Apa saja tips mudah berburu promo tiket mudik Lebaran 2018?

Menjelang hari raya, banyak orang yang berlomba-lomba membeli tiket untuk mudik Lebaran. Bahkan setiap tahunnya, ada lebih dari belasan juta orang yang berburu tiket mudik demi bisa berkumpul bersama keluarga di momen satu tahun sekali ini.

Sayangnya, karena permintaan tiket mudik yang tinggi, harga tiket mudik juga seringkali lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket pada hari-hari biasanya.

Tapi dengan beberapa cara, Anda tetap bisa mendapatkan tiket mudik dengan harga promo.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tips Mudah Berburu Promo Tiket Mudik Lebaran 2018

Semakin mendekati hari raya, isu tiket mudik masih menjadi perhatian yang menarik.

Banyak orang berburu tiket mudik agar bisa kembali berkumpul dengan keluarga pada hari raya. Momen kumpul keluarga ini menjadi momen satu tahun sekali yang ditunggu oleh banyak orang.

Karena banyaknya orang yang berburu tiket mudik, maka menjadi hal yang wajar jika harga tiket menjadi jauh lebih mahal dibanding hari-hari biasa. Bahkan peningkatan harga tiket ini bisa mencapai lebih dari 50 persen harga normal atau bahkan dua kali lipatnya.

Harga tiket yang melambung ini seringkali menjadi masalah tersendiri, apalagi bagi orang-orang yang memiliki budget mudik yang terbatas.

Karena itu, agar bisa tetap melaksanakan mudik Lebaran 2018 dan bisa membeli tiket dengan harga yang lebih murah, maka pemudik perlu pintar-pintar mencari promo tiket mudik Lebaran yang sesuai dengan kondisi kantong.

Nah, jika Anda berencana untuk pulang kampung pada Lebaran tahun ini, namun dengan harga tiket yang terjangkau, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#1 Berburu Tiket Lebih Awal

Setiap tahunnya, ada belasan hingga puluhan juta orang yang mencari tiket mudik.

Banyaknya orang yang berburu tiket ini tentu saja menjadikan persaingan untuk mendapatkan tiket mudik menjadi lebih sulit.

Bahkan tak jarang, kuota perjalanan pada saat mudik bisa habis hanya dalam waktu beberapa menit saja sejak waktu pemesanan mulai dibuka.

Promo Tiket Mudik Lebaran 02 Handphone - Finansialku

[Baca Juga: 15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget]

 

Jika Anda ingin mendapatkan tiket mudik, pastikan Anda mulai berburu tiket lebih awal.

Semakin cepat Anda mencari tiket mudik, maka akan semakin besar pula kesempatan Anda untuk bisa mendapatkan kursi pulang kampung dengan harga yang sesuai dengan budget Anda.

Pada umumnya, orang-orang akan mulai mencari tiket mudik sejak 30 hingga 60 hari sebelum hari raya Lebaran. Anda bisa meningkatkan peluang Anda dengan mulai mencari tiket mudik sejak 50 atau 60 hari sebelum hari raya. 

Di waktu itu, Anda akan lebih banyak menemukan tiket mudik dengan harga-harga promo yang masih bisa Anda beli.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Memilih Transportasi yang Tepat

Untuk bisa mendapatkan tiket mudik Lebaran dengan harga yang sesuai budget, maka Anda perlu menyesuaikan moda transportasi yang Anda gunakan.

Atau, jika Anda ingin menggunakan pesawat terbang, Anda bisa membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai armada untuk menemukan mana harga yang paling sesuai dengan Anda.

Biasanya, maskapai penerbangan atau moda transportasi yang Anda gunakan akan sangat mempengaruhi harga tiket yang Anda beli.

Misalnya saja, antara harga tiket pesawat dengan harga kereta api ke tujuan yang sama tentu saja akan memberikan harga yang berbeda.

Promo Tiket Mudik Lebaran 03 Mobil - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan? Siapkan Dana Perjalanan Anda!]

 

Selain itu, ada juga trik lain untuk bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah bagi Anda yang berencana pulang kampung dengan menggunakan pesawat.

Ada dua tipe penerbangan yang bisa Anda pilih, yaitu penerbangan low cost carrier serta penerbangan full service.

Jika Anda menggunakan penerbangan low cost carrier, Anda perlu mencari tiket penerbangan sejak jauh-jauh hari. Karena biasanya, penerbangan low cost carrier justru akan semakin mahal menjelang hari H.

Sedangkan jika ingin mencoba penerbangan full service, Anda justru bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika membelinya pada saat hari H. Bahkan Anda bisa mendapatkan harga dibawah armada low cost carrier.

 

#3 Cari Tiket Online

Layanan pembelian tiket online membantu Anda untuk bisa mendapatkan tiket mudik dengan lebih mudah.

Bahkan jika Anda cukup rajin dan sabar, Anda juga bisa mendapatkan promo tiket mudik Lebaran dengan harga yang lebih murah.

Bandingkan antara satu agen pemesanan tiket dengan agen pemesanan tiket lainnya. Biasanya, menjelang Lebaran ada saja agen pemesanan tiket yang mengadakan promo tiket mudik Lebaran. Anda bisa memanfaatkan promo agen ini untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah.

 

#4 Penerbangan Dini Hari

Malas berangkat pagi-pagi buta? Bersyukurlah, karena bukan hanya Anda yang memiliki pikiran tersebut.

Berangkat pagi-pagi buta untuk mudik memang cukup merepotkan. Tapi hal ini tidak buruk juga jika Anda bisa mendapatkan tiket mudik dengan harga yang lebih murah. Biasanya, tiket penerbangan dini hari dijual dengan harga rendah.

Jika Anda mau menghemat biaya mudik, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Promo Tiket Mudik Lebaran 04 Penerbangan Pesawat - Finansialku

[Baca Juga: Cek 10 Tujuan Liburan Murah ke Luar Negeri untuk Kamu dan Keluarga]

 

#5 Pesan Tiket Saat Malam Hari

Berdasarkan survey JakPat, sangat jarang orang yang melakukan pemesanan tiket pada malam hari. Karena memang malam hari ini adalah waktunya orang-orang beristirahat.

Bagi Anda yang memburu tiket mudik dengan harga murah, justru Anda bisa meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan tiket murah dengan melakukan pemesanan pada malam hari.

 

#6 Mencari Kursi Tambahan

Momen mudik hari raya memang menjadi momen dimana banyak orang mencari tiket mudik. Bahkan bisa mencapai puluhan juta orang.

Jika hanya mengandalkan kursi seperti biasa, tentu saja tidak akan bisa memenuhi permintaan tersebut.

Karena itu, menjelang hari raya biasanya pihak jasa transportasi akan menyediakan kursi atau perjalanan tambahan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#7 Menggunakan Rute Alternatif

Jika rute langsung membutuhkan biaya mudik yang cukup tinggi, Anda bisa mencari rute alternatif untuk mudik.

Rute alternatif biasanya memang akan cukup memakan waktu. Tapi tidak ada salahnya Anda coba untuk bisa menghemat biaya perjalanan Anda.

 

Butuh Usaha dan Kesabaran

Itulah 7 cara berburu promo tiket mudik Lebaran yang bisa Anda coba.

Mencari tiket murah memang membutuhkan usaha dan kesabaran. Namun, saat Anda berhasil mendapatkan tiket mudik yang sesuai dengan budget Anda, tentu saja hal tersebut akan sangat membahagiakan.

Usaha dan kesabaran Anda akan terbayar begitu Anda sampai di kampung halaman dan bisa bertemu dengan keluarga dan kerabat-kerabat Anda di sana.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikan artikel ini kepada keluarga dan kerabat Anda. Dengan begitu Anda bisa berkumpul bersama keluarga di momen Lebaran tahun ini.

 

Apakah Anda memiliki pengalaman berburu promo tiket mudik Lebaran yang menarik? Atau bagaimana cara yang biasa Anda lakukan agar bisa mendapatkan tiket mudik Lebaran dengan harga yang rendah?

Anda bisa berbagi pengalaman Anda dalam mencari tiket mudik Lebaran dengan menuliskannya di kolom komentar.

Selamat berburu tiket mudik dan berkumpul bersama keluarga.

 

Sumber Referensi:

  • Skyscanner. 24 Januari 2018. 8 Cara Mendapatkan Tiket Murah Saat Lebaran. Skyscanner.co.id – https://goo.gl/dbmxjn
  • Marisca Irgi Laochong. 19 Maret 2018. Berburu Tiket Kereta Api (Mudik Lebaran 2018). Kumparan.com – https://goo.gl/Y9P9z1
  • Iskandar. 5 Maret 2018. Berburu Tiket Pesawat Online Murah untuk Mudik Lebaran. Liputan6.com – https://goo.gl/7GuQco
  • Admin. 6 Maret 2018. Ini Tips agar Sukses Berburu Tiket Mudik Lebaran. Industri.kontan.co.id – https://goo.gl/UK8uzd

 

Sumber Gambar:

  • Promo Tiket Mudik Lebaran – https://goo.gl/4NeKs6
  • Berburu Tiket Mudik Lebaran – https://goo.gl/FUcaAz
  • Moda Transportasi Mudik Lebaran – https://goo.gl/fba3QD
  • Penerbangan Dini Hari – https://goo.gl/JEkZYs
Summary
Tips Mudah Berburu Promo Tiket Mudik Lebaran 2018
Article Name
Tips Mudah Berburu Promo Tiket Mudik Lebaran 2018
Description
Apa saja tips mudah berburu promo tiket mudik lebaran 2018? Menjelang hari raya, banyak orang yang berlomba-lomba membeli tiket.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo