoba.

Jika Anda berhasil, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga mengalami masalah serupa pada bulan puasa ini. Yuk share artikelnya sekarang juga!

Oh iya, banyak yang bilang keuangan jadi tidak stabil saat bulan Ramadan, karena terlalu boros untuk buka bersama dan membeli barang-barang lainnya diluar rencana.

Oleh karena itu, ayo rencanakan keuangan Anda dengan baik ya! Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang cara menghilangkan bau mulut dijamin ampuh lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Allert Benedicto Ieuan Noya. 23 April 2018. Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut. Alodokter.com – http://bit.ly/2Er7VBA
  • Irene Anindyaputri. 3 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa. Hellosehat.com – http://bit.ly/2wg48CC
  • Megan Faustine. 13 Juni 2016. 11 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, Kamu Wajib Menerapkannya!. Idntimes.com – http://bit.ly/2Es0ABJ
  • Andisa Shabrina. Seberapa Sering Kita Harus Bersihkan Karang Gigi di Dokter?. Hellosehat.com – http://bit.ly/2HLu7qR

 

Sumber Gambar:

  • Menghilangkan Bau Mulut 1 – http://bit.ly/2JzqkAs
  • Menghilangkan Bau Mulut 2 – http://bit.ly/2VNUQs0
  • Menghilangkan Bau Mulut 3 – http://bit.ly/2VXyo4l
  • Menghilangkan Bau Mulut 4 – http://bit.ly/30CHDps
  • Menghilangkan Bau Mulut 5 – http://bit.ly/2VL3yHg