Apakah Anda sudah mengetahui ada 10 tradisi unik Lebaran di dunia?

Hari Raya Idul Fitri adalah momentum yang sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat Muslim di setiap penjuru dunia.

Selain identik dengan kumpul keluarga dan saling memaafkan satu sama lain, ternyata setiap negara memiliki tradisi unik lebaran yang menjadikan momen tersebut lebih bermakna.

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Tradisi Unik Lebaran di Dunia, Indonesia Salah Satunya Lho!

Setelah sebulan penuh masyarakat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa bulan Ramadan, tibalah saatnya menyambut kemenangan di Hari Raya Idul Fitri yang dikenal dengan istilah Lebaran.

Momentum Lebaran yang jatuh setiap tanggal 1 Syawal ini sangat dinantikan masyarakat Muslim karena dimaknai sebagai hari untuk berbahagia dan bersukaria, berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, serta bersilaturahmi dengan sanak keluarga.

Namun, perayaan hari kemenangan ini ternyata menyimpan tradisi unik di berbagai belahan dunia yang bisa membuat kita merasa takjub akan kemeriahannya.

Inilah 10 tradisi unik lebaran di dunia!

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Arab Saudi

Tradisi Lebaran di Arab Saudi kental dengan nuansa kesenian melalui berbagai pagelaran yang diadakan seperti teater, membaca puisi, pertunjukan musik, hingga parade.

Tradisi Unik Lebaran di Dunia 01 Arab Saudi - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Udah Tau Belum Tips Belanja Untuk Lebaran? No 5 Gampang Banget!]

 

Tidak seperti di Indonesia, biasanya masyarakat Arab Saudi setelah selesai shalat Ied akan langsung kembali ke rumah masing-masing.

Aktivitas dilakukan pada malam hari, itu pun hanya mengunjungi keluarga terdekat.

Soal menu makanannya, tidak berbeda jauh dengan makanan untuk berbuka puasa yaitu makanan manis seperti kurma dan cokelat.

 

#2 Turki

Tradisi unik Lebaran di Turki tentu sangat dinantikan oleh seluruh masyarakatnya terutama anak-anak.

Pasalnya, momen Idul Fitri yang dikenal sebagai Ramadan Bayram atau Seker Bayram akan dihiasi dengan banyak permen yang sangat melimpah di rumah-rumah keluarga Muslim Turki setelah Shalat Ied.

Tradisi Unik Lebaran di Dunia 02 Turki - Finansialku

[Baca Juga: Tips Ini Bisa Kamu Lakukan Untuk Traveling Saat Ramadan]

 

Permen ini menjadi komponen wajib dan nantinya dibagikan kepada anak-anak bersama dengan makanan ringan tradisional seperti Baklava.

Banyak yang mencatat bahwa ini memiliki kemiripan dengan Halloween saat anak-anak menerima permen hingga disebut sebagai Festival Sweets (festival permen).

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Afghanistan

Mengutip dari Idntimes.com (Selasa, 5/6/2018), menyambut Hari Raya Idul Fitri masyarakat Muslim Afghanistan akan membersihkan rumah, menyiapkan kudapan untuk menyambut Idul Fitri dan tentunya menunaikan shalat Ied seperti umat Islam pada umumnya.

Namun, ada tradisi unik Lebaran yang ternyata mereka lakukan berupa kuat-kuatan telur.

Dalam perayaan ini, para pria dari segala umur akan berkumpul di sebuah taman dan mencoba memecahkan telur rebus dan mencoba melemparnya satu sama lain pada Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi Unik Lebaran di Dunia 03 Afghanistan - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Praktis Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Lebaran yang Harus Anda Praktikkan!]

 

Namun, Institute for War and Peace mengatakan bahwa tradisi ini kini sudah mulai berkurang dibanding masa-masa sebelumnya.

Kini, selain tradisi melempar telur, sebagian pria lebih suka berkumpul di taman untuk makan bersama lalu dilanjutkan dengan bermain kartu atau catur.

Sementara itu para wanitanya akan menjahitkan pakaian untuk para pria, namun kebanyakan mendaur ulang pakaian lama ketimbang membeli pakaian baru.

Tradisi ini berlangsung sejak ekonomi di negara tersebut semakin menurun dari tahun ke tahun.

 

#4 China

Negara dengan tembok raksasa yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini cukup mempunyai keunikan dalam menyambut hari Lebaran, yakni mengunjungi makam leluhurnya atau ziarah kubur.

Ada sekitar 10 dari 56 etnis yang penduduknya mayoritas Muslim salah satunya dari etnis Hui di Provinsi Ning Xia.

Mereka menjalankan tradisi tersebut sebagai bentuk penghormatan untuk ratusan ribu Muslim yang tewas pada Revolusi Kebudayaan serta persekusi Dinasti Qing, seraya memanjatkan doa untuk keluarganya masing-masing.

Ziarah kubur mereka terlihat unik karena masih memakai hiu atau dupa, layaknya tradisi khas warga Tionghoa.

Tradisi Unik Lebaran di Dunia 04 China - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Melunasi Hutang Numpuk Setelah Lebaran? Simak agar Anda Tetap Sejahtera]

 

Saat hari Lebaran, para pria akan mengenakan jas khas dan kopiah putih, sedangkan wanita akan memakai baju hangat dan kerudung setengah tertutup.

 

#5 Australia

Toleransi antar umat beragama di negara ini patut diacungi jempol karena di Hari Raya Idul Fitri, Australia membuat sebuah acara bertajuk Pekan Raya Multi Kultural.

Gelaran yang dihadiri umat Muslim dan non-Muslim ini turut dimeriahkan dengan ratusan kios yang menjual berbagai jajanan khas di negara tersebut.

Tradisi Unik Lebaran di Dunia 05 Australia - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Berburu Promo Tiket Mudik Lebaran 2018]

 

Mereka juga mengadakan acara makan-makan bersama untuk merayakan hari besar ini.

Meski bukan negara Muslim, pemerintah tetap menetapkan hari libur saat Lebaran dan mereka akan mengeluarkan aturan bahwa seluruh umat Muslim di Australia berhak untuk menggunakan jalan umum untuk melakukan shalat Ied.

Indahnya kebersamaan ya…!

 

#6 Afrika Selatan

Dilansir dari Merdeka.com (Selasa, 5/6/2018), tradisi unik Lebaran di Afrika Selatan terjadi pada hari sebelumnya, tepatnya malam sebelum tiba hari raya.

Masyarakat Muslim di Kota Cape Town akan sengaja datang ke puncak bukit Green Point yang berada di tepi pantai. Mereka beramai-ramai melihat posisi hilal yang menandakan berakhirnya bulan Ramadan.

Tradisi Unik Lebaran di Dunia 06 Afrika Selatan - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Berkemas Menikmati Keindahan 12 Tempat Wisata yang Akan Hilang Dari Muka Bumi]

 

Ritual ini sudah berlangsung bertahun-tahun di Afrika Selatan.

Setelah dipastikan hilal terlihat, maka ratusan orang bersama keluarga masing-masing akan menggelar buka puasa bersama. Selanjutnya, mereka pun melakukan tarawih bersama di Masjid Jami Cape Town.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#7 Indonesia

Tradisi unik Lebaran di Indonesia sebenarnya sangat beragam, karena hampir setiap daerah mempunyai keunikannya masing-masing.

Namun, mayoritas yang dilakukan masyarakat Indonesia saat Lebaran adalah mudik ke kampung halaman.

Mereka yang tinggal di kota umumnya berbondong-bondong mengunjungi kampung halamannya untuk berkumpul bersama sanak keluarga.

Tak mengenal jarak, dekat bahkan jauh sekalipun akan ditempuh sehingga Lebaran di Indonesia seringkali identik dengan kemacetan di jalur-jalur mudik.

Mudik-Lebaran-Kemanapun-Lewat-Tol-Diskon-2-Finansialku

[Baca Juga: 7 Bumbu Dapur Termahal di Dunia. 2 di Antaranya Ada di Indonesia Lho!]

 

Selain mudik, ada tradisi sebelum hari raya di salah satu kota Provinsi Kalimantan Barat tepatnya Pontianak yang disebut sebagai Festival Meriam Karbit.

Tradisi yang sudah dilakukan sejak 200 tahun ini mengunakan meriam dari bambu besar dan diletakkan di pinggir Sungai Kapuas.

Saat menjelang malam takbiran, warga Pontianak berkumpul disekitar pinggir sungai Kapuas Pontianak untuk menyalakan meriam-meriam besar tersebut sebagai tanda datangnya hari kemenangan.

Tradisi ini hanyalah satu dari sekian banyak tradisi unik di Indonesia ya…

 

#8 Malaysia

Negeri Jiran memiliki tradisi unik untuk merayakan hari kemenangan dengan meletakkan sejumlah lilin di luar rumah atau mendekorasi bangunan rumah dengan seni tata cahaya.

Tradisi Unik Lebaran di Dunia 07 Malaysia - Finansialku

[Baca Juga: 35 Tempat Wisata di Malaysia yang Asik Buat Liburan dan Bagus Buat di Instagram]

 

Tradisi yang dilakukan ini dikenal dengan istilah ‘Lampu Colok’ dimana lilin atau dekorasi seni tata cahaya tersebut dilakukan beberapa hari sebelum Lebaran hingga seminggu sampai dua minggu sesudah perayaan.

 

#9 Palestina

Salah satu tradisi Lebaran unik di dunia adalah yang dilakukan masyarakat Palestina karena mereka akan pelesir ke Pantai Israel saat Lebaran tiba.

Meski situasi politik antara Palestina dan Israel tengah berada dalam kerumitan, namun khusus sepanjang libur tiga hari setelah berakhirnya bulan Ramadan, pantai-pantai di kota besar Negeri Daud itu akan dipenuhi umat Muslim, seperti dilansir Surat Kabar Haaretz.

Tradisi Unik Lebaran di Dunia 08 Palestina - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran Liburan Hemat, Mudik Lebaran]

 

Terutama, yang paling padat adalah pantai Mediterania di Ibu Kota Tel Aviv.

Ribuan umat Muslim dari Tepi Barat ataupun Yerusalem Timur, Palestina, memperoleh izin khusus oleh pemerintah Zionis mengunjungi pantai karena secara umum mayoritas warga Israel tidak akan merayakan Idul Fitri lantaran mereka beragama Yahudi.

Pemandangan ini sangat langka di Israel, karena ruang-ruang publik mereka tiba-tiba dipenuhi warga keturunan Arab serta perempuan berhijab.

Izin kunjungan ini diberikan Pemerintah Zionis terutama bagi warga Tepi Barat yang sebagian sanak saudaranya tinggal di wilayah jajahan Israel.

 

#10 India

Masyarakat Muslim di India biasanya akan merayakan Hari Raya Idul Fitri di New Delhi.

Sebagai Ibu Kota, New Delhi kerap menjadi pusat perayaan Lebaran dan tentunya tidak pernah absen makanan khasnya yakni sawaiyan, sejenis makanan bihun manis kering yang disajikan dengan susu.

Tradisi Unik Lebaran di Dunia 09 India - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda, Ini Dia Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri?]

 

Tradisi yang Memberi Arti

Dari 10 tradisi Lebaran yang telah diulas sebelumnya kira-kira mana yang menurut Anda paling unik?

Tentunya, tradisi unik dari berbagai negara tersebut memiliki makna filosofi yang harus dijaga dan dilestarikan ya, sehingga perayaan hari kemenangan akan semakin bermakna, berkesan, dan selalu dinantikan.

 

Apakah Anda mempunyai tradisi unik lebaran lainnya? Silakan ceritakan dan tuliskan di kolom komentar di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Rizal. 26 Juni 2017. Ini 5 Tradisi Unik di Berbagai Negara Dunia Saat Lebaran. Idntimes.com – https://goo.gl/ZJYeuC
  • Muhammad Radityo. 6 Juli 2016. 5 Tradisi Perayaan Idul Fitri Paling Unik di Dunia. Merdeka.com – https://goo.gl/3m1h58
  • Redaksi. 8 Juli 2016. Tradisi Unik Lebaran di Cina, Amerika, Turki, dan 6 Negara lain. Portalsatu.com – https://goo.gl/STu4Ac

 

Sumber Gambar:

  • Tradisi Unik Lebaran di Dunia – https://goo.gl/gTrdNk
  • Tradisi Unik Lebaran di Arab Saudi – https://goo.gl/EWN13E
  • Tradisi Unik Lebaran di Turki – https://goo.gl/3m1h58
  • Tradisi Unik Lebaran di Afghanistan – https://goo.gl/ZJYeuC
  • Tradisi Unik Lebaran di China – https://goo.gl/ZJYeuC
  • Tradisi Unik Lebaran di Australia – https://goo.gl/ZJYeuC
  • Tradisi Unik Lebaran di Afrika Selatan – https://goo.gl/3m1h58
  • Tradisi Unik Lebaran di Malaysia – https://goo.gl/9FLvXi
  • Tradisi Unik Lebaran di Palestina – https://goo.gl/3m1h58
  • Tradisi Unik Lebaran di India – https://goo.gl/DWWuEK
Summary
Apakah Anda Sudah Mengetahui 10 Tradisi Unik Lebaran di Dunia? Simak Ulasannya
Article Name
Apakah Anda Sudah Mengetahui 10 Tradisi Unik Lebaran di Dunia? Simak Ulasannya
Description
Apakah Anda sudah mengetahui ada 10 tradisi unik Lebaran di dunia? Hari Raya Idul Fitri adalah momentum yang sangat dinantikan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com