Siap berburu diskon harbolnas? Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara menghitung diskon dan promo harbolnas?

Jika belum, mari simak artikel berikut ini,

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Cara Menghitung Diskon dan Promo

Pada saat harbolnas biasanya promo besar-besaran bermunculan. Ketika sedang berjalan-jalan di mall, kanan kiri Anda bisa melihat diskon bertebaran dimana-mana.

Misalnya di kanan diskon 50%+20% di kiri diskon up to 70% atau buy 1 get 1 free, dan sebagainya. Mungkin pada awalnya Anda tidak berminat untuk berbelanja apapun di mall tersebut.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 02 - Discount - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu Sejarah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)]

 

Namun, ketika melihat diskon dan promo  besar-besaran tersebut Anda pun mulai tergiur. Pertama-tama mungkin Anda hanya mencoba untuk mengunjungi tokonya lalu melihat-lihat.

Dari lihat-lihat barang eh akhirnya Anda jatuh cinta sama barang tersebut, jadinya Anda membelinya deh. Tak heran jika sekarang ini banyak sekali orang yang mengalami impulse buying.

Apa itu impulse buying? Impulse buying adalah sebuah keputusan tidak terencana untuk membeli barang atau jasa. Apakah Anda juga salah satunya?

Diskon dan promo yang biasanya paling sering menyebabkan impulse buying, padahal belum tentu Anda membutuhkan barang diskon tersebut. Memang sih biasanya dengan diskon Anda bisa mendapatkan suatu barang dengan harga yang lebih murah.

Namun, jika sebenarnya Anda tidak membutuhkan barang tersebut sebaiknya Anda menahan diri Anda. Anda harus bijak dalam membeli apa yang Anda perlukan.

 

Tapi, apakah diskon sebenarnya memang benar-benar menguntungkan Anda? Apakah Anda menghitung dulu berapa diskon yang Anda dapatkan sebelum membayarnya?

Sudahkah Anda menghitung diskon dengan tepat?

Banyak orang yang sering salah pengertian terhadap diskon-diskon dan promo yang ada. Oleh karena itu, agar diskon yang Anda dapatkan benar-benar menguntungkan, Anda harus mengetahui cara menghitung diskon yang tepat.

 

6 Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi cara menghitung diskon dan promo dengan tepat. Berikut 6 cara menghitung diskon dan promo.

 

#1 Diskon X% atau X% Off

Kalau jenis diskon yang satu ini biasanya sudah umum ya cara menghitungnya. Caranya pun juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengalikan persentase diskon tersebut dengan harga asli barangnya.

Misalnya, baju yang Anda taksir harganya Rp200.000 dan memberikan diskon 40% atau 40% off, maka cara menghitung keuntungan Anda adalah 40% x Rp200.000 maka keuntungan yang Anda dapatkan adalah sebesar Rp80.000.

Sehingga,jumlah uang yang harus Anda bayarkan adalah sebesar Rp120.000 (Rp200.000 – Rp80.000).

Namun, Anda juga harus memperhatikan dengan detail pada label harga di baju tersebut ya. Apakah harga yang tertera sudah harga diskon atau belum, karena beberapa store biasanya sudah mencantumkan harga diskon.

Nah kalau sudah dicantumkan harga diskonnya maka Anda tidak perlu repot-repot menghitung lagi ya. Anda tinggal perlu membayar sejumlah uang yang tertera di label tersebut saja.

 

#2 Diskon X% + Y%

Salah satu format model diskon yang sering ditawarkan store adalah model diskon ini. Misalnya, diskon 50% + 20%. Nah kalau untuk diskon 50% + 20%, bukan berarti hasil akhir diskon langsung 70% ya.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 03 Discount 2- Finansialku

[Baca Juga: Promo Harbolnas: Tips Belanja Harbolnas Agar Tetap Hemat]

 

Cara yang benar untuk menghitung diskon model ini adalah dengan mengalikan harga barang dengan diskon yang pertamanya terlebih dahulu. Misalnya, harga celana yang Anda taksir harganya Rp300.000 dan mendapatkan diskon 50% + 20%. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut.

Diskon yang pertama = 50% x Rp300.000 = Rp150.000

Diskon yang kedua = 20% x Rp150.000 = Rp30.000

 

Maka total diskon yang Anda dapatkan adalah sebesar Rp180.000 (Rp150.000 + Rp30.000). Sehingga, jumlah uang yang harus Anda bayarkan adalah sebesar Rp120.000 (Rp300.000 – Rp180.000).

 

#3 Buy…Get… Free

Jenis promo yang satu ini termasuk promo yang mudah dihitung keuntungannya.

Yang perlu Anda lakukan hanya mengalikan harga barang dengan jumlah barang yang Anda dapatkan. Kemudian, Anda menguranginya dengan harga barang yang wajib Anda bayar.

Misalnya promonya adalah buy 1 get 1 free. Kalau ini sebenarnya sama saja dengan Anda membeli 2 baju sekaligus dengan harga yang sama.

Jadi Anda hanya perlu membayar untuk 1 baju saja tapi Anda mendapatkan 2 baju. Jadi keuntungan yang Anda peroleh adalah sebesar 50%.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Contoh lainnya, misalnya promonya adalah buy 2 get 1 free. Pertama-tama Anda tinggal menjumlahkan total harga barang.

Misalnya harga bajunya adalah sebesar Rp150.000. Jadi Rp150.000 x 2 = Rp300.000. Dengan membayar Rp300.000 maka Anda akan mendapatkan 3 baju yang senilai dengan 3 x Rp150.000 = Rp450.000.

Maka keuntungan Anda adalah sebesar Rp150.000. Nah nilai ini sebenarnya sama saja dengan Anda mendapatkan diskon sekitar 33%.

 

#4 Promo Cashback

Banyak orang yang tergiur dengan promo cashback. Mereka mengira bahwa promo cashback berarti mereka mendapatkan uang tunai. Namun, pada kenyataannya seringkali retail store memberikan cashback dalam bentuk voucher belanja.

Cashback juga bisa berupa poin yang dimasukkan kedalam akun atau kartu member Anda. Sebenarnya, keuntungan ini bisa dikatakan kurang bermanfaat karena tidak berbentuk uang tunai.

Jika voucher yang diberikan kepada Anda tidak berkaitan dengan kebutuhan Anda maka voucher tersebut menjadi sia-siakan? Oleh karena itu pastikan dulu cashback apa yang akan Anda dapatkan ya.

Jika Anda masih bingung bagaimana merencanakan pembelanjaan dan keuangan Anda, Anda dapat membaca ebook dibawah ini secara gratis, sehingga Anda dapat merencanakan keuangan Anda lebih tepat dan tidak konsumtif.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

#5 Diskon X% untuk Pembelian Berikutnya

Jenis diskon lainnya adalah pemberian diskon untuk pembelian berikutnya. Misalnya Anda mendapatkan diskon 50% untuk pembelian berikutnya.

Contohnya, harga baju Rp250.000, diskon 50% untuk pembelian barang selanjutnya dengan harga yang sama. Maka cara menghitung keuntungan yang sebenarnya Anda dapatkan adalah sebagai berikut.

Pembelian pertama = Rp250.000

Pembelian kedua = 50% x Rp250.000 = Rp125.000

Total uang yang Anda keluarkan adalah sebesar Rp375.000 (Rp250.000 + Rp125.000)

 

Jadi, kalau seharusnya Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp500.000 untuk membeli 2 baju tersebut. Namun, karena promo ini maka Anda hanya perlu membayar sebesar Rp375.000 saja.

Dengan begitu maka keuntungan yang Anda dapatkan adalah sebesar Rp125.000 (Rp500.000 – Rp375.000) atau sekitar 25%.

 

#6 Discount Up To X% All Item

Ketika melihat discount up to 70% all item!! Maka seketika Anda akan langsung tergiur untuk belanja di retail store tersebut. Yang ada dipikiran orang pertama kali hanyalah semua barang diskon sebesar 70%, ya kan?

Namun, sebenarnya yang dimaksud dengan discount up to 70% bukan berarti semua barang diskonnya 70% ya. Memang ada beberapa barang yang diskonnya sampai 70%, tapi mungkin barang-barang lainnya hanya diskon 50%, 30% ataupun 20%.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 04 Discount 3 - Finansialku

[Baca Juga: Diskon, Diskon, dan Diskon]

 

Hal ini perlu Anda perhatikan ya, biasanya di label barang sudah terdapat persentase diskon yang diberikan untuk produk tersebut.

Oh ya, sayangnya biasanya barang yang didiskon mencapai 70% merupakan produk-produk yang sudah terlalu lama dan tidak laku. Oleh karena itu, Anda jangan kalap dan khilaf ketika berbelanja ya.

 

Belanja Bijak dengan Cermat Menghitung Diskon

Terdapat berbagai jenis diskon dan promo yang ditawarkan. Namun, sebaiknya Anda menghitung dengan cermat dulu keuntungan yang akan Anda dapatkan. Jangan Anda menjadi kalap berbelanja tanpa menghitung diskon dengan benar.

Setelah mengetahui cara menghitung diskon yang benar, tentunya akan membantu Anda menjadi lebih bijak dalam berbelanja. Oleh karena itu, jangan lupa hitung dulu ya sebelum membayar.

 

Jadi diskon dan promo yang mana yang paling menarik bagi Anda? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 30 Agustus 2017. Biar Enggak Kecele Begini Cara Mudah Menghitung Diskon dan Promo. Liputan6.com – https://goo.gl/2B2pbe

 

Sumber Gambar:

  • Potongan Harga – https://goo.gl/f78oJc
  • Discount – https://goo.gl/GZhRaq
  • Discount 2 – https://goo.gl/vXRLTk
  • Discount 3 – https://goo.gl/2amu5q